>

Lomba Menulis Novel dan Webtoon di Kwikku berhadiah Total 500 Juta Rupiah

By duniaeni.com - April 25, 2020


Menulis novel buat saya seperti panggilan jiwa, betapa pernah saya merasakan gelisah karena tidak bisa menuliskan ide yang sudah memenuhi kepala. Dan, ketika bisa menuliskannya ada perasaan longgar yang menyenangkan. Maka dari itu saya pernah mengatakan, bahwa sesungguhnya menulis adalah candu. Tapi ketika kebiasaan menulis itu ditinggalkan, atau semakin ditinggalkan candunya bisa mengikis perlahan. Tidak percaya?

Saya mengalaminya, dimana semua berawal secara perlahan. Meski pun ada rindu tidak sekuat dulu. Pernah pula rindu itu seperti hilang, dan terlupakan. Namun jika memang penulis adalah panggilan jiwa, yang hilang pasti akan kembali. Kuncinya adalah tetap setia berusaha untuk menulis. Meski mungkin setelah lama meninggalkan akan terasa kaku dalam menyusun kata demi kata.



Jadi jika kalian memiliki jiwa menulis novel, tidak hanya menulis novel sih, tapi juga bisa passion yang lain seperti membuat komik atau menulis cerita dalam bentuk komik misalnya, jangan pernah membiarkannya lama tidak melakukan aktivitas menulis novel atau pun membuat komik, dan aktivitas lainnya. Karena sewaktu-waktu bisa saja menghilang dari diri kalian, hehehe. Apalagi sekarang di era digital ini sudah banyak media yang mendukung passion di bidang menulis novel dan menulis cerita dalam komik.

Jauh berbeda pada masa saya dulu, dimana era digital belum seperti sekarang, menulis adalah kerja keras untuk bisa menjadi sebuah buku dan dibaca banyak orang. Saya harus bisa menembus editor penerbit yang melalui berbagai tahap, tidak sekedar naskah yang diedit tanda bacanya. Tapi juga alurnya, diksinya, konfliknya, hingga  apakah naskah tersebut memiliki tema yang menjual di kalangan pembacanya atau tidak?

Maka ketika sebuah karya akhirnya menjadi buku atau diterbitkan oleh penerbit besar, berjajar di rak buku, apalagi masuk dalam barisan buku laris merupakan kebanggan tersendiri. Dibalik itu semua banyak penulis pemula yang gugur ditengah jalan karena kerasnya perjalanan menjadi penulis yang memiliki buku dan diterbitkan oleh penerbit mayor. Namun kini, tidak lagi demikian sulit, karena era digital lebih mempermudah mimpi seseorang menjadi penulis. Salah satunya adalah platform media sosial bernama Kwikku.

Yuk, kita lebih lanjut mengenal Kwikku!



Apa itu KWIKKU ?

Kwikku adalah sebuah platform media sosial yang diinisiasi sekitar 7  tahun lalu, yaitu pada 26 September 2013 oleh para mahasiswa di Malang. Awalnya, Kwikku ini dirancang oleh Hamdi Musaad dan tim, untuk menciptakan sebuah aplikasi digital yang bisa bersaing dan dibanggakan di negeri sendiri. Kemudian tahun 2019, Kwikku dikembangkan untuk memfasilitasi kebutuhan literasi para generasi milenial dan Gen-Z.

Perkembangan ini membuat Kwikku memiliki fitur yang siap mewujudkan mimpi para penulis. Ada empat fitur baru yang bisa diakses para pengguna mulai 23 April 2020:

Media Sosial
Nah, ini merpakan fitur terpenting di Kwikku karena menjadi wadah “pertemuan” generasi milenial dan Gen-Z. Untuk saling mengenal, berkomunikasi hingga sharing berbagai info.

Novel
Fitur ini sangat cocok buat para penyuka novel yang butuh bacaan novel-novel dari penerbit besar secara gratis. Karena Kwikku bekerja sama dengan Mizan Publishing, Noura Publishing, Bentang Pustaka, Melvana Group, dan Falcon Publishing.  Selain itu, melalui fitur Novel, dapat mengunggah karya kita dan mendapatkan penghasilan.

Wow, banget kan. Mimpi menjadi penulis semudah ini, yang terpenting mau berkarya. Meski penulis baru, tidak perlu minder karena  di Kwikku ada editor khusus yang membantu dalam proses penulisan novel para pemula.

 Webtoon
Tidak hanya pecinta dan penulis novel, untuk penyuka dan penulis cerita komik atau webtoon juga tersedia fiturnya di Kwikku. Dimana fitur webtoon ini memiliki banyak komik digital yang bisa diakses dengan gratis oleh para pengguna setiap harinya, baik dari kreator lokal maupun luar negeri. Dan, para kreator  pemula yang ingin berkarya dan menghasilkan uang di Kwikku juga bisa mengunggah karyanya.

Oya, hampir lupa! Untuk bacaan dalam fitur Novel dan Webtoon di Kwikku tidak dapat diakses secara gratis untuk judul- judul dalam section pay for no delay dan premium. Pembelian judul-judul dalam section tersebut, bisa dibayar dengan menggunakan dompet digital via Gopay, Ovo, Dana, dan Link Aja.

KNOW (Kwikku Now)
Fitur KNOW memuat berbagai informasi menarik yang sedang viral. Namun tidak perlu kawatir adanya berita hoak, karena setiap berita dan artikel bersumber dari official media partner yang telah bekerja sama dengan Kwikku, dijamin kebenaran dan validitasnya.

Bagaimana setelah mengetahui tentang Kwikku? Sejujurnya, saya pribadi langsung semangat dan seperti menemukan kembali rumah yang sempat  hilang. Pokoknya ingin bergabung di Kwikku, menulis novel lagi, kumpul dengan sesama teman penulis untuk saling bertukar info dan diskusi hal-hal yang berhubungan dengan dunia kepenulisan.

Apalagi saat ini dalam rangka launching Kwikku mengadakan lomba menulis novel dan webtoon berhadiah total 500 juta rupiah. Pasti tertarik dong, jadi mari lanjut baca hingga tuntas.

Lomba Menulis dan Webtoon  di Kwikku berhadiah Total 500 Juta Rupiah


Nah, buat kalian yang ingin #BERKARYADIRUMAHAJA  dan memiliki impian memenangkan hadiah lomba menulis novel atau webtoon, jangan sampai tidak mengikuti lomba atau KOMPETISI NOVEL DAN WEBTOON yang diadakan oleh Kwikku ini ya. Lomba bertema #BERKARYADIRUMAHAJA memiliki total hadiah Rp 500.000.000.

Dengan jajaran para juri yang namanya di dunia literasi tidak asing lagi. Untuk lomba novel ada para penulis bestseller- A.Fuadi, Dee Lestari, Faradita, Bayu Permana, Luluk Hf, dan untuk lomba webtoon, ada kreator muda berbakat seperti Faza Meonk, Sweta Kartika, HelloDitta hingga para komikus legendaris seperti Gerdi WK dan Lan Kelana.

Mari berkarya semaksimal mungkin, untuk para penulis novel ada bisikan info dari salah satu juri yakni Faradita, dia akan memberi nilai tersendiri bagi novel yang konfliknya menyerap ke dalam hati. Dimana ketika membaca ceritanya kita hanyut fokus ke dalamnya. Hayo, pasti bisa dong menulis seperti yang dimaksud Faradita?

Biar nggak bertnya-tanya lagi, sebaiknya mengunduh dulu aplikasi Kwikku di Playstore secara gratis, dan intip info lengkapnya di www.kwikku.com. Selamat bekarya!

  • Share:

You Might Also Like

42 komentar

  1. Aku semenjak pandemi jadi seneng nulis cerpen, aplikasi kwikku ini mempermudah banget buat orang yang seneng baca secara digital, beli premiumnya juga bahkan mudah tinggal pake ovo dan gopay. Lomba blognya menarik bgt hadiahnya ya mbak, total 500 juta, wuiiih.

    ReplyDelete
  2. Apa nggak kegedean ya juara 1 nya 200 juta? Kayanya lebih oke kalau pemenangnya dibanyakin lagi dan buat juara 1 kayanya 100 juta juga masih gede sih hihihi.

    ReplyDelete
  3. Wadaw hadiahnya banyak banget! Juri-juri yang menilainya juga keren-keren semua lagi!

    ReplyDelete
  4. Baca judulnya jadi ingat udah lama nggak baca novel. Liat hadiahnya omg. Hahahaha sayang belum mahir menukis sayah...

    ReplyDelete
  5. wah keren banget ini hadiahnya sampai ratusan juga, lomba yang worth it banget untuk diikuti nih. jadi mau tahu lebih lanjut, terima kasih infonya mba.

    ReplyDelete
  6. Mbaa, ngiler aku ama hadiah hadiahnya mba. Tapi apa data nggak bisa ikutan karena ngerasa lemah banget buat menulis novel dan apalagi webtoon belum pernah mba . Goodluck bagi yang ikutan

    ReplyDelete
  7. Wah hebat Bunda Eni suka menulis novel. Kalau aku sukanya menulis blog aja. Rasanya kemampuanku belum tinggi sampai bisa menulis novel hihihi. Karena mungkin beda kesukaan jenis tulisan kali ya. Makanya, bagus ini lomba kwikku. Bisa menyalurkan passion orang-orang keren yang seneng menulis novel 😍

    ReplyDelete
  8. Ayo Mbak, lanjutkan kesukaan menulis novelnya. Sudah ada hasil karya juga. Salam semangat.

    ReplyDelete
  9. HAdiahnya bikin mupeng, apalagi dijaman sekarang yak.
    Semangat buat semua mentemen yang berlomba, terus berkarya yaaa.

    ReplyDelete
  10. Aku baru tau tentang Kwikku ini.
    Wah ada lomba menulis novel dan webtoon, hadiahnya gede banget ya mbak. Duh sayang sekali nih aku masih harus banyak belajar kalo nulis novel.

    ReplyDelete
  11. wah sudah berdiri 7 tahun lalu dan basisnya ada di Malang, kok saya nggak tahu ya.
    Hadiah lombanya lumayan besar ya. Ayo mbak Eni, semangat nulis dan ikut lomba, semoga bisa menang.

    ReplyDelete
  12. Wah, seru juga ya gabung di Kwikku. Lagi pengin nulis fiksi nih mba, pas banget ya Mb Eni membagikan informasi ini. Tapi entah ya kalau sampai ke bentuk novel, kira-kira bisa punya 'napas panjang' atau enggak nih aku. :)

    ReplyDelete
  13. Waah hadiahnya luar biasa mbaa...

    HM. Pasti. Bakalan rame nih yang ikutan...
    Sekarang kan di komunitas2 menulis banyak bgt orang yg ternyata passion dan jago nulis...
    Pasti tertantang dg hadiah sebesar itu

    ReplyDelete
  14. Kwikku masih baru banget buat aku pribadi. Tapi begitu melihat dewan juri, lomba, dan hadiahnya. Wow bangettttt. Kesempatan bagus untuk yg punya karya belum terpublikasikan.

    ReplyDelete
  15. ternyata kwikkuini sudah lama dan sudah 7 tahun. menjadi wadah para pnulis ya kak. Ini merupakan suatu keuntungan karena terasa kurang sih menurutku.
    Kesempatan buat bergabung dan ikutan lombanya. Hadiahnya beneran mencengangkan sekali, kujadi tertarik

    ReplyDelete
  16. Aku juga baru tahu tentang kwikku.
    Kelamaan hibernasi di depan laptop, muahahaha.

    Btw,
    Nominal hadiahnya, luar biasa ya!
    Semoga dengan adanya lomba ini bisa mendongkrak passion menulis dan membaca generasi millenial dan kolonial juga.

    ReplyDelete
  17. Wow, asik nik kalau kita ikutan lomba nulis novel dan webton di Kwkku bisa mendapatkan hadiah yang super banyak hehehe :) Mbak Eni nih yang jago menulis novel. AKu dulu pernah cuma Love Asset hihihi itu pun keroyokan :D Mumpung lagi di rumah aja, coba2 bisa kali ya siapa tau beruntung aamiin.

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen kepoin Kwikku. Kalau saya pintar bikin komik, kayaknya bakal ikut, deh. Hadiahnya menarik banget

    ReplyDelete
  19. Seru banget ya, lombanya. Lagi nulis nih, buat ikutan. Doain saya menang juara satu, ya. Hehehe. Aamiin..

    ReplyDelete
  20. Jurinya gak ku ku Mbak, hehehe. Lombanya mantap sih, tapi butuh energi ekstra kalau mau ikut ini. Bisa-bisa cuti ngeblog dulu biar fokus. But, sangat layak dicoba.

    ReplyDelete
  21. EH iya ini tuh kemarin sempat lihat si Ardan posting tentang Kwikku di instagramnya. Keren banget ini ya lombanya menulis novel dan webtoon. Kebayang yang ikutan banyak nih dan aku siap menanti hasil novel dan webtoonnya.

    ReplyDelete
  22. Aku ga bakat nih nulis novel bakatnya hanya baca hahaha warbiyasah jumlah hadiahnya semoga para penulis yang kini terkena dampak corona bisa asah kemampuan dan adu kemampuan di ajang ini biar menang hadiahnya mantul

    ReplyDelete
  23. Aku lagi mencoba peruntungan dengan ikut lomba novel ini.
    Selain mupeng hadiahnya, pengen menantang diri sendiri juga bisa nggak menulis kembali novel yang napasnya panjang :)

    ReplyDelete
  24. Jadiahnya bikin ngileer mak...! Kesempatan bagus banget ni buat yg hobi nulis utk menjajal kemampuan nulis fiksinya. Hayuuk manfaatkan!

    ReplyDelete
  25. Wah lombanya bukan kaleng-kaleng ini baik juri maupun hadiahnya. Dan stuju menulis, berkarya sesuai passion kita itu panggilan jiwa. Apalagi jika ada rewardnya seperti ini. Pasti makin semangat lagi.

    ReplyDelete
  26. Novel yang diikutin boleh dari segala genre ya nih? Menarik kayaknya, hadiahnya tuh lho wooow banget

    ReplyDelete
  27. Hadiahnya kece banget ya mbak..gede banget sumpah..tapi aku sendiri kalau disuruh ikut masih nanti dulu hehehe belom sempet soalnyaaa

    ReplyDelete
  28. Mba Eni harus ikutan nih lombanya, jangan sampe ketinggalan. Hadiahnya kece juga ya. Andai novelku kelar nih hehe

    ReplyDelete
  29. Wah mba Eni sendiri ikut nggak nih, juwaraa loh tulisannya dan aku punya beberapa novelnya.
    Hadiahnya bikin mupeng, tapi butuh efort pasti hahahaa

    ReplyDelete
  30. Novel? wuaaah saya mah nyerah duluan Mbak. Cukup menjadi penikmat novel-novel Mbak Eni saja. Sepertinya otak buntu kalau harus buat novel atau fiksi lagi.

    ReplyDelete
  31. Ini tuh...seru banget.
    Aku penikmat novel. Tapi rasanya kalau nulis novel, hehehe...
    Jaman sekolah dulu, suka nulis cerpen di madink sekolah.

    ReplyDelete
  32. Melihat hadiah untuk juara 1-nya besar banget....jadi penasaran kayak apa yang bakal jadi juara 1 :)

    ReplyDelete
  33. Setuju menulis novel itu gak bisa berhenti ya, kalau gak mood bisa hilang. Seperti saya. Tapui syukurlah anakku punya suka novel. Saya nanti sarankan ke dia untuk pakai kwikku

    ReplyDelete
  34. menarik banget mba Eni, jiwa-jiwa ingin menulis buku jadi kembali hadir nih dg adanya event dan juga kompetisi dari Kwikku

    ReplyDelete
  35. Mak Eni nulis di Kwikku dong maak, dilombain. Kali aja dapat hadiah 500jt. Whaaaaaaw.

    ReplyDelete
  36. Bnyk bngt y hadiahnya. Tp apa daya nulis aja masih Senin Kamis di blog
    Nanti coba deh kl dah cukup siap

    ReplyDelete
  37. Huaaa asyik banget nih kalau yang passionnya suka gambar bikin cerita atau nulis bisa ikutan lomba ini, mana orang2nya itu kece semua

    ReplyDelete
  38. Kalau nggak baca ini, saya nggak kenal Kwikku, lho. Ke mana saja saya selama ini... ada aplikasi anak negeri sekeren ini kok baru tahu. Apalagi bisa dapat banyak aspirasi dari novel terbitan mayor gini. TFS Mbak. Banget!

    ReplyDelete
  39. Platfform kwikku membuat penulis semakin mudah untuk mencari pembacanya. Dan buat penulis baru bisa juga bergabung lewat aplikasi ini. Wah, ada lomba nya ya kak, hadiahnya lumayan banget tuhh.

    ReplyDelete
  40. Aku baru tahu tentang kwikku ternyata menarik banget ya thanks infonya

    ReplyDelete
  41. Wah angin segar buat para penulis nih terutama penulis novel. Aku suka baca webtoon, jadi kepo sama Kwikku ini :)

    ReplyDelete
  42. wuiih, hadiahnya banyak banget itu Mba eni kalo menang, bisa daftar haji sekluarga nih, tergiurlah pengen ikutan. eh tapi itu total yah, tetap semangat juga

    ReplyDelete