Our Story

Ceremony

Family

Resep Minuman Sehat Saat Wabah Covid 19

by - April 09, 2020


Sejak wabah virus Covid 19 melanda Indonesia, banyak hal yang dihimbau oleh para ahli medis mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur teratur, berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari pagi hingga minum suplemen seperti vitamin C, D, dan E. Karena kondisi wabah ini membutuhkan tubuh yang sehat untuk melawan virus Covid 19.



Karena bisa jadi di sekitar kita terdapat penderita Covid 19 yang penularannya bisa melalui benda yang disentuh oleh pembawa virus Covid 19, melalui droplets, dan penderita ini ada yang tidak bergejala. Terlihat fit tanpa gejala karena penderita memiliki sistem imun yang baik, namun jika kita tidak memiliki imun yang bagus dan tubuh tidak fit akan langsung tertular. Sungguh mengerikan bukan?

Tapi ternyata sejak wabah virus Corona Covid 19 ini segala hal mengalami lonjakan harga, terutama hal yang berhubungan dengan kebutuhan saat terjadi wabah Corona seperti masker, hand sanizer (HS), alkohol, sampai suplemen maupun multivitamin. Tidak hanya harga jadi melonjak, barangnya juga sulit dicari. Kalau stock ada biasa di toko-toko online dengann harga tidak masuk akal. Lalu bagaimana dengan masyarakat yang memiliki budget terbatas, tapi juga butuh sehat?

Sejak di rumah saja, otomatis saya tidak banyak bertemu atau berinteraksi dengan banyak orang. Begitu juga dengan anak-anak yang belajar online di rumah, hanya suami yang mobile keluar. Tapi karena HS mahal, kami memutuskan tidak membeli HS, untuk di rumah hanya menggunakan sabun antiseptik biasa. Sementara suami yang masih mobile bertemu banyak orang, saya bawakan alkohol untuk cuci tangan sewaktu-waktu di perjalanan.

Untuk masker kami menggunakan masker kain yang dipakai langsung cuci dan jemur, hanya suami yang pakai masker nexcare. Nah, selain suplemen dan multivitami yang harganya cukup mahal sekali, kami juga mengkonsumsi minuman racikan rempah-rempah. Konon banyak manfaatnya loh. Diantaranya:



Kunyit memiliki manfaat melawan infeksi, melindungi usus dan lambung, meningkatkan antioksidan, meningkatkan imunitas tubuh.

Jahe dapat mengurangi masalah pada perut, anti peradangan, membantu proses detoksifikasi, memperkuat sistem imun. Selain itu jahe mengandung vitamin C cukup tinggi, magnesium, dan antioksidan. Selain juga jahe dapat menangkal infeksi bakteri dan virus.

Asam Jawa diantaranya memiliki manfaat untuk meningkatkan siistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan.

Jeruk Nipis selain mengandung vitamin C tinggi, menurut penelitian kulit jeruk nipis mengandung hesperidin yang mampu menghempaskan virus dan bakteri.

Nah, virus Corona ini diantaranya penyebabkan penderita seperti mengalami gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, nyeri sendi, dan demam. Maka dengan khasiat yang terdapat dalam rempah-rempah tersebut dapat mengurangi atau menambah daya tahan tubuh. Meski harganya ikutan naik, tapi tidak terlalu melonjak seperti harga suplemen atau pun vitamin. Belinya bisa sesuai budget, dan mudah didapatkan dii warung-warung sayur sekitar rumah.

Kemarin saya beli jeruk nipis Rp5000 dapat 5 buah, beli kunyit dan jahe masing-masing Rp30000, asam jawa Rp1000, dan gula merah seperempat Rp5000 untuk membuat wedang jahe dan kunir asam. Cara buatnya sangat mudah dan simpel, juga tidak perlu memakan waktu lama loh.

Resep Kunir Asem
1 genggam kunyit, iris tipis
1 block kecil asam jawa
3 potong gula jawa (lebih bagus gula aren)
1 buah jeruk n ipis

Cara buat :
Rebus air 1 liter
Masukkan gula jawa
Setelah mendidih, masukkan irisan kunyit
Masukkan asam jawa
Rebus 30 menit, angkat, saring dan dinginkan
Saat akan diminum beri perasan air jeruk nipis secukupnya, sangat nikmat jika diminum dingin.

Resep Wedang Jahe


3 batang jahe ukuran besar , bisa diiris tipis atau geprek
2 potong gula jawa (lebih bagus gula aren)

Cara buat :
Rebus air 1 liter
Masukkan gula jawa, ketikan mendidih masukkan jahe
Rebus 30 menit, angkat, saring dan minum selagi masih hangat

Selamat mencoba dan semoga kita selalu sehat hingga wabah Corona Covid 19 berlalu, aamiin.

You May Also Like

2 komentar

  1. Kalau aku plus sereh, mbak. Hampir tiap hari sekarang bikin. Bismillah, ikhtiar semampunya menjaga kesehatan keluarga. Semoga Mbak Eni sekeluarga sehat selalu yaaa. Aamiin.

    ReplyDelete