>

Daftar Menu Hemat Untuk Berbuka dan Sahur Selama Ramadan

By duniaeni.com - April 22, 2020



Sebentar lagi Ramadan tiba, persiapan apa nih yang sudah dilakukan para ibu? Biasanya saya akan stock daging sapi, daging ayam, aneka camilan untuk berbuka dan sahur. Meski tidak jarang dalam prakteknya lebih sering beli. Sebab Ramadan biasanya banyak pedagang aneka kuliner berjajar di sekitar rumah, menunya lezat dan cukup mewah. Sehingga menggoda iman yang puasa untuk beli.

Tapi Ramadan tahun ini berbeda karena hampir seluruh dunia terkena wabah virus Corona atau Covid 19. Dampaknya? Selain keluar rumah dibatasi untuk mencegah penyebaran virusnya, keadaan ekonomi pun dalam kondisi down. Krisis ekonomi dimulai sudah, termasuk kondisi suami yang sudah tidak bekerja lagi.


Tapi lagi nih, saya dan suami, anak-anak, butuh asupan nutrisi biar puasa kuat dan tubuh bertahan dari hempasan wabah virus. Untuk itu saya usahakan membuat menu harian bernutrisi meski bahan-bahannya hemat, yang juga akan saya jadikan menu berbuka  puasa dan sahur. Oya, karena saya bukan ibu-ibu yang jago masak bagai seorang Chef, maka menunya yang mudah diolah dan didapatkan bahan-bahannya.

Moga menu yang saya share dapat bermanfaat dan memberi ide para ibu yang berjihad menyediakan menu saat berbuka dan sahur Ramadan ya. Insaallah semua mudah dipraktekan karena saya juga tidak jago masak banget, hehehe. Sekedar info semua menu yang saya buat setiap harinya meski sederhana, harus memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayur, dan lemak.

Menu Minggu Pertama Ramadan:


Senin
Sahur  :
Nasi Putih
Cah Kangkung
Ikan  Selar Saos Tiram
Tempe Goreng
Buah Pepaya
Teh Manis Hangat

Buka Puasa :
Nasi Putih
Sayur Lodeh
Balado Tongkol
Tempe Bacem
Puding Kurma
Teh Manis Hangat

Selasa
Sahur :
Nasi Putih
Capcay Baso
Telur Balado
Air Jeruk Hangat

Buka Puasa:
Nasi Uduk Rice Cooker
Semur Telor
Tempe Kering
Sambal
Lalapan Timun
Es Teh Manis

Rabu
Sahur:
Nasi Uduk Rice Cooker (Sisa buka puasa)
Ati Ampela Goreng Bumbu Ungkep
Tempe Kering (Sisa buka puasa)
Sambal
Lalapan Timun
Kurma
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sayur Bayam Jagung
Perkedel Kornet
Tempe Goreng
Sambal
Es Sirop

Kamis
Sahur:
Nasi Putih
Tumis Labu dan Jagung Pipil
Perkedel  Kornet (Adonan Perkedel dibuat dua bagian, untuk digoreg saat buka dan sahur)
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Liwet Rice Cooker
Tahu Goreng
Ikan Lele Goreng
Lalapan sayur
Es Nanas Setup

Jumat
Sahur:
Nasi Liwet Rice Cooker (Sisa buka puasa)
Dadar Tahu Telur
Bakwan Sayur ( Bakwannya pakai bumbu instan yang hanya tinggal kasih tambahan sayuran)
Air Jeruk Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sayur Asam
Balado Teri Kacang
Bakwan Jagung
Jus Jambu Merah

Sabtu
Sahur:
Nasi Putih
Tumis Sawi Hijau dan Tahu
Balado Teri Kacang (Sisa buka puasa)
Kurma
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Lontong Nasi Polos
Sayur Godok Labu Siam
Kerupuk
Ayam Goreng Suwir
Es Kelapa Jeruk

Minggu
Sahur:
Lontong Nasi Polos (Sisa buka puasa)
Sayur Godok Labu Siam (Sisa buka puasa)
Kerupuk
Balado Telur
Buah Jeruk
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sop Baso
Ayam Goreng
Sambal
Kurma
Es Timun
Menu Minggu Kedua Ramadan:


Senin
Sahur:
Nasi Putih
Tumis Oncom
Telur Dadar
Kerupuk
Susu Kurma

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sayur Bening Katuk Jagung
Pepes Tahu Teri
Bakwan Jagung
Es Kelapa Gula Merah

Selasa
Sahur:
Nasi Goreng Teri (Nasi putih sisa buka puasa dibuat nasi goreng)
Telur Ceplok
Bakwan Jagung (Adonan bakwan jagung dibagi dua, buat buka dan sahur)
Wedang Jahe Sereh

Buka Puasa:
Nasi Putih
Bening Oyong Baso
Tempe Kemul
Sambal
Sorbet Nanas

Rabu
Sahur:
Nasi Putih
Tumis Kacang Panjang Baso
Tempe Kemul
Sambal
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Semur Tahu Telur Puyuh
Sambal
Kerupuk
Es Buah

Kamis
Sahur:
Nasi Goreng Baso
Telur Ceplok
Kerupuk
Semangka
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sayur Lodeh
Tempe Tahu Bacem (Stock di kulkas sekalian buat sahur tinggal goreng)
Lele Goreng
Sambal
Es Timun

Jumat
Sahur:
Nasi Putih
Sayur Lodeh ( Sisa buka puasa)
Tempe Tahu Bacem
Telur dadar
Kurma
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Urap Sayur
Ikan Selar Goreng
Bakwan jagung (Adonan bakwan bagi dua buat buka dan sahur)
Manisan Kolang-Kaling
Teh Manis Hangat

Sabtu
Sahur:
Nasi Putih
Tumis Sawi Baso
Bakwan Jagung
Manisan Kolang Kaling
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Soto Ceker
Tempe Goreng
Sambal
Puding Kurma
Es Sirop

Minggu
Sahur:
Nasi Putih
Soto Ceker (Sisa buka puasa)
Tempe Kemul
Kurma
Wedang Jahe

Buka Puasa:
Nasi Hainan
Ayam Rebus Hainan
Saus Hainan
Biji Salak
Es Timun Suri
Menu Minggu KeTiga Ramadan:

Senin
Sahur:
Nasi Hainan (Sisa buka puasa)
Telur Rebus
Saus Hainan
Biji Salak
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Buncis Bumbu Kari
Balado Tongkol
Candil Ketan
Es Setup Nanas

Selasa
Sahur:
Nasi Putih
Tumis Toge
Balado Tongkol
Candil Ketan
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sayur Daun Singkong
Ikan Kembung Goreng
Tempe kering (bikin banyak untuk buka dan sahur)
Sambal
Es Kelapa Jeruk

Rabu
Sahur:
Nasi Putih
Sayur Daun Singkong (Sisa buka puasa)
Tempe Kering
Telur Ceplok
Sambal
Wedang Jahe

Buka Puasa:
Nasi Putih
Semur Tahu Kentang
Perkedel Kornet
Kerupuk
Sambal
Es Kelapa Gula Merah

Kamis
Sahur:
Nasi Goreng Telur (Nasi sisa buka)
Perkedel Kornet
Kerupuk
Pepaya
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sayur Asam
Ikan Selar Goreng
Tempe Goreng
Sambal
Pisang Goreng
Es Teh Manis

Jumat
Sahur:
Nasi Putih
Tumis Sawi Tahu
Ikan Selar Goreng
Sambal
Jus Jambu Merah

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sayur Bening Jagung
Bakwan Jagung
Balado Kentang Telur Puyuh
Puding Cokelat
Es Teh Manis

Sabtu
Sahur:
Nasi Putih
Tumis Saori Pokcoy
Balado Kentang Telur Puyuh (Sisa buka puasa)
Susu Kurma

Buka Puasa:
Nasi Putih
Tumis Kangkung
Pepes Ikan
Tape Goreng
Sop Buah

Minggu
Sahur:
Nasi Putih
Sayur Bening Timun
Pepes Ikan (Sisa buka puasa)
Tape Goreng
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Uduk Rice Cooker
Ayam Goreng Bumbu Ungkep
Tempe Kering (Bikin banyak untuk buka dan sahur)
Sambal
Lalapan Timun
Bubur Sagu Mutiara
Es Sirop


Menu Minggu Ke Empat Ramadan:
Senin
Sahur:
Nasi Uduk Rice Cooker (Sisa buka puasa)
Tempe Kering
Telur Dadar iris tipis
Kurma
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sayur Lodeh
Telur Cabe Hijau
Kerupuk Udang
Pastel
Es Timun

Selasa
Sahur:
Sayur Lodeh  (Sisa Buka Puasa)
Telur Dadar
Kerupuk Udang
Kurma
Teh Manis hangat

Buka:
Nasi Putih
Ikan Bumbu Kuning
Tempe Goreng
Sawut Pelangi
Es Cingcau

Rabu
Sahur:
Nasi Goreng Hati Ampela
Tempe Goreng
Lalapan Timun
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sayur Asam
Pepes Tahu Kemangi
Ikan Asin Jambal Roti
Es Nata De Coco

Kamis
Sahur:
Nasi Putih
Oseng Tahu Tempe Tauge
Lele Goreng
Kurma
Jus Semangka

Buka Puasa:
Nasi Putih
Sop Baso
Balado Udang
Kerupuk
Singkong Thailand
Es Sirop

Jumat
Sahur:
Nasi Putih
Sop Baso (Sisa buka puasa)
Ceplok telur
Kerupuk
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Tumis Kacang Panjang
Sambal Goreng Udang Kentang
Tempe goreng
Kurma
Sop Buah

Sabtu
Sahur:
Nasi Putih
Bening Bayam
Sambal Goreng Kentang (Sisa buka puasa)
Pepaya
Teh Manis Hangat

Buka Puasa:
Nasi Putih
Semur Kentang Telur
Perkedel Kornet
Sambal
Agar-Agar
Es Kelapa jeruk

Minggu
Sahur:
Nasi Putih
Semur Kentang Telur
Kerupuk
Sambal
Pisang
Teh Manis hangat

Buka Puasa:
(Karena buka terakhir jelang Idul Fitri, maka menunya masakan hari raya)
Lontong Nasi
Opor Ayam
Semur Daging
Kerupuk Udang
Semangka
Sop Buah

Demikianlah menu-menu yang saya susun buat buka dan sahur di bulan Ramadan. Memakai hari agar lebih mudah, tapi tentu saja bisa disesuaikan nanti dengan hari saat awal puasa Ramadan. Kenapa saya sebut menu yang saya susun terdapat menu sehat? Karena beberapa camilannya dan minumannya memang bermanfaat untuk kesehatan. Mau tahu manfaatnya?

Berikut ini saya berikan link tulisan saya di blog tentang manfaat camilan dan minuman yang saya resepkan, dan juga ada resep yang kebetulan sudah saya tulis. Semoga bermanfaat, dan kita semua bisa menjalani puasa dalam kondisi wabah virus Corona atau Covid 19 dengan tetap sehat, aamiin.

1. Manfaat dan Resep manisan Kolang-Kaling

2. Manfaat Minuman Jahe dan Jeruk Nipis

3. Resep Ikan Bumbu Kuning

4. Resep Nasi Uduk

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Aku juga biasa nulis kayak gini nih di rumah. Awal2 sih patuh. Tp perjalanan suka disobey sama jadwal, ujung2nya kalo kepepet beli mateng aja atau apa ajalah yg ada di kulkas masak aja:D

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget Mbakkk..Keren!
    Di rumahku kami menganut aliran sahur seadanya. malam hari. Malah kadang sahurnya kira2 jam 11 malam sebelum tidur.Otomatis menunya ya sama seperti pas buka puasa. Memang sengaja masaknya dibanyakin hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah, jadi dapat ide nih buat sebulan. Menunya juga gampang-gampang. Makasih ya Mbak Eni :)

    ReplyDelete
  4. wah lengkap sekali, aku karena berdua saja sama suami gak lengkap spt itu

    ReplyDelete