Makin Tinggi Resolusi Printer Makin Bagus, Mitos atau Fakta?

by - April 09, 2022

 

Kebanyakan dari kita akan memilih printer terbaik berdasarkan budget dan juga spesifikasi yang ditawarkannya. Apalagi, saat ini sudah ada banyak sekali macam-macam jenis printer, mulai dari yang wireless bahkan sampai all-in-one. Printer all-in-one, atau printer multifungsi yang bisa menjalankan tugas bukan hanya print (cetak) saja, tapi juga scan (pemindaian) dan fotokopi.



Sebagian orang yang memang menggunakan printer hanya untuk sesekali saja (misalnya seperti mencetak foto atau scan satu, atau dua email) tidak akan begitu peduli dengan resolusi. Bahkan, kalau kamu memiliki printer yang biasa-biasa saja, resolusinya sudah cukup baik jika hanya dipakai untuk cetak atau print dokumen biasa. Namun bagi sebagian yang lain, resolusi yang tajam sangat dibutuhkan untuk print foto atau scanning dokumen penting, seperti ijazah, KTP dan paspor.

Nah, ketika sedang sibuk memilih-milih mana printer yang terbaik yang bisa kita bawa pulang, kadang kita memutuskan untuk membeli printer berdasarkan dari tinggi-rendahnya angka resolusi yang tertera di mesin printer tersebut. Benar atau betul? Hehe. Eits! Tapi hati-hati, ternyata resolusi tinggi bukan berarti selalu HD loh. Kok bisa? Makannya, supaya nggak salah pilih, yuk simak info di postingan kali ini:

1.Apa sih sebenarnya resolusi dalam printer itu?

Resolusi pada printer seringkali digambarkan dalam format dua baris angka, contohnya seperti: 2400 x 1200 dpi. Angka pertama (yaitu 2400) menandakan jumlah titik yang mampu dicetak oleh 1 mesin printer pada garis horizontal di atas kertas, dan dihitung dalam skala setiap inci. Angka kedua (yaitu 1200) menyimbolkan total jumlah titik yang dapat dicetak oleh printer kita pada garis vertikal. Jadi, sampai sini, benar jika kamu menganggap semakin tinggi angkanya, hasil atau kualitas gambar akan menjadi lebih detil dan halus.

2. "2880 x 720 dpi" VS "2400 x 1200", mana lebih oke?

Nah, kebiasaan kita kalau tidak jeli, begitu melihat angka depannya “2880” saja, kita akan terburu-buru untuk memilihnya. Tapi kalau diperhatikan lagi, antara "2880 x 720 dpi" atau "2400 x 1200", ternyata bukan printer dengan resolusi “2880 x 720” yang lebih bagus, karena resolusi vertikal (yakni baris angka nomor dua) di belakangnya hanya 720 saja.  karena 2880 dpi lebih dari dpi2400,  teks iklan seperti ini sering memberikan kesan yang salah bahwa printer "2880 x 720 dpi" memiliki resolusi lebih dari printer dengan "2400 x 1200".

3. Cek lagi, apakah kita memang butuh resolusi yang tinggi?

Memiliki resolusi mesin printer tinggi bukan berarti selalu lebih baik. Bagi beberapa orang, mungkin, dengan memilih resolusi tinggi untuk setiap kegiatan print hanya akan membuang-buang waktu (karena biasanya loadingnya juga lebih lama). Tapi, kalau kamu memang butuh printer yang high-quality untuk cetak atau scan dokumen dan foto, silahkan hunting printer dengan resolusi terbaik versimu.

4. Kualitas tinggi bukan hanya ditentukan resolusi

Yup, kalian nggak salah baca kok! Bukan berarti dengan memilih printer yang sudah memiliki klaim “high resolution”, kalian tinggal menyerahkan semuanya pada mesin printer dan berdoa saja. Faktanya, resolusi dpi bukan satu-satunya faktor. Jenis tinta yang kita pilih untuk print bisa memiliki efek yang jauh lebih besar daripada resolusi pada mesin printer. 

Kesimpulannya

Kita harus jeli dalam memilih mana printer yang terbaik untuk kebutuhan kita. Pertama, apakah kita benar-benar butuh resolusi tinggi? Kedua, jelilah dalam membaca keterangan resolusi. Meskipun printer yang sebelumnya dapat memuat “2880 dpi” dalam garis horizontal, printer tersebut pada dasarnya toh hanya bisa melakukan input sebanyak “720” titik pada garis vertikal.

Makannya, jangan kaget kalau kelak hasil akhir pada gambar yang dicetak dengan printer "2880 x 720 dpi" akan tampak lebih kabur atau banyak bintik jika nanti dibandingkan dengan dokumen yang dicetak dengan printer beresolusi sebesar "2400 x 1200 dpi". Karena itu, selalu periksa jumlah titik yang dihasilkan printer untuk penilaian yang tepat dari resolusi printer. 

You May Also Like

0 komentar