KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

2 Rekomendasi Lagu-Lagu Anak-Anak Masa Kini

by - September 13, 2021

Ibu yang punya anak usia 10 tahun ke bawah tanya dong, lagu favorit anak-anak kalian apa? Jujur ya, apakah anak-anak sudah mulai terbawa menyukai lagu-lagu orang dewasa dengan tema yang belum sesuai usianya? 

 


Saya sempat miris saat mengajak putri kecil saya ke taman bermain, sekelompok anak-anak usia 7 tahun sangat faseh berjoget dan menyanyikan lagu-lagu Black Pink yang gaya joget dan liriknya sudah tentu sangat dewasa sekali. Kadang, bahkan tidak jarang di lagu-lagu berbahasa asing itu terselip kalimat yang tidak pantas diucapkan mau pun didengar telinga.

Memang saya akui sekarang sulit mencari lagu anak-anak yang rekomed sesuai dengan usianya, baik lirik dan nadanya. Kalau pun ada anak-anak atau penyanyi yang membawakan lagu anak-anak kebanyakan memakai pakaian ala orang dewasa dan juga bermake up macam orang dewasa. Jadi tetap kurang memberi contoh yang benar-benar cocok untuk anak-anak.

Padahal dulu jaman saya kecil cukup banyak lagu anak-anak yang sesuai usianya, anak-anak banyak memiliki referensi lagu-lagu bagus, dan tidak terbawa ikut-ikutan menyanyikan lagu dewasa meski lagu dewasa banyak yang hits. Hal ini karena tidak adanya regenerasi pencipta dan penyanyi lagu anak, seperti Pak Kasur, Ibu Sud, dan Papa T Bob, perhatian industri musik pada lagu-lagu anak juga bisa dibilang sangat minim.

Nah, berhubung anak-anak saya ada yang usia di bawah 10 tahun, dan sedang senang-senangnya menyanyi atau menirukan nyanyian yang dia tonton, jadi PR saya untuk mencari lagu anak-anak yang sesuai usia anak saya. Apalagi era digital ini untuk mengakses internet sangat mudah, terutama youtube

 

Juma Penyanyi Cilik LaguAnak-Anak Masa Kini

 


Alhamdullilahnya, akhirnya sekarang ada penyanyi cilik yang benar-benar berpenampilan dan menyanyikan lagu anak-anak yanng bisa diakses di youtube, namanya Juma. Anak bungsu dari 2 bersaudara, putri  Taufik Wahab dan Eva ini menyajikan dua lagu Cerita Juma dan Boneka Barbie.

Langsung dong saya ajak Binar untuk menonton di youtube channelnya Juma untuk melihat seberapa menariknya Juma membawakan lagu anak-anak dengan judul Cerita Juma dan boneka Barbie itu. Apalahi Binar juga senang main boneka barbie, begitu dengar lagunya langsung dia minta diambilkan boneka barbienya.

Binar menonton dengan fokus, lalu ketika Juma menyanyikan Boneka Barbie pada bagian lirik: 

 


Tak gendong-gendong

Tak gendong-gendong ... boneka digendong-gendong

Tak ayun-ayun...boneka diayun-ayun

Binar langsung joget sambil menggendong-gendong boneka barbienya, dan minta lagunya diputar berulang-ulang. Sebagai orangtua saya pun senang mendengar lirik lagu dan gaya menyanyinya Juma. Juma menawarkan kecerian dan kelincahan khas anak-anak, wajah polos tanpa make up.

Benar-benar mengingatkan saya pada lagu anak-anak era tahun 90an, baik lirik, nada atau aransemen musik, dan gaya bernyanyinya. Karena memang Juma optimis bisa mengembalikan kembali kenangan lagu anak-anak yang pernah booming di era 90-an, dan menurut saya berhasil. Sebab saya sebagai generasi anak-anak tahun 90 jadi serasa memorian, hehehe. Tidak ada yang menyangkal jika musik tahun 90-an memiliki musikalitas terbaik .

Tidak hanya menemani anaknya menonton dan menyanyi lagunya Juma, tapi juga ikut mengenang beberapa penyanyi cilik dan lagu-lagu anak-anak tahun 90 yang sangat hits. Bahkan saya jadi hapal lirik lagu Juma yang Boneka Barbie loh, seru bisa nyanyi berdua putri kecil saya.

Cerita Juma dan Boneka Barbie Jadi Rekomendasi Lagu Anak Masa Kini

Ternyata lagu Boneka Barbie yang dinyanyikan Juma diciptakan oleh Wahyu WHL. Siapa yang masih ingat lagu Tenda Biru yang dinyanyikan Desi Ratnasari?

 


Nah, Wahyu WHL ini pencipta lagu Tenda Biru itu, makanya liriknya tidak diragukan lagi. Selain pencipta lagu, Wahyu WHL juga menjadi Penata Musik lagu-lagu ciptaan Papa T Bob. Pantasnya musiknya sangat enak dan ramah di telinga anak-anak, sehingga anak-anak mudah mengikuti dan menyukainya. Coba deh, dengarkan lagu Boneka Barbie, dijamin bibir dan tubuh ikut bergerak, menyanyi dan menari seperti Juma.

Oya, Wahyu WHL sendiri adalah pamannya Juma, yang hingga kini masih aktif bernyanyi dan menciptakan lagu. Sementara lagu Cerita Juma diciptakan oleh Mama Juma sendiri dengan lirik sederhana akan kebesaran Sang Pencipta. Ini juga tidak kalah bagusnya,  liriknya memberikan pesan edukatif kepada anak tentang Sang Pencipta.

 

Yuk, Nonton Lagu-Lagu Juma di Youtube Nat Channel

 

Lalu bagaimana jika ingin mendengarkan dua rekomendasi lagu anak masa kini, Boneka Barbie dan Cerita Juma?

Bisa langsung ke Youtube Nat Channel, karena dua lagu tersebut ditayangkan di Youtube Nat Channel. Lagu-lagu Juma ini langsung mendapat sambutan baik loh, karena hanya dalam waktu 3 hari Lagu Boneka Barbie sudah ditonton lebih dari 11 ribu penayangan.

Menurut saya memang pantas mendapat sambutan baik, karena seperti yang saya ceritakan di atas. Lagu Boneka Barbie sangat asyik didengarkan dan dinyanyikan.Salut dengan Juma sebagai penyanyinya, dan Wahyu WHL, sebagai penciptanya.

Selain sebagai penyanyi cilik, Juma atau pemilik nama lengkap Najma Ayla Taufik ini juga memiliki kegiatan sosial di depan rumahnya yakni memberikan makanan kepada ojol dan pemulung dengan tagline Senin Berbagi. Wah, keren ya Juma, padahal dia baru berusia 8 tahun loh, ulang tahunnya yang ke 8 jatuh pada 3 September 2021 lalu. 

 


Seneng ya, kalau punya penyanyi idola yang juga baik hati suka berbagi. Yuk, jangan sungkan memperkenalkan anak-anak dengan lagu-lagu Juma yang bisa langsung ditonton dan didengarkan di Youtube Nat Channel. Harapan saya, Juma akan menelurkan lagi lagu-lagu manis lainnya yang rekomendasi untuk anak-anak.

 

You May Also Like

28 komentar

  1. Emang ya anak sekarang malah senengnya dance ala2 tiktok, k pop, jadi dewasa sebelum waktunya keliatannya. Karena memang gak ada lagu anak-anak yang bisa dikonsumsi anak2,jadi mau ngga mau mereka akses lagu dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, miris banget waktu ke taman bermain lihat anak-anak menyanyi dan joget Black Pink, ugat-uget kayak ulet keket. Belum pas untuk usianya meski lagunya bagus kan

      Delete
  2. Wah bagus nih buat anak, jarang banget lagu tentang barbie diangkat walau banyak yang suka boneka barbie. Tentunya, ini bagus untuk si kecil pasti juga suka banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk, mba, ajak si kecil nonton dan menyanyikan lagu Juma

      Delete
  3. Senang sekali pastinya kalau anak bisa belajar banyak lagi mendengarkan lagu anak Indonesia. Memang selama ini susah cari rekomendasi lagu yang cocok untuk anak ya. Cerita juma dan kisah si Barbie bisa jadi referensi sekarang ya

    ReplyDelete
  4. Wah, senangnya ada Juma! Asyiik kini anak2 bakalan punya lagu kesukaan nih. Beneran 'anak2' dong ya. Ternyata sang pencipat lagu tentang boneka Barbie ini adalah pencipta lagu Tenda Biru desy Ratnasari heheh menarik banget iniiii :D

    ReplyDelete
  5. Asyik jadi punya pilihan penyanyi lagu anak di Youtube nih...Kalau lagunya diciptakan Wahyu WHL ga perlu diragukan lagi..secara Tenda Biru hits begitu.
    Sukses buat Juma, masih 8 tahun sudah berprestasi sekali. Semoga makin sukses ke depannya

    ReplyDelete
  6. Bener, Mba jaman sekarang itu lagu anak yang benar-benar diusianya sudah jadi barang langka. Apalagi bisa legendari macam lagu balonku, naik delman.. duh.. kadang miris. Kalaupun ada yang bagus khusus lagu yang bernuansa islami. Bukan lagu umum yang meluas ke nusantara.

    semoga lagu boneka barbie-nya Juma ini bisa jadi lagu yang booming dan melegenda yaa sepeerti lagu-lagu anak jaman dulu.

    ReplyDelete
  7. Asiik asiikk, sukaaa kalo ada lagu anak2 yg bisa dikonsumsi sesuai usia.
    Apalagi, figur Juma nih menarik banget yaaa
    bisa menjadi inspirasi utk kids jaman now.

    ReplyDelete
  8. Aku langsung klik video nya di youtube, ikut dengerin. Ternyata lagunya Juma memang enak didengar, aransemen musik dan cara bernyanyi nya mengingatkan pada lagu anak-anak tahun 80an. Liriknya pun cocok untuk anak-anak. Lagu seperti ini biasanya bisa awet buat didengar.

    ReplyDelete
  9. Oh jadi ada penyanyi cilik lagi dengan lagu berlirik anak anak yaaa
    Alhamdulillah .. semoga Juma dan om Wahyu bisa menjadi "teman bernyanyi" anak anak sekarang

    ReplyDelete
  10. Juma anaknya cakep banget, mengingatkanku pada Sherina dulu.
    Bagus ya akhirnya muncul jg penyanyi cilik dengan lagu bagus yang sesuai dengan usia anak2. Soalnya sedih kalau anak2 gak punya lagu anak yang menarik. Moga makin banyak karyanya dan sukses buat Juma.

    ReplyDelete
  11. Saya apresiasi dengan Juma. Memang harusnya di setiap zaman ada lagu anak terbaru. Kasihan anak-anak sekarang banyak yang lebih kenal lagu dewasa. Ya meskipun kembali ke orang tuanya juga. Kalau orang tuanya memilah-milah, bisa dikenalkan lagu anak yang jadul. Tetapi, kan, lebih bagus lagi kalau selalu ada lagu anak terbaru. Biar anak-anak banyak pilihan

    ReplyDelete
  12. Adik Juma ini persis sama anaknya KD yaa..yang Amora.
    Kelucuan khas anak-anak dan bernyanyi tema anak-anak. Mengagumkan dan menginspirasi anak Indonesia yang kini sudah mulai minim figur anak kecil.

    Terimakasih Youtube Nat Channel atas kerja kerasnya.

    ReplyDelete
  13. Syukurlah ada penyanyi cilik baru yang bisa dinikmati anak-anak jaman sekarang. Dulu banyak ya penyanyi cilik, sekarang berkurang banget, syukurlah ada Juma

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ada penyanyi cilik baru
    anak anak jadi punya idola sesuai usianya ya mbak
    Sukses buat Juma

    ReplyDelete
  15. Iya Bubi, prihatin banget dengan kondisi anak-anak sekarang. Apalagi balitanya ya. Kalau saya di rumah, suka nyanyi bareng sama anak-anak aj, lagu zaman kecil dulu. Saki suka banget. Paling suka dia cicak-cicak di dinding. Hafal. Btw, alhamdulillah sekarang ada lagu bagus juga ya dari Juma. nanti aku coba lihat sama Saki. makasih infonya ya bubi

    ReplyDelete
  16. Salut banget sama Om Wahyu nih, dan Juma yang bikin chanel lagu anak begini. Aku jadi pengen buka youtube juga Bun. Kepo banget dan mau rekomin ke ponakan juga ah.

    ReplyDelete
  17. senengnya ada lagu anak-anak yang seru sekarang
    liriknya ceria lucu dan anaknya juga nyenengin ya si juma ini
    aku dah dengerin certa juma lagunya
    semoga semakin banyak lagunya munculll

    ReplyDelete
  18. Anak saya usia 4,7 tajun, sukanya nyanyi, "saya masih ting ting, dijamin masih ting ting" entah itu lagu apa dapet dari mana, soalnya saya sensiri juga baru denger dari mulut dia.

    Suka miris deh klo dengerin lagu lagu anak jaman now. Bakal hepi banget neh klo ada yang menghidupkan kembali lagu anak anak.

    ReplyDelete
  19. Setuju deh akalau dibilang musik 90-an itu musikalitas terbaik. Sampai sekarang rasanya masih nancep dan masih enak didengerin. Nggak cepat bosan dan hilang gitu.

    ReplyDelete
  20. Mbak En, ini kali ketiga komenku semoga masuk. Dari tadi komen tapi broken terus blogspotnya huhu. Cuma mau bilang aku juga punya pengalaman yang sama. Sayangnya dulu aku gak bisa ngasih pilihan penyanyi cilik pada masa itu ke anakku. Alhasil aku kasih lagu-lagu zaman kita dulu seperti Abang tukang bakso dan semut-semut kecil

    ReplyDelete
  21. Semoga semakin banyak musisi yang concern dengan lagu-lagu anak. Anaku suka banget sama lagu anak, kaya Naura gitu mba eni.

    ReplyDelete
  22. Anakku yang SD belajar lagu anak di sekolahnya ada pelajaran seni musik.yang tk dan batita dari youtube tapi masih lagu anak kayak pelangi, ambilkan bulan bu, naik kereta dll. Tp lagu yg dari penyanyi cilik yang terbaru belum ada. Skrg seru kalau ada Juma ya

    ReplyDelete
  23. Baru tau dong kalo ada Juma, hihi.. lucu lagunya. Harusnya memang lagu anak kekgini yg cocok didengerin sama anak-anak ya, mbak ��

    ReplyDelete
  24. Ikut senang nih ada banyak lagu anak-anak sekarang dan lirik nya juga sesuai dengan usia anak, pastinya semakin menyenangkan karena banyak pilihan lagu anak

    ReplyDelete
  25. Keren Juma ya..Semoga eksis terus dengan lagu anak-anak.. Karena kita emang butuh banget lagu anak-anak yang baru2..

    ReplyDelete
  26. Wah Juma bakal meramaikan blantika musik anak di Indonesia ya penerus Naura dan Neona serta penyanyi idola cilik dulu..

    ReplyDelete