Our Story

Ceremony

Family

Tips Mengatasi Kulit Sensitif Si Kecil

by - December 13, 2019



Kalau membahas tentang kulit bayi sensitif nggak akan ada habisnya ya, dan baru saya tahu kalau hampir semua ibu-ibu yang punya bayi, batita, balita, dibuat pusing dengan cerita kulit sensitif ini. Sedihnya, akhirnya saya benar-benar mengalami punya bayi dengan kulit super sensitif dibanding kakak-kakaknya. Sungguh, ini beneran bikin pusing.

Kakak-kakaknya Binar pernah mengalami ruam kulit atau kulit kemerahan jika terkena cuaca panas, pakaian yang kainnya tidak cocok, tapi tidak parah. Berbeda sekali sama Binar, hanya karena cuaca panas, debu,  kulitnya  bisa jadi beruntusan dan merah sekali. Kadang sampai jadi rewel karena ada bagian kulitnya yang  jadi gatal, kalau  begini sedang tidur pun akan terganggu, fiuuuh.

Area yang mudah terkena biasanya di seputar kening, leher, kepala, dan punggung  belakang. Tidak ketinggalan jika terpapar debu kotor bagian kulit lainnya jadi merah sekali, sampai saya gonta-ganti sprei karena ngeri kotor dan bikin Binar jadi ruam kulit. Sirkulasi udara juga harus dijaga biar Binar nggak kegerahan yang berefek kulitanya jadi merah, beruntusan. Duh, beneran pusing ya, Bu-Ibu?


Talkshow Mustela di IMBEX



Sampai akhirnya saya ikutan Talkshow Mustela di IMBEX tanggal 29 November 2019 kemarin nih, dengan narasumber dokter Reisa Brotoasmoro yang ada di acara dokter OZ Indonesia itu. Dokter Reisa bilang kalau kesehatan kulit si Kecil harus diperhatikan dan dijaga sejak dini, karena kesehatan kulit mempengaruhi tumbuh kembang si Kecil. Bayangkan, gara-gara kulitnya gatal jadi terganggu tidurnya. Sementara tidur itu merupakan fase yang penting untuk otak si Kecil. Huhuhu, saya  jadi tambah sedih deh.

Ternyata kulit bayi memiliki berapa fakta, yaitu:
1. Kulit bayi usia 0-2 tahun masih belum terbentuk secara sempurna. Oleh sebab itu bayi mudah mengalami iritasi dan kemerahan, seperti akibat cuaca panas kulitnya jadi beruntusan.
2. Kulit bayi 0-2 tahun cenderung kering sehingga hati-hati dalam pemakaian prodak bayi dan juga air mandinya.
3. Kulit bayi 0-2 tahun memiliki stem cell (kekayaak sel) kulit yang  tinggi.
4. Bayi terlahir dengan jenis kulit yang berbeda-beda.

Fakta-fakta itu yang  harus diketahui oleh orangtua sehingga tidak salah dalam menghadapi masalah kulit pada si Kecil. Termasuk juga memahami jeni kulit dari ciri-ciri kulitnya, menurut dokter Reisa jenis kulit si Kecil  ada  empat yang masing-masing memiliki ciri-ciri yang berbeda. Biar tidak main tebak-tebakan untuk jenis kulit si Kecil, berikut ini ciri-cirinya:

Jenis dan ciri-ciri kulit si Kecil:

Kulit Normal : Lembut, lembab, bersih.



Kulit Kering : Kasar, bersisik, kadang terkelupas.



Kulit Sangat Sensitif : Mudah mengalami iritasi dan kemerahan.



Kulit Atopik : Sangat kering, gatal, kadang ada bercak merah.



Dari keempat jenis kulit dan ciri-cirinya, Binar sepertinya memiliki kulit yang sangat sensitif, karena mudah mengalami iritasi dan kemerahan. Tadinya saya pikir kulit sensitif biasa, ternyata ada jenis kulit yang sangat sensitif. Tuh kan, karena kurang mengetahui jenis kulit Binar mungkin saya sudah melakukan beberapa kesalahan dalam menangani masalah kulitnya.

Bahkan dalam talkshow ini terkuaklah mitos yang selama ini beredar di masyarakat. Banyak ibu-ibu mengira kemerahan pada pipi bayi yang kadang bisa bikin gatal itu, akibat ASI yang nempel di pipi. ASI yang jadi kambing hitam, padahal itu karena jenis kulit si Kecil atopik sehingga mudah terkena alergi. Bisa dari air yang kurang bersih, lingkungan, dan banyak lagi penyebabnya yang  harus diketahui ibu.

Fakta ini bisa dibuktikan dengan pengalaman saya, anak-anak saya ketika masa ASI selalu terkena ASI tumpah ke pipinya. Alhamdullilah, tidak ada yang mengalami ruam atau kemerahan di pipi. Karena memang jenis kulit anak-anak saya tidak ada yang Atopik, jadi mulai merubah cara pandang tentang ASI yang bisa bikin ruam pipi ya.

Launching Produk Mustela Varian Very  Sensitive Skin (Kulit Sangat Sensitif)



Dalam acara talkshow ini bersamaan dengan diluncurkannya produk terbaru Mustela yaitu untuk kulit super sensitive. Duh, senang banget dong saya karena ini sesuai dengan kondisi kulit Binar saat ini. Tapi sejujurnya, saya belum pernah memakai produk Mustela makanya penasaran sekali. terlebih beberapa teman merekomendasikan juga kalau Mustela bagus untuk kulit si Kecil.

Kelebihan Mustela itu produknya bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan jenis kulit si Kecil, seperti Binar nih langsung saya pilihkan Mustela varian kulit sangat sensitiv. Selain itu aman ya, karena Mustela sudah melakukan penelitian selama bertahun-tahun sehingga menghasilkan produk perawatan kulit bayi untuk jenis-jenis kulit bayi, termasuk yang sangat sensitif. Mustela merupakan produk dari Perancis yang diimpor ke Indonesia oleh PT. Interbat.



Untuk iklim di Indonesia yang memiliki cuaca panas dan bikin kulit si Kecil yang sensitif jadi beruntusan, ruam, maupun gatal. Hadirnya varian baru Mustela ini sangat membahagiakan hati orang tua dan juga si Kecil. Termasuk saya yang berharap beruntusan dan ruam merah di kening, punggung Binar lenyap, sehingga kulitnya mulus dan tidak rewel lagi.

Review Mustela Varian Very Sensitive Skin



Akhirnya saya pun mencoba Mustela varian Very Sensitive Skin untuk Binar, 3 jenis varian  Very Sensitive Skin yang saya coba yakni :

Cleansing Gel Hair and Body



Sabun mandi berbentuk gel bening yang lembut sekali ketika tersentuh kulit, tidak terlalu berbusa, tidak meninggalkan rasa licin di kulit sehigga mudah dibilas. Kandungan kombinasi bahan aktif alami Avocado Perseose untuk melindungi kulit dan menguatkan kulitt serta Schizandra untuk menenangkan dan meredakan iritasi serta kemerahan pada kulit. Cocok sekali untuk kulit Binar, makanya saya membalurkan ke area yang merah dan membiarkan sesaat sebelum saya basuh dengan air mandinya.

Moisturizer Lotion Body



Lotion dariMustela ini creamnya seperti susu, terasa dingin sekali begitu tersentuh kulit. Jadi ketika si Kecil merasakan kulitnya gatal akan terasa nyaman begitu dioleskan Mustela Moisturizer Lotion Body. Creamnya tidak terasa lengket dan berminyak, begitu dioleskan ke kulit langsung meresap dan ringan. Saya memakaikan Mustela Moisturizer Lotion Body ini setelah Binar mandi, dioleskan ke seluruh tubuh. Terutama ke area leher, punggung yang memang merah-merah dan beruntusan.

Moisturizer Cream Face



Cream ajah dari Mustela yang satu ini hampir sama dengan Moisturizer Lotion Body, hanya lebih lembut karena untuk area wajah yang memang lebih sensitif. Kebetulan kening Binar beruntusan dan merah-merah, jadi langsung saya oleskan Mustela Moisturizer Cream Face. Habis dipakaikan, kulit begiu diraba halus sekali.

Dan, jangan berharap wangi-wangi ala baby yang bikin pengen nyiumi bayi habis mandi ya, Bu-Ibuk. Produk Mustela ini  sama sekali tanpa pewangi alias 0% fragrance, juga non alkohol. Jadi benar-benar aman deh buat kulit si Kecil yang sangat sensitif.

Bagaimana Tips Mengatasi Kulit Sensitif Si Kecil?

Nah, setelah mengikuti talkshow dan mencoba produk Mustela Varian Kulit Sangat Sensitif, saya jadi punya tips nih buat ibu-ibu yang memiliki anak kulitnya sejenis Binar. Moga bermanfaat ya, kalau ibu-ibu mau menambahkan tispnya boleh banget komen di kolom komentar. Namanya seorang ibu sharing dan banyak belajar harus dong ya, setuju?

Tips Mengatasi Kulit Sensitif Si Kecil:
1. Kenali jenis kulit si Kecil dengan mempelajari ciri-cirinya
2. Pilih produk perawatan kulit si Kecil sesuai dengan jenis kulitnya, seperti kulit sangat sensitif gunakan produk Mustela varian Very Sensitive Skin.
3. Hindari si Kecil dari sikon yang memicu kulitnya menjadi ruam, beruntusan, dll seperti memberikan pakaian yang tipis ketika musim panas, membersihkan debu dari tempat tidur dan bermainnya.
4. Jika masalah kulit sensitif si Kecil tidak juga menjadi ringan, coba konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

Jika butuh informasi lebih lanjut mengenai produk Mustela dan cara merawat kulit si Kecil, bisa lansung ke media sosial Mustela:

Facebook : @Mustela Indonesia
Instagram : @mustelaIndonesia

You May Also Like

1 komentar

  1. Syukur deh ada produk anak yang cocok untuk kulit yang sangat sensitif. Karena sebagai ibu sedih banget kalau lihat anak kulitnya beruntusan, merah-merah, dan kering karena iritasi.

    ReplyDelete