>

Berbagi Kebaikan Di Bulan Ramadan Bersama FWD

By duniaeni.com - May 22, 2020



Bagaimana hari-harimu ketika pertama kali wabah Covid 19 sampai ke Indonesia?

Saya yakin hampir semua merasakan kecemasan, tidak percaya, panik, dan berharap hanya sedang mimpi buruk yang ketika terbangun semua akan baik-baik saja. Berjalan seperti hari-hari biasa,  namun ketika ternyata itu semua nyata, rasanya hari-hari dihantui ketakutan.

Seperti itulah saya menjalani hari-hari di bulan Maret, hingga mengalami reaksi psikosomatik. Akibat dari reaksi psikosomatik, saya jatuh sakit selama seminggu lebih. Tenggorokan terasa tidak nyaman, lalu menyusul leher bengkak, dan sakit ketika disentuh. Pikiran saya selalu dihantui virus Corona atau Covid 19. Takut-takut kalau ada gejala lain seperti yang disebutkan di media masa. Anehnya meski diberi obat dokter  tidak juga sembuh, membuat saya semakin takut.

Menjalani Hari-Hari Dikala Pandemi

Menjadi Lebih Menjalani Pola Hidup Sehat
Tapi setelah saya merasa lebih tenang, dan berpikir positif. Seketika sakit yang saya rasakan hilang. Sungguh lega hati saya, dan perlahan mulai bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi ini. Banyak update media online tentang menjaga kesehatan tubuh, mulai dari mengasup makanan sehat yang diantaranya banyak mengandung zinc, mengajak suami dan anak-anak berjemur di pagi hari, hingga mengasup suplemen untuk menjaga imunitas tubuh.


Mengajak anak-anak berjemur pagi di sekitar rumah
Saya juga jadi lebih rajin masak sendiri. Karena selain lebih sehat, kondisi ekonomi efek dari pandemi imbas ke keluarga. Demi menyusun menu hemat yang tetap mengandung nutrisi lengkap, saya sampai browsing-browsing. Mulai mencari jenis sayuran yang dapat memenuhi kebutuhan zinc anak-anak, hingga mengolah daging secara maksimal. Saya merebus daging, dan mengambil kaldunya untuk sup, lalu dagingnya disemur atau diolah lainnya. Sehingga tetap bisa masak yang mengandung protein hewani dengan hemat.


Browsing resep menu sehat

Tidak lupa mengenakan masker setiap keluar rumah, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan selama masa social distancing. Sering mencuci tangan, dan mencuci semua benda-benda yang dibawa masuk ke dalam rumah. Secara keseluruhan hidup saya, dan keluarga menjadi lebih bersih hingga ke hal-hal kecil. Sejujurnya kadang capek, tapi demi kebaikan tetap melakukan prosedur yang memang disounding terus oleh pihak kesehatan dan pemerintah.

Mengisi  Ramadan Saat Pandemi dengan #DiRumahAjabarengFWD



Tapi bagaimana pun manusia adalah mahluk sosial, masa social distancing ini membuat saya jenuh dan tertekan setelah berjalan dua bulan. Bagaimana tidak? Hari-hari hanya berhadapan dengan dinding, pekerjaan rumah dan tugas-tugas dari klien, empat anak yang kadang sulit dikendalikan, dan suami yang kadang sulit diajak komunikasi.

Ditambah Ramadan datang tidak bisa melewati seperti tahun-tahun lalu. Tidak bisa teraweh di masjid, tidak bisa buka bersama dengan keluarga besar maupun teman-teman, tidak bisa ngabuburit. Alhamdullilah, perasaan mellow itu tidak berjalan lama. Karena ternyata di media sosial banyak kegiatan positif, banyak konten-konten bermanfaat seperti yang diadakan oleh FWD Life.

Jadi FWD Life memiliki program IG Live  #DiRumahAjabarengFWD  setiap minggunya selama Ramadan. Program ini ada 4 episode dengan tema cooking, sports, Mom’s talk dan financial literacy bersama dengan KOL ternama. Tujuanya selain memberi info yang bermanfaat, juga  menyebarkan kegembiraan buat yang bergabung nonton kayak saya ini, hehehe.

Serius, saya beneran bahagia dan terhibur selama mengikuti program IG Live  #DiRumahAjabarengFWD, meski hanya bisa mengikuti dua episode yakni Mom’s talk dan financial literacy. Karena yang episode pertama dan kedua, terlambat tahu infonya. Padahal seru banget, di episode pertama mengusung tema KOLAK (Kreasi Olah Takjil) bersama Gita Bhebhita dan Chef Putri Miriant. Dan, di episode kedua ada burn kalori bareng artis cantik Zeezee Shahab dan juga GOFit.

Tapi bersyukur banget masih bisa nonton episode tiga dan empat. Apalagi temanya cocok banget dengan kebutuhan saya. Episode ketiga Mom’s talk yang dibawakan oleh  Tyna Kanna Mirdad dan Puty Karina, tentang mengelola emosi selama pandemi COVID-19 membuat saya sampai meleleh air mata. Ternyata saya tidak sendiri merasakan masa-masa beradaptasi menghadapi pandemi ini. Ada banyak tips yang bikin saya makin percaya diri, dan menemukan ide kreatifitas.

Sementara episode ke empat tanggal 20 Mei kemarin, FWD Life mengajak ngobrol mengenai finansial bareng Aidil Akbar seorang financial expert bersama Dono Pradana. Seru banget, bikin saya tahu cara mengatur keuangan di saat pandemi.



Beberapa saran Aidil Akbar untuk mengatur keuangan di masa pandemi ini yang sempat saya catat adalah berikut ini:
1. Kurangi jajan dengan membuat camilan sendiri di rumah
2. Keluarkan uang untuk kebutuhan yang penting, dan jangan foya-foya
3. Sebaiknya uang THR disimpan untuk jaga-jaga kondisi ke depan, karena pandemi ini belum bisa diprediksi
4. Jangan berhutang untuk konsumtif, usahakan jika terpaksa berhutang merupakan hutang aktif. Misal kredit motor yang digunakan untuk ojek.
5. Sebisa mungkin mencari usaha sampingan seperti menjual kebutuhan pokok secara online
6. Tetap sisihkan penghasilan untuk dana darurat

Oya, program IG Live Di Rumah Aja Bareng FWD tidak hanya sharing ilmu yang bermanfaat, obrolan ringan yang menghibur. Tapi juga banyak kuis-kuis tanya jawab yang gampang banget dengan hadiah menarik, salah satunya pemenang terpilih akan diundang berbuka puasa bersama (#BukaBarengFWD) secara digital. Seru banget kan?

Program  'Kolaborasi Untuk Berbagi' Kebaikan FWD Life

Jadi nih, FWD mengajak kita Kolaborasi untuk Berbagi tidak hanya materi, tetapi juga momen, harapan, dan pengalaman. Karena itu selain #DiRumahAjaBarengFWD, FWD Life memiliki program #BerbagiBarengFWD bersama dengan SOS Childrens Villages Indonesia @desaanaksos, #BukaBarengFWD dengan jajanan dan percakapan virtual via zoom.  Untuk jelasnya akan saya ulas di bawah ini:

Serunya #BukaBarengFWD Saat Ramadan  
Setelah mengikuti atau menonton IG Live #DiRumahAjaBarengFWD, FWD Life akan mengundang 30 pemenang terpilih untuk berbuka puasa bersama (#BukaBarengFWD) secara digital bersama dengan KOL dan komunitas lainnya dengan media zoom. Alhamdullilah, saya berkesempatan juga ikut  #BukaBarengFWD loh. Benar-benar seru banget.

Dimana para peserta yang mengikuti #BukaBarengFWD akan mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan FWD dan KOL, juga mendapat voucher GoFood untuk berbuka, dan Care Package berupa masker serta hand sanitizer yang dapat digunakan selama situasi pandemi.  Jangan lupa untuk install dan regist di FWD Max ya, karena voucer GoFood juga akan dikirim melalui FWD Max.

Nah, dalam kegiatan baik #DiRumahAjabarengFWD dan #BukaBarengFWD FWD Life akan mengajak kita untuk berkolaborasi Berbagi Bareng FWD dalam kegiatan CSR FWD Life #BerbagiBarengFWD. Jadi benar-benar program yang diadakan FWD ini tidak hanya bermanfaat dan menghibur kita secara personal, tapi juga membuat kita saling berbagi dalam kondisi pandemi ini.

Dalam berbagi kebaikan ini kita akan difasilitasi langsung untuk berdonasi dalam program #BerbagiBarengFWD, tinggal mendaftarkan diri dan ikutan challengenya. Selain mendapatkan Jersey di akhir progam sebagai bentuk ucapan terima kasih, untuk biaya pendaftaran senilai Rp200 ribu rupiah ditanggung oleh FWD Life dan akan didonasikan langsung juga kepada SOS Childrens Village. Masyaallah, dapat manfaat ilmunya, dapat rasa bahagianya, dan dapat pahalannya.

Tapi selain dengan ikut program kegiatan #DiRumahAjabarengFWD dan #BukaBarengFWD FWD Life, bagi masyarakat yang ingin berkolaborasi #BerbagiBarengFWD untuk  SOS Childrens Village tetap bisa loh. Baca lanjut aja ya, biar bisa langsung berpartisipasi.
  
Yuk, ikutan Berkolaborasi #BerbagiBarengFWD


Program #BerbagiBarengFW ini untuk menolong mereka yang kurang beruntung, terutama anak-anak selama pandemi. Karena tidak hanya kesehatan, wabah Covid 19 juga berdampak hebat di bidang perekonomian. Di Indonesia ada lebih dari 5.500 anak dari 2.400 keluarga yang terkena dampak ini. Rata-rata setiap keluarga  yang terdata di SOS Childrens Village membutuhkan dana 1 juta rupiah per bulan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan dan kebersihan.

Oya, SOS Children Village sendiri merupakan organisasi nirlaba yang aktif mendukung hak-hak anak dan memberikan perlindungan kepada anak-anak yang kehilangan pengasuhan atau orangtua, dengan memberikan pengasuhan dan rumah yang penuh kasih sayang layaknya sebuah keluarga. Untuk itu perlu uluran tangan kita bersama-sama membantu dengan berbagi bareng FWD. Nah, masyarakat  yang ingin ikut serta dalam penggalangan dana dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti tantangan olahraga virtual. Biaya pendaftaran senilai Rp200.000 melalui www.kitabisa.com/berbagibarengfwd.
Rp200.000 ini sudah termasuk jersey beserta biaya pengiriman dan sisannya akan didonasikan

Selain itu kolaborasi FWD Life bersama SOS Childrens Village,  FWD Life FWD Life juga akan mendistribusikan 20,000 Care Package berisi alat kebersihan seperti masker wajah dan hand sanitizer untuk seluruh keluarga FWD Life  muulai dari karyawan, tenaga pemasaran hingga nasabah.  Lagi-lagi kita juga bisa ikutan berkontribusi dalam mendonasikan Care Package loh. Caranya dengan mendonasikan Care Package yang tidak ingin kita gunakan untuk yang lebih membutuhkan. FWD Life akan menyalurkannya melalui 3 Organisasi non-profit resmi (Special Olympics, Humanity & Inclusion and SOS Children’s Village).  



Yuk, jangan tunda lagi berbagi kebaikan di bulan penuh kemenangan ini.

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Ternyata di rumah aja buanyaaak sekali kegiatan positif yg bisa kita kerjakan ya mbak Eni 😍 Aku aja berbenah melulu. Isi lemari kamar2 dan gudang dirapikan, trus masak2, browsing2 dll pokoknya bergerak juga biar kayak olahraga hehee....

    ReplyDelete
  2. Aku pangling ama mba Lintang :) Mba Eni senang ya bisa menikmati berbagai kegiatan positif di rumah ya mba

    ReplyDelete
  3. Waaah kelewat dong ikut cooking class ig live FWD. Masih ada lagi ga ya programnya?

    ReplyDelete