Our Story

Ceremony

Family

Lancar Menyusui ASI Bernutrisi di Usia 40 Tahun

by - August 17, 2020




Kira-kira apa yang dipikirkan para ibu atau calon ibu ketika mendengar kata MENYUSUI? Sedikit kilas balik pada masa awal saya menyusui hingga saat ini menyusui anak ke lima, rasanya kata MENYUSUI menjadi begitu beragam dalam pikiran saya berdasarkan pengalaman menyusui lima anak. Sungguh, seorang ibu memang wajib untuk selalu belajar sekalipun menjadi ibu baru maupun ibu yang sudah menjalani perannya bertahun-tahun.

Buat saya tidak ada ibu senior dan ibu yunior, karena setiap tahapan memiliki jalan cerita masing-masing yang menjadi pelajaran baru. Seperti cerita saya selama menyusui atau memberikan asi pada anak-anak saya, semoga cerita ini memberi manfaat dan menjadi support bagi para ibu menyusui ya semangat!


Perjuangan Saat Memberikan ASI Untuk Anak-Anak


Kegagalan Memberikan ASI Pada Anak Pertama
Ketika melahirkan anak pertama pengetahuan saya tentang kehamilan, ASI, menyusui hanya sebatas info dari cerita orangtua, teman-teman, majalah parenting, dan juga bidan yang membantu memeriksa kehamilan serta menolong saat saya melahirkan. Beruntung, ASI saya melimpah ruah dari awal menyusui sampai harus memerahnya. Bayi kecil saya terpenuhi kebutuhan ASI dengan baik, bahkan sampai berjajar stok ASIP (ASI Perah).

Tapi sayang, karena ketidaktahuan saya dan juga suami pada saat itu, saya gagal memberikan ASI hingga Si Kecil berusia dua tahun. Jadi, ketika anak pertama saya menderita flu dan menolak ASI karena hidungnya tersumbat, membuatnya jadi rewel sepanjang hari. Ditambah payudara saya bengkak, sehingga kondisi yang baru saya alami ini membuat saya tertekan. ASI pun macet, dan saya begitu saja putus asa dengan menghentikan pemberian ASI. Padahal Si Kecil baru berusia  4 bulan, huhuhu.

Masih teringat hingga kini, dan masih terasa penyesalannya. Kenapa saat itu saya terlalu panik, dan mengambil keputusan salah, sementara ASI saya melimpah ruah. Andai, saya tahu setiap bayi yang mengalami flu hanya butuh penanganan yang benar untuk bisa menghisap ASI dengan baik. Kalau payudara bengkak dapat ditangani dengan dikompres air hangat, diperah, atau diberikan obat yang diresepkan dokter kandungan.

Anak Kedua Gagal Mendapat ASI di Hari Pertama
Anak ke dua berbeda lagi ceritanya. Entah kenapa, ASI saya di hari pertama tidak keluar, sementara Si Kecil terus menangis membuat saya ketakutan dan mengambil keputusan untuk memberinya sufor lebih dahulu. Padahal di hari kedua dan seterusnya ASI saya lancar. Bahkan saya bisa menyusui anak kedua hingga dia berusia 3.1 tahun.

Ada perasaan menyesal, karena saya baru tahu jika bayi masih memiliki cadangan cairan yang cukup dalam tubuhnya selama 48 jam pertama sehingga dapat bertahan tanpa ASI. Diantara rasa menyesal, saya masih bersyukur bisa langsung memberinya ASI di hari kedua. Mengingat kegagalan memberi ASI pada anak pertama, maka di anak kedua saya memang lebih memperjuangkannya.

Belajar dari anak pertama dan kedua, saat lahir anak ketiga ASI berjalan sukses, hanya saja Allah memanggil putra ketiga saya saat berusia 5 bulan. Sehingga saya sempat mengalami payudara bengkak akibat menyusui terhenti tiba-tiba, tapi tidak berlangsung lama seperti waktu anak pertama. Karena suami langsung antipasi dengan konsultasi ke dokter kandungan saya, dan diberikan resep obatnya.

Begitu juga ketika lahir anak ke empat, berhasil menyusui hingga dia berusia 3 tahun, hehehe. Rasanya puasa bisa menyusui Si Kecil hingga benar-benar tuntas, sehingga proses penyapihannya berjalan dengan mudah tanpa paksaan.  Tapi rupanya proses kehamilan dan menyusui masih harus saya jalani ketika terrnyata saya hamil anak ke lima di usia 40 tahun. Bagaimana rasanya?

Wow, banyak sekali perasaan yang mewarnai hati saya ketika menyadari ternyata saya hamil anak ke lima di usia yang cukup rawan. Perjuangan pun dimulai kembali, baik dalam masa kehamilan, mempersiapkan kelahiran, dan menyusui...

Proses Ketika Saya Hamil dan Menyusui di Usia 40 Tahun


Jika diawal kehamilan dan menyusui keempat anak saya, selain suami dan keluarga besar mendukung, saya sendiri begitu support dengan diri saya. Sehingga segala kesulitan pada akhirnya dapat dilalui dengan baik, tapi  memang untuk kehamilan kelima ini ada perasaan kawatir yang berbeda, yakni apakah fisik saya akan mendukung proses kehamilan, melahirkan, dan menyusui nanti? Mengingat setiap browsing tentang kehamilan di usia 40 tahun, banyak sekali hal-hal negatif yang mengganggu pikiran saya.

Saya takut bayi yang saya lahirkan mengalami hal yang tidak diinginkan, saya cemas akan terjadi masalah ketika melahirkan nanti, dan saya kawatir tidak dapat menyusuinya karena bisa jadi ASI saya tidak lancar. Atau jangan-jangan sama sekali tidak keluar?

Bersyukur saya memiliki dokter kandungan yang mendukung dalam proses kehamilan, kelahiran, yang tentu saja selalu didampingi oleh suami sebagai bentuk dukungannya kepada saya. Juga anak-anak, keluarga besar, dan teman-teman yang memberi semangat yang positif. Terlebih ada teman yang juga menjalani kehamilan di atas usia 40 tahun, ini benar-benar menjadi penyemangat dalam diri saya.

Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil dan Menyusui
Dokter kandungan langsung memberikan saya suplemen agar janin dalam kandungan saya terpenuhi nutrisnya. Kebetulan saya direkomendasikan untuk mengasup Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, 2 kapsul setiap hari sesudah makan. Suplemen dengan kandungan lengkap, 17 Nutrisi Esensial, bantu penuhi nutrisi Ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk Buah Hati.




Wah, ini tentu saja membuat saya lega sekali. Karena seperti yang saya ceritakan di atas, kehamilan ke lima di usia 40 tahun ini membuat saya tidak memiliki rasa percaya diri bisa menyusui dengan baik. Saya berpikir usia yang tidak  muda lagi akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI. Namun menurut dokter kandungan saya, semua akan bisa diatasi dengan memenuhi nutrisi ibu saat hamil dan menyusui. Salah satunya dengan mengasup suplemen yang tepat seperti Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold.

Selain juga ibu hamil dan menyusui harus bahagia, harus memiliki pikiran yang positif tentang kehamilan, dan kelancaran ASI yang akan diberikan pada bayinya kelak. ASI tidak hanya sekedar banyak, tapi penting kandungannya ASI bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. Ilmu baru lagi buat saya, karena dulu saya mengira ASI yang penting banyak, bayi kenyang, sehingga asupan bagi ibu menyusui seringkali tidak diperhatikan dengan baik.

Padahal apa yang menjadi asupan Ibu menentukan kualitas ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu sangat penting bagi Ibu untuk memperhatikan asupan makanannya, banyak minum air putih, dan jangan lupa melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi suplemen bernutrisi lengkap untuk masa menyusui agar bisa memberikan ASI yang bernutrisi. ASI bernutrisi bisa dilihat dari ASI kental berwarna kekuningan atau putih pucat dan memiliki kandungan lemak yang cukup.

Melahirkan dan Menyusui Lancar di Usia 40 Tahun
Alhamdullilah, saya melahirkan dengan cara normal dan lancar menyusui hingga sekarang Si Kecil Binar memasuki usia 19 bulan. Bahkan saat sebelum pandemi dan masih aktif bekerja di luar, saya bisa meninggalkan ASI Perah (ASIP) secara cukup buat Binar, sampai ada seorang teman yang merasa heran karena saya masih bisa memberikan ASI yang cukup berlimpah di usia Binar yang sudah di atas 1 tahun.


Sungguh, jika mengingat perjalanan sebelum Binar lahir, rasanya tidak percaya semuanya akan berjalan lancar seperti saat ini. Melihatnya tumbuh dengan baik yakni bisa berjalan ketika usia  9 bulan, mulai lancar bicara, dan memahami lawan bicaranya. Melihat perkembanganya yang pesat membuat saya merasa bahagia sekali.

Mengapa Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold?

Sejujurnya saya menyesal baru mengenal Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Seandainya saya mengenalnya lebih lama lagi, pasti untuk kehamilan dan saat menyusui sebelumnya akan dipersiapkan dengan mengasup Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Kapsul Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold meski besar, sangat licin ketika masuk ke mulut sehingga mudah ditelan dengan bantuan air. Aromanya juga enak, menurut saya seperti bau cokelat yang lezat, hehehe.

Mengapa wanita yang akan mempersiapkan kehamilan dan menyusui sebaiknya mengasup Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold?

Karena kandungan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati di 1000 Hari Pertama Kehidupan seperti yang dikatakan Dian, Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition.


“Kalbe Blackmores Nutrition melalui produk untuk ibu hamil dan menyusui, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG), berupaya untuk membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi. Blackmores PBFG mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan agar ibu dapat secara optimal memberikan asi bernutrisi, khususnya di masa 1.000 hari pertama kehidupan si buah hati."

Kandungan Nutrisi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold
Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui:
1. Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia
2.  Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu
3.  Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit
4. Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
5. Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui

Kalbe Blackmores Nutrition Dukung Bumil&Busui Melalui Yayasan Bumi Sehat


Kalbe Blackmores Nutrition tidak hanya menyediakan produk bagi ibu hamil dan  menyusui, tapi dalam komitmen mendukung upaya pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui juga telah dibuktikan dengan ikut memperingati World Breastfeeding Week 2020 yang jatuh pada bulan Agustus ini, dan telah bekerjasama dengan Yayasan Bumi Sehat, organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak loh.

Karena semua ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati seperti yang diucapkan oleh Dickson Susanto, General Manager Kalbe Blackmores Nutrition:

“Kalbe Blackmores Nutrition memahami bahwa semua ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati. Sejak 2017, kami bermitra dengan Yayasan Bumi Sehat dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua."

Begitu pentingnya menyiapkan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui karena (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kekehidupannya, dimana hal ini dinyatakan langsung oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Jadi sebagai ibu kita harus yakin bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati dengan ASI.



Jika saya bisa melewati mengandung, melahirkan, dan menyusui kelima anak saya, terutama saat hamil dan menyusui Binar di usia 40 tahun ini. Saya yakin semua ibu bisa memberikan ASI terbaiknya, yakni ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. Jangan lupa untuk  konsumsi makanan sehat, dan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk menyusui, yang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan agar ASI bernutrisi, ASI berkualitas, dan lancar menyusui.

Untuk mendapatkan produk Blackmores bisa didapatkan di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store. Sehingga kondisi pandemi ini tidak perlu harus keluar rumah, ibu hamil atau menyusui dapat memesannya melalui smartphone. Dan, jika butuh info tentang produk Blackmores bisa langsung ke akun sosial media Blackmores Indonesia:

 - Instagram : @blackmoresid

Happy World Breastfeeding Week 2020 untuk ibu menyusui di seluruh dunia! Dari saya, ibu menyusui yang rajin konsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold demi ASI berkualitas bagi Si Kecil Binar.

You May Also Like

25 komentar

  1. Panutan nih bisa ngASI sampai 5 anak. Beda anak, beda pengalaman pula.

    ReplyDelete
  2. Sama nih mbak tips lancar menyusui Aku juga konsumsi Blackmores. Busui penting buat terus belajar, ga boleh gampang panik saat ASI mampet

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah aku ASI full buat anak kedua dan ketiga setelah pengalaman kurang baik di anak pertama. Senang ya ada nutrisi buat Busui

    ReplyDelete
  4. Ternyata Blackmores jg ada varian utk pregnanccy dan menyusui juga. Dirumah juga ada blavkmores tapi yang multivitamin utk bisa diminum semua orang di rumah.

    btw, terimakasih share pengalaman kehamilan dan menyusui di usia 40. semoga menjadi energi positif bagi yg masih ikhtiar memperoleh keturunan.

    ReplyDelete
  5. Saya konsumsi Blackmores juga selama menyusui dulu. Suplemen yang bagus untuk ibu menyusui.

    ReplyDelete
  6. Pengalaman menyusui dari anak pertama sama terakhir memang beda2 ya Mak, aplagi yang terakhir berasa baru kemaren sekarang Binar udah gedeee lagiii. Kbayang deh payudara kalo bengkak2 rasanya, huhuuu, ternikmat sakitnya.

    Salut dengan jaman sekarang banyak banget nutrisi buat bumul dan busui, seperti blackmores, mendukung asupan nutrisi bikin ASI berkualitas.

    ReplyDelete
  7. mbak, aku salfok sama foto terakhir, gemas ya hahahaa btw semangat mba mengASIhi dengan bantuan suplemen black mores :)

    ReplyDelete
  8. Tulisan dan pengalaman, sama2 menginspirasi. Anak sulung aku juga gagal kasih ASI full...karena masih minim ilmu

    ReplyDelete
  9. Makasih banget mba udah nulis ini. Aku belajar banyak. Sekarang posisi hamil anak pertama dan khawatir berlebih gimana nanti pas si kecil udah keluar.

    ReplyDelete
  10. Memang blackmores inu bagus sekali jika di konsumsi untuk ibu hamil atau pun menyusui

    ReplyDelete
  11. Jadi gak khawatir lagi apakah nutrisi dalam ASI tercukupi atau gak dengan mengkonsumsi Blackmores Pregnancy n Breast-Feeding Gold ini yaa mbak~

    ReplyDelete
  12. Keren banget kak Eni.
    Tetap semangat mengASIhi. Karena manfaat ASI yang baik sekali untuk kesehatan anak, terutama yaa, kak..

    ReplyDelete
  13. Wah, aku nih dulu terakhir menyusui saat usia 36 tahun. Berasa banget ASI gak sebanyak saat menyusui anak-anakku yang sebelomnya. Saat itu sesekali konsumsi suplemen pelancar ASI juga. Alhamdulillah banget ya, suplemen kayak begini tuh membantu banget buat para busui. Stres banget soalnya kalo ASI seret. Dan anak pun rewel jadinya. Asi jadi berkualitas dengan suplemen seperti ini.

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah ya Mbak, sampai sekarang masih lancar menyusui ya. Tiap anak pun juga punya ceritannya masing-masing tentang ASI ini ya.
    Binar juga makin lincah kelihatannya ya.
    Blackmores ini idola para Busui dan juga Bumil ya Mbak :)

    ReplyDelete
  15. Dulu aku juga sedih sempet ga bisa kasih ASI dengan baik sama anakku. Emang banyak faktor ya, seneng sekarang banyak suplemen yang bisa membantu produksi ASI.

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah yaba..masih mendapat rizqi nan indah di usia 40.. Trmksh sharingnya, insya Allah bermanfaat..

    ReplyDelete
  17. waaaah makasih buat info dan sharingnyaaa, mau aku infoin juga ah ke temenku yang lagi ngasi jugaaa, plus bisa jadi bekal aku nih nanti kalo pas ngasi

    ReplyDelete
  18. Adikku juga gitu mak, anak pertama ASI nggak lancar tapi Alhamdulillah anak kedua yang baru usia 3 bulan ASI lancar. Aku mau rekomendasikan Blackmores ini juga ke adikku biar ASI lancar setidaknya ASI exclusive ya

    ReplyDelete
  19. Aku juga konsumsi blackmores mbaa... sama ih pengalamanku anak pertama aku kasih sufor, asinya irit banget. Aku stres banget soalnya 😢. Alhamdulillah anak kedua bisa full asi ❤️

    ReplyDelete
  20. Tiap anak punya pengalaman mneyusui yang berbeda tapi jadi belajar terus ya. Kalau perlu dibantu suplemen khusus ya selain dari makanan

    ReplyDelete
  21. Waaaaaaa.... thanks sharingnya ya Mbak Eni.... Aku pengalaman anak pertama juga drama ASInya :) bisa sampai 2 tahun si, tapi nggak lancar jadi spaneng hehehe. Noted untuk rekomendasi multivitaminnya ya Mbak, semoga di anak kedua ASIku lebih lancar :)

    ReplyDelete
  22. Setiap ibu pasti punya kisah khusus tentang perjalanan mengASIhi ya mba. Alhamdulillah hingga ke Dek Binar ini ASI masih lancar. Sehat dan lincah gitu yaaaa Dek Binar. :*

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah ya Mbak usia 40 hamilnya lancar. Kandungannya gak rewel bahkan bisa lahiran normal dan menyusui. Jadi inspirasi buat para Ibu bahwa hamil agar tidak takut hamil pada usia 40

    ReplyDelete
  24. Lumayan juga 💋💪 yang penting harus tetap semangaaaat selalu menyusui ya mba

    ReplyDelete
  25. Wahh suka sama semangatnya mbak...
    Usia bukan halangan untuk menyusui yaa

    ReplyDelete