Beragam Platform Pelayanan BPJS Kehatan yang Perlu Deketahui

by - April 10, 2022

 

Saya sering mendengar cerita dari teman-teman yang berobat melalui layanan BPJS Kesehatan, terutama untuk berobat yang mendapat rujukan ke rumah sakit besar, seperti penanganan operasi, pengobatan yang harus dirujuk ke dokter spesialis, ceritanya pasti soal antrian. Bahkan ada seorang teman yang antri sejak pukul tiga pagi sudah di rumah sakit.

Meski antri demikian lama, mereka tetap menggunakan BPJS Kesehatan karena alasannya tentu saja soal biaya pengobatan. Biaya pengobatan seperti operasi, atau penanganan ke dokter spesialis cukup besar, dengan adanya BPJS Kesehatan banyak yang terbantukan, bisa berobat tuntas tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Sehingga BPJS Kesehatan tetap menjadi pilihan masyarakat, walau harus antri mengular.

Tapi tentu saja masyarakat sangat berharap berobat dengan BPJS Kesehatan memperoleh pelayanan yang lebih baik, termasuk tidak harus antri sejak dini hari atau subuh. Terutama bagi kaum lansia yang akan berobat dengan mengandalkan BPJS Kesehatan, mereka pasti sangat lelah dalam kondisi tidak sehat harus antri demikian lamanya.



Untuk itu BPJS Kesehatan terus berusaha berinovasi dengan beragam layanannya yang diharapkan dapat membantu pelayanan ke masyarakat lebih baik, diantara invonasi BPJS Kesehatan yang saya ketahui dari hasil Ngopi Bareng BPJS Kesehatan, Selasa 29 Maret 2022  dengan tema “Inovasi BPJS Kesehatan Bagi Kemudahan Layanan Peserta”, adalah berikut ini: Baca sampai tuntas ya.

Inovasi BPJS Kesehatan Bagi Kemudahan Layanan Peserta

Pada acara Ngopi Bareng BPJS Kesehatan kali ini menghadirkan narasumber dari Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta, Bapak Irfan Humaidi. Di sini Bapak Irfan menjelaskan tentang kemudahan layanan administrasi kepesertaan , informasi dan pengaduan.

Dengan mengangkat tema "Inovasi BPJS Kesehatan Bagi Kemudahan Layanan Peserta" hadir Narasumber dari Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta, Bapak Irfan Humaidi yang memberikan informasi terkait kemudahan layanan administrasi kepesertaan, informasi dan pengaduan.

Ada dua kategori untuk layanan kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan:



1.      Tatap Muka

Sebenarnya BPJS Kesehatan mengharapkan masyarakat mulai melek digital agar meminimalisir terjadinya pelayanan secara offline yang lebih memakan waktu. Tapi tentu saja bagi masyarakat yang jauh dari perkotaan dan tidak terjangkau sinyal internet, mereka masih sangat membutuhkan pelayanan secara tatap muka.

 Maka BPJS Kesehatan memberikan pelayanan tatap muka atau offline di beberapa titik, yakni: Kantor Cabang Kabupaten. Mobile Customer Service yang akan keliling sesuai jadwal, Mal Pelayanan Publik.

 2.      Tanpa Tatap Muka

Tanpa tatap muka atau online dapat dengan:

Aplikasi Mobile JKN, yang diunduh di Google Play atau Apps Store. Mobile JKN ini memiliki fitur yang sangat lengkap, diantaranya bisa pendaftaran akun, pembayaran iuran BPJS Kesehatan, konsultasi dokter, cek ketersediaan rawat inap, dan lain-lain. Sangat praktis dan memudahkan pengguna BPKS Kesehatan.

Chatbot Interaktif (CHIKA), chat dengan assistant JKN yang diproses oleh robot atau tokoh vitual yang dapat diakses melalui Whatsapp 08118750400, Facebook Messager, dan Telegram @Chika_BPJSKesehatan_bot

PANDAWA, merupakan layanan administrasi melalui Whatsapp dengan nomor tunggal PANDAWA di 08118165165 yang terintegrasi melayani peserta JKN-KIS tanpa batas, sehingga semua peserta di seluruh Indonesia bisa menggunakan layanan PANDAWA dengan GRATIS. Jam kerja PANDA setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 waktu setempat.

VIKA (Voice Interactive JKN), alurnya adalah dengan menghubungi Care Center 165, mendengarkan IVR, memilih layanan dan mendapatkan informasi layanan.

Care Center 165, meliputi Layanan VIKA, Perubahan atau Mutasi Data Peserta, Layanan Informasi Badan Usaha, Informasi dan Pengaduan Langsung Melalui Medsos .

Website, layanan BPJS Kesehatan yang dapat diakses oleh semua masyarakat, baik peserta maupun calon peserta BPJS Kesehatan, diantaranya pelayanan Informasi dan Pengaduan, Pendaftaran Badan Usaha, Pendaftaran Auto Debit, Pengecekan Fasilitan Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, sampai Pelanggaran Pegawai.



Medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube), Masyarakat dapat mengakses sosial media BPJS Kesehatan melalui reply commet maupun DM (direct message).

NIK, nomor NIK menjadi identitas tunggal, karena kini sudah terintergrasi dengan layanan BPJS Kesehatan.  Sehingga hanya dengan nomor NIK  dapat mengakses layanan BPJS Kesehatan, sementara untuk anak yang belum berusia 17 tahun dapat menggunakan NIK yang ada dalam kartu keluarga.

Kanal Pembayaran BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan juga mempermudah cara pembayaran iurannya dengan memiliki berbagai kanal, yaitu: Commercial Bank, Retail Merchant, State Owned Enterprise, Fintech dan Ecommerce. Jadi peserta BPJS Kesehatan dapat memilih sesuai yang paling memudahkan.

Semoga info ini bermanfaat dan bisa disebarluaskan ya, agar pengguna atau peserta BPJS Kesehatan dimudahkan dengan adanya inovasi ini. Salam sehat!




 

You May Also Like

0 komentar