Fitur Web Aplikasi LEXO LAB Bikin Mudah Belajar Bahasa Inggris

by - March 20, 2022

 


Apakabar para Ibu yang mendampingi anak-anak belajar di rumah? Karena masih pandemi anak-anak saya pun belum sepenuhnya offline, masih selang-seling antara pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan pertemuan tatap muka (PTM) atau offline. Di sini memang banyak tantangannya ya, terutama dalam memenuhi materi pembelajaran anak.

Sampai banyak orangtua yang mencarikan solusi dengan les online untuk anak-anaknya agar tidak ketinggalan pelajaran, karena untuk sekolah dengan sistem pembelajaran jarak jauh banyak memiliki kekurangan dalam menjelaskan secara detil. Tapi memilih les online juga butuh teliti ya, karena jangan sampai membuat anak justru terbebani.

Nah, bicara tentang les online, saya pernah cerita di blog kalau Abang Pendar (7 tahun) sedang mencoba program uji coba gratis selama lima hari di LEXO LAB yang merupakan web aplikasi belajar bicara bahasa Inggris, yang dibuat oleh perusahaan asal New Zealand dengan menggunakan sistem pembelajaran seperti proses belajar bahasa ibu, dengan pendekatan yang efektif, serta memberikan feedback yang akurat, korektif, dan real time pada kemampuan berbicara anak. 

Jujur, awalnya Abang Pendar agak ragu saat saya tawarkan untuk ikut uji coba gratis selama lima hari di LEXO LAB, maklum sehari-hari kami memang tidak menggunakan bahasa Inggris. Jadi dia takut tidak bisa melafalkan dan malu, hehehe. Tapi  karena saya tidak mau anak saya telat mengenal bahasa Inggris seperti saya, maka saya langsung mengenalkan web aplikasinya. Alhamdulllilah , dia tertarik.

Anak Bisa Belajar Mandiri di LEXO LAB

Karena memang belajar bahasa Inggris di web aplikasi LEXO LAB menyenangkan, tampilannya sangat menarik untuk anak-anak, ilustrasinya sesuai dengan karakter anak-anak, full color . Jadi mereka saat belajar tidak seperti sedang belajar, lebih terasa seperti sedang bermain game. Bisa dilakukan di ponsel, mau pun PC.


Yang menyenangkan buat saya, anak bisa belajar mandiri atau sendiri. Tidak harus didampingi full oleh orangtua seperti yang saya pikirkan, karena memang fitur-fiturnya mudah sekali dipahami anak dan diaplikasikan. Sehingga orangtua yang sudah mendampingi anak PJJ bisa sedikit bernafas longgar.

Sampai saya tanya Abang Pendar, kira-kira kalau ditinggal work from home, atau saat saya harus mengurus adiknya, membereskan pekerjaan rumah, apakah dia bisa tetap belajar bahasa Inggris sendiri di aplikasi LEXO LAB? Alhamdulillah, dia bisa dan lebih suka mengerjakan sendiri. Hanya beberapa kali tanya jika ternyata lafal yang diucapkan selalu mendapat nilai kecil atau bintang 2.

Tapi katanya seru, karena Abang Pendar jadi tahu cara membaca kosa kata bahasa Inggris atau pronunciation. Kadang, saya perhatikan dia tertawa-tawa sendiri saat melafalkan kata-kata yang ternyata dapat bintang 2, lalu diulangi lagi hingga mendapat bintang lebih banyak. Kalau masih gagal, saya lihat dia menyimak dengan baik saat mendengarkan kata-kata yang tidak bisa diucapkannya itu.

Inilah Fitur-Fitur  Aplikasi LEXO LAB Yang Memudahkan Anak Belajar #NgobrolInggris

Kenapa anak-anak bisa belajar bahasa Inggris secara mandiri di web aplikasi LEXO  LAB, tanpa harus didampingi orangtua secara full? Hal ini karena fitur-fitur di LEXO LAB sangat mudah dipahami oleh anak-anak sekali pun. Saya sendiri hanya beberapa kali mendampingi Abang Pendar saat pertama belajar bahasa Inggris di web aplikasi LEXO LAB, selanjutnya dia langsung paham dan bisa belajar sendiri.

Berikut adalah fitur-fitur di Aplikasi LEXO LAB:

Go!


Untuk memulai belajar di LEXO LAB, setelah masuk LEXO LAB silakan 
klik tombol Go! Setelah itu baru akan masuk ke dalam Chatpod, dan mulai deh belajar bahasa Inggris.

My Chatpods


My Chatpods merupakan lembar kerja anak yang terdiri dari 1 modul, dan berisi
  4 buku dengan materi yang berbeda dan tingkat kesulitan berbeda. Dimana pada pembelajarannya anak-anak bisa mendengarkan dan membaca teks, untuk selanjutnya diminta melafalkan kata dan kalimat tersebut. Di sini tantangannya, jika anak tidak tepat dalam melafalkan akan mendapat bintang 1, 2, atau 3 yang muncul di Score Scope.

Namun apabila anak tidak puas dengan perolehan bintang tersebut, anak bisa mengulang lagi dengan mengklik view details, lanjut coba lagi, dan  anak bisa mengulang lafal sampai kemudian mendapatkan bintang lebih banyak. Jadi anak-anak bisa belajar lafal dengan benar, dan mengulang sesuai keinginannya. Karena di Feedback Machine akan diketahui di mana letak kesalahan pengucapannya.


Kadang  Abang Pendar mengulang-ngulang tetap mendapat bintang 3, tapi menurut saya tidak apa-apa. Karena ini proses belajar tidak langsung bisa, setidaknya anak jadi tahu cara melafalkannya belum benar, dan tahu ketika pelafalannya sudah benar. Lama belajar di aplikasi ini juga  tidak memberatkan karena setiap selesai satu buku, bisa dilanjutkan 18 jam kemudian. Jadi tidak bosan.

Ketika anak selesai dalam satu buku akan ada Word Boom atau kuis yang diambil dari beberapa kata dan kalimat pada buku yang sudah dipelajari. Sekedar untuk menguji, apakah anak masih ingat apa yang dipelajari tadi.

My Vault


Di web aplikasi LEXO LAB  terdapat fitur My Vault yang membuat orang tua tahu apa aja yang sudah dipelajari anak, seperti buku apa saja yang sudah dikerjakan anak, kata-kata apa saja yang sudah dikuasai. Jadi meski tidak mendampingi seratus persen kita bisa memantau anak.

My Stats


Di My Stats terdapat statistik pembelajaran anak, diantaranya level belajar anak, berapa kali anak login ke web 
aplikasi LEXO LAB, jumlah Chatpods dan total nilai  yang didapat anak, dan jumlah Chatpods yang belum dikerjakan anak. Plus ada badge lucu untuk anak yang mendapat peringkat. Dari fitur ini orangtua akan tahu perkembangan anak, dari mulai kemampuan, kerajinan belajar.

My Visit

Untuk fitur ini belum bisa diklik atau digunakan, tapi fitur ini nantinya akan digunakan sebagai informasi tentang berapa banyak kunjungan anak ke web aplikasi LEXO LAB. Di situ ada warna merah, kuning, hijau, jadi semacam penilaian absen atau kehadiran anak.

Cerita Pendar Belajar Selama 6 Minggu di LEXO LAB Indonesia


Setelah mencoba secara gratis 5 hari belajar bahasa Inggris di #LEXOLABID , akhirnya Abang Pendar ikut kelas yang berbayar senilai Rp150.000 selama tiga bulan. Murah banget ya, belajar bahasa Inggris sebulan hanya bayar Rp 50.000 dengan durasi belajar yang cukup lama, dan bisa setiap hari suka-suka anak.

Apalagi jujur, saya tidak bisa mengawasi Abang Pendar seratus persen, karena padatnya kerjaan di rumah. Bangun pagi menemani Abang Pendar daring hingga pukul dua belas siang, setelah itu mengurus urusan rumah, pekerjaan saya di media sosial, menulis novel, dan mengasuh Binar. Jadi dengan sistem pembelajaran di web aplikasi LEXO LAB yang fiturnya begitu mudah, cukup membantu sekali.

Paling tidak saya tidak harus fokus seratus persen dalam mengawal pembelajaran Abang Pendar di web aplikasi LEXO LAB, hanya jika dia kesulitan melafalkan atau lupa apa yang harus dilafalkan, baru tanya saya. Atau ketika dia sampai mengulang tiga kali masih dapat bintang 2, namanya anak-anak kadang jadi bête karena itu, hehehe.

Saya tidak terlalu memaksa, karena jam sekolahnya yang dimulai dari pagi hingga siang hari, plus tugas-tugas yang banyak. Kadang membuat Abang Pendar sudah letih, di sini enaknya belajar di web aplikasi LEXO LAB bisa memilih jam atau hari kapan saja anak mau belajar. Kita bisa  me-managa sesuai dengan kemampuan.

Setelah enam minggu belajar, saya memperhatikan dan bertanya pada Abang Pendar, dia bilang jadi lebih banyak menguasai kosa kata bahasa Inggris yang semula dia tidak tahu sama sekali. Jadi bisa mengucapkan atau melafalkan kata yang semula dia tidak tahu cara membaca yang benarnya.

Meski nilainya belum sempurna, tapi saya cukup senang melihat perkembangan Abang Pendar dalam bahasa Inggris. Apalagi dia baru usia 7 tahun, dan awalnya memang belum pernah belajar bahasa Inggris sama sekali. Jadi bisa belajar dengan harga murah, di rumah saja, secara mandiri, rasanya merasa tepat memilih LEXO LAB.

Moms, juga bisa loh mengenalkan anak-anak belajar bahasa Inggris di LEXO LAB, terlebih jika ingin anak pintar #NgobrolIngris, tapi orang tua tidak bisa fokus mendampingi seratus persen seperti saya. LEXO LAB bisa menjadi solusinya, dan masih ada loh promo uji coba gratis selama 5 hari buat berkenalan dulu. Kalau ingin lanjut yang berbayar masih harga promo nih, Rp 150.000 selama 3 bulan dari harga normal Rp 220.000. Tetap murah sih ya harga normalnya. So, ditunggu ya, Moms!

 


You May Also Like

22 komentar

  1. Menarik banget web aplikasi LexoLab ini mbak, asal anak sudah bisa mengoperasikan komputer, bisa belajar sendiri di Lexo Lab tanpa orang tua harus menemani sepanjang waktu ya. Penilaian pengucapan berupa bintang ini juga jadi motivasi anak untuk belajar lebih keras lagi

    ReplyDelete
  2. Wah, pastinya Abang Pendar seneng belajar bahasa Inggris secara mandiri di aplikasi Lexo Lab yaaaah sampai anteng ditinggal sendiri gitu hehe.

    Kayaknya Fathir juga pengen cobain deh belajar bahasa Inggris juga di Lexo Lab nih

    ReplyDelete
  3. anakku juga butuh aplikasi ini sepertinya mba..sama sekolahnya masih 0n-off, selang-seling, itupun cuma sebentar di sekolah. Klo di rumah, sering nggak maksimal bljrnya..apalagi B.Inggris. Aku kadang bingung gimana nerangin ke anak (klo yang basicnya ilmu pendidikan, pasti lebih pas jadi guru. Sementara aku non-kependidikan) Makasih informasinya mba

    ReplyDelete
  4. Belajar bahasa Inggris sekarang mudah ya mom dipelajari.Seperti melalui aplikasi LEXO LAB ini, anak jadi pintar, mandiri dan ibupun terbantu. Salam:Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  5. Aplikasinya bagus nih memudahkan anak untuk belajar supaya lebih maksimal yah.

    ReplyDelete
  6. Metode yang ditawarkan bikin anak jadi merasa senang ya belajarnya. Sekarang bahasa Inggris tidak lagi sebagai pelajaran menakutkan sebagaimana jaman saya. Hahaha ...

    ReplyDelete
  7. Anakku nih suka banget belajar di Lexolab karena selain visualnya lucu-lucu dan juga anak jadi lebih semangat belajarnya. Belajarnya pun bisa kapan saja sesuai dengan waktu yang kita miliki.

    ReplyDelete
  8. Keliatan nih dari aplikasinya udah fun banget, anak-anak pasti nggak kayak lagi belajar banget kayaknya. Kalau gini sih anak gampang ngertinya ya mbak. Boleh nih ntar aku rekomendasiin Lexo Lab buat ponakanku juga.

    ReplyDelete
  9. Jadi aplikasi Laxo Lab ini buat belajar bahasa Inggris, tapi kaya main gitu ya. Menarik! Keponakanku pasti suka yang kaya gini. Gak terasa digurui

    ReplyDelete
  10. Abang pintar banget. Bisa belajar bahasa Inggris sendiri secara online. Harga per bulannya juga terjangkau

    ReplyDelete
  11. MAkin memudahkan Mamak nih sistem pembelajaran di web aplikasi Lexo Lab apalagi dengan fitur2nya yang bisa dipahami anak dan mudah belajar bahasa inggris.
    Jadi MAmak bisa nyambi kerjaan lain di rumah.

    ReplyDelete
  12. LEXO LAB sangat bagus untuk mengisi aktifitas sehari hari anak di masa pandemu. Apalagi anak2 sekolah tidak full sehingga sisa waktu untukbelajar di LEXO LAB.

    ReplyDelete
  13. Anakku juga suka belajar Bahsa Inggris. Makanya pas kemarin tau ada Lexolab ini aku langganan yang 3 bulan mbak, mumpung promo. hehehe

    ReplyDelete
  14. Semangat ya abang Pendar, bisa makin percaya diri nanti setelah bisa lancar melafalkan kata per kata jadi kalimat. Seru juga kalo anak-anak berani belajar sendiri tanpa pendampingan dengan mengakses aplikasi Lexo Lab. Apalagi fiturnya lengkap, seperti ada fitur My Vault. Orang tua bisa cek sampai mana aja yang udah dipelajari anak-anak

    ReplyDelete
  15. Seru LEXO LAB ini. Anak pertamaku juga sudah coba. Lalu anak kedua ikut-ikutan rekam suara donggg... Kadang suara adiknya yeng terdengar lebih Ok daripada kakaknya. wkkwkw. kocak nih mereka

    ReplyDelete
  16. Mas Pendar pasti udah semakin pinter nih bahasa inggrisnya. Kelihatannya fun ya Mba, Mas Pendar kelihatan happy jalaninnya.

    ReplyDelete
  17. Anak-anak semakin happy kalau belajarnya warna-warni dan ada FUN Gamenya begini..
    LEXO LAB tahu banget yang dibutuhkan anak. Kalau melalui games, in syaa Allah gak akan hilang konsentrasi. Dan sedikit demi sedikit, ilmunya bisa masuk dan bisa diaplikasikan.

    ReplyDelete
  18. wah senangnya abang pendar belajar bahasa Inggris di Lexo lab yaa. makin lancar dong bang pendar bericara dalam bahasa inggris.

    ReplyDelete
  19. 150 untuk 3 bulan ya? Wah, lumayan sekali promonya. Kebetulan saya sedang mencari kursus Inggris online buat Najib 7 tahun. Sepertinya Lexo Lab ini cocok buat dia karena levelnya masih suka bermain sambil belajar. Sip deh, makasih infonya , Mak.

    ReplyDelete
  20. Semangat belajar Abang!
    Kalau sistem pembelajarannya berfitur mudah begini, Lexo Lab bisa nih jadi solusi belajar bahasa Inggris anak. Menyenangkan pasti!

    ReplyDelete
  21. Wah ternyata seru banget ya ada pelafalan kosakatanya segala. Anak2 jadi bisa belajar pengucapan yang benar. Karena speaking termasuk susah

    ReplyDelete
  22. Keren banget deh si ade bisa belajar Bahasa Inggris secara online. Pastinya makin jago dong ya casciscus nya. Hehehehe. Kepengen juga anak ketigaku belajar begini juga. Tapinya dia masih belom pede katanya. :D

    ReplyDelete