Masak Kari Ala Jepang Anti Gagal

by - January 26, 2022


Apa yang terbayang di kepala ketika mendengar “Masak kari”? Pasti yang terbayang adalah kuliner dengan aneka bumbu rempah, yang masaknya ngejelimet alias ribet kan? Jujur, saya awal melihat menu kari di film-film India, cara mereka masak cukup rumit karena banyak banget bumbu-bumbu rempahnya.




Tapi sebenarnya saya pengen banget ngicip kari, kayaknya kari special banget di India. Setiap acara makan pasti ada kari, entah diolah dengan berbagai bahan asal bumbunya kari, sepertinya lezat betul. Sampai suatu ketika saya diundang ke acara ulangtahun kenalan yang orang India, dan disuguhkan kari.

Saya ingat betul, saat itu yang saya makan daging ayam yang super empuk dibumbu kari yang kental. Rasanya? Benar-benar paduan aneka rempah yang entah apa saja, tapi terasa sekali aroma kunyit. Kuah kari yang kental dan lembut memang sangat lezat. Sayangnya, saya tidak bisa memasak kari. Intinya pusing melihat barisan resep yang menyebut aneka rempah, hehehe.

Ternyata Kari Jepang Punya Keunikan Sendiri

Sampai suatu ketika seorang teman yang lama menetap di Jepang kembali ke Indonesia, dan dia cerita belajar masak kari di Jepang. Tidak hanya cerita, tapi sering membagikan foto menu kari ala Jepang di instagramnya yang bikin saya penasaran. Namun lagi-lagi nyerah deh saat disodorkan resepnya, karena beberapa rempah memang agak sulit dicari. Harus ke supermarket besar atau pasar tradisional yang lengkap.

Konon kari Jepang termasuk makanan nasional Jepang, termasuk makanan mewah loh, yang awalnya dibawa ke Jepang oleh tentara Inggris, dan bumbunya dimodifikasi sesuai selera Jepang. Karena istimewanya sampai kari dijadikan hidangan setiap jumat bagi personel Angkatan Laut Bela Diri Jepang.

Kata teman saya, kari Jepang memiliki keunikan sendiri, yakni lebih kental, lebih lembut, dan gurih, sehingga hanya menyatap nasi dengan guyuran kuah kari saja sudah lezat. Aduh, tambah bikin penasaran sampai saya pernah ingin mencoba kari di restoran Jepang secara langsung, tapi sebelum keinginan itu terwujud saya sudah bisa membuat kari ala Jepang super simple dan anti gagal.

Penasaran dong, kok bisa? Apa saja sih bumbu-bumbunya, sehingga saya yang kurang pintar memasak menu dengan bumbu melimpah ini bisa masak kari dan anti gagal? Baca sampai habis yuk, kalian juga bisa menghidangkan kari ala Jepang super lezat untuk keluarga mau pun di acara special.

House Kari Ala Jepang : Live Cooking Demo With Chef Theo




Jadi Sabtu, tanggal 22 kemarin saya berkesempatan ikut acara super keren yang diadakan oleh House Kari ala Jepang, yaitu Live Cooking Demo With Chef Theo di Almond Zuccini Cooking Studio, bersama teman-teman blogger. Asli, acaranya seru banget karena selain demo masak, ada fun games tebak bumbu kari, tebak tekstur makanan, photo contest plating hasil masakan kari, dan doorprize. Meski saya tidak memang, tapi rasanya luar biasa senang karena pulang bisa masak kari ala Jepang.

Mengenal House Kari  ala Jepang

Sebelum bercerita tentang keseruan Live Cooking Demo With Chef Theo, saya mau mengenalkan House Kari ala Jepang dulu nih. House Foods adalah merek lawas yang memiliki sejarah selama 100 tahun di Jepang,  merupakan produsen makanan ternama yang menguasai pangsa pasar penjualan Kari Jepang di Jepang.

House Kari ala Jepang ini dikenalkan ke Indonesia sejak 2016 melalui House & Vox Indonesia, dan House Kari ala Jepang sudah bersertifikasi Halal dari LPPOM MUI loh. Selain di Indonesia, House Kari ala Jepang halal juga dipasarkan ke beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Dubai. Kebayang kan kalau House Kari ala Jepang memang benar-benar sudah berpengalaman dalam dunia kari. Jadi soal rasa dan kualitas tidak diragukan lagi.

Nah, House Kari ala Jepang ini merupakan hidangan sepinggan bernutrisi seimbang yang disantap dengan menuangkan saus kental berisi daging dan sayur bersama nasi. Keistimewaan House kari ala Jepang tidak mengandung santan dan dengan rasa yang mild bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.

House menyediakan 2 jenis kari yang dapat dipilih:

1. House Kari Ala jepang Saus Padat, berisi sekitar 50 porsi dengan berat bersih 935 gram. House Kari ala Jepang dapat disajikan dengan merebus air dan saus padat ke dalam tumisan daging dan sayur. Disarankan untuk digunakan dalam saus kari dengan banyak daging dan sayuran.

Cara membuat House Kari  ala Jepang saus padat:

a.Tumis daging dan sayur

b.Tambahkan air lalu didihkan

c. Matikan api. Potong kecil House Kari ala Jepang saus padat , masukkan

d. Didihkan, setelah mencair santap dengan nasi


2. House Kari ala Jepang  Kosentrat Kari Beku, berisi sekitar 20 porsi. House Kari ala  Jepang ini sangat mudah hanya dengan mencairkan dan mengencerkannya menjadi 2 kali lebih banyak. Disarnakan untuk digunakan dalam saus kari seoerti katsu kari dengan chicken katsu, dll.

Cara membuat House Kari  ala Jepang Konsentrat Kari Beku:

a. Cairkan kantong kemasan House Kari ala Jepang dalam air panas

b. Tuang isi kemasan dalam panci, lalu didikan dengan air

c. Tuangkan ke nasi dan katsu, siap disantap

Live Cooking Demo With Chef Theo

Acara Live Cooking Demo With Chef Theo dibuka oleh Koda Sang dan Ibu Riany dari pihak House Kari ala Jepang, dan bintang tamunya Chef Theo yang memiliki nama lengkap Theodorus Simmanuel. Tentu saja bincang menyenangkan ini membuat peserta, termasuk saya semakin penasaran ingin tahu lebih lanjut House Kari ala Jepang. Pengen langsung terjun ke dapur Almond Zuccini Cooking Studio yang memang kece banget.




Tapi karena kondisi masih pandemi, peserta tidak bisa semua terjun ke dapur. Alhamdullilah, acara Live Cooking Demo With Chef Theo sangat prokes. Semua yang hadir wajib bermasker, masing-masing meja disediakan hand sanitizer, makanan dan minuman sudah diwadahkan masing-masing, tidak berbentuk prasmanan. Pokoknya, nyaman dan aman.

Selama menunggu kelompok lain masak di dapur bersama Chef Theo, saya yang merupakan kelompok empat (setiap kelompok terdiri dari dua orang), dan teman-teman lainnya mengikuti games seru yang dipandu moderator. Seru banget, ada tebak tekstur bahan-bahan makanan seperti ayam mentah, kelapa, dan games tebak bumbu kari berdasarkan aromanya.

Asli, meski emak-emak suka ke dapur, saya hanya mampu menebak bumbu dengan benar sebanyak 4 bumbu dari 11 bumbu yang ada, hahaha. Jadilah saya gagal membawa pulang hadiahnya, tapi tidak apa-apa karena acaranya seru banget. Bikin tidak terasa menunggu giliran untuk masak.

3 Resep dalam waktu 20 Menit

Ketika giliran saya yang berpatner dengan Dian untuk masak bersama Chef Theo. Setelah mengamati Chef Theo membuat daging sapi dengan bumbu House Kari ala Jepang, membuat kroket kentang, tumis sayuran yang diselimuti daun sawi, dan diplating sedemikian cetarnya. Kagetlah kami karena diminta duplikat resep dalam waktu 20 menit saja. OMG!




Asli, saya dan Dian langsung ngegas bagi tugas masing-masing, saya membuat bumbu kari, grill daging sapi, merebus kentang, sayuran yang sudah dipotong-potong, plating. Sementara Dian memotong bumbu, menumis sayuran yang sudah direbus dan membungkusnya dengan daun sawi yang sudah direbus setengah matang agar mudah dibentuk, membuat kroket.

Meski pontang-panting kami bisa tepat waktu. Loh, kok bisa? Kari itu masakan ribet loh, banyak bumbunya, belum proses menghaluskannya?

Tenang! Semua bisa dilewati karena ada House Kari ala Jepang, yang tinggal cemplung ke air panas, lumer deh, lezat tanpa harus diberi ini-itu. Tapi kali ini Chef Theo memberi resep dengan tambahan tumisan bumbu bawang putih, bawang merah, daun jeruk, sereh ke kari, jadi semakin harum dan fresh. Di akhir acara  meski hasil plating tidak meraih juara, hati tetap senang, pulang bawa ilmu baru, yakni masak kari dengan mudah dan anti gagal.

So, sekarang saya jadi pede banget kalau punya acara seperti arisan, kumpul bareng temen-temen di rumah, menyajikan kari ala Jepang. Tinggal siapin bahan-bahannya, bumbu sudah ready. Bahannya tidak harus daging sapi loh, bisa daging ayam, tahu, ikan. Semua lezat dan simpel karena House Kari ala Jepang. Kalian mau coba? 

Selain melalui distributor utama, House Kari ala Jepang  sudah bisa didapatkan di beberapa supermarket di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Makassar dan Manado, serta beberapa situs belanja online di Indonesia, atau bisa langsung pesan di Tokopedia, Blibli.com, Shopee, maupun di Sayur Box.

You May Also Like

28 komentar

  1. Membuat kuah kari kental gurih memang gampang gampang susah yaa mak.

    Boleh nih tar aku cobain bikin kuah kari pakai House Kari ala jepang 👌

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada cerita dibalik Kari Jepang yang ternama ya...Dan kini tak perlu repot kita kalau mau bikin kari Jepang yang bikin lidah bergoyang, sudah ada House kari ala Jepang anti gagal yang bisa bikin semua masak kari yang enaak rasanya

    ReplyDelete
  3. haouse kari ala jepang, dibuat tanpa menggunakan santan? Bagi yang menghindari santan, berita bagus ini ya mbak. Walau tanpa santan, kuah kentalnya begitu menggoda

    ReplyDelete
  4. Praktis banget kalau sudah ada bumbu kari instan, jadi kalau mau masak tinggal kasih air, ayam, wortel, dan kentang. Dijamin anti gagal dan masakannya super oishiii

    ReplyDelete
  5. ini ada di supermarket besar ya mba Enii? aku penasaran deh mba, kari lebih sehat ya tanpa santan heheu. Aku suka kariiii. Seru yaa event blog lagi, dan cooking itu enak amat kelihatannya, yummyyyy, dagingnyaaa. Oiyaaa udah halal juga ya ini kan, jadi tenang deh menyantapnya

    ReplyDelete
  6. beda banget sama kari nya indonesia ya mbaa yang menurutku lebih encer sih. duh, jadi kepo gimana rasa kari ala jepang, keliatannya niqmaat

    ReplyDelete
  7. Bisa nonton Live Cooking Demo gini tuh nyenengin. Jadi banyak ilmunya. Btw, Karakter Jepang tampilannya beda ya dengan Kari India. Aku pun kalau mau coba masakan daerah lain, dah paling gampang tuh pakai bumbu jadi. No gagal deh, hehehe

    ReplyDelete
  8. Iya sih membuat bumbu kari memang ngak mudah alias banyak bumbu yang harus dipersiapkan, terus terang aku belum pernah nyobain kari jepang, tapi setelah baca artikel ini jadi tahu solusi mudah dan cepat membuat menu kari jepang yang anti gagal dan rasanya pasti enak.

    ReplyDelete
  9. waaah, boleh dicoba nih. belakangan ini suami lagi suka makan kari, kari malaysia. jadi ada alternatif nih, bisa coba kari jepang dengan House Kari ala Jepang ini, siapa tau bisa jadi idola juga di rumah ^^

    ReplyDelete
  10. Mungkin caranya aku berdamai dengan curry Jepang, aku bisa coba House Kari ala Jepang yang praktis ini tinggal tumis-tumis tanpa rempong hehe

    ReplyDelete
  11. Benar sekali mbak
    Masak kari ala Jepang dengan bumbu House Kari ini emang anti gagal
    Cara masaknya mudah, rasanya juga enak

    ReplyDelete
  12. Sudah lama ga makan menu Jepang nih jd pengen nyoba nih kari Jepang yg ini ..

    ReplyDelete
  13. Wong Palembang nah Mba lihai masak Kari, hehehe. Aku suka juga makan Kari apalagi kalo lagi lapar, hehehe. Tanpa nasi. Bisa nambah selera makan

    ReplyDelete
  14. Mantul sekali, kak Eni...
    Masak 3 menu dalam 20 menit.
    Aah...idaman aku banget ini. Bisa masak sreng-sreeng, tapi pas jadi, keluarga semua suka. Berasa ikutan lomba masak di tv.

    Dengan menggunakan bumbu House Kari ala Jepang, menghemat waktu, biaya dan tenaga.

    ReplyDelete
  15. Tampilan masakannya enak banget mba. Mba, aku udah coba masak kari aa jepang ini. Enak banget mba. Tapi aku baru buat yang chicken katsu. Kayaknya harus coba resep mba :)

    ReplyDelete
  16. Praktis banget ya ini jadi kalau lagi gak ada waktu buat masak besar yang lama untuk tamu bisa tinggal pakai ini aja ya mak. Terus ya aku jadi penasaran juga yes sama rasanya hehe.

    ReplyDelete
  17. Memasak anti gagal dan bisa memasak dalam tempo sesingkat-singkatnya ini beneran impianku. Hihii...plus aku yang gak kenal banyak bumbu serta cookhack, akan sangat terbantu sekali jika menggunakan bumbu rekomendasi kak Eni untuk masak kari, House Kari ala Jepang.

    ReplyDelete
  18. Asyik ya, dengan House kari ala Jepang kita bisa bikin kari yang enak dengan mudah dan praktis. Masak jadi lebih cepet

    ReplyDelete
  19. Jadi inget event kemaren deh mba. Bener bener kaya ikut master chef ya. Harus gercep bikin duplicate dish. Tapi untung ada house kari ala Jepang, jadi gampang deh

    ReplyDelete
  20. Aku masih ada stok kari Jepang di rumah nih. Biasanya buat bikin kari ayam wkwwk. Praktis sih tinggal cemplungin aja ya.

    ReplyDelete
  21. Ini produknya udah ada di minimarket ya mak? Pengen banget nyobain. Sebagai pecinta kari aku penasaran dengan kari yang ga pake santan

    ReplyDelete
  22. Seneng banget kalau bisa belajar langsung dari ahlinya ya mbak. Kepikiran juga kirain sama kari jepang dengan kari kita, ternyata beda

    ReplyDelete
  23. Tiba2 jadi pingin nuobain house kari-nya, nih. Pingin ngerasain kentalnya kari Jepang.

    Btw, bumbu apa yg enggak hafal, Mak? Jadi pingin tauuu. Hahhaaha

    ReplyDelete
  24. Wah thank you tulisannya, kebetulan tgl 19 besok aku ada acara kantor yang emang banyak orang jepangnya, catering yang biasa bikin kari jepang lagi ga bisa dipake tapi tetep pengen menyajikan itu kan sudah kebiasaan kalo ada yang ulang tahun atau acara terntentu ada menu itu. Makasi loh nanti aku cari deh produknya

    ReplyDelete
  25. Kari jepang itu punya rasa khas sendiri, enaaaaaaaak. Sekarang semua dibuat serba praktis ya mba. Udah pasti cocok buat yg mageran masak atau lagi ribet urus bayi nih hihi apalagi udah dijual online, makin praktis

    ReplyDelete
  26. Praktis banget ya kalau masak kari tinggal plung dan beres dalam waktu beberapa menit, bisa untuk acara keluarga. Tinggal tambah daging dan sayuran ini

    ReplyDelete
  27. senang banget kalau bisa maasak kari semudah ini ya, apalagi anti gagal. semakin praktis tentunya

    ReplyDelete
  28. Mendengar kari ingetnya masakan india karena dulu waktu nonton film India kalau bahas makanan pasti kari. Ternyata Jepang juga punya resep kari ya. Mau akh coba beli bumbunya

    ReplyDelete