>

Risiko Kekurangan 4 Zat Penting Dalam Kehamilan

By duniaeni.com - May 17, 2018

Pada artikel:



Ibu Hamil Jangan Sampai Kurang 4 Zat, yakni Zat Besi, Asam folat, Kalsium, Vitamin B-12 karena memang ke empat zat tersebut sangat penting untuk ibu hamil. Pasti penasarang dong, segitu pentingnya apa sih kira-kira efek atau risiko yang terjadi bila ibu hamil kekurangan 4 zat tersebut?

Berikut ini adalah risiko bila ibu hamil kekurangan Zat Besi, Asam folat, Kalsium, Vitamin B-12 :

Zat Besi

Ibu hamil yang mengalami kekurangan asupan zat besi maka akan lebih berisiko:

  • Ibu hamil atau si bayi yang lahir bisa mengalami anemia zat besi
  • Janin dan ibu hamil bisa mengalami infeksi
  • Bayi  bisa lahir premature dengan berat badan di bawah standart, yakni di bawah 2500 gram
  • Pertumbuhan janin terlambat dan pada kasus yang parah bisa menimbulkan gangguan perkembangan otak janin. Mengapa? Karena zat besi merupakan komponen penting untuk perkembangan otak janin.
  • Pada kasus kekurangan zat besi parah juga bisa menyebabkan  ibu hamil keguguran

Asam Folat

Semua ibu hamil pasti paham pentingnya asam folat, sampai bela-belain mengasup susu ibu hamil. Ibu  hamil yang semula tidak doyan susu pun, bisa saja kemudian demi perjuangan kesehatan calon bayi kelak mengasup susu hamil dengan rutin. Karena memang kekurangan asam folat bagi ibu hami sangat berisiko:

  • Rusaknya lapisan pelindung pembuluh darah, yang bisa membuat tali pusat janin terlepas sebelum waktunya. Padahal tali pusat itu fungsinya untuk mengantar asupan nutrisi yang ibu hamil asup ke janin.
  • Ibu hamil dapat terkena anemia defesiensi folat
  • Kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi yang dilahirkan, ini kasus yang paling ditakutkan. Tetapi pada kenyataannya masih saja terdapat bayi lahir dengan kondisi ini (tanpa tempurung kepala).

Tentu menakutkan sekali risiko kekurangan asam folat ya, saya pun mengalami kekawatiran ini. terlebih ketika hamil Pendar saya tidak bisa mengasup susu ibu hamil. Karena begitu minum susu tersebut  langsung diare, buat penderita wasir diare adalah siksaan. Diare menyebabkan wasir jadi meradang.

Untung saya segera konsultasi dokter akan masalah tersebut, dokter kandungan saya pun menenangan bahwa asupan asam  folat tidak selalu dari susu ibu hamil. Tapi bisa dari asupan makanan sehari-hari yang mengandung folat, Alhamdullilah Pendar lahir normal dan sehat.

Kalsium

Seperti pernah saya ceritakan kalau cerita di masyarakat bayi laki-laki akan mengambil kalsium dalam tubuh ibu hamil lebih banyak dari bayi perempuan. Namun lepas dari mitos tersebut memang jika asupan kalsium ibu hamil kurang, maka janin akan mengambil kalsium dalam tubuh ibu hamil.

Jika ibu hamil tidak memiliki banyak atau cukup asupan kalsium dalam tubuhnya tentu saja akan menimbukan risiko yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Risiko tersebut adalah:

  • Tulang ibu  hamil akan keropos, bahkan cerita dari beberapa teman saya setiap hamil gigi mereka pasti akan tanggal atau copot satu. Ini katanya karena asupan kalsium dalam tubuh mereka kurang.
  • Tulang janin tumbuh tidak sempurna
  • Bayi dapat terkena penyakit rakitis

Vitamin B-12

Kekurangang vitamin B-12 bagi ibu hamil akan berisiko:

  • Ternyata tidak hanya kekurangan zat besi yanng bisa menyebabkan ibu hamil keguguran, tetapi kekurangan vitamin B-12 juga bisa menyebabkan keguguran.
  • Kelainan syaraf pada janin
  • Anemia defisiensi vit.B12


Membaca risiko kekurangan empat zat diatas bagi ibu hamil membuat saya kawatir dan jadi semakin rajin mengasup baik itu suplemen, makanan dan minuman yang mengandung zat besi, asam folat, kalsium,dan vitamin B-12. Bagaimana pun juga saya mengalami peristiwa pahit pada anak ke tiga yang meninggal pada usia 5 bulan setelah lahir.

Alm Gibran yang lahir istimewa dan belum pada  bulannya hingga paru-paru, jantung, tidak berfungsi dengan baik. Saat masa kehamilannya memang saya kurang memperhatikan asupan suplemen, nutrisi dan kondisi psikologi yang tidak baik. Selain nutrisi, ibu hamil harus bahagia dan itu mutlak.

Mari bumil kita bahagia, baik hamil secara berencana maupun hamil yang diluar rencana, kita harus bahagis dan ikhlas. Menjadi ibu hamil&melahirkan itu anugerah dari Allah SWT, juga ladang pahala bagi wanita. Supaya kita terhindar dari hal tidak diharapkan, selama hamil banyak berdoa, berbuat baik, dan jangan mengabaikan 4 ZAT PENTING BAGI IBU HAMIL, ya. Jadi setelah baca artikel ini, jangan lupa baca juga:

Makanan, minuman atau asupan yang mengandung 4 zat penting bagi ibu hamil





Note: Beberapa info diambil dari majalah Ayah Bunda

  • Share:

You Might Also Like

9 komentar

  1. Nah ini perlu jaga stamina ya buat ibu hamil biar enggak kekurangan zat yang penting ya. kalau aku pas hamil emang perlu waspada karena aku mudah sekali anemia

    ReplyDelete
  2. Saya pernah dimintai izin oleh pasien saya yang hamil, apakah dia boleh bolos minum suplemen hamil yang saya resepkan. Sebab dia ingin menghemat pengeluaran biaya selama kehamilannya.

    Banyak orang cuma paham pentingnya zat besi sebagai pencegah anemia, tapi tidak tahu seberapa besar zat besi ini bisa menyelamatkan dia ketika melahirkan nanti.

    Ketika perempuan melahirkan, dia akan mengeluarkan darah yang sangat banyak karena memang alamiahnya demikian. Bahayanya adalah kematian. Untuk mencegahnya, dia perlu stok sel darah merah yang kuat dan banyak di dalam tubuhnya. Untuk membuat sel darah merah yang kuat, di sinilah perlunya zat besi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mb. Makanya aku dari awal zat besi harus usahain gak lupa,karena kata spogku ga sembarangan.

      Delete
  3. Kalau dulu aku kekurangan kalsium mba....trus imbasnya ke gigi aku mudaj keropos. Gigi anak kedua juga gitu...hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temenku beberapa setiap hamil giginya copot,makn kekurangan kalsium sejak gadis

      Delete
  4. biasanya yg sering terjadi itu kekurangan zat besi tapi 3 zat lain juga penting
    sering liat ibu hamil kena anemia jadi mesti pusing dan pucat

    ReplyDelete
  5. Aku niiih lagi indikasi HB rendah, harus ngebut gempur asupan penunjang supaya HB stabil. Semoga kita dan para debay inside sehat2 selalu ya, Amiiiin.

    ReplyDelete
  6. Iya ya mba Eni, 4 zat itu penting banget.. Pantes dari awal hamil dulu selalu diresepin suplemen zat besi sama asam folat dari dokter.. Sehat-sehat terus ya mba, semoga lancar lahirannya dan setelahnya..

    ReplyDelete