>

BPJS Kesehatan Menambah Pelayanan Seiring Kenaikan Iuran

By duniaeni.com - December 14, 2019


Untuk berlangsungnya program JKN-KIS, mulai 1 Januari 2020 iuran bagi peserta PBPU/BP (mandiri) disesuaikan menjadi:

Kelas I menjadi Rp180.000/ perorang/bulan
Kelas II menjadi Rp120.000/perorang/bulan
Kelas III menjadi Rp42.000/perorang/bulan

Tentu saja kenaikan ini bukan sekedar hanya kenaikan iuran, tapi BPJS Kesehatan mempertimbangkan hal lain sesuai dengan kenaikan iuran tersebut, yakni dengan menambah pelayanan yang lebih bagus dan lebih memudahkan masyarakat yang ikut bergabung sebagai peserta JKN-KIS.


Doc foto: BPJS Kesehatan

Mungkin beberapa atau malah masyarakat Indonesia belum mengetahui, pelayanan seperti apa yang kini diberikan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, tentu saja termasuk saya. Sebagai peserta JKN-KIS saya baru mengetahui layanan dari BPJS Kesehatan; Jemput Bola Mobile Customer Service (MCS). Ikut penasaran juga?

Layanan Jemput Bola Mobile Custmer Service (MCS)

Siapa yang sudah tahu tentang Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan?

Saya sendiri baru mengetahui ketika mengikuti acara sharing bersama BPJS Kesehatan tentang program MCS ini, tanggal 9 Desember 2019 kemarin. Jadi BPJS Kesehatan sehubungan dengan kenaikan iuran bulanan bagi peserta JKN-KIS mengeluarkan program BPJS Jemput bola dengan Mobile Customer Service (MCS).


Ibu Dwi

Menghadirkan narasumber Dwi Asmariyati selaku Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta, menjelaskan dengan detil apa itu Mobile Customer Service (MCS), yang merupakan kanal layanan berupa mobil yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk pendaftaran perubahan data, cek kartu, dan pemberian informasi dan penanganan pengaduan. Termasuk juga melayani pembayaran iuran (kerjasama dengan PPOB).

Aktifitas Mobile Customer Service (MCS) dilaksanakan setiap hari kerja maupun hari libur (sesuai kebutuhan) mulai tanggal 9 Desember 20019 dengan sasaran pasar, desa, kecamatan, faskes, dan Car Free Day/event. Ibu Dwi mengatakan kalau pelayanan Mobile Customer Service (MCS) akan mencakup seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah-daerah yang sulit dijangkau dan terpencil seperti di Manokwari.

Kegiatan Mobile Customer Service (MCS) diantaranya sudah ke wilayah Curup, Bukit Tinggi, Banjarmasin, Tulung Agung, Samarinda, dan banyak lagi. Buat wilayah kalian yang belum dikunjungi Mobile Customer Service (MCS) ditunggu saja ya. Oya, sehubungan dengan kenaikan iuran BPJS bagi masyarakat yang keberatan, Mobile Customer Service (MCS) ini juga bisa melayani turun kelas.

Untuk turun kelas ini tidak sulit loh, seandainya Mobile Customer Service (MCS) belum mencapai wilayah kalian, tapi ingin cepat-cepat turun kelas agar pembayaran iuran berjalan lancar.

Berikut ini bisa dijadikan acuan untuk turun kelas:
1. Tanpa syarat minimal 1 tahun
2. Tanpa persyaratan khusus
3. Dapat dilakukan dalam kondisi non aktif/menunggak
4. Dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, Mobile Customer Service (MCS) dan Kantor Cabang/Kabupaten/Kota BPJS Kesehatan.

Untuk aplikasiMobile JKN ini bisa langsung didownload dari app store, bikin semua aktifitas JKN-KIS jauh lebih praktis. Salah satunya terdapat fasilitas kartu digital peserta sehingga tidak perlu bawa-bawa kartu lagi saat berobat, tinggal menunjukkan kartu di aplikasi dan bisa untuk identitas kartu JKN-KIS sekeluarga.

Tujuan Mobile Customer Service (MCS) : Jemput Bola

Sebenarnya untuk tujuan Mobile Customer Service (MCS) seperti yang sudah ditulis di awal artikel ini, yakni menambah pelayanan yang lebih bagus dan lebih memudahkan masyarakat yang ikut bergabung sebagai peserta JKN-KIS. BPJS Kesehatan menyebutnya konsep Jemput Bola.

Jadi lengkapnya tujuan dibuatnya program Mobile Customer Service (MCS) oleh BPJS Kesehatan sebagai upaya untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan dengan menggunakan konsep Jemput Bola, dan juga merupakan media promosi dan corporate branding kepada masyarakat luas.

Disebut jemput bola karena Mobile Customer Service (MCS) ini yang mendatangi langsung masyarakat yang membutuhkan pelayanan perihal BPJS Kesehatan, khususnya untuk masyarakat di daerah-daerah akan sangat terbantu sekali. Yuk, tetap semangat membayar iuran BPJS. Bahkan untuk yang menungga BPJS Kesehatan memberi kelonggaran dengan tabungan untuk mencicil tunggakan iuran., untuk lebih jelasnya bisa langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. Wah sekarang iurannya ini semakin naik nih ya Mbak, makin mahal saja deh hihi

    ReplyDelete
  2. Dengan penambahan iuran ini. Pelayanan ini juga semakin bagus nih ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Dengan adanaya Mobile Customer Service ini memang bisa menjadikan pelayanan lebih baik ya

    ReplyDelete
  4. Makin mahal saja nih ya Mbak hehe. Tapi ya semoga saja pelayanannya sesuai hehe

    ReplyDelete
  5. Wah terima kasih nih Mbak atas informasinya mengenai kenaikan dari BPJS ini

    ReplyDelete