>

Sun Life Luncurkan Sun Life Virtual Charity Run Untuk Melawan Diabetes

By duniaeni.com - December 12, 2019

Yakin bebas diabetes?

Pernah memiliki keyakinan kalau bebas diabetes karena anggota keluarga tidak ada yang mengindap diabetes? Masih memiliki pola pikir bahwa diabetes hanya bisa menyerang orang yang dalam keluarganya memiliki riwayat diabetes? Jika iya, maka berhati-hatilah terutama jika memiliki pola hidup tidak sehat, seperti jarang berolahraga, konsumsi makanan dan minuman manis, memiliki berat badan di atas rata-rata.


Sejujurnya saya sendiri semula memiliki pola pikir seperti itu, merasa aman dari diabetes karena tidak ada keluarga yang memiliki riwayat diabetes. Terlebih berat badan saya tergolong langsing, jadi benar-benar merasa di zona aman diabetes. Pola hidup saya bagaimana? Saya termasuk bukan penggemar soft drink, tapi saya tea addict, sehari tanpa teh manis hangat serasa ada ruang hati yang kosong.

Kebiasaan minum teh manis hangat ini memang menurun dari ibu saya, jadi setiap pagi dan sore saya setia minun teh manis hangat. Lalu apakah saya olahraga? Sebenarnya dulu termasuk penggiat olahraga ekstrim seperti wall climbing, rafting, hiking, juga olahraga santai jalan dan bersepeda. Tapi setelah menikah dan memiliki anak, semua kebiasaan itu hilang. Terlebih suami buka penggemar olahraga, jadilah hampir 15 tahun berumah tangga olahraga bisa dihitung jari, hiks.

Karena tubuh saya tidak bisa menghasilkan lemak maka kegiatan tidak olahraga ini tidak terlalu mengganggu saya. Saya cuek, padahal pekerjaan saya banyak di depan komputer yang otomatis aktivitas tubuh tidak terlalu banyak bergerak. Duh, saya yakin tidak hanya saya sendiri yang memiliki riwayat pola hidup tidak sehat. Banyak masyarakat Indonesia yang tidak jauh berbeda dengan saya, karena ternyata 68% penduduk Indonesia menilai bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan saja. berarti saya masuk ke dalam 68% itu, apakah begitu juga dengan kalian?



Komitmen Sun Life Dalam Melawan Diabetes

Rendahnya Literasi Diabetes di Indonesia

Menyadari tingkat literasi diabetes di Indonesia masih rendah, Sun Life Indonesia pun serukan #TeamUpAgainstDiabetes melalui Virtual Run, dimana saya ikut hadir saat diluncurkannya Sun Life Virtual Charity Run  yang bertepatan dengan Hari Diabetes Dunia, 14 November 2019. Nah, kira-kira apakah kalian juga tahu kalau ada Diabetes Day atau Hari Diabetes Dunia? Atau mungkin lupa, Hari Diabetes Sedunia  jatuh pada tanggal berapa?


Diabetes ini penyakit degeratif yang tidak boleh diremehkan loh, karena efek dari penyakit ini sungguh sangat menyeramkan. Masyarakat Indonesia termasuk yang banyak ditemukan mengindap diabetes, tapi sayangnya justru pengetahuan tentang diabetes masih sangat rendah. Padahal untuk melawan diabetes diperlukan pengetahuan tentang diabetes yang bagus.

Salah satu narasumber dalam acara ini yakni dr Dante Saksono Sp.PD.PhD, Spesialis Kelenjar Endrokrinologi) dari RSCM memberikan fakta-fakta akan akan rendahnya literasi diabetes  masyarakat Indonesia:

"Hasil survey FKUI RSCM-Divisi metabolik endokrin menemukan 1 dari 8 orang di Jakarta terkena diabetes, dan 2 dari 3 orang yang terkena diabetes tidak mengetahui kalau dirinya terkena diabetes."


Dokter Dante juga menjelaskan tiga gejala klasik diabetes yang dikenal dengan istilah 3P, yaitu:

1. Poliuri atau sering buang air kecil
2. Polifai atau merasa lapar
3. Polidpsi atau sering merasa haus

Selain 3P, penurunan berat badan tanpa disertai dengan sebab yang jelas, juga menjadi ciri yang perlu diperhatikan. Sayangnya, masyarakat masih kerap abai terhadap gejala ini. Faktanya , hanya 30% penderita diabetes di Indonesia yang memahami tentang diabetes dan cara penanganannya. Akibatnya diabetes diketahui setelah mencapai stadium berat yang menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.
Apa yang terjadi jika diabetes tidak terkontrol?

Risiko penyakit jantung meningkat 2-4 kali, 75-80% meninggal karena kelainan jantung dan pembuluh darah.

Sun Life Luncurkan Virtual Charity Run Melawan Diabetes

Sun Life Financial Indonesia selaku anak perusahaan Sun Life Financial yang memiliki berbagai produk perlindungan seperti Asuransi Kesehatan turut sesuai dengan komitmennya dalam melawan diabetes di tanah air, melalui kampanye Live Healthier Lives meluncurkan Sun Life Virtual Charity Run . Turut pula  duta kampanye Live Healthier Lives, Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono berpartisipasi dalam kegiatan ini.


Sun Life Indonesia sudah sejak tahun 2018 menggaungkan kampanye kesehatan yang bertajuk Live Healthier Lives ini. Sejalan dengan rekomendasi dari laporan Diabetes in Asia: Empowering communities to lead healthier lives, salah satu upaya Sun Life Indonesia dalam membantu meningkatkan pemahaman dan keperdulian terkait diabetes adalah dengan diluncurkannya Virtual Charity Run ini.

Tentu saja Sun Life mengajak masyarakat untuk ikut berperan dalam Virtual Charity Run untuk melawan diabetes. Selain kegiatan ini, Sun Life juga melakukan edukasi terkait diabetes dan pentingany hidup sehat dengan menggelar sejumlah akitivitas bersama komunitas ibu dan pelajar usia sekolah dasar di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok.

"Kami berharap inisiatif dan aktivitas yang kami lakukan dapat membantu meningkatkan literasi diabetes, sekaligus memicu masyarakat untuk mulai menerapkan hidup yang lebih sehat sejak dini. Pencegahan menjadi langkah krusial yang perlu diambil, guna menekan laju angka penderita diabetes tanah air, demi menyelamatkan masa depan kualitas generasi dan ekonomi bangsa," kata Shierly Ge , Chief Marketing Officer Sun life Indonesia.

Karena sekitar10,3 juta masyarakat Indonesia mengindap diabetes pada rentang usia 20-79 tahun, dan tahun 2018 BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan telah menggelontorkan dana Rp6.1 triliun untuk pengobatan penyakit diabetes. Sungguh, diabetes ini benar-benar harus dilawan melalui pengetahuan tentang diabetes dan cara pencegahannya.

Dokter Dante mengingatan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan sehat dan berimbang, serta aktif bergerak, menghindari diri dari rokok dan alkohol, serta membangun komunitas pendukung  yang solid. Dan, jangan lupa ikut berpartisipasi dalam Sun Life Virtual Charity Run. Agar kita tidak hanya sehat financial, tapi juga harus sehat fisik.

Apa itu Sun Life Virtual Charity Run?



Sun Life Virtual Charty Run merupakan sebuah anjang lari bersama virtual dengan tujuan menggalang donasi untuk meningkatkan kesadaran, edukasi, pencegahan, serta penanganan diabetes.  Setiap kilometer yang ditempuh akan dikonversi menjadi donasi, yakni 1 KM = Rp 100.000. Ayuk, jangan sampai ketinggalan ya, kamu pilih team Ibnu jamil atau Kelly Tandiono?

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Sun Life Virtual Charity Run bisa langsung  klik media sosial instagram Sun Life @sunlife_id , atau langsung ke Sun Life website. Oya, ada satu info lagi, yang merupakan agenda tahunan Sun Life yakni Resolusi Run 2020 yang  akan diadakan di Ice BSD pada tanggal 12 Januari 2020. Jangan sampai tidak ikutan berpartisipasi ya.



  • Share:

You Might Also Like

25 komentar

  1. Aku dulu juga mikir bahwa Diabetes ya karena keturunan. Sekarang mah gak lagi. Gak pakai turun temurun dan gak jaga kesehatan, ya bakal kena juga. Bagus nih program dari Sun Life

    ReplyDelete
  2. Boleh juga tuh bikin Sun Life Virtual Charity Run,
    jadi membuat masyarakat senang berlari, selain sehat juga bisa lari sejenak dari kenyataan hidup yang kadang lucu lucu menggemaskan gemanaaa geto

    ReplyDelete
  3. Ada temenku yang memang ga punya riwayat diabetes dari ortunya, ternyata kena juga, huhuu kasian banget.Hidup di jaman now kadang pola hidupnya yang mesti dibenahi ya. Kuy, ahh sehat..sehat..

    ReplyDelete
  4. Betul sekali diabetes ini penyakit yang tidak boleh dianggap remeh, bisa dibilang sereem. Ada beberapa teman yang masih di usia muda sudah terkena diabetes. Semoga makin banyak edukasi tentang diabetes ini yang bisa membuat kita waspada terhadap kesehatan tubuh.
    Sukses juga untuk Sun Life Indonesia dengan program2nya.

    ReplyDelete
  5. Mamahku ini diabetes karena faktor gaya hidupnya, padahal di keluarga kami tidak ada yang terkena diabetes loh. Namun sekarang ini mamahku cenderung lebih sering dibawah normal kadar gulanya. Btw, ini program Sun Life berjalan sampai kapan mbak? Jadi ingin ikutan berpartisipasi untuk Virtual Run deh.

    ReplyDelete
  6. Wow banyak juga ya pengidao diabetes di Indonesia?
    Aksi sosialnya keren. Jarak berlari dikonversi dalam rupiah. Semoga lancar.

    ReplyDelete
  7. Ya ampun, satu dari 8 orang Jakarta kena diabetes? Sedih banget ya mba pas baca kenyataan ini. Harus reminder gaya hidup nih mba

    ReplyDelete
  8. Saya sudah mulai waspada tentang diabetes karena mertua kena penyakit ini. Tetapi, memang saya tadinya hanya tau kalau diabetes tuh penyakit genetik. Ternyata, dengan segala makanan dan minuman kekinian juga bisa meningkatkan risiko diabetes. Jadi semakin berhati-hati, deh

    ReplyDelete
  9. Kegiatan yang dilakukan ini penting dan bagus banget mba. Bisa mengedukasi masyarakat juga untuk melakukan gaya hidup sehat

    ReplyDelete
  10. Saya baru tahu kalau ada hari diabetes sedunia. Berarti memang kita harus aware terhadap diabetes ya

    ReplyDelete
  11. Diabetes ini kudu diwaspadai banget. Beberapa teman udah mengalami sejak usia 30an. Emang gak semata faktor keturunan, aku setuju banget. Nah, apalagi yg secara genetis udah ada ya. Kudu lebih aware lagi. Ibuku diabetes, saudara2nya juga. Kakekku juga. Nah dari pihak suami, pakmer juga. Jadi dari kecil, anak-anak kami kenalkan pola hidup sehat.

    ReplyDelete
  12. Aku juga baru tahu kalau 14 November itu Hari Diabetes Sedunia

    ... kalau Indonesia punya Hari Diabetes jugakah?

    Senang banget kalau ada perusahaan yang mengadakan event literasi seperti ini

    ReplyDelete
  13. Gaya hidup dan pola makan juga sangat mempengaruhi seseorang terkena diabetes juga ya mba, selain memang bawaan dari orangtua. Jika sudah punya kecenderungan secara genetik, harus lebih aware.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah Sun Life peduli terhadap diabetes yang memang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

    ReplyDelete
  15. Seneng banget deh ya kalau penting banget ya buat menjaga kesehatan itu karena kita gak tau ya.. Masa depan itu nanti... Penting buat jaga jaga..

    ReplyDelete
  16. Dilihat dari 3 gejala klasik bisa dinyatakan seseorang diabetes juga ya ternyata. Pola makan yang gak sesuai juga nih pasti awalnya banyak yg kena diabetes selain faktor keturunan

    ReplyDelete
  17. Diabetes memang harus dilawan ya mba..salah satunya dengan menjaga makanan dan selalu aktif bergerak

    ReplyDelete
  18. Gara2 ini aku aware sama diabetes dan paham banget secara mamaku diabetes huhu
    Jahat emang ini ya. Pengen segera mcu biar ketauan kenapa

    ReplyDelete
  19. Sun Life virtual Charity run keren ya udah memproteksi masih Juga nih konsen dlm kesehatan mau ikutan aku mba

    ReplyDelete
  20. Yup bener mba, diabetes itu sekarang bisa menyerang siapa saja. Temen kokok kena diabetes donk mba, padahal masih anak anak, huhu dan kata dokternya, karena sering jajan minum minuman manis

    ReplyDelete
  21. Sebelum baca tulisan ini, saya juga berpendapat jika diabetes itu terjadi karena faktor keturunan. Ternyata masih ada beberapa faktor lainnya ya ...

    ReplyDelete
  22. Duh aku sering ngrasa lapar haha :P
    Sunlife sering ya bikin event lari kyk gini dan sekalian bikin event charity :D
    Gak cuma lari beneran yang pakai tenaga tapi secara virtual jg :D

    ReplyDelete
  23. Diabetes ini bukan sepenuhnya faktor genetik ternyata yaa..
    Tapi juga gaya hidup ga sehat.
    Senangnya ada acara charity agar lebih bermanfaat bagi yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  24. Makanya saya berusaha jaga pola makan supaya ga diabetes
    Meskipun sesekali me time dengan "gula"

    ReplyDelete
  25. ya Allah,,, jadi inget almarhum jadinya, meninggalan lantaran sakit diabetes

    ReplyDelete