Our Story

Ceremony

Family

Kenali Gejala Virus Corona dan Cara Pencegahannya

by - April 29, 2020


Hampir dua bulan sejak diumumkannya kasus virus Corona atau Covid 19 ada di Indonesia, kini pasien Covid 19 sudah mencapai 9.096. Jumlah yang tidak saya bayangkan sebelumnya. Bahkan di lokasi saya tinggal yakni Depok sudah menjadi zona merah, dan merupakan wilayah yang pertama kali didapatkan pasien Covid 19. Sempat trending topik di twitter waktu itu, sekitar awal Maret dengan hastag lockdown Depok.

Saat itu saya ingat betul, bagaimana perasaan kawatir yang merujuk kecemasan luarbiasa melanda saya. Maklum selama ini saya mengikuti berita Virus Corona di Wuhan, dan tidak membayangkan sama sekali kalau akan terjadi di Indonesia. Begitu ada kasus pasien Covid 19 di Indonesia, cepat saya googling sehingga perasaan cemas jadi semakin bertambah. Terlebih semua group WA yang saya ikutin, hampir semuanya membahas wabah corona.

sumber pic:: Pixibay

Saya langsung waspada dengan membeli suplemen kesehatan, masker, sabun cuci tangan, keluar dan masuk rumah melalu ritual cuci kaki-tangan, mandi, dan ganti baju. Pokoknya semua imbauan dari pemerintah maupun tenaga medis saya ikuti, tapi suatu hari saya merasa tenggorokan sakit.

Awalnya hanya seperti tidak nyaman, lalu menyusul sakit saat menelan makanan dan minuman. Wah, saya langsung teringat salah satu ciri-ciri terkena Covid 19 yaitu sakit  tenggorokan. Mengingat itu, lemas rasanya seluruh tubuh. Saya sampai mengingat-ingat sudah pergi kemana saja selama bulan Februari-Maret itu, jadi semakin lemas saat ingat sekitar akhir Februari dan awal Maret saya menghadiri beberapa acara, berinteraksi dengan banyak orang, juga naik commuterline yang berdesak-desakan. Apakah saya terkena Covid 19?

Saya menangis waktu membayangkan itu, mana mau ke dokter takut justru terpapar virus Corona, karena berita yang merebak tenaga medis pun bisa terkena di tempat  tugas. Begitu takutnya sampai saya sulit tidur, tapi suami menenangkan agar saya jangan berprasangka negatif. Baca baik-baik gejala Covid 19, jangan hanya merujuk pada satu gejala langsung merasa yakin terkena. Justru ketakutan saya yang berlebihan bisa menimbulkan penyakit lainnya, dan betul menyusul leher saya bengkak.

Sehingga tidak hanya sakit menelan, disentuh dari luar pun terasa sakit. Diajak ke dokter, saya keukeuh tidak  mau. Alhamdullilah, akhirnya sembuh setelah merasakan sakit hampir 10 hari. Namun dari kondisi ini ada yang bisa saya ambil hikmahnya. Waspada boleh, tapi cemas berlebihan jangan. Apalagi sumber kecemasan itu karena banyak membaca sumber berita yang belum tentu akurat.

Saat ini saya jadi waspada untuk membaca sumber berita mengenai kesehatan dan virus Corona, salah satu situs web kesehatan yang saya percaya adalah Halodoc. Saya jadi tahu gejala virus Corona dan cara pencegahannya seperti berikut ini yang mungkin bisa menjadi info bermanfaat bagi kalian

Gejala Infeksi Coronavirus
Coronavirus atau virus Corona apabila menginfeksi seseorang memang tidak semuanya bergejala, biasanya karena sistem imun mereka kuat. Namun untuk banyak orang yang tidak memiliki sistem imun yang kuat akan memberikan gejala, diantaranya:

1. Memiliki gejala seperti flu yakni hidung beringus, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk
2. Demam tinggi
3. Batuk berlendir
4. Mengalami sesak nafas

Jika mengalami gejala lebih dari 2 point di atas, sebaiknya segera memeriksa diri agar cepat diketahui apakah Anda terinfeksi Coronavirus atau tidak.

Pencegahan Infeksi Coronavirus
Lalu bagaimana pencegahannya agar tidak tertular virus Corona? Karena di Indonesia penyebarannnya semakin meluas, akibat dari masyarakat yang masih mengabaikan imbauan dari pemerintah maupun nakes. Seperti tidak mengenakan masker di tempat umum, masih mengadakan kumpul-kumpul, malas cuci tangan.


Masker kain cukup aman buat masyarakat

Perlu diingat kembali virus Corona nyata ada di Indonesia saat ini, dan bisa mengakibatkan kematian jika sampai terinfeksi. Angka kematian akibat  virus Corona di Indonesia saat ini mencapai 784. Untuk mencegah penyebaran virus Corona diperlukan kerjasama yakni dengan sama-sama saling mencegah, karena virus Corona penularannya secara pararel.

Berikut ini beberapa cara pencegahan agar tidak terinfeksi virus Corona:
1. Selalu kenakan masker setiap akan keluar rumah
2. Hindari menyentuh wajah, hidung, atau mulut sebelum cuci tangan bersih
3. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir hingga bersih
4. Hindari keramaian dan menyentuh area publik
5. Jaga kebersihan rumah dan bersihkan area benda yang sering digunakan atau dipegang seperti kendaraan, gagang pintu.
6. Hindari menyentuh hewan atau unggas liar.
7.  Istirahat cukup
8. Berjemur di pagi hari dan lakukan olahraga ringan
9. Konsumsi makanan sehat dan minum vitamin atau suplemen
10. Jangan keluar rumah, kecuali untuk kebutuhan yang mendesak

Untuk info lebih lengkap terkait virus Corona bisa langsung ke situs Halodoc. Termasuk jika merasakan salah satu gejala terinfeksi virus Corona, tapi takut ke klinik kesehatan atau rumah sakit seperti yang saya alami. Karena di Halodoc kita bisa tanya ke dokter untuk mendapatkan diagnosis awal loh, sehingga tidak merasa galau dan menyebabkan sakit lainnya. Bahkan pemesanan atau pembelian obat, vitamin atau suplemen juga bisa di Halodoc, kita tidak perlu keluar rumah.


Semoga tetap jaga kesehatan dan komitmen membantu mencegah penyebaran virus Corona atau Covid 19  ya, sehingga kita bisa bersama-sama menikmati kebebasan menghirup bumi yang sehat kembali, aamiin.

You May Also Like

4 komentar

  1. Wah, ternyata di Halodoc kita bosa test corona juga ya? Ternyata kota bisa cari n baca info2 tentang kesehatan dan penyakitnya di Halodoc. Pas Fakhri sakit chikungunya waktu itu aku baca gejalanya mirip DBD, campak gitu...sempet terlintas amit2 covid-19 tapi alhamdulillaah bukan. Lumpuh sementara bentar aja sekarang sudah sembuh 😍😍

    ReplyDelete
  2. Corona mengubah hidup kita banget ya. .. Apalagi sekarang masih PSBB, benar-benar membatasi keluar rumah banget. Termasuk saat beli obat dan konsul ke dokter, aku pun pakai Halodoc aja. Semoga Corona ini segera berlalu yaaa. ..

    Thanks for sharing Mba. ..

    ReplyDelete
  3. Yap aku sengaja juga untuks elalu gunakan masker. POkoknya kemana aja wajib deh pakai masker. Lebih baik kita mencegah ya mba

    ReplyDelete
  4. Aku nih beberapa ngerasain hiding beringus dan bersin-bersin, khawatir kena Corona. Tapi alhamdulillah gak demam. Alergi AC aja Kali ya. Semoga sehat selalu.

    ReplyDelete