KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Aplikasi Tunaiku, Pinjaman Online Di Bawah Pengawasan OJK

by - November 22, 2020

 

Kalau ditanya sejujurnya tentang perekonomian saat pandemi, pasti hampir semua mengalami imbasnya. Dari skala ekonomi kecil hingga besar mengalami gonjang-ganjing begitu Covid 19 melanda. Suami saya mengalami hingga tiga bulan tanpa penghasilan sama sekali, Alhamdullilah kami masih memiliki dana darurat sehingga tidak sampai kesulitan sekali. Tapi tentu saja tidak semua orang memiliki dana darurat, dana yang disisihkan dari penghasilan dan tidak bisa diutak-atik kecuali benar-benar darurat.


Tapi apakah dana darurat bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, karena pandemi sudah berjalan nyaris hampir sembilan bulan lamanya. Kita dituntut untuk terus bertahan meski kondisi perekomian sedang tidak baik, harus bisa banting setir agar penghasilan tetap masuk. Saat ini bisnis online cukup menjanjikan, tapi bisnis tidak asal karena pandemi pembeli mulai cerdas mengeluarkan uang.

Kalau sebelum pandemi bisnis fashion sangat menjanjikan, wanita mana yang tidak tergoda melihat pakaian cantik, apalagi dikasih diskon meski tipis-tipis, pasti akan masuk keranjang belanja. Tapi kalau sekarang? Untuk membeli fashion orang akan berpikir tiga kali, karena situasi pandemi jarang keluar rumah, jarang ada even atau acara, keuangan juga tidak semudah sebelum pandemi. Maka keinginan membeli fashion akan jadi pertimbangan, berbeda jika kita menjual kebutuhan pokok, atau sesuatu yang sedang digemari seperti tanaman hias.

Namun untuk memulai usaha itu semua, banyak orang membutuhkan modal usaha. Disinilah banyak orang terjebak dengan iming-iming pinjaman modal, terutama pinjaman online atau pinjol yang begitu mudah didapat. Meminjam modal diperbolehkan, karena akan membuka jalan keluar dalam menghasilkan uang di masa pandemi ini, asal jangan lupa cerdas dalam meminjam uang terutama pinjam uang secara online, harus yang sudah terdaftar di OJK seperti Tunaiku.


Mengenal Tunaiku

Sebelum meminjam uang secara online, sebaiknya pelajari dulu agar tidak terjebak bagai meminjam uang di lintah darat. Tidak hanya bunga membengkak, tapi nama baik juga dipertaruhkan karena banyak korban pinjaman online yang identitasnya dicemarkan hanya karena telat bayar. Untuk itu mari kita mengenal lebih dekat Tunaiku.

Tunaiku adalah salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2014, dan merupakan produk dari Amar Bank. Institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah  beroperasi dari tahun 1991 di Surabaya. Tidak hanya dibawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional Tolaram Group.

Dari sini sudah paham kan, kalau Tunaiku bukan pinjaman online abal-abal. KTA online di Tunaiku aman, terpercaya dan mudah. Layanan kredit yang diberikan Tunaiku tanpa agunan, sehingga masyarakat dapat meminjam uang tunai dengan cepat disaat terdesak sekalipun, seperti untuk modal usaha. Sebenarnya tidak hanya untuk modal usaha, untuk biaya pernikahan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Keunggulan Aplikasi Tunaiku

Di Bawah Pengawasan OJK

Nah, ini penting banget jadi pertimbangan pertama ketika akan melakukan pinjaman online, harus sudah terdaftar atau berizin di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk mengetahuinya bisa langsung dicek di web resmi ojk dot go dot id.  Karena pinjaman online yang sudah terdaftar atau berizin di OJK, semuanya dibawah pengawasan OJK  baik itu rasio  kecukupan modal minimum, pengujian kredit,  kualitas aset, dan rasio pinjaman dan batas pemberian kredit.

Tunaiku Memiliki Fasilitas Tenor Panjang

Tidak seperti fintech lain, Tunaiku memiliki fasilitas tenor panjang atau masa mencicil angsuran yang mencapai maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah. Dengan waktu hampir dua tahun membuat peminjam lebih bisa mengelola modalnya untuk usaha agar lebih berkembang, dan mudah mengembalikan angsuran hingga lunas.

Cicilan dan Bunga Rendah

Bunga yang ditawarkan Tunaiku sangat mirip besarnya dengan bunga bank yakni 3%-4% per bulan, namun tanpa agunan, jaminan. Sehingga siapa saja dapat melakukan pinjaman, tanpa memberatkan.

Transparasi Proses Pinjam Meminjam

Di aplikasi Tunaiku dapat dilihat  gambaran produk pinjaman online cepat cair yang ditawarkan, mulai dari jumlah, pilihan tenor atau masa angsuran, bunga pinjaman, biaya adminitrasi, contoh perhitungan, tata cara mendaftar, syarat, hingga biaya keterlambatan angsuran, dan lain sebagainya. Sehingga calon peminjam bisa mempertimbangkan dengan sebaik-baiknya.

Bagaimana, sudah bisa membayangkan tentang Tunaiku?

Aplikasi Tunaiku bisa diunduh melalui Google Play Store. Anda cukup bermodalkan KTP, dan mengisi data untuk mendapatkan pinjaman yang diinginkan. Tapi ingat, meskipun meminjam uang melalui Tunaiku sangat mudah, harus tetap bijak, dan benar-benar sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jika untuk modal usaha, pikirkan matang-matang usaha yang akan Anda bangun. Pergunakanlah modal sebaik-baiknya agar bisa berkembang dan mengembalikan modal sesuai tenor yang dipilih. Semoga pandemi segera berlalu.

You May Also Like

0 komentar