Our Story

Ceremony

Family

Masak Nasi Sehat Dengan Rice Cooker Cosmos Harmond

by - December 10, 2019


Untuk para ibu yang merupakan koki di rumah, pasti dunia masak-memasak itu menjadi urusan yang penting. Tanpa peran ibu di dapur, maka hidangan di meja makan akan hampa, hehehe. Karena itu kesehatan seluruh anggota rumah bisa jadi ada di tangan seorang ibu, karena tubuh yang sehat berasal dari asupan yang sehat juga.



Urusan asupan sehat ini tidak jarang para ibu ketika belanja kebutuhan pokok sangat teliti.. Mulai membeli sayur-mayur yang segar, mencucinya dengan baik agar terhindar dari bahan kimia, sampai mengolahnya agar kandungan vitaminnya masih terjaga. Begitu juga ketika mengolah lauk seperti memilih ikan yang masih segar, mencuci bersih, dan memasaknya dengan kematangan yang tepat.

Tidak lupa juga memilih beras yang terbaik, dan memasaknya dengan tepat hingga menjadi nasi yang lezat. Bicara soal nasi yag merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, kebanyakan ibu-ibu memilih beras yang pulen. Karena nasi yang enak akan terasa lezat meski hanya ditemani lauk sederhana, betul tidak? Kalau saya dan keluarga nasi yang enak itu penting banget, menambah nafsu makan juga.

Tapi memasak nasi itu sebenarnya tidak hanya sekedar enak, harus sehat juga. Sama seperti memasak sayur dan lauk, agar kandungan nutrisinya masih tetap terjaga dan aman. Aman di sini, selain aman dari bahan kimia efek pemeliharan saat masih ditanam, juga aman dari kontaminasi peralatan memasak yang tidak aman. Pernah dengar peralatan masak yang tidak aman, kan?



Bahaya Peralatan Masak Tidak Aman

Pernah punya rice cooker yang innerpan (panci)nya mudah terkelupas?

Terus terang saya pernah sekali, dulu awal berumah tangga membeli rice cooker anti lengket atau Non Stick. Seneng kan, masak nasi tidak lengket di wadahnya, tapi ternyata lama-lama dalamnya terkelupas. Waktu itu saya belum paham akan bahaya wadah panci memasak yang terkelupas, jadi tetap saya pakai untuk memasak, huhuhu.

Sampai kemudian saya tahu kalau lapisan anti lengket itu mengandung zat kimia perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogen. Sehingga jika terkelupas dan tercampur dengan nasi, lalu masuk ke dalam tubuh akan memicu penyakit berbahaya, salah satunya KANKER. Bayangkan, saya sudah membiarkan keluarga kami mengkonsumsi nasi yang mengandung zat kimia perfluorooctanoic? Asli, langsung saya buang rice cooker itu meski masih bisa menyala dengan baik.

Lalu bagaimana memilih rice cooker sehat yang bisa  tetap jaga nasi sehat, sehingga tidak hanya aman saat dimakan, kandungan nutrisinya juga masih terjaga.

Rice Cooker Cosmos Harmond : Anti Gores Dan Jaga Nasi Sehat



Setelah memakai rice cooker yang ternyata berbahaya bagi kesehatan, karena lapisan anti lengketnya mengandung zat kimia perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogen. Saya mencoba Rice Cooker Cosmos Harmond, awalnya dapat recomendasi dari teman-teman. Kata mereka, Rice Cooker Cosmos Harmond aman dan membuat nasi lebih enak. Meski nasi yang dimasak kemarin, tidak akan berwarna kuning, tidak berbau selama belum basi.

Rice Cooker Cosmos Harmond aman, karena innerpan (panci)nya anti gores, meski digores dengan sikat besi tidak akan membuat lapisannya lepas atau tergores. Sehingga benar-benar aman, bebas  dari partikel lapisan yang mengelupas dan  bersifat karsiogenik yang bisa memicu penyakit kanker bila tercampur ke nasi saat dimasak


Innerpan Cosmos Harmond

Kok,bisa ya innerpan Rice Cooker Cosmos Harmond bisa begitu canggih, nggak terkelupas meski disikat pakai sikat besi?

Ternyata, karena Harmond merupakan  Teknologi Anti Gores pada innerpan (panci) rice cooker Cosmos Harmond yang diproses dengan teknologi khusus, dan didinginkan ke temperature mendekati 0°C. Sehingga  innerpan (panci) menjadi Anti Gores, tidak mengelupas, lebih sehat  dan tahan lama.

Saya jadi penasaran dong, harus mencoba untuk membuktikan apa yang dikatakn teman saya. Jadilah saya punya Rice Cooker Cosmos Harmond warna hijau muda. Ini warna kesukaan saya loh (informasi nggak penting, hehehe), dan baca ya pengalaman saya menggunakan Rice Cooker Cosmos Harmond ini:

Masak Nasi Uduk Lezat dan Praktis dengan Rice Cooker Cosmos Harmond




Awal memiliki Rice Cooker Cosmos Harmond, saya langsung mencoba masak nasi uduk, karena ini termasuk favorit suami dan anak-anak. Tapi karena rice cooker yang dipakai selama ini tidak bisa menghasilkan nasi uduk yang apik, nasi uduk tidak matang merata. Jadi jarang memasak nasi uduk deh.  Bayangkan saja, kalau masak nasi uduk harus pakai cara manual dengan menggunakan panci biasa dan dandang.

Dan, sebenarnya saat akan memasak nasi uduk dengan Rice Cooker Cosmos Harmond ini saya sedikit cemas. Kira-kira bisa nggak ya, menghasilkan nasi uduk yang matang dan gurihnya merata?

Resep  Masak Nasi Uduk  dengan Rice Cooker Cosmos Harmond:

Bahan-Bahan :
1 Liter beras, cuci bersih
1 Butir kelapa diparut, ambil santannya seukuran untuk masak 1 liter beras
2 Batang daun sereh, geprek
5 Lembar daun salam
1 Jempol lengkuas, geprek
1 sendok teh garam
Lada bubuk secukupnya

Cara Masak :



1. Beras dan santan masukkan ke dalam innerpan Rice Cooker Cosmos Harmond

2. Masukkan 2 batang daun sereh,  5 lembar daun salam, 1 jempol lengkuas, 1 sendok teh garam, dan Lada bubuk secukupnya.

3. Aduk hingga merata, lalu tutup hingga tutup Rice Cooker Cosmos Harmond bunyi KLIK

4. Tekan tombol Cook

30 Menit kemudian tombol Cook mati dan tombol Warm menyala, buka tutup Rice Cooker Cosmos Harmond. Jangan kuatir ketika mendapati nasi uduk masih belum matang, sebaiknya aduk-aduk selama 5 menit dan tutup lagi. 15 menit kemudian dijamin nasi uduk matang merata, gurih merata, dan enak banget rasanya. Tidak kalah dengan dimasak manual, malah menurut anak-anak lebih enak rasanya berasnya.

Saat saya buat masak nasi biasa pun, anak-anak komen nasinya lebih enak dibanding waktu pakai rice cooker sebelumnya. Nasi tidak basah oleh embun uap panas, beneran meski dimakan besoknya tidak bau dan tidak berwarna kuning nasinya. Rice Cooker Cosmos Harmond ini memang rice cooker sehat yang tetap jaga nasi sehat untuk keluarga.

Oya, mengaduk nasi 5 menit setelah matang, ternyata agar nasi tidak cepat basi, tidak kering, dan lebih tahan lama. Karena dapat mengeluarkan air yang terperangkap diantara butiran nasi, sehinga mempermudah proses penguapan air. Terus, jangan mencolok rice cooker terus-menerus sepanjang hari karena akan membuat nasi cepat kering, basi, dan nutrisi pada nasi jadi hilang. Cukup hangatkan nasi 30 menit sebelum makan. Dicatat ya, Ibu-Ibu.

Kelebihan Rice Cooker Cosmos Harmond


Selain yang disebutkan di atas kelebihan Rice Cooker Cosmos Harmond memiliki teknologi HARMOND  yang membuat innerpan anti gores, tidak mengelupas,  dan  lebih sehat. Rice Cooker Cosmos Harmond memiliki kelebihan lainnya, yakni:

1.  Inner Pan Handle :  Memiliki pegangan panci (innerpan), sehingga tidak panas dan aman saat dipindahkan.
2. Tongolan  untuk pengatur sirkulasi panas untuk nasi yang lebih pulen.
3. Dew Collector  untuk  menjaga rice cooker tetap bersih.
4. Comfortable Handle  sehingga pegangannya nyaman.
5. Memiliki  3 Varian Warna : Red, Blue, Green.
6.  Dilengkapi dengan : gelas ukur, pengukus & sendok  nasi dengan design yang lucu.


Beras Lebih Aman Disimpan Dalam Sarana Penyimpan Beras Cosmos Pundi



Nah, biar nasi yang kita konsumsi rasanya paripurna, tetap jaga nasi sehat, saya sekarang menyimpan beras tidak lagi di kantong beras atau karung. Karena berapa kali pernah ngalami tiba-tiba beras terserang kutu yang entah dari mana datangnya, belum lagi kalau musim hujan, lembab, beras jadi baunya apek.

Kini saya menyimpan beras dalam Sarana Penyimpan Beras Cosmos Pundi yang simpel dan praktis banget, memiliki kelebihan:

1. FIFO Technology (First In First Out) : Beras yang masuk pertama akan keluar
terlebih dahulu.
2.  Ukuran yang compact (Praktis) : Kapasitas hingga 7 KG, sehingga nggak makan tempat
3. Pull N Dispense : Sekali Tarik, satu takaran 130 gram tersedia otomatis
4.  Anti Slip : Lekat dan Tidak Bergeser
5. Bebas Kutu, Bebas Karat, sehingga kualitas beras tetap terjaga

Ingin memasak beras yang menghasilan nasi berkualitas? Langsung saja coba sendiri Rice Cooker Cosmos Harmond. Untuk mendapatkan produk Cosmos bisa dibeli di toko elektronik, supermarket, juga secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli (Cosmos Official Store), atau kalau ingin lebih tahu secara detil produk Cosmos langsung klik websitenya Cosmos www.cosmos.id

Selain mengetahui info lengkap produk Cosmos, ada banyak resep dan tips bermanfaat untuk dicontek loh.



You May Also Like

11 komentar

  1. Dari ulasannya aja bagus, ngga salah kalau produk ini emang recommended banget sih

    ReplyDelete
  2. Akh aku punya merah senang deh pakai ini mba en. Anti lengket jadi masak nasi kan kemakan semua.

    ReplyDelete
  3. Mba, aku pakai rice cooker cosmos ini juga mba. Senang banget karena bisa bikin nasi jadi lebih sehat dan anti gores

    ReplyDelete
  4. Rice cooker di rumah udah mulai terasa kebesaran, aku mau cari yang ukuran kecil.
    Rice cooker Cosmos menarik.nih, terutama teknologi anti goresnya.
    Makasih infonya mba,jadi referensi aku.

    ReplyDelete
  5. Mau doonnnk makan nasi uduknya emak Binaaarr :D
    Wah rice cookernya baru ya, makin semangat nih masak nasinya xixixi :D
    Wah noted jadi kalau beli rice cooker sebaiknya yang anti gores ya krn lapisannya yang mengelupas justru gak bagus buat kesehatan, selama ini aku keliru berarti concernnya ke anti lengket doank hehe thanks penerahannya

    ReplyDelete
  6. bentuknya lucu ya mba, warnanya juga colourful . bikin suasana dapur jadi cantik. tempat berasnya juga pas buat keluarga kecil

    ReplyDelete
  7. Wuuih enak itu buat nasi uduk dengan rice cooker. Lebih praktis dan sehat pula kalau pakai rice cooker harmond ya. Ga ada drama elemen anti lengketnya nempel di nasi

    ReplyDelete
  8. Waah, samaan. Saya jg punya cosmos harmond. BTW cosmos Pundi ini mungil banget ya. Jadi pengen punya, soalnya blm punya tempat penyimpanan beras

    ReplyDelete
  9. Sendok nasinya lucu ya bentuknya melengkung-lengkung gitu. Aku pengen banget bikin nasi uduk pake cosmos Rice cooker, biar gak repot 😁

    ReplyDelete
  10. Jd kepengin punya rice cooker cosmos deh. Apalagi ada tempat penyimpanannya muat sanpai 7 kg beras. Makin praktis aja masak2 zaman now 😍

    ReplyDelete
  11. Aku Juga dirumah pakai cosmos nih bner bngt lapisan nya gak bikin Nasi lengket,,dah gitu tempat berasnya awet punya jugs dah dr Tahun kapan beras terjaga bngt

    ReplyDelete