KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

10 Makanan Khas Palembang Incaran Wisatawan

by - September 13, 2021

 

Bulan September tiba, tidak terasa musim liburan sebentar lagi. Banyak masyarakat yang mulai mempersiapkan liburannya. Nah, ada info menarik  nih buat kalian yang tertarik untuk berlibur di pulau Sumatra. Salah satunya yang jadi rekomendasi dari saya yakni Sumatra Selatan atau tepatnya di Kota Palembang.

 


Siapa nih yang sudah familiar atau pernah berlibur ke Kota Palembang?

Kota Palembang memang tidak banyak dikenal sebagai kota wisata alam, tapi di sini kalian akan disugukan berbagai macam makanan khas Palembang yang terkenal enak-enak sampai luar Sumatra. Karena Palembang dikenal sebagai kota yang kaya akan makanan tradisionalnya.

Buat kalian yang belum mengenal beragam makanan khas Palembang, berikut ini 10 daftar makanan khas Palembang yang wajib dicoba dan dicari saat berkunjung ke sana:

 1. Pempek

Siapa yang sampai tidak tahu makanan satu ini? Makanan ini terkenal hampir di seluruh penjuru nusantara. Makanan berbahan dasar ikan tenggiri atau gabus ini menjadi ciri khas Palembang yang disaji dengan cuko atau kuah khasnya. Pempek juga memiliki banyak varian rasa dan bentuk olahan yaitu:

Pempek Lenjer kecil: Pempek ini berbentuk memanjang tanpa isi.

Pempek Telur Kecil: Pempek ini berisi telur di dalamnya berbentuk menyerupai hati.

Pempek Lenjer Besar: Sama seperti pempek lenjer kecil, hanya saja bentuknya panjang dan lebih besar

Pempek Kapal Selam: Pempek telur versi jumbo, biasanya menjadi incaran wisatawan kuliner.

Pempek Pistel:  Pempek ini unik dengan isian kates atau papaya muda yang berbentuk mirip pempek telur kecil.

Pempek Lenggang: Ada 2 versi pertama yang pakai telur kemudian dipanggang, kedua memanjang mirip lenjer kecil tapi ditengahnya diisi dengan ebi, kecap, cabe rawit.

Pempek Panggang: berbentuk bulat dengan isian ebi, kecap, cabe rawit

Pempek Sosis: varian baru berbentuk lenjer pendek namun ditengahnya ada sosis.

Selain itu juga ada varian pempek versi cireng atau disebut pempek DOS yang berbahan dasar hanya tepung terigu dan tapioka saja, benar-benar mirip dengan cireng namun berisi telur, papaya muda, atau lainnya.

2. Tekwan

Makanan ini berbahan dasar ikan juga, tapi cara penyajiannya dengan kuah seperti bakso dengan bentuk tidak bulat sempurna. Jika bakso berisi mie kuning-putih, sohun, serta sayur sawi atau toge, maka tekwan adalah sohun, irisan bengkoang, dan jamur yang ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

3. Model

Makanan ini sama penyajiannya seperti tekwan hanya saja bentuknya bulat besar dengan isi tahu di dalamnya.

4. Celimpungan

Makanan ini berbahan dasar ikan mirip dengan bentuk tekwan, hanya saja lebih besar dan kuahnyadari santan berwarna kuning.

5. Laksan

Makanan ini memiliki bahan dasar ikan dan mirip dengan Celimpungan, hanya saja berbentuk Panjang dengan kuah berwarna merah dari santan.

6. Mie Celor

Makanan berbahan mie dengan kuah kental yang enak dilengkapi dengan udang.

7. Pindang

Makanan khas Palembang yang berkuah pedas bening ini memiliki cita rasa pedas, manis, asam, asin, yang segar. Terdiri dari varian pindang tulang, pindang ikan patin, dan pindang daging.

8. Burgo

Makanan khas Palembang satu ini terbuat dari sagu, dhidangkan dengan olahan tepung beras. Berbentuk gulungan unik dengan kuah santan pedas.

9. Lempok Durian

Untuk  penyuka durian dan ingin mencicipi durian dalam versi  makanan khas Palembang, wajib mencoba ini. Lempok Durian merupakan dodol durian khas Palembang yang tidak kalah enaknya dengan dodol di Jawa, memiliki rasa dan aroma yang durian sekali.

10. Kerupuk dan Kemplang

Makanan khas ini berbahan ikan yang disaji dengan bentuk olahan kerupuk ikan. Berbeda dengan kerupuk, kemplang disaji dengan cara dipanggang terlebih dahulu. Jarang sekali ada sajian kerupuk dipanggang, sehingga kuliner khas Palembang ini salah satu kuliner yang sering dijadikan oleh-oleh oleh para wisatawan.

Selain 10 kuliner di atas, masih ada banyak lagi makanan khas Palembang yang menggugah selera dan memanjakan lidah. Karena itu jangan sampai tidak menjadikan Kota Palembang sebagai salah satu tujuan wisata kalian, apalagi ada tiket yang murah menuju Kota Palembang. Salah satunya kalian dapat menggunakan maskapai penerbangan dari AirAsia Indonesia.

Dapatkan juga promo menarik di bulan September ini. Kelebihan dari rute penerbangan adalah selain dapat mempersingkat waktu, menggunakan rute penerbangan jauh lebih aman dan ketat karena protokol kesehatan. So, jangan lupa segara persiapkan liburan kalian dari sekarang, dan jaga kesehatan.

You May Also Like

5 komentar

  1. Rasanya jadi kangen Palembang, dulu kalau ke Palembang, saat mau nyoba kulineran pasti dianterin teman-teman disana dan lucunya cuma makan doang dan nggak ingat nama tempatnya... He..he...

    ReplyDelete
  2. Hmm pempek udah jadi favorit, cuma belinya yang agak sulit apalagi bukan makanan khas sini :)

    ReplyDelete
  3. Kesukaan aku mba, hiks jadi pengeenn padahal baru dua hari lalu makan pempek. Biasanya aku beli sama temen-temen aja, home made.

    ReplyDelete
  4. Saya tuh gabisa lihat postingan makanan 😣 auto laper jadinya. Apalagi ini makanannya keknya enak semua

    ReplyDelete
  5. Bebeberapa makanan khas Palembang ini ternyata udah pernah kumakan. Sisa Laksan, Burgo sama Mie Celor. Eh kayaknya banyak haha. Enak-enak sih khas Palembang

    ReplyDelete