KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Manfaat Sentuhan Lembut dan Aroma Menyenangkan Untuk Si Kecil

by - December 18, 2020

 

Wahai para Ibu, pernah mengalami ketika Si Kecil menangis, tidak mau diam, atau uring-uringan, jadi diam dan tenang begitu kita sentuh dengan lembut?


Putri kecil saya, Binar (2 tahun), berapa hari yang lalu rewel terus. Karena bahasanya belum begitu jelas, kadang saya tidak memahami keinginannya. Semakin tidak memahami, dan terus bertanya, biasanya Binar akan semakin rewel. Meski sudah saya bujuk melihat tanaman di depan rumah, mengeluarkan koleksi mainannya, sampai rayuan akan mengajaknya jalan-jalan melihat hewan-hewan kesukaannya, Binar tetap tidak mau diam.

Serius, saat lelah rasanya putus asa menghadapi anak rewel. Apalagi ketika tangisnya semakin kencang sambil meracau dengan bahasa yang benar-benar gagal diterjemahkan. Sampai akhirnya karena lelah, saya memeluknya lembut, dan menyentuh kepalanya, punggungnya, sambil menenangkannya dengan kata-kata pujian. “Binar cantik, Binar soleha, anak kesayangan ibu...”  

Virtual Launching Cussons Baby Powder

Sentuhan-sentuhan itu sukses membuat tangis Binar berhenti. Selain berhenti, Binar juga mau diajak bercanda kembali, suara dan tawanya mengisi rumah dengan ramai. Seakan dia lupa dengan suasana hatinya yang tadi uring-uringan. Ajaib banget ya, segala rayuan tidak memberi efek, tapi begitu disentuh mampu meredakan emosi Si Kecil, dan ternyata sentuhan itu efeknya memang luarbiasa loh menurut pakarnya. Saya mengetahui manfaat sentuhan ini ketika kemarin, tanggal 15 Desember mengikuti acara Virtual Launching Cussons Baby Powder



Acara yang dihadiri para narasumber:

Profesor Francis McGlone, Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK yang akan memaparkan pentingnya sentuhan untuk perkembangan bayi

Dr. Haryono Hartono, PhD, Head of Research and Development, APAC PZ Cussons, yang akan mengupas lebih jauh inovasi Moodscent™

dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, Dokter Spesialis Anak

Yuanita Christiani, Ibu sekaligus Aktris dan TV Host

Rahma Anna Setyani, Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids




Dalam acara ini PZ Cussons Indonesia resmi memperkenalkan Cussons Baby Powder dengan tiga wangi baru yaitu:

1. Sakura, menghadirkan mood LOVE, yang membantu bayi merasakan sentuhan ibu yang penuh cinta.

2. Vanilla, Aroma MoodScent™ Vanilla menghadirkan mood RELAX, yang membantu bayi lebih nyaman.

3. Mixed Berry, Mixed Berry menghadirkan MoodScent™ JOY, yang membantu bayi lebih ceria.

Cussons Baby Powder baru merupakan produk yang diformulasikan dengan inovasi Moodscent™, berkualitas untuk membantu mendukung kenyamanan dan kesegaran pada bayi.



Dalam acara ini Profesor Francis yang menemukan bahwa sentuhan lembut dapat mempengaruhi perkembangan otak dan emosi melalui sebuah sistem pada saraf di dalam kulit bayi yang merespons sentuhan orang tuanya, memaparkan :

 “Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi, tetapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, mempengaruhi suasana hati, tingkat stress dan banyak manfaat yang lain. Bersama dengan tim riset dari Cussons, kami juga memahami bahwa memori terawal kita terbentuk lewat reaksi dari sentuhan lembut orang tua yang disertai dengan aroma yang menyenangkan, “

Makanya saat Binar uring-uringan, tidak mau diam meski dirayu dengan berbagai hal. Tapi ketika saya peluk sambil sentuh lembuh kepalanya, punggungnya, langsung diam dan menjadi ceria kembali. Itu efek dari sentuhan lembut yang dapat mempengaruhi emosinya seperti yang dipaparkan Profesor Francis McGlone. Tidakan yang sederhana, tapi memiliki efek yang tidak sederhana.

Mengapa Sentuhan dan Aroma yang Menyenangkan Memiliki Manfaat Baik Untuk si Kecil?



Untuk lebih jelasnya mengenai sentuhan dan aroma memiliki manfaat begitu banyak, seperti yang dipaparkan Profesor Francis McGlone, berikut ini penjelasannya:

1. Benefits of Touch for baby’s development

Sentuhan merupakan elemen yang fundamental terhadap sistem kekebalan tubuh serta perkembangan otak bayi. Dari riset yang sudah dilakukan, efek sentuhan dapat mempengaruhi perkembangan fisik, kemampuan berbahasa, kemampuan kognitif, serta kompetensi sosial dan emosional.

Pengalaman sentuhan yang pertama kali dialami oleh bayi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan lanjutan selama hidupnya. Efek sentuhan juga dapat menurunkan hormon cortisol yang diketahui dapat menurunkan imunitas kita. Jadi, sentuhan, secara ilmiah, memang dapat menghasilkan pertumbuhan anak yang optimal

2. Certain application of touch

Penelitian membuktikan bahwa Neurofibre yang ada di seluruh tubuh kita akan merespon lebih optimal melalui sentuhan lembut dan penuh kasih sayang. Neurofibre banyak terdapat di area belakang kepala, sekitar wajah, dan juga area perut.Secara jangka panjang, efek sentuhan dapat mempengaruhi sistem genetis pada otak bayi, sehingga ia dapat lebih mengendalikan stress di berbagai tahap pertumbuhan selanjutnya.

3 . Important correlation of Touch, Product, and Fragrance

Produk yang berkualitas tinggi dapat merangsang Neurofibre lebih optimal karena efek tekstur dari produk itu akan lebih menghidupkan lagi efek sentuhan (sentuhan menjadi lebih lembut) . Aroma yang menyertai sentuhan dapat pula membuat bayi lebih mengenali lagi hubungan positif antara sentuhan serta aroma yang menyenangkan. Nah, salah satu produknya seperti  Cussons Baby Powder ini.

Ceria Bersama Cussons Baby Powder

Saya jadi penasaran dong, bagaimana kalau sentuhan lembut itu disertai dengan aroma yang menyenangkan. Sehabis memandikan Binar, saya pun mencoba mempraktekan apa yang dikatakan Profesor Francis McGlone. Memberi Cussons Baby Powder varian Mixed Berry  ke punggungnya, Binar bukan saja jadi lebih ceria, tapi tertawa kesenangan sambil minta dibalurkan juga di bagian perutnya. Saya jadi terbawa suasana bahagia, terlebih ketika mencium aroma wangi Cussons Baby Powder. Rasanya membuat suasana jauh lebih menyenangkan sekali. Benar-benar moment bonding yang tidak ingin saya lepaskan.

Saya jadi ingat ucapan Dr. Haryono Hartono, “Benefit bedak bayi sebetulnya bukan sebatas untuk bayi saja. Orang dewasa pun mendapatkan manfaat serupa, misalnya mood yang lebih baik.”

Dan, itu betul sekali. Saya merasakannya sendiri, apalagi perasan saya akhir-akhir ini tanpa disadari agak tertekan. Selain akibat terlalu lama beraktivitas di dalam rumah, beberapa tetangga yang terpapar Covid 19 membuat perasaan was-was. Ada perasaan kawatir yang saya rasakan, lalu menghadapi anak yang kadang rewel. Merasakan aroma wangi Cussons Baby Powder varian Mixed Berry  membuat suasana hati sedikit membaik. Jadi cocok deh, bedak bayi ini merupakan produk toiletries yang bisa digunakan seluruh anggota keluarga.



Apalagi harga Cussons Baby Powder sangat terjangkau, dan produknya mudah didapatkan di berbagai mini market terdekat, maupun e-commerce yang menyediakan produk bayi. Oya, jangan lupa saat memakaikan Cussons Baby Powder pada bayi dan anak-anak, hindari penggunaan bedak di area genital serta wajah. Cukup tuang dulu di tangan, lalu diusapkan perlahan, jangan langsung ditabur ke tubuh bayi.

You May Also Like

0 komentar