Belajar di Rumah Menjadi Mudah Dengan Aplikasi Ruangbelajar

by - June 14, 2021

 

Apakabar para Ibu, apakah masih tetap semangat mendampingi anak-anak belajar di rumah? Karena awal pandemi saat pembelajaran anak-anak hampir seratus persen dari rumah atau PJJ banyak orangtua, baik ibu atau bapak yang mengeluh tidak sekedar waktu yang tersita, namun  juga sulitnya memahami pelajaran anak-anak.




Ini pun saya dan suami alami loh, meski kami pernah melewatinya tapi tentu saja banyak pelajaran yang sudah lupa. Apalagi perkembangan pelajaran saat ini terus bertambah, sehingga banyak yang tidak saya atau suami kuasai. Jadilah anak uring-uringan karena kesulitan mengikuti pelajaran, sebab pelajaran yang diberikan guru secara online belum maksimal, sementara orangtua tidak banyak diharapkan ketika mendapati pelajaran-pelajaran yang sulit.

Jika hal ini dibiarkan bisa menyebabkan banyak dampak buruk, diantaranya seperti yang pernah dialami anak saya, yaitu menjadi malas mengikuti pelajaran dengan sistem PJJ, mengalami kecemasan jika kelak dimulai kelas offline mereka tidak menguasa pelajaran dengan maksimal, sering menyalahkan orangtua yang tidak bisa maksimal membantu dalam pelajaran. Bayangkan bila hal ini terjadi dalam jangka panjang, mengingat kondisi pandemi belum bisa diprediksi kapan akan berakhir?

Ruangbelajar Menjadi Solusi Belajar Anak Ketika PJJ

Maka masalah kesulitan membantu anak ketika PJJ dan kesulitan memahami materi sekolah yang diberikan guru kepada anak-anak harus mendapat solusinya. Saya dan suami sempat mencari beberapa solusi, seperti ikut menyimak materi yang diberikan guru anak-anak di sekolah, mengerjarkan bersama soal-soal yang sulit, mencari guru les online. Hasilnya belum ada yang maksimal, karena sering saya dan suami sibuk dengan kerjaan masing-masing.

Kesibukan orangtua ini juga menjadi kendala  untuk membantu anak belajar secara maksimal, namun di sisi lain kami butuh bekerja untuk memenuhi kebutuhan kehidupan keluarga. Akhirnya, kami sepakat untuk mencari bimbingan belajar secara online yang profesional, bertemulah dengang Ruangbelajar dari Ruangguru yang punya banyak kelebihan.


Apa Itu Ruangbelajar?

Untuk Ruangguru pasti banyak yang sudah tahu dong, karena sudah sangat familiar sekali dengan aplikasi belajar satu ini, Nah, sekarang Ruangguru memiliki produk layanan belajar online terlengkap di Indonesia bernama Ruangbelajar. Dimana anak-anak dapat belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar animasi dan latihan soal. Bisa didownlad, jadi hemat kuota. Untuk lebih lengkap mari kita baca kelebihan Ruangbelajar ini:




Kelebihan RuangBelajar:

Bicara tentang kelebihan Ruangbelajar benar-benar membuat orangtua merasa lega deh. Tidak hanya orangtua, anak-anak juga pasti akan lebih nyaman dan semangat belajar. Berikut ini kelebihan Ruangbelajar yang bisa menjadi pertimbangan para orangtua:

1. Meski sulit akses internet, entah karena sinyal atau mendadak kuota habis, tidak masalah. Sebab semua materi belajar dapat di-download dan diakses secara offline, tanpa koneksi internet.

2. Anak-anak bisa belajar mandiri, karena akses materi belajar lengkap sesuai kurikulum dengan Masters Teacher dan puluhan ribu vidio belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik serta rangkuman infografis yang bikin paham.

3. Terdapat ratusan ribu soal dan pembahasan untuk mengasah kemampuan anak, karena dilengkapi dengan fitur-fitur banksoal, Latihan bab, Cek Memampuan, dan Kuis untuk memastikan apakah sudah paham betul dengan materi yang dipelajari.

4. Belajar dengan dilengkapi fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan!

5. Ruangbelajar tidak hanya dapat digunakan di handphone, tapi juga bisa diakses di laptop yaitu dengan download aplikasi Ruangguru for desktop, tersedia untuk Windows dan Mac.

6. Para orangtua lebih mudah dalam memantau perkembangan belajar anak, cukup ketik “Rapor Anak’ ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk mendapatan laporan belajar anak secara komprehensif.

7. Biaya terjangkau karena berlangganan di Ruang belajar 10x lebih murah dari bimbel biasa, dan bisa belajar di mana sana, kapan saja, sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak.

Fitur-Fitur di Ruangbelajar

Di aplikasi Ruangbelajar terdapat beberapa fitur yang sangat membantu proses belajar, fitur-fitur itu di antaranya:




Ruangguru Adventure 

Belajar dengan dilengkapi fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan!

Dafa Lulu Animasi SD

Dafa Lulu Animasi SD merupakan animasi khusus untuk Kelas 1-2 SD ini sehingga mempermudah siswa memahami materi belajar dalam pembelajaran Tematik. Fitur ini mengacu pada  Kurikulum K-13 Revisi Tematik.

Jadwal Belajar

Fitur Jadwal Belajar sangat bermanfaat untuk membantu dalam semangat dan disiplin belajar, karena anak dapat menentukan sendiri mata pelajaran, durasi belajar, jam belajar, dan hari belajar sesuai keinginannya tanpa khawatir lupa. Sebab fitur Jadwal Belajar akan mengingatkan sesuai jadwal yang sudah disusun sendiri, sehingga anak bisa fokus dan menggunakan waktu belajar secara efektif.

Asah Otak

Fitur ini sangat cocok buat anak yang suka teka-teki atau ingin menguji kemampuannya dalam memecahkan soal. Karena dalam fitur Asah Otak menyediakan beragam pertanyaan untuk dijawab, melalui hasil jawaban tersebut Ruangguru akan memberikan rekomendasi vidio belajar yang materinya perlu dipahami lebih lanjut. Sehingga anak akan mengetahui di mana letak kekurangan yang harus ditingkatkan lagi.

Nah, bagaimana setelah  mengenal lebih dekat Ruangbelajar dari Ruangguru ini? Menurut saya sih, selain sebagai solusi orangtua yang mengalami kesulitan dalam membantu anak ketika PJJ, mempermudah anak dalam belajar secara online, Ruangbelajar juga membuat hubungan orangtua dan anak jadi lebih harmonis. Karena orangtua tetap bertanggungjawab dalam membantu pembelajaran anak, anak juga menemukan kemudahan dengan bantuan Ruangbelajar.

Tidak ada lagi deh orangtua merasa pusing karena anak PJJ, dan anak menyalahkan orangtua karena tidak bisa memberikan solusi belajar PJJ dengan baik. Buat Ibu yang mau tahu lebih lanjut tentang Ruangbelajar dari Ruangguru dan ingin mengikutkan anak untuk gabung, bisa langsung ke https://www.ruangguru.com/ruangbelajar Ruangbelajar ini bisa untuk anak SD, SMP, SMA, dan SMK loh. 

Yuk, ah kita sebagai orangtua semakin perduli pendidikan anak dengan memberikan wadah belajar yang baik dan tepat, seperti Ruangbelajar.

You May Also Like

1 komentar

  1. kita sekarang dipermudah dengan banyak aplikasi ya, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya

    ReplyDelete