Our Story

Ceremony

Family

Manfaat Pos System Untuk Bisnis Kuliner Rumahan

by - August 08, 2020


Apakabar pembaca blog duniaeni? Semoga artikel-artikel yang saya tulis bisa menjadi inspirasi di saat pandemi ya. Kali ini sih, mau berbagi cerita tentang Pos System yang  bermanfaat banget buat para pelaku bisnis rumahan atau UMKM nih. Nah, masa pandemi ini sepertinya banyak yang mulai merintis bisnis rumahan demi berlangsungnya perekonomian keluarga ya? Tapi sebelum membahas langsung apa itu Pos System, saya mau curhat sedikit ah.

Bisnis Rumahan Menjadi Pilihan yang Menjanjikan



Dalam keluarga saya, baik orangtua maupun adik-adik memang rata-rata memutuskan untuk usaha sendiri meski masih kecil-kecilan. Biasanya setelah menjalani bekerja di kantor atau bekerja pada oranglain, lalu resign dan memulai usaha sendiri dengan modal yang tidak terlalu besar. Karena masih takut mengambil pinjaman usaha, lebih memilih modal dari hasil menabung selama bekerja sekian lama.

Ayah saya seorang guru yang kemudian di hari tua memilih usaha ternak burung berkicau. Sementara saya sendiri memilih resign dari kantor setelah lahir anak kedua, dan membuka usaha toko buku online bersama suami. Lalu adik saya yang nomor tiga membuka usaha bengkel motor, setelah sebelumnya bekerja cukup lama di sebuah bengkel besar yang ternama. Dan, adik  bungsu saya yang masih bekerja di sebuah klinik kesehatan, ternyata memiliki impian yang sama untuk memiliki usaha sendiri.


Tetapi karena dia tidak mau melepas pekerjaannya yang bermanfaat bagi masyarakat, dia ingin istrinya yang memiliki usaha sendiri. Kebetulan istrinya atau ipar saya ini memiliki keahlian memasak, buka sekedar ahli tapi juga semacam hobby. Bahasa kerennya passionnya memang di kuliner, ini terlihat betul. Karena setiap kami kumpul, pasti akan dibuatkan aneka kuliner yang enak-enak. Sampai kami memanggilnya Chef Tya, hehehe. Asli, kalau masak rasanya mirip seperti di restoran gitu.

Makanya kalau mau makan bakmi ala resto, saya tinggal request ke adik ipar. Cara bikinya terlihat cekatan, cepat, dan hasilnya dijamin enak. Jadi saya dukung banget dong impian adik saya untuk memiliki usaha kuliner, apalagi istrinya juga siap untuk menjadi chef bagi usahanya kelak. Tapi nih, adik saya kawatir usahanya hanya sekedar iseng dan hasilnya tidak terlihat. Karena ternyata, sebelumnya istrinya pernah mencoba jualan pakaian secara online. Entah, karena bukan passion atau baru pengalaman pertama jadi usahanya berhenti di jalan.

Sehingga adik saya maju-mundur untuk memulai usahanya. Apalagi modal yang dimiliki memang hasil kerja kerasnya dari menyisihkan gaji sedikit demi sedikit. Sesak dong, kalau dibuat usaha tapi hasilnya nihil. Hasil penjualan tidak jelas lari kemana, padahal dilihat penjualan selalu ada. Selain itu, tempat untuk berjualan belum ada, tapi menunda-nunda niat baik bagi saya itu tidak bagus.

Berjualan Kuliner Melalui Layanan GoFood Lebih Maksimal

Saya pun menyarankan supaya adik ipar memakai jasa layanan GoFood di Gojek, dimana mengolah makanan bisa di dapur pribadi, dan pembeli didapat dari GoFood. Tidak perlu memikirkan uang sewa tempat, dan tenaga pembantu karena makanan bisa sampai ke konsumen melalui driiver GoFood. Apalagi masa pandemi ini membuka rumah makan atau kios makanan rasanya kurang efektif, masyarakat masih takut terpapar Virus Corona atau Covid 19.

Sehingga kulineran dengan jasa GoFood masih jadi primadona, dimana pembeli cukup di rumah saja bisa memilih aneka kuliner. Bahkan kini nyaris semua kuliner tersedia, membuka aplikasinya memang seperti tengah berkeliling ke seluruh restoran-restoran, hehehe. Lalu tinggal duduk cantik menunggu pesanan datang deh.

Bagi penggiat bisnis kulineran dengan gabung di GoFood semua tersistem dengan baik juga. Penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan dengan adanya Pos System atau System Pos (Point of Sale). Nah, Pos System ini yang tadi di awal mau saya ceritakan manfaatnya bagi para penggiat bisnis kuliner rumahan seperti yang akan dilakukan adik ipar saya.

Apa itu Fitur Pos System?



Pos System (Point of Sale) adalah sistem untuk melakukan transaksi yang biasanya ada di toko, minimarket atau swalayan. Dengan fitur POS atau Pos System penjual dapat melakukan seluruh kalkulasi harga dan totalnya, menyiapkan invoice atau struk yang bisa dicetak (jika ada) dan juga memberikan pilihan pembayaran kepada pembeli. Sehingga pembeli dapat melakukan pembayaran dengan tunai sampai non tunai seperti kartu debit, kredit dan uang eletronik.

Lengkap banget kan Pos System atau Point of Sale ini, memudahkan untuk melakukan pencatatan, laporan  penjualan harian, dan tentu saja sangat dibutuhkan bagi semua pelaku usaha, tidak terkecuali untuk para usaha rumahan yang masih kecil-kecilan.

Lalu bagaimana kita mendapatkan perangkat Pos System ini?

Pos System
Manfaat Pos System atau Sistem Pos

Tentu saja ketika membuka usaha dan gabung dengan GoFood, dan terintegrasi dengan layanan GoPay maka bisa langsung login ke aplikasi GoBiz, masuk ke tab Bayar dan pilih Cobain POS, yuk! untuk memakai fitur POS System secara gratis dengan menggunakan smart phone androit. Laporan harian bisa didapat via email, atau bisa juga dicek langsung di perangkat GoBiz Dashboard dengan komputer, dan apabila ingin mencetak struk bisa menggunakan printer bluetooth yang mendukung ukuran kertas  x 40 mm. Mudah banget, kan?

Jadi adik saya tidak perlu kawatir lagi  untuk memiliki usaha kuliner. Istrinya cukup memahami cara kerja dan fitur Pos System, dan mengupayakan citra rasa kuliner yang dijual di GoFood memiliki rasa yang spesial agar pembeli menjadi pelanggan tetapnya. Sementara untuk  laporan penjualan, struk pembelian, semua serahkan ke Pos System di GoBiz. Sesimpel ini sekarang bisnis tuh.

You May Also Like

4 komentar

  1. aplikasai ini sangat mmebantu yang jualan kuliner ya

    ReplyDelete
  2. Makin gampang sekarang ya mau usaha kuliner udah banyak aplikasi bantuannya

    ReplyDelete
  3. Informasi Yang disajikan bermanfaat banget buat ngemotivasi bekerja dirumah #lebih asikkk

    ReplyDelete
  4. Bisnis kuliner saat ini memang lagi memboombing, InsyaAllah laris manis dan sukses kalau memang itu hobby, passion, karena dilakukan bukan hanya karena butuh tapi karena happy.
    Dengan adanya POS Gofood by GoBiz bisa sangat memudahkan karena semua pemesan dan pencatatan jadi rapi.

    ReplyDelete