Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan untuk Penuhi Akses Pendidikan dan Nutrisi Generasi Maju

by - December 14, 2021

 

Sebelumnya saya pernah membahas tentang gerakan #AyoTunjukTangan, diselenggarakan yang digagas  oleh SGM Eksplor dalam mendukung akses pendidikan dan nutrisi generasi maju. Saya ingat, saat itu saya mendukung akses pendidikan untuk anak Indonesia generasi maju, tidak hanya sekali dua kali, bahkan saya juga mengajak teman-teman lainnya untuk melakukan gerakan tersebut.




SGM Eksplore Berhasil Wujudkan Gerakan #AyoTunjukTangan

Kita tinggal mengisi data diri di form kampanye Ayo Tunjuk Tangan, dan vote dukungan apa yang akan kita berikan ke anak-anak Indonesia generasi maju, nanti pihak SGM Eksplor yang akan memenuhi vote kita tersebut. Hanya dengan aksi Ayo Tunjuk Tangan, kita sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang memajukan anak-anak bangsa, mudah bukan.

Ternyata dari gerakan sosial #AyoTunjukTangan itu telah berhasil menyalurkan dukungan akses pendidikan dan nutrisi berupa gawai dan beasiswa pendidikan online bagi 1500 siswa Sekolah Dasar, dan berkat kerjasama dengan berbagai pihak SGM Eksplor telat merehabilitasi 10 sekolah dan 75.000 dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun yang tersebar di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia.

Rasanya senang sekali mengetahui keberhasilan SGM Eksplor dalam mewujudkan gerakan #AyoTunjukTangan untuk generasi maju. Karena itu untuk semua Bunda di seluruh Indonesia yang jangan sungkan ya, meluangkan sedikit waktu untu berkolaborasi bersama dengan Ayo Tunjuk Tangan agar semakin banyak lagi anak-anak Indonesia generasi maju yang memperoleh bantuan untuk pendidikan dan nutrisinya.

Mengapa Penting Dukung Generasi Maju Sejak Dini?




Masa depan sebuah bangsa dapat dilihat dari kondisi anak-anaknya, bagaimana jika anak-anak tumbuh dengan pendidikan yang minim dan nutrisi anak yang tidak terpenuhi? Bisa dibayangkan akan seperti apa ke depannya bangsa ini?

Di Indonesia tidak menutup mata, masih banyak anak-anak yang tidak terpenuhi kebutuhan pendidikan, nutrisi, dan tumbuh kembang anak dengan baik. Ini bisa dilihat data dari KPAI tahun 2021, jumlah anak-anak yang menempuh pendidikan di bangku formal sebanyak 39 juta anak, sementara ada sekitar 80 juta anak ada di Indonesia. Jadi tidak ada 50% dari jumlah anak di Indonesia yang terpenuhi kebutuhan pendidikannya. Sedih nggak sih?

Jujur saya sedih banget, sebagai Ibu empat anak yang semuanya membutuhkan pendidikan dan nutrisi baik, saya tahu tidak mudah untuk memenuhi itu semua. Dibutuhkan kondisi ekonomi yang baik agar terpenuhi kebutuhan pendidikan dan nutrisi anak-anak agar kelak menjadi bagian dari anak Indonesia generasi maju yang bisa memajukan bangsa ini.

Jadi memang hambatan di negeri ini adalah karena faktor ekonomi yang menyebabkan tidak terpenuhi pendidikan anak-anak Indonesia, terlebih masa pandemi di mana banyak orangtua kehilangan mata pencarian, dan anak-anak harus menanggung akibatnya seperti putus sekolah di tengah jalan, sehingga tahun 2021 angka  anak putus sekolah mencapai 157 ribu jiwa. Kita harus komen apa dengan kondisi ini?

Tentu saja kita sebagai masyarakat Indonesia berkewajiban bahu membahu bersama pemerintah mendukung  kemajuan bangsa ini. Masa depan bangsa adalah PR bersama, sebagai wujud rasa perduli pada masa depan bangsa ini. Setuju?

Seperti yang dikatakan oleh Direktur JenderalPendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia(Kemendikbudristek), Jumeri, S.TP., M. Si.:




“Kemajuan SDMI ndonesia untuk mencapai visi Generasi Emas Indonesia 2045 merupakan salah satu prioritas penting pemerintah, agar dapat mewujudkan generasi masa depan yang berkualitas unggul, maju, mandiri, cerdas, dan sehat. Kami meyakini bahwa anak-anak Indonesia saat ini dapat menjadi mesin pembangunan yang luar biasa saat mereka mencapai usia produktif dan akan dapat meraup manfaat maksimal dari bonus demografi untuk mendukung kemajuan masa depan bangsa. Namun, untuk dapat mencapai hal tersebut, Indonesia harus berinvestasi sekarang juga untuk generasi muda, termasuk di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi fondasi untukdapat mendukung pengembangan potensi mereka secara maksimal. Oleh karena itu, kami menyambut baik dan mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang ingin ikut berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Merdeka Belajar demi kemajuan generasi mendatang.”

Mari Berkolaborasi bersama SGM Eksplore Dengan Gerakan Ayo Tunjuk Tangan

Melihat kondisi anak-anak Indonesia saat ini, tentu saja SGM Eksplor tidak tinggal diam. Menurut Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor, semua anak berhak untuk maju:

“Selama lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor percaya bahwa semua anak berhak untuk maju, sehingga seharusnya tidak boleh ada anak yang tertinggal, termasuk dalam memperoleh akses nutrisi dan pendidikan. Namun faktanya, 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses edukasi dan nutrisi yang memadai. Untuk itu, sejalan dengan visi Pemerintah dalam mempersiapkan dan membangun SDM unggul, SGM Eksplor terus berupaya untuk menghadirkan berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukungintervensi yang tepat dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia. Gerakan sosial “#AyoTunjukTangan”  merupakan salah satu komitmen dan upaya SGM Eksplor berkolaborasi dengan banyak partner yang memiliki tujuan sama untuk bersama-sama tunjuk tangan, berinisiatif untuk mendukung kemajuan anak Indonesia.”

Dan, sebagai bukti komitmen #SGMEksplor mendukung generasi maju, dengan mengajak semua masyarakat, pemerintah yakni melalui Kemendikbudristek, dan pelaku industri diantaranya Telkomsel dan CAKAP, berkolaborasi untuk masa depan #GenerasiMaju dengan mendukung gerakan #AyoTunjukTangan.

Telkomsel telah menyediakan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan pembelajaran daring berjalan dengan baik, dan CAKAP sebagai pelopor platform pembelajaran online di Indonesia memberikan program belajar Bahasa Inggris dengan gratis selama setahun untuk ribuan pelajar di Indonesia.

Karena seperti yang dikatakan Senior Business Development Manager CAKAP, Siti Messyana Putri, pengetahuan Bahasa Inggris sendiri menjadi salah satu pembelajaran penting bagi masyarakat sejak usia dini. Untuk itu, melalui inisiatif ini diharapkan lebih banyak anak Indonesia bisa belajar Bahasa Inggris.


Masyaallah, saya jadi merasa senang bisa bergabung dalam webinar yang diadakan oleh SGM Eksplor, Kamis-9 Desmeber 2021 yang
  bertajuk  Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan Maksimalkan Akses Edukasi dan Nutrisi Maju. Ayo Bunda, jangan sampai tidak berkolaborasi dalam gerakan #AyoTunjukTangan. Hanya meluangkan sedikit waktu, sudah mewujudkan impian anak-anak bangsa untuk menjadi generasi anak Indonesia maju.



 

You May Also Like

18 komentar

  1. Enggak nyangka ya kalau SGM bisa punya program sekeren ini. Karena memang masalah nutrisi dan pendidikan itu tidak bisa dipisahkan, dua-duanya saling berhubungan. Semoga dengan program seperti ini bakal membantu seluruh anak di Indonesia kedepan untuk tumbuh dan berkembang serta memiliki pendidikan yang layak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, yuk ikutab berpartisipasi dengan memberi vote bantuan

      Delete
  2. Program yang bagus, karena pendidikan dan nutrisi adalah masalah yang saling berkaitan dan mempengaruhi kualitas sebuah bangsa.

    ReplyDelete
  3. Ini programnya mudah ya bisa diikuti semua orang, tinggal klik form yang isi vote mau bantu apa dan SGM yang bantu ya. Manfaatnya sangat luar biasa.

    ReplyDelete
  4. Masyaallah, mau ikutan juga supaya progam membantu anak Indonesia ini berjalan dengan baik. Karena mereka adalah masa depan bangsa kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mari ikutan berkolaborasi untuk membantu anak Indonesia

      Delete
  5. wah bagus banget nih program nya, bisa sukses gini ya :) semoga ke depannya berlanjut terus jadi makin bermanfaat keren SGM, semoga anak-anak Indonesia dapat pendidikan merata ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba jangan sampai tidak ikutan campaignnya ya, karena ini demi anak Indonesia

      Delete
  6. Masalah pendidikan yg klasik dr zaman dulu itu soal pemerataan pendidikan, mudah2an adanya gerakan dari berbagai lini bisa membantu pemerataan pendidikan di Indonesia yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bu, ikutan berpartisipasi ya. Tanpa peran kita siapa lagi yang akan perduli dengan anak bangsa

      Delete
  7. Saya sangat senang jika ada yang peduli dengan anak Indonesia

    ReplyDelete
  8. keren banget sih campaign Ayo Tunjuk Tangan bisa membantu banyak siswa di pelosok Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak juga nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  9. Dari dulu program SGM emang bagus2, dan sangat peduli sama pendidikan anak Indonesia

    ReplyDelete
  10. Gerakan ini memang sangat bagus mengajak semua elemen masyarakat dimulai dari bunda-bunda untuk peduli terhadap nutrisi dan edukasi anak yaa

    ReplyDelete
  11. Belajar banyak nih untuk jadi orangtua yang baik, keponakanku minumnya juga SGM semua bun, memang ya programnya banyak mendukung anak-anak Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Semoga programnya berjalan sukses ya supaya banyak anak yang mendapatkan akses maksimal untuk pendidikan dan nutrisi.

    ReplyDelete
  13. Ayo Tunjuk tangan juga melatih anak menjadi pemberani dan punya inisiatif utk mau melakukan hal2 baik ya. Keren programnya sgm ini.

    ReplyDelete