>

Cara Mudah Makan Buah Untuk Si Kecil

By duniaeni.com - May 18, 2018



Apakah Si Kecil tidak suka konsumsi buah meski sudah diolah atau dikreasikan dalam berbagai resep Mpasi yang menarik?

Si kecil tidak suka buah dan sayur hingga besar

Kebetulan anak ke dua saya, Pijar, dulu ketika melewati tahap Mpasi paling sulit mengasup buah. Hal ini bikin jengkel dan sedih karena sudah capek-capek menghaluskan buah, apalagi ada jenis buah yang harus dikukus dulu seperti apel, pir, lalu dihaluskan. Tetapi Si Kecil  justru menolak dengan GTM (gerakan tutup mulut) atau melepehnya.

Pijar ketika usia 7 bulan
Kadang saya mengolah buah dengan variasi agar Pijar mau mengkonsumsinya, buah dihaluskan dengan toping susu, buah yang memiliki rasa asam dicampur dengan buah yang manis, misalnya buah pisang diberi sari buah jeruk. Namun karena sering ditolak, akhirnya saya jadi malas membuat Mpasi dengan buah. Akibatnya?

Ketika Pijar tumbuh besar dia sangat memilih buah untuk dikonsumsinya, entah mengapa selain tidak suka buah jadi imbas ke sayur. Pijar juga tidak suka konsumsi sayur-mayur, tubuhnya tidak sesegar kakak dan adiknya yang doyan mengkonsumsi buah dan sayur. Kadang saya berpikir, apakah sudah terlambat membuat Pijar menyukai buah dan sayur?

Saya pernah konsultasi dengan ahli ksehatan anak, katanya anak-anak tidak boleh melewati fase Mpasi dengan gagal, dalam arti gagal kita kenalkan jenis-jenis makanan: karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin. Jadi segala jenis makanan, termasuk buah dan sayur itu harus dikenalkan sedini mungkin, yakni ketika tahap awal anak mengenal makanan padat atau Mpasi.

Ibu tidak boleh putus asa ketika Si Kecil awal-awal menolak, karena Si Kecil butuh adaptasi ketika harus mencoba aneka jenis makanan, selain ASI atau susu. Berarti ketika Pijar melewati tahap Mpasi saya sudah gagal dalam mengenalkan dia buah dan sayur, sehingga efeknya imbas sampai dia tumbuh besar.


Si kecil sejak dini harus makan buah
Padahal Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun sangat menganjurkan anak balita dan anak usia sekolah untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak kurang lebih 300-400 gram per orang per hari. Ini sampai anak remaja dan dewasa loh. Lalu bagaimana solusi para ibu yang memiliki anak seperti Pijar?

Peluncuran Milna Nature Delight : Mengapa si kecil penting makan buah dan sayur?

Pertanyaan ini pernah tidak muncul dalam pikiran para ibu? Karena selama ini kita berpikir bahwa protein hewani sangat penting untuk si kecil agar tumbuh kembang otaknya optimal, sehingga buah dan sayur kadang agak terabaikan. Terlebih anak-anak lebih sulit dikenalkan buah dan sayur ketimbang Mpasi yang gurih dari protein hewani seperti yang dialami Pijar.

9 Mei 2018 saya ikut hadir dalam acara peluncuran Milna Nature Delight dengan nasumber Dr.dr Conny Tanjung, Sp.A(K) yang memang dokter spesialis anak dan pemerhati gizi untuk anak-anak. Dr Conny mengatakan pentingnya buah dan sayur bagi Si Kecil:


Dr. Conny
“Mengenalkan buah dan sayur untuk Si Kecil perlu dilakukan, karena keduanya mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai penelitian meta-analisis telah menunjukkan manfaat positif sayur dan buah untuk mencegah dan menurunkan insidens obesitas dan penyakit degeneratif kronis seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain.  Meskipun sayur dan buah memiliki peran yang cukup penting, tetapi untuk anak, khususnya di saat mulainya pemberian MPASI, perlu diketahui beberapa batasan pemberian sayur dan buah, karena di saat ini dibutuhkan makanan padat energi untuk menunjang pertumbuhan yang pesat.  Belum ada acuan kecukupan serat pada bayi di bawah usia 1 tahun, namun berbagai penelitian membuktikan bahwa paparan terhadap sayur dan buah secara berulang membuat penerimaan terhadap sayur dan buah menjadi lebih mudah di masa selanjutnya."
Point dari ulasan dr. Conny adalah:

  • Buah dan sayur penting dikenalkan sejak kecil karena memiliki manfaat positif mencegah dan menurunkan indidens obesitas dan penyakit degeneratif kronis, seperti penyakit jandtung koroner diabete melitus, kanker dll kelak hingga anak dewasa.
  • Meski buah dan sayur dalam Mpasi bukan merupakan makanan penunjang energi untuk pertumbuhan Si Kecil, namun buah dan sayur harus dikenalkan sejak dini.
  • Memberikan atau mengenalkan buah secara dini kepada Si Kecil, yakni sejak Mpasi akan memudahkan Si Kecil kelak menyukai buah dan sayur.
Maka untuk solusi ibu-ibu mengenalkan Si Kecil akan buah ini Milna sebagai salah satu brand unggulan Kalbe Nutritionals, tahun ini meluncurkan Milna Nature Delight, sebagai solusi untuk cara mudah makan buah Si Kecil. Apalagi memang seperti dikatakan dr. Conny  di atas, buah penting untuk dikenalkan pada Si Kecil, berikut manfaat buah secara lengkap untuk Si Kecil:

Manfaat buah untuk Si Kecil:




  • Memiliki kandungan Vitamin yang tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh Si Kecil dan kesehatan gusi
  • Memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah
  • Memiliki kandungan serat yang tingggi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan
  • Memiliki kandungan anti oksidan untuk mencegah penyakit degeneratif di masa yang akan datang


Mengetahui pentingnya buah untuk Si Kecil jadi memicu untuk pantang menyerah mengenalkan buah sejak dini. Maka saya semakin penasaran dengan Milna Nature Delight yang diluncurkan oleh Milna ahlinya makanan bayi sebagai solusi mengenalkan si kecil buah. So, ibu-ibu baca tuntas artikel ini ya.

Mengapa Milna Nature Delight sebagai solusi mengenalkan si kecil buah?


Nah, pasti akan terlintas pertanyaan di atas, begitu pun dengan saya: Benarkan Milna Nature Delight bisa membuat Si Kecil menyukai buah?

Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna menjelaskan secara singkat mengenai Milna Nature Delight:



“Milna Nature Delight adalah fruit puree dalam kemasan pouch yang sangat ideal dalam memperkenalkan rasa buah, dengan mudah, kepada Si Kecil sejak dini. Terbuat dari 100% buah asli dengan 3 varian rasa yang akan digemari dengan ukuran dan bentuk kemasan yang nyaman untuk digenggam Si Kecil. Sangat praktis untuk dibawa serta tidak mengandung pengawet ataupun gula tambahan.”
Serius Milna Nature Delight tidak mengandung pengawet maupun gula tambahan?
Pertanyaan ini langsung terlontar dari para undangan yang datang, termasuk saya. Sebab Mpasi kemasan yang diproduksi oleh perusahaan itu sering membuat ibu-ibut tidak yakin, dan memiliki Mpasi homemade.

Christofer Samuel Lesmana pun menyakinkan dan mempersilakan kami para ibu-ibu untuk mencobanya langsung. Ada  3 varian rasa Milna Nature Delight telah disesuaikan dengan kebutuhan buah Si Kecil yang terdiri dari varian Carrot Apple Pumpkin, varian Banana Strawberry Apple dan varian Apple Peach.

Rasanya gimana?
Saya langsung mencobanya varian Apple Peach , rasanya sesuai rasa buah apel dan peach, ada asam, ada manis khas buah, benar-benar seperti fruit puree yang sering saya buat Mpasi untuk anak-anak dulu. Tidak ada rasa manis yang berlebihan khas dari gula buatan sehingga saya pun doyan, seorang undangan yang membawa bayi usia 8 bulan terlihat bayinya lahap diberi Milna Nature Delight. Tekstur Milna Nature Delight juga seperti buah diblender, masih terasa ketika dilumat lidah.


Si Kecil buah hati ibu Nurul Noe
Milna Nature Delight

Kelebihan Milna Nature Delight:



  • Milna Nature Delight 100% buah asli
  • Tanpa bahan pengawet
  • Tanpa penambahan gula
  • Diolah  melalui proses Advanced Pasteurization Technology
  • Kemasannya praktis, bisa dibawa-bawa atau pun dijadikan bekal perjalanan saat berpergian dengan Si Kecil karena mudah dikonsumsi kapanpun dan dimanapun
  • Membantu Si Kecil untuk belajar makan sendiri
Ibu  juga jadi tidak repot menyiapkan buah untuk Si Kecil dengan mencuci, mengupas, dan menghaluskannya. Milna Nature Delight sangat praktis membantu ibu.

Cara konsumsi Milna Nature Delight:


Kocok Milna Nature Delight
  • Kocok dahulu kemasan Milna Nature Delight sebelum dikonsumsi
  • Milna Nature Delight dapat dituang ke dalam mangkuk atau wadah makan Si Kecil untuk langsung diasup dengan menggunakan sendok


Milna Nature Delight dapat dituang ke wadah makanan Si Kecil
  • Milna Nature Delight juga dapat langsung dikonsumsi Si Kecil

Milna Nature Delight bisa langsung dikonsumsi Si Kecil
Jika Si Kecil tidak habis, biasa tahap Mpasi mungkin Si Kecil mengalami GTM, atau Si Kecil kekenyangan, ibu tidak boleh memaksa untuk terus menjejali makanan kepada si Kecil. Cukup paling lama 30 menit kegiatan makan Si Kecil. Lalu sisa Milna Nature Delight dibuang?

Tidak, karena Milna Nature Delight yang sudah dibuka dan dikonsumsi masih dapat disimpan di dalam kulkas atau lemari pendingin selama maksimal 2x24 jam.



Jika tidak habis Milna Nature Delight dapat disimpan di kulkas
Milna Nature Delight sebagai wujud kampanye rutin Milna : Edukasi untuk orangtua




Apakah Milna Nature Delight sebagai Mpasi utama Si Kecil?
Jawabannya adalah tidak, karena Milna Nature Delight adalah snack untuk makanan pendamping Si Kecil atau Mpasi, sesuai kampanye Milna yang memang untuk mengedukasi orangtua akan momen makan pertama Si Kecil. Selain makanan utama, diperlukan juga snack yang kaya vitamin dan mineral untuk tumbuh kembang Si Kecil loh.

Milna sebagai Ahlinya makanan bayi juga memberi tips tentang pemberian Mpasi yang sangat bermanfaat. Pemberian MPASI yang optimal bukan sekedar APA yang harus dipersiapkan untuk memenuhi Angka Kecukupan Gizi Si Kecil, tetapi juga KAPAN, karena jika kebutuhan akan zat gizi tidak terpenuhi dengan baik pada waktu yg tepat, maka tumbuh kembang anak akan kurang optimal.

Ini benar sekali karena saya alami saat memiliki anak Pijar, saya sibuk memikirkan dan menyiapkan apa saja yang harus saya buat menu Mpasi homemade, sehingga mengabaikan fase Pijar harus mengenal buah dan akhirnya terlewat. Hal ini juga banyak dialami para ibu yang salah memberi Mpasi terlalu dini, yakni sebelum waktunya.

"Si Kecil harus dalam kondisi siap menerima makanan padat ketika akan diberikan Mpasi, karena jika tidak seperti dibawah usia 4 bulan maka bisa menyebabkan infeksi pencernaan dan pertumbuhan Si Kecil akan terhambat," kata dr. Conny.


Idealnya, pemberian MPASI diawali dengan meal yang boleh diikuti dengan pemberian snack 1-2 kali sehari. Jadwal pola makan untuk anak usia 6 sampai 8 bulan terdiri dari 2x meal dan 2x snack dan seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil, frekuensi dan porsi pemberian meal dan snack juga akan bertambah sehingga untuk anak usia 10-12 bulan, sudah boleh diberikan 3x meal dan 2x snack. Dicatat ya!





Variasi Mpasi dari Milna Nature Delight

Meski Milna Nature Delight merupakan snack pendamping ASI, bisa diolah bervariasi agar Si Kecil tidak bosan. Beberapa resep dibawah ini bisa dicoba buat Si Kecil:

Agar-agar buah Milna Nature Delight Apple and peach




1 bungkus agar-agar warna putih
1 pouch Milna Nature Delight Apple and Peach (atau sesuai selera)

Cara masak:
Masak agar-agar hingga mendidih, angkat
Masukkan 1 pouch Nature delight Apple and Peach (atau sesuai selera)
Aduk-aduk, dinginkan (masukkan ke dalam kulkas)
Note: Snack Mpasi ini untuk Si Kecil usia 8 bulan ke atas

Ice cream buah Milna Nature Delight
1 pouch Milna Nature Delight varian sesuai selera tuang dalam cetakan ice cream
Bekukan dalam freezer
Setelah beku siap disantap
Note: Berikan untuk Si Kecil usia di atas 1 tahun

Selain resep di atas Milna Nature Delight bisa dioleskan ke roti atau kue Si Kecil

Sekilas tentang Kalbe Nutritionals


Milna salah satu andalan Kalbe Nutritionals yang memproduksi makanan&minuman sehat Si Kecil
Milna Nature Delight salah satu produk untuk Si Kecil yang diproduksi oleh KALBE Nutritionals, KALBE Nutritionals secara aktif melakukan pengembangan produk nutrisi, guna mempertajam komitmen di bidang bisnis makanan dan minuman kesehatan. KALBE Nutritionals, selalu berupaya mewujudkan misi: We provide wellness to millions dengan menyediakan produk dan layanan kesehatan bagi masyarakat.


Team Milna
Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang produk Milna bisa langsung ke Website: www.milna.com atau akun medsos lainnya:
 Facebook: MilnaID,
Twitter: @BundaMilna
 Instagram: @milnaid



Artikel ini menjadi salah satu pemenang Milna Blogger Writing Competition:

            



  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. Kyaaa, ada anak akoeh numpang tenar di blognya penulis top. Heuheuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw biar jadi peuli stop juga kelak, aamiin

      Delete
  2. Gampang ya kasih makan buah ke anak dengan Milna Nature Delight ini. Bisa dikreasikan juga dengan bahan-bahan yang lain.

    ReplyDelete
  3. Salah satu sebab kegagalan anak dimasuki buah ketika fase MPASI memang karena ketidaksempurnaan buah yang diberikan. Buahnya tidak dilumat sempurna, sehingga teksturnya tidak sesuai dengan gigi bayi. Rasanya kurang enak, mungkin karena buahnya salah disimpan. Menurut saya, Milna puree Delight ini solusi yang bagus untuk upaya kita memasukkan buah sebagai bagian dari MPaSI.

    Buah memang bukan sumber energi. Tetapi tanpa buah, tak ada katalisator untuk memudahkan pencernaan terhadap makanan lain yang bertugas sebagai sunber energi itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sharingnya, mba Vicky. Note buat anakku berikutnya yang masih di perut

      Delete
  4. Pasti anaknya seneng ya makan Milna inu mba

    ReplyDelete
  5. ini produk baru yaa Mba? soalnya waktu anakku kecil (saat usia mpasi) dulu belum ada Milna Nature Delight ini

    ReplyDelete
  6. Milna selalu jadi favorit para ibu ya :D

    ReplyDelete