>

Yuk, Jadi Bagian GEN BAPUR, Biar Si Kecil Doyan Buah

By duniaeni.com - October 05, 2019


Buah itu enak loh, tapi ternyata tidak semua anak-anak menyukai buah dan ini banyak terjadi di masyarakat kita. Bahkan ada anak teman saya yang menangis kalau dikasih buah pepaya, lalu keponakan saya yang berusia 2 tahun hanya mau makan buah jeruk. Itu pun hanya dihisap-hisap airnya saja, buah lain ditolak meski sudah disounding rasanya enak dan manis.

Sebenarnya tidak perlu mencari contoh jauh-jauh, anak kedua saya, Pijar termasuk anak yang susah makan buah juga. Sehingga ketika lahir Pendar, saya tidak ingin dia seperti kakaknya yang susah sekali makan buah. Maka saat awal MPasi, saya kenalkan Pendar dengan beragam buah-buahan. Alhamdullilah, sampai usia 5 tahun ini Pendar termasuk anak yang suka beragam buah-buahan. Untuk cerita lengkapnya bisa baca di Cara Mudah Makan Buah Untuk Si Kecil



Milna Nature Delight simpel banget dibawa kemana-mana

Dan, kini adiknya Pendar lahir yakni Binar (11 bulan) yang sedang dalam tahap MPasi, saya langsung excited banget ngenalin beragam makanan padat, termasuk buah-buahan. Mulai dari mangga, anggur, jeruk, apel, pepaya, buah naga, pumpkin, pisang, dan sejauh ini Binar doyan banget. Memang sebenarnya seberapa penting buah untuk si Kecil, sehingga kita perlu sekali mengenalkan beragam buah-buahan agar si Kecil suka konsumsi buah hingga besar nanti?

Simak yuk, ulasan saya saat mengikuti even Milna tanggal 28 September 2019 di Kemang - Jakarta Selatan kemarin. Dari tentang MPasi, manfaat makan buah untuk si Kecil, sampai cara mudah makan buah Zaman now dibahas dalam even ini oleh para ahlinya. Semoga  bermanfaat ya, Bun, dan si Kecil terinspirasi mau makan buah.

Milna : Kampanye Cara Mudah Makan Buah Zaman Now

Dalam even yang diselenggarakan oleh Milna dengan tema Cara Mudah Makan Buah Zaman Now, menghadirkan narasumber:



1. dr.Attila Dewanti, Sp.A (K) selaku dokter spesialis anak
2. Tya Ariestya , selebriti dan konsumen setia Milna
3. Team Milna

Tentang MPasi



Saya merasa beuntung sekali bisa datang ke acara Milna kali ini karena membahas banyak hal tentang MPasi. Meski sudah melalui tahap MPasi kakak-kakaknya Binar, tetap perkembangan MPasi selalu menuntut untuk belajar karena selalu saja ada info terbaru bagi MPasi terbaik yang disarankan WHO maupun IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Apalagi narasumber dalam acara ini seorang yang ahli di bidangnya, yakni dr.Attila Dewanti, Sp.A (K) selaku dokter spesialis anak. Tambah senang dalam menyimak materi yang dijelaskan.

Dokter Attila memaparkan, mengapa MPasi diberikan saat usia 6 bulan?
1. Karena nutrisi ASI Eksklusif sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan Energy (kalori), Vitamin, Mineral yang dibutuhkan pada si Kecil di usia 6 bulan (WHO).
2. Saluran cerna dan ginjal bayi sudah cukup berkembang untuk  jenis makanan selain ASI.
3. Koordinasi saraf dan otot si Kecil sudah berkembang menjadi lebih kuat untuk menahan kepalanya.

Rekomendasi  Pemberian MPasi oleh WHO&IDAI:
1. Memberikan  makan pada bayi secara langsung  (menyuapkan dengan sendok) dan membantu anak yang lebih besar saat mereka makan sendiri.  Sensitif  terhadap tanda lapar dan kenyang anak.
2. Berikan makan perlahan dan dengan sabar. Dorong anak untuk makan, BUKAN dengan paksaan.
3. Jika anak menolak banyak makanan, bereksperimenlah dengan kombinasi makanan yang berbeda rasa atau tekstur.
4. Meminimalisasi distraksi saat makan
5. Waktu makan adalah masa belajar dan menunjukkan kasih sayang, bicara pada anak saat makan dengan kontak mata.

Duh, jadi keingat kalau khilaf saya suka memaksa Binar makan ketika menolak maka atau sedang tahap GTM (gerakan tutup mulut). Karena kesibukan, tidak jarang jadwal makan Binar jadi tidak menentu seperti harusnya makan pagi pukul 8 pagi jadi ngaret sampai pukul 10 baru makan pagi. Efeknya, makan siang jadi tidak ada dan lanjut makan sore pukul 4. Sementara jeda waktu makannya saya kasih snack, padahal seharusnya makan utama itu sehari 3x.

Dokter Attila mengatakan mengatur jadwal makan itu sangat penting sekali. Sebaiknya si Kecil tidak diberikan makan dengan jadwal yang tidak jelas dan selalu berubah-ubah setiap harinya. Berikut ini dijelaskan pentingnya mengatur jadwal makan.

Pentingnya Mengatur Jadwal Makan:
1. Regulasi rasa lapar & kenyang dipengaruhi faktor eksternal&faktor internal.
2. Pada anak, sangat penting untuk membangun regulasi internal agar mampu menyadari rasa lapar dan kenyang yang timbul pada dirinya.
3. Rasa lapar terkait dengan masa pengosongan lambung.
4. Pada anak normal, waktu rerata  pengosongan lambung: 100 menit untuk makanan pada dan 75 menit untuk makanan cair.
5. Waktu pengosongan makin cepat sejalan dengan  bertambahnya usia anak.

Nah, kan jadwal makan yang tidak teratur bisa menyebabkan si Kecil  tidak menyadari rasa lapar dan kenyang, sehingga bisa jadi si Kecil menolak makan padahal kondisi lambungnya kosong dan lapar, atau sebaliknya. Jika terjadi hal seperti ini bisa membuat kita stres dan memaksa anak makan, hal ini tidak dianjurkan oleh WHO maupun IDAI loh. Sebaiknya ikuti tips dari dokter Attila dalam memberikan MPasi untuk si Kecil.

Tips Pemberian MPasi:
1. Buat jadwal makan teratur
2. Pengenalan makanan membutuhkan setidaknya 10-15 kali mencoba
3. Jangan memaksa anak makan
4. Perhatikan tanda lapar dan kenyang
5. Kebersihan dalam mengolah, menyiapkan, dan memberikan MPasi sangat penting.

Membahas tentang MPAsi memang tidak ada habisnya, akan banyak sekali hal-hal yang bisa jadi pembahasan yang menarik, juga dibutuhkan oleh para ibu yang sedang melalui tahap MPasi untuk si Kecil. Semoga dengan ulasan di atas, bisa menjadi masukan yang berati ya, Bun. Saya juga masih terus belajar kok.

Setelah membahas tentang MPasi lanjut ke topik snack atau makanan selingan, karena begitu si Kecil masuk tahap MPasi, snack itu penting loh. Apakah Bunda sudah memberikan snack untuk si Kecil? Jika sudah, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas snack yang diberikan untuk si Kecil agar tujuan memberikan snack di masa MPasi bisa menambah kebutuhan nutrisi si Kecil terpenuhi.

Ini juga pengetahuan baru sih, buat saya. Karena semula saya mengira snack hanya sekedar makanan selingan yang sifatnya bebas tanpa harus mempertimbangkan nutrisinya. Toh, nutrisinya sudah diberikan saat makan utama. Ternyata tidak, memberikan snack tetap harus memperhatikan kualitas atau kandungan nutrisinya. Biar lebih jelas, saya tuliskan kembali semua ulasan dari narasumber di acara Milna kemarin:

Pentingnya Snack atau Makanan Selingan untuk Si Kecil

Pendar (4.10 th) konsumsi Milna Nature Delight sejak tahun 2018
Jika dahulu kita mengenal buah sebagai makanan utama dalam MPasi, namun kini WHO menerapkan MPasi  makanan utama untuk si Kecil harus berupa makan utama yang mengandung karbohidrat, protein hewani (prohe), protein nabati (prona), vitamin, dan lemak atau lebih dikenal dengan empat bintang. Sementara buah merupakan makanan selingan atau snack, seperti yang dijelaskan oleh dr.Attila Dewanti, Sp.A (K) selaku dokter spesialis anak :


"Pemberian MPasi idealnya terdiri dari 3 porsi makanan utama dan 2 porsi makanan selingan atau snack. Pada menu makanan utama, bisa diutamakan dengan daging dan sayuran sementara untuk makanan selingan atau snack, buah bisa jadi salah satu pilihan. Pentingnya pemberian makanan selingan atau snack adalah untuk memastikan agar jumlah asupan dan nutrisi si Kecil terpenuhi dengan baik. Menu snack juga harus dipastikan agar kaya rasa dan menarik supaya tidak membosankan. Salah satu contohnya dengan memperkenalkan buah, karena buah memiliki nutrisi tinggi, ragam variasi tekstur, rasa dan terdiri dari bermacam-macam warna dan bentuk yang menarik untuk si Kecil."

Memang apa saja manfaat buah bagi Si Kecil?

Manfaat Buah-Buahan untuk si Kecil


Mengenai manfaat buah ini, kemungkinan besar banyak yang sudah tahu, seperti untuk memenuhi kebutuhan serat bagi tubuh, memperlancar BAB (buang air besar), memenuhi  kebutuhan akna vitamin, dan lain sebagainya. Tapi apakah sudah tahu manfaat beragam buah-buahan untuk tubuh si Kecil?

Yuk, kita simak beberapa manfaat buah-buahan yang sangat beragam ini bagi tubuh si Kecil supaya Bunda semakin termotivasi untuk mengenalkan buah-buahan. Karena saya juga selalu mencari info buah-buahan berikut manfaatnya untuk Binar agar perkembangannya maksimal, sebab masa golden age ini tidak akan terulang dua kali dalam hidup setiap manusia.

Pisang:
1. Meningkatkan kekebaln tubuh (Vitamin A, C, dan B6)
2. Kesehatan jantung (Vitamin C dan flavonoid)
3. Mengatasi anemia (kurang darah) : zat besi. Dua buah pisang setiap hari , cukup membuat penderita anemia terselamatkan.
4. Mengatasi gangguan pencernaan; Serat  pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.

Peach:
1. Mengatasi sembelit: (Serta)
2. Kesehatan Tulang : (Kalsium, fosfor), mangan, zat besi, dan tembaga)
3. Kesehatan Cairan dan Metabolisme: (Kalium dan antioksidant)
4. Mencegah dan mengatasi anemia; (zat besi dan tembaga)  berkontribusi dalam pembentukan hemogobin.

Wortel:
1. Menjaga Kesehatan Mata: Vitamin A, Lutein dan Beta-Karoten
2. Menurunkan Risiko Kanker : karoten
3. Menjaga Kesehatan Kulit :  Vit A dan karoten
4. Mengatasi Sembelit : Serat
5. Antioksidan : Beta-Karoten dan Lutein

Apel:
1. Membantu aliran darah :Meningkatkan level neurotransmitter asetilkolin.
2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan stress: antioksidan yang disebut yang disebut dengan Quercetin.
3. Menurunkan risiko terkenanya penyakit kanker: tripenoids dapat menghambat pertumbuhan sel kanker terutama sel kanker hati, usus besar dan payudara.
4. Jantung yang lebih sehat : Senyawa Fenolik.
5. Membantu sistem pencernaan : Pektin

Dan, banyak lagi manfaat buah-buahan lainnya untuk tubuh si Kecil, juga sampai kelak dewasa. Agar ketika dewasa tetap menyukai beragam buah-buahan, maka kuncinya sedini mungkin mengenalkan si Kecil beragam buah-buahan. Pijar anak kedua saya contohnya, usianya 11 tahun untuk konsumsi buah-buahan masih memilih-milih.

Milna Nature Delight : Cara Mudah Makan Buah Zaman NOW

Binar (11 bulan)
Tapi memang umengenalkan beragam buah-buahanya pada si Kecil harus dengan sabar dan variasi agar tidak bosan dan jadi menolak makan buah. Lalu bagaimana solusinya buat kita-kita yang merupakan bunda super sibuk, meski tidak bekerja di kantor dari pagi hingga sore atau malam, era millennials atau Zaman now ini sudah membuat hampir semua bunda memiliki pekerjaan loh. Saya termasuk bunda Zaman now yang tidak bekerja di kantor, tapi bekerja di medis sosial yang kesibukannya tidak kalah dengan wanita karir, hehehe.

Jadi membutuhkan segala sesuatu yang praktis dan simpel, karena sejujurnya tahap MPasi ini memberikan snack buah cukup ribet, dari mulai mengupas kulitnya, memotong, menghaluskan, memberikan wadah yang aman, dan mencuci wadah bekasnya. Ini membutuhkan proses yang melelahkan sebenarnya. Mungkin jika para bunda tidak ingat manfaat buah bagi si Kecil, rasanya malas melakukan ritual itu. Untungnya, saya sudah mengenal Milna Nature Delight sejak Pendar hingga kini lanjut ke Binar, serius ini super simpel banget. Packaging Milna Nature Delight mungil, tinggal buka tutupnya, bisa langsung 'lep', tanpa takut tumpah atau bleber ke  baju si Kecil. Seru banget dibawa piknik atau jalan-jalan.

Karena saya sudah memberikan Milna Nature Deligh dari Pendar, lalu kini ke adiknya. Biar semakin mengenalnya, saya infokan kelebihannya. Silakan dijadikan pertimbangan para bunda untuk ikutan jadi GEN BAPUR seperti saya.

Kelebihan Milna Nature Delight:


Milna Nature Delight 100% buah asli
Tanpa bahan pengawet
Tanpa penambahan gula
Diolah  melalui proses Advanced Pasteurization Technology
Kemasannya praktis, bisa dibawa-bawa atau pun dijadikan bekal perjalanan saat berpergian dengan Si Kecil karena mudah dikonsumsi kapanpun dan dimanapun
Membantu Si Kecil untuk belajar makan sendiri

Cara konsumsi Milna Nature Delight:



Kocok dahulu kemasan Milna Nature Delight sebelum dikonsumsi.


Milna Nature Delight dapat dituang ke dalam mangkuk atau wadah makan Si Kecil untuk langsung diasup dengan menggunakan sendok.



Milna Nature Delight juga dapat langsung dikonsumsi Si Kecil.


Milna Nature Delight disimpan dalam lemari es
Oya, Milna Nature Delight yang sudah dibuka dan dikonsumsi masih dapat disimpan di dalam kulkas atau lemari pendingin selama maksimal 2x24 jam. Jadi kalau si Kecil tidak menghabiskan, jangan langsung dibuang ya.

BTW GEN BAPUR itu apa ya?

Yuk, Jadi Bagian GEN BAPUR, Biar Si Kecil Doyan Buah


Bunda GEN BAPUR

"Meningkatnya antusiasme konsumen Milna Nature Delight telah melahirkan GEN BAPUR atau Generasi Bawa Pure. GEN BAPUR adalah generasi ibu zaman now yang tekag mempercayakan Milna Nature Delight sebagai pilihan pertama ibu untuk Cara Mudah Makan Buah si Kecil. GEN BAPUR ini akan didukung oleh Milna menjadi sebuah kampanye berskala nasional dengan misi mendukung anak Indonesia untuk makan buah, kali ini melalui kampanye Cara Mudah Makan Buah Zaman Now," jelas Chistofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna mengenai GEN BAPUR.

Nah, sudah paham kan, apa itu GEN BAPUR?



Artis manis dan ibu dua orang anak, Tya Ariestya pun ternyata sudah jadi GEN BAPUR loh karena dia sudah menjadi konsumen Milna selama 4 tahun! Kalau saya, menjadi konsumen Milna sejak punya anak pertama tahun 2005, dan mengenal Milna Nature Delight sejak awal launching tahun 2018. Karena buat saya Milna ahlinya makanan bayi yang prodaknya rekomend buat si Kecil.



"Sebagai ibu, saya hampir 4 tahun lamanya menjadi konsumen berbagai produk Milna. Tapi Milna Nature Delight memang menjadi salah satu favorit putra sulung saya, Kanaka yang sampai saat ini tidak bosan karena ada 3 varian rasa yang berbeda dan bentuk serta warna pada kemasannya yang praktis dan menarik. Rutinitas makan buah memang sudah saya biasakan sejak kecil dan dengan kesibukan saya yang sangat membantu menjaga pemenuhan asupan buah Kanaka. Saya dengan sendirinya Saya rasa dengan sendirinya, saya pun sudah termasuk GEN BAPUR, karena saya selalu menyediakan Milna Nature Delight sebagai bekal snack Kanaka saat travelling atau menemani saya beraktivitas," kata Tya Ariestya dengan semangat.

Harga Milna Nature Delight Jadi Lebih Hemat


Penjualan Milna Nature Delight tahun 2019 ini telah meraih angka penjualan yang sangat baik yaitu 2 kali lebih tnggi ketimbang tahun sebelumnya. Respon positif dan meningkatnya minat konsumen, menjadikan produksi Milna Nature Delight dan memungkinkan Milna untuk melakukan penyesuaian harga dari Rp 15.000 menjadi Rp 9.950. Penyesuaian merupakan wujud konkrit dukungan Milna dalam mendukung kebiasaan anak makan buah sejak dini.

Milna Nature Delight memiliki 3 varian rasa yang telah disesuaikan dengan kebutuhan buah Si Kecil yang terdiri dari varian Carrot Apple Pumpkin, varian Banana Strawberry Apple dan varian Apple Peach. Untuk manfaatnya bisa dibaca lagi pada ulasan di atas tadi, maka demi untuk pemenuhan buah si Kecil, semua bunda siap jadi GEN BAPUR dong!

Karena seperti yang dikatakan Chistofer, dengan mendukung GEN BAPUR ikut mendukung ibu-ibu millennials zaman now :

"Dengan mendukung GEN BAPUR Milna Nature Delight diharapkan bisa mendukung  diharapkan bisa mendukung ibu-ibu millennials zaman now yang karakteristiknya adalah melek teknologi atau lebih praktis dalam mencari solusi, namun tetap mengutamakan nutrisi dan kualitas asupan si Kecil."

Variasi Mpasi Cemilan dari Milna Nature Delight

Seperti disarankan oleh dokter Attila dalam memberikan MPasi, bereksperimenlah dengan kombinasi makanan yang berbeda rasa. Termasuk dalam snack atau cemilan atau makanan selingan ini. Berikut beberapa resep MPasi Cemilan dari Milna Nature Delight yang saya sajikan untuk Binar dan Resep Bekal buat Pendar, siapa tahu bunda tertarik untuk mencoba resepnya:

Oat Keju Topping Milna Nature Delight


Bahan:
1 pouch Milna Nature Delight Apple and Peach (atau sesuai selera)
5 Sendok Makan Oat
Sepotong keju block, diparut dan sisihkan

Cara buat:
Didihkan air secukupnya, masukkan 5 sendok makan oat dan keju parut, aduk-aduk
Angkat, dan letakkan dalam wadah makanan si Kecil.
Beri topping Milna Nature Delight Apple and Peach (atau sesuai selera) secukupnya.

Noted: MPasi cemilan ini untuk usia 8 bulan ke atas


Roti Selai Milna Nature Delight
Bahan:
2 lembar roti tawar
1 pouch Milna Nature Delight Banana Strawberry Apple kesukaan Pendar (atau sesuai selera)

Cara buat:
Oleskan Milna Nature Delight Banana Strawberry Apple ke selembar roti tawar secukupnya, tutup dengan selembar roti tawar, potong-potong.

Noted: Bisa untuk bekal piknik atau sekolah, untuk usia di atas 1 tahun

Sekilas tentang Kalbe Nutritionals

Milna Nature Delight salah satu produk untuk Si Kecil yang diproduksi oleh KALBE Nutritionals, KALBE Nutritionals secara aktif melakukan pengembangan produk nutrisi, guna mempertajam komitmen di bidang bisnis makanan dan minuman kesehatan. KALBE Nutritionals, selalu berupaya mewujudkan misi: We provide wellness to millions dengan menyediakan produk dan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang produk Milna bisa langsung ke Website: www.milna.com atau akun medsos lainnya:

 Facebook: MilnaID
Twitter: @BundaMilna
 Instagram: @milnaid

Jangan lupa, Milna Nature Deligiht bisa didapatkan di supermarket terdekat seperti Alfamart, Carrefour, Hypermart, Lion Superindo, Yogya Group dan toko terdekat lainnya.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Emg praktis ut dibawa kmn2. Baby girl kami doyan banget. Tapi setelah mulai beralih bubur ke nasi udh gak terlalu doyan lagi

    ReplyDelete