KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Blimbi Cake, Camilan Lezat dari Belimbing Wuluh

by - September 11, 2021


Belimbing wuluh termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan berbuah tanpa harus memiliki perawatan khusus. Rasanya yang asam, buahnya yang meruyak, dan masih banyaknya orang yang awam dalam memanfaatkan buat satu ini, membuat belimbing wuluh ini sering terbuang dengan sia-sia.

Bahkan tetangga saya memiliki pohon belimbing wuluh yang buahnya lebat, dan berserakan jatuh di bawah ketika matang tanpa ada yang memanfaatkannya dengan maksimal. Beberapa tetangga yang minta buahnya paling hanya untuk campuran tumis ikan asin, acar, atau pepes. Padahal kandungan dan manfaat belimbing wuluh ini bagus loh.

Belimbing wuluh mengandung zat besi, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2,  kalsium, protein, flavonid, yang dapat memberikan manfaat menjaga tekanan darah, mengontrol gula darah, obat batuk pilek, menjaga kesehatan tulang, dan mencegah obesitas.

Namun pengolahan belimbing wuluh yang belum beragam membuat masyarakat tidak familiar dan tertarik, karena rasanya yang asam atau kurang memikat lidah. Jadilah belimbing wuluh menjadi limbah begitu saja.

Belimbung Wuluh Olahan @dapoereftiga

 


 

Nah, berangkat dari hal-hal di atas seorang ibu yang juga blogger di Malang, Sri Rahayu yang memang memiliki hobby masak ini mencoba memanfaatkan belimbing wuluh menjadi camilan yang lezat yakni Blimbi Cake, yang kebetulan saya sudah mencobanya. Pesen langsung loh dari Malang tempat Mba Sri Rahayu ini tinggal.

Begitu sampai rasanya tidak sabar untuk mencobanya, dan ternyata rasanya lezat. Meski sudah diolah menjadi cake, tetap memiliki citra rasa belimbing wuluh yang asam dan segar. Kebayang nggak?

 


 

Pokoknya kurang lebih seperti ini, kue yang memiliki tekstur agak kasar, namun saat digigit dan dikunyah cukup lembut. Ada rasa manis, dan sensasi asam yang menyegarkan mulut. Tidak hanya saya yang suka, tapi suami dan anak-anak suka banget. Sampai mengambil berkali-kali hingga habis, hehehe.

Blimbi Wuluh dijual dengan berbagai ukuran:

Slice harga 15k

Mini pack (5x15 cm) 30k

Mini box (18x18 cm) 60k

Ukuran 20 cm 80k

Dan @dapoereftiga sudah melayani pemesanan Jawa, Bali, Sulawesi, pokoknya kota-kota yang bisa dilalui ekspedisi paxel.  Untuk daya tahannya Blimbi Cake ini bisa sampai 3 hari di suhu ruang, dan seminggu di chiller, kalau mau disimpan di freezer bisa juga tahan sampai satu bulan.  

Jadi bisa buat stock kalau ada acara tertentu seperti arisan keluarga, acara minum teh atau ngopi bareng teman, bisa juga untuk hantaran ke teman atau keluarga besar.

Awal Mula Bisnis Blimbi Cake

 


Sebenarnya Mba Sri Rahayu ini punya cerita sedikit awal mula timbul ide bisnis Blimbi Cake, selain ingin mengurangi sampah belimbing wuluh di pekarangannya yang memang kalau berbuah banyak dan mudah jatuh ketika sudah masak. Meningkatkan manfaat belimbing wuluh yang belum banyak diketahui orang, menambah pemasukan keluarga, differensiasi produk. Ternyata Blimbi Cake berawal dari obrolan Mba Sri dengan teman sesama foodbogger.

Jadi  suatu hari Mba Sri dan teman sesama foodblogger (idfb) tengah ramai membicarakan tentang resep Copycat Starbuck Banana Bread. Dari sini lah terinspirasi membuat sebuah olahan cake berbahan dasar belimbing wuluh yang memang belum ada di pasaran, dan ternyata mendapat tanggapan baik dari customer @dapoereftiga.

Karena  memang Blimbi Cake menjadi camilan lezat yang ramah di lidah. Biasa satu loyang Blimbi Cake kata Mba Sri, membutuhkan 7-8 belimbing wuluh ukuran besar yang segar. Pantas rasanya belimbing wuluhnya cukup terasa meski sudah diolah menjadi cake, dan tentu saja manfaatnya tetap banyak untuk kesehatan.

Bagaimana, apakah tertarik untuk memesan Blimbi Cake dari @dapoereftiga? 

Cara memesannya mudah kok, dan Insaallah cepat sampai seperti yang sudah saya alami kemarin. Selain Blimbi Cake, Dapoer Eftiga juga menjual olahan belimbing wuluh  berupa manisan, sirup, dan olahan ubi yang menjadi snack, Telo Creezz dengan beberapa varian rasa.

 


Cara Pesan:

Bisa melalui DM di Instagram @dapoereftiga atau langsung ke nomor adminnya Dapur Eftiga, di nomor 0821-5093-5130

 

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah blimbung wuluh yang biasanya dibiarkan tumbuh sampai berjatuhan karena ga ada yang suka sama rasa asamnya eh ternyata bisa dijadikan cake kayaknya enak juga

    ReplyDelete