Ramadhan Bersama Rumah Zakat

by - March 17, 2022

 Assalamualaikum

Siapa yang semalam ikut nifsu syaban? Semoga semua doa kita dikabulkan, dan dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Karena malam Nisfu Syaban merupakan malam pengampunan bagi umat manusia. Siapa yang berdoa di malam Nisfu Syaban Insaallah semua permintaanya akan dikabulkan. Tidak terasa ya, sebentar lagi memasuki bulan Ramadan ke tiga di masa pandemi ini.

Masih teringat awal pandemik Covid 19, Ramadan menjadi moment yang benar-benar mengharu-biru. Di mana umat muslim tidak  bisa menjalankan sholat terawih, bersilaturahmi buka bersama dengan orangtua, saudara, teman-teman. Belum lagi Ramadan berikutnya begitu pilu bagi keluarga yang kehilangan anggota keluarganya akibat Covid 19. Banyak teman-teman saya yang kehilangan orangtua, pasangan, saudara, karena terpapar Covid 19.

Rumah Zakat Berkolaborasi Mengentaskan Kemiskinan Dampak Covid 19


Nah, dalam menyambut bulan Ramadan, Selasa/15 Maret 2022 Rumah Zakat mengadakan Press Conference dengan mengangkat tema #SaatnyaTumbuhBersama  dengan tujuan membantu dan memberdayakan 1.5 juta penerima manfaat dari Aceh hingga Papua, terutama untuk yang terdampak Covid 19. Senang ya, jika ada yang perduli mengulurkan tangan untuk yang terdampak pandemi Covid 19.

 Sebab tidak hanya ada yang kehilangan anggota keluarganya, tapi banyak juga yang kehilangan mata pencariannya. Entah, karena tempat kerjanya tutup, dagangannya tidak selaris sebelum pandemik, bahkan ada yang sampai tutup karena bangkrut. Oleh karena itu Ramadan kali ini Rumah Zakat mengajak para donatur baik perorangan, komunitas, dan korporat berkolaborasi  untuk mempercepat proses pemberdayaan di Indonesia.

Jika tahun 2021 bersama para donator dan mitra, Rumah Zakat memberdaykan 5 juta penerima layanan manfaat sebanyak 15% penerima manfaat dari program ekonomi Rumah Zakat, keluar dari garis kemiskinan dan mengalami peningkatan kesejahteraan. Maka di tahun ini Rumah Zakat menargetkan 20% penerima keluar dari garis kemiskinan, aamiin. Doakan ya, apa yang menjadi tujuan Rumah Zakat dikabulkan Allah SWT.

Penandatangan MOU #SaatnyaTumbuhBersama Rumah Zakat dan Mitranya

Pada Press Conference ini Rumah Zakat dengan mitranya, diantaranya Air Asia Indonesia, Flip, Shipper, CARInih, dan MTUA Rekayasa Industri. Tentu saja dengan harapan dalam kolaborasi ini akan mempercepat pemulihan ekonomi para penerima manfaat , terutama yang tekena dampak pandemic Covid 19.


Rumah Zakat
foto by Nefertite

“Semoga upaya ini juga dapat semakin memajukan usaha para mitra, sehingga tujuan kita untuk tumbuh bersama dapat terwujud,” ungkap Nur Efendi dalam Press Conference tersebut.

Diinfokan juga program-program yang ditawarkan Rumah Zakat di bulan Ramadahan tahun ini, diantaranya enam program istimewa itu adalah Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, Bingkisan Lebaran Keluarga, Syiar Qur’an, Ramadhan Bebas Hutang, dan Wakaf Qur’an Braile. Sementara untuk pendistribusiannya akan dilakukan di 1.695 Desa Berdaya binaan Rumah Zakat yang ada di 33 Provinsi.

Masyaallah, semoga benar-benar tersampaikan dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya. Selain para mitra yang berkolaborasi dengan Rumah Zakat, kalian juga bisa ikut berperan dalam mengentaskan kemiskinan bersama Rumah Zakat loh. Caranya mudah sekali, dan Insaallah menjadi pahala. Karena Rumah Zakat menyediakan platform yang memudahkan masyarakat untuk berinfak.

Yuk, Berbagi di infak.id & waqf.id 2.0

Rumah Zakat

Rumah Zakat memiliki platform infak.id dan waqf.id 2.0. untuk memudahkan masyarakat berinfak. infak.id sendiri merupakan platform kemudahan berinfak yang telah ada sejak 2019, dan telah memiliki lebih dari 200.000 pengguna yang rutin berinfak setiap hari. Sementara waqf.id diluncurkan sejak awal 2021, sebagai platform donasi wakaf produktif.

Infak.id dan waqf.id 2.0 memiliki kelebihan dari sisi design yang mobile friendly, dan transparansi laporan  bagi para donatur. Secara berkala Rumah Zakat juga merilis laporan pendistribusian dana infak dan wakaf yang terhimpun pada masing-masing platform.

“Tujuan development infak.id dan waqf.id adalah menjadikan berbagi sebagai gaya hidup umat muslim. Khusus untuk waqf.id, melalui platform ini Rumah Zakat ingin memberikan edukasi terkait keutamaan wakaf produktif kepada masyarakat,” tutur Nur Efendi.

Nah, sepertinya Ramadan kali ini akan lebih bermanfaat dengan berbagi ya, untuk saudara-saudara kita yang terimbas pandemi. Apalagi tahun ini pandemi kembali melonjak, harga-harga pangan naik sangat tinggi. Kita bisa berbagi dengan cara mudah tanpa harus keluar rumah, tinggal berinfak atau berdonasi melalui platform infak.id dan waqf.id 2.0.

You May Also Like

1 komentar

  1. Jika berbagi sudah menjadi gaya hidup, yakin banget gak akan ada lagi yang hidup dalam kemiskinan yaa

    ReplyDelete