Menikmati Buku Dengan Storytel Aplikasi Audiobook Indonesia

by - April 11, 2022

 

Baca Buku Online

Hari ini kita memasukin puasa Ramadan ke sepuluh, apakah sudah ada yang bolong? Buat wanita hamil, menyusui yang tidak memungkinkan untuk berpuasa, tentu saja tidak wajib menjalankan ibadah puasa. Tapi kalau mampu akan lebih baik ya, saya sendiri setiap hamil dan menyusui tidak kuat untuk berpuasa.

Karena itu sekarang senang sekali bisa menjalankan ibadah puasa, mendampingi suami dan anak-anak berpuasa. Terutama mendampingi Abang Pendar (7 tahun) yang puasanya masih labil, kadang full, kadang setengah hari. Godaannya ada saja, yang bolak-balik buka kulkas, yang mengeluh panas, dan sebagainya. Harus bisa membuat kegiatan Ramadan yang bisa mengalihkan perhatiannya.

Biasanya saya mengajak bermain lego, membaca buku, tapi Abang Pendar dan Binar (3 tahun) paling suka kalau saya bacakan buku. Jujur, baca buku dengan suara yang terdengar menarik ini cukup melelahkan, apalagi kondisi puasa. Kadang mulut terasa kering, kondisi mengantuk karena harus bangun sahur. Untuk membaca buku sendiri saja saat ini saya kerap lelah, sehingga satu novel bisa membutuhkan waktu berhari-hari.

Padahal saya dulu hobby membaca novel, satu novel seperti Negeri Lima Menara hanya membutuhkan waktu beberapa jam selesai. Saya begitu tahan berlama-lama membaca buku fisik, sampai begadang pun saya lakukan demi untuk melahap buku-buku baru yang ceritanya apik. Bahkan kalau bulan Ramadan saya hunting ke toko buku, membaca buku saat ngabuburit itu benar-benar menyenangkan.

Tapi sekarang jarang baca novel fiksi, lebih sering membacakan buku untuk anak-anak. Mungkin karena faktor sudah menjadi seorang Ibu dan memiliki dua anak kecil, jadi cepat lelah. Maka waktu temen menginfokan aplikasi Storytel, dimana kita bisa baca buku online, mendengarkan pembacaan buku oleh narrator, dan ini sedang tren di era digital menikmati buku dengan mendengarkan. Saya langsung mencari tahu dan download dong.

Mengenal Storytel Aplikasi Audiobook


Audiobook Indonesia


Storytel merupakan platform audiobook yang memudahkan perluasan pengetahuan dan wawasan dengan cara lebih menyenangkan. Audiobook Indonesia yang koleksi bukunya bikin ternganga loh, meski harga berlangganannya sangat terjangkau tapi buku-buku yang bisa dinikmati buku best seller seperti Harry Potter Audiobook. Buku super tebal yang sering tidak bisa kita baca, di Storytel bisa kita nikmati sambil tiduran, atau mengerjakan hal lainnya. Bagaimana tidak menyenangkan coba?

Rekomendasi Buku


Tidak hanya buku karya luar, buku best seller Indonesia juga ada, salah satunya Dilan, yang sudah difilmkan dan menjadi buku laris. Saya sendiri belum baca novelnya, tapi sudah berulangkali menonton filmnya, hehehe. Jadi senang bisa dengerin novelnya di Storytel, selain itu ada lagi novel yang pernah hits  terjual hingga 17.849 dan diadaptasi ke dalam sebuah film, yaitu novel Mariposa.

Rekomendasi buku di Storytel tidak hanya yang berbahasa Indonesia, tapi juga ada yang berbahasa inggris seperti novel Game of Thrones atau untuk buku nonfiksinya ada Sapiens. Jadi bukan sekedar menikmati jalannya cerita, tapi bisa untuk belajar lafal bahasa Inggris. Saya sendiri mencoba mendengarkan novel Hunger Games, yang kalau beli buku fisiknya harganya bikin saku menjerit loh, karena cukup mahal.

Storytel Bisa Jadi Penghantar Tidur


Kegiatan Ramadan


Novel yang sedang saya dengarkan sekarang, novel berjudul Maryam karya Okky Madasari yang mendapat penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa untuk kategori fiksi pada tahun 2012. Novel yang berkisah tentang Maryam, penganut agama Ahmadiyah asal Lombok dengan kisah cintanya yang berakhir bercerai dari suaminya, Alam, meski Maryam berpindah agama demi Alam.

Maryam merasakan menjadi masyarakat yang terbuang karena berasal dari keluarga yang menganut agama Ahmadiyah. Sebenaranya novel ini sudah pernah saya baca buku fisiknya, tapi karena saya suka jalan ceritanya, dan narator di Storytel suaranya enak, jadi tidak bosan untuk menyimak kembali.

Anak-anak juga saya ajak mendengarkan buku cerita anak yang banyak terdapat di Storytel, diantaranya Jam Beker Raksasa Penyihir Antar Jemput, Pangeran Cilik, Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya. Tahu nggak apa yang terjadi? Abang Pendar dan Binar bisa tidur pules, baik itu tidur malam maupun tidur siang. Jadi sambil mendengarkan, lama-lama keduanya terlelap.


Buku Best Seller


Benar-benar membuat saya senang, meringankan pekerjaan saya mendongeng untuk mereka, dan bisa mengalihkan Abang Pendar agar kuat berpuasa. Sebab banyak sekali koleksi buku cerita anak di Storytel, ceritanya bagus-bagus memiliki muatan moral, dan disesuaikan dengan usia anak.

Fitur-Fitur di Storytel

Di aplikasi Storytel terdapat firut-fitur yang memudahkan kita untuk mendengarkan atau membaca:

Fitur dengar dan baca secara offline, meski storytel merupakan aplikasi online tapi bisa baca dan mendengarkan buku secara offline. Jadi di saat tidak ada kuota, atau tidak ada sinyal wifi dalam perjalanan masih bisa menikmati buku-buku di Storytel

Mode anak, pada penganturan terdapat mode anak dan masukkan password, maka yang tayang di beranda hanya buku-buku anak. Sehingga aman jika anak ingin memilih dan mendengarkan sendiri buku yang mereka pilih.

Target Mendengarkan, buat yang ingin membuat target mendengarkan buku dalam sebulan atau tiga bulan, sampai setahun. Dengan adanya fitur ini dapat kita tulis buku-buku yang ingin kita dengarkan sesuai target.


Aplikasi Audiobook


Menulis ulasan dan komentar, fitur ini cukup seru karena kita bisa memberi ulasan buku yang sudah kita baca, yang bisa jadi rekomendasi pembaca lain. Membuat kita belajar mereview buku yang sudah kita baca

Selain itu ada juga buku-buku yang memiliki kategori dibacakan oleh artis terkenal, salah satunya The Constant Wife yang dibacakan oleh aktor dan komedian John De Lancie. Keren bangetkan? Kapan lagi bisa dibacakan buku oleh artis sebagai penghantar tidur, hehehe. Makanya jangan ragu deh buat download Storytel, asli bakal ketagihan.

Koleksi di Storytel ada sekitar 500.000 buku dan ebook berlangganan dengan berbagai kategori, termasuk buku islami, baik non fiksi maupun novel islami. Saya bilang berlangganan sangat terjangkau karena cukup bayar Rp 39 ribu per bulan selama masa promo, bisa membaca beragam buku bisa buat dewasa, remaja, dan anak-anak. Oya, hampir lupa, buat kalian penggemar  karya Ika Natassa bisa baca Divortiare di Storytel.

Rencananya saya setelah selesai mendengarkan Maryam, akan lanjut ke karya penulis kesukaan saya Tere Liye, kebetulan saya belum baca bukunya yang berjudul Selamat Tinggal. So, kalau kalian mau unduh aplikasi audio ini bisa di Aplikasi Storytel untuk iOS dan Aplikasi Storytel Untuk Android.

Selamat membaca buku sambil ngabuburit bersama orang-orang tercinta!

You May Also Like

22 komentar

  1. Baru tau ada storytel ini, wajib banget nih diunduh di ponsel anak. Secara anak-anak suka dibacain buku cerita, kalau ada audio gini kan jadi lebih menarik ya dan pasti mereka lebih excited. Ini langsung cuss unduh.

    ReplyDelete
  2. me time jadi nambah nih ya mba, bisa sambil dengerin buku yang ada di dalam aplikasi storytel

    ReplyDelete
  3. Aku udah install juga mba, langsung langganan 😄. Tapi sejujurnya ini LBH buat anak2, Krn aku sendiri ttp masih suka baca buku fisik drpd mendengarkan gitu. Pernah coba, hasilnya, aku ga terlalu Inget inti bukunya, apalagi kalo tebal, kedua aku jadi ketiduran 🤣🤣🤣🤣.

    Makanya kupikir ini LBH cocok buat anak2ku , Krn tiap malam mereka slalu minta dibacain cerita. Sementara kdg aku udh terlaku serak suara 😂. Cara gampangnya memang pake storytell ini 😄

    ReplyDelete
  4. Enjoyyy banget klo pakai storytel ini ya mbaa
    memudahkan utk bisa meniqmati isi buku sambil lakoni aktivitas lain.
    sambil setriko... cuci piring... cuci baju dll :)
    nurul https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    ReplyDelete
  5. Bisa sambil lakuin macem2 yaa mba. Enak sekarang bisa baca dengan apps kayak gini. Buat yg bener2 minim waktunya. Btw smangat ya puasanya abang Pendar, moga lancaaar yaa puasanya

    ReplyDelete
  6. Aku dari awal aplikasi ini muncul dan banyak dibicarain ama para blogger. Jadi kepo. Pengen juga nyoba. Soalnya bener sejak jadi emak emak mau baca buku itu susahnya minta ampun. Kadang udah capek duluan

    ReplyDelete
  7. Ow Ada buku anak juga di Storytel. Asik dong, ga pegel bacakan buku sebelum tidur. Anak-anak kalo udah suka satu buku minta dibaca berulang-ulang. Hahahah

    ReplyDelete
  8. Anak-anak memang senang kalau dibacakan dongeng atau cerita, ya. Tapi kalau membacakan cerita di saat puasa memang butuh effort lumayan juga hehehe
    Untunglah ada aplikasi Storytel, jadi anak-anak bisa mendengarkan buku favorit mereka di sana

    ReplyDelete
  9. betul mbak, membaca buku dengan intonasi dan nada suara berubah-ubah itu melelahkan, belum lagi godaan kantuknya.

    Wah kini ada aplikasi storytel ya, jadi kita yang dewsa inipun bisa ngerasain dibacain buku

    ReplyDelete
  10. Keren nih kita bisa membaca sekaligus mendengar bacaan kesukaan kita ya sekaligus dari satu aplikasi storytel saja. Saya belum install nih. Jadi gak sabaran juga jadinya ah, hehehe

    ReplyDelete
  11. Storytel ini aplikasi yg ngebantu saya buat menikmati buku. Secara ya, kayak gak ada waktu lagi buat baca buku.

    Pakai Storytel, tinggal klik buku mana yang mau didengarkan.

    ReplyDelete
  12. Bisa banget nih y aplikasi storytel bisa baca dimanapun Dan kapanpun dah gitu pilihan bacaannya juga banyak

    ReplyDelete
  13. Asli, aku senang banget bisa bertemu aplikasi audiobook Storytel ini mbak
    Storytel membuat kita bisa menikmati buku dengan cara yang menyenangkan ya

    ReplyDelete
  14. Nggak ada lagi nggak sempat baca buku ya bun, sekarang sudah canggih zamannya tinggal dengerin aja bisa sambil aktivitas yang lain. Keren storytel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga seringnya dengerin Storytel sambil kerja di rumah, mbak. Seru, nggak bikin bosen.

      Delete
  15. Aplikasi storytell bagus banget menurut saya, worth it langganan 39rb tp bisa mendengarkan buku 500an judul.

    Bagusnya lg ada yg membacakan cerita jd kita cukup mendengqrkan saja yaa

    ReplyDelete
  16. Asyik banget ya aplikasi ini< Aku kepo banget sama aplikasi ini untuk ditunjukin ke anak-anak. Penasaran sama suara-suara naratornya.

    ReplyDelete
  17. Aku seneng baru ini kok tahu ini ya soalnya dibacaim gt bukunya. Aku baru sebatas dongeng, pengen nyoba lainnya

    ReplyDelete
  18. Lo, saya fokus ke buku Cacing dan Kotorannya. Kalo gak salah itu bukunya berat Mba.. Hebat banget bisa mau membacanya

    ReplyDelete
  19. menumbuhkan minat baca anak melalui aplikasi ini menjadi solusi ya, mbak. aku lihat bacaan punya anak2 menarik2 banget.

    ReplyDelete
  20. Seru juga kayaknya kalo bisa dengerin cerita, jd kalo pas lagi males baca buku tetep bisa menikmati buku ya Bund

    ReplyDelete
  21. Enak ya kalau ngabuburit nya dengerin cerita dari storytel. Gak terasa udah maghrib aja. Buka puasa deh. Hehe

    ReplyDelete