Ruangmom Aplikasi Sahabat Setia Mom

by - April 24, 2022

 


Seorang Ibu, baik ibu bekerja maupun ibu rumah tangga memiliki banyak pertanyaan di kepalanya dan membutuhkan jawaban untuk menambah wawasan, karena Ibu bertumbuh bersama anak-anaknya. Tidak hanya itu, seorang Ibu juga memiliki peran penting dalam kehidupan rumah tangganya, mulai dari menjadi koki di dapur keluarga, tenaga medis darurat di rumah,  hingga menjadi menteri keuangan.

Kok koki? Iya dong, kalau Ibu tidak memasak untuk anggota keluarga di rumah, bisa dibayangkan pengeluaran untuk makan sehari-hari akan membengkak. Belum lagi soal kebersihan, tidak semua makanan yang dijual terjamin kebersihannya. Karena itu seorang Ibu dituntut untuk bisa menjadi koki di dapur keluarga.

Begitu juga ketika salah seorang anggota keluarga ada yang sakit, sebelum ke dokter, Ibu pasti orang pertama yang dimintai pertolongan. Entah, ketika suami masuk angin, anak mendadak diare karena salah makan, anak terluka karena terjatuh, menjaga kebersihan gigi si kecil, atau si kecil rewel karena giginya mau tumbuh. Bahkan untuk diri sendiri, seperti ketika Ibu sedang mengalami mual saat hamil, saat memikirkan untuk kontrasepsi, dan lain sebagainya.

Lalu mengapa disebut menteri keuangan dalam keluarga? Karena hampir semua Ibu yang mengatur keuangan keluarga, yakni dari menerima jatah bulanan dari suami plus ditambah gaji sendiri bagi ibu yang bekerja. Semua itu lantas dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari, membayar berbagai kewajiban seperti SPP, listrik, cicilan rumah, tabungan, dan lain sebagainya. Jika Ibu tidak pandai mengatur atau mengelola keuangan, bukan mustahil keuangan keluarga menjadi gonjang-ganjing.

Maka ketika ada aplikasi yang bisa menjadi wadah Ibu dan anak untuk berbagi, bertanya, dan menemukan jawaban yang tepat, rasanya bagai ketemu bestie atau sahabat setia Mom dong. Setuju nggak sih? Sebelum menjawab, saya ajak berkenalan dulu dengan ruangmom ya. Di mana saya berkesempatan mengikuti even Ruangmom’s Expert Launch, di Twin House Cipete, tanggal 19 April 2022.



Mengenal Ruangmom Sebagai Sahabat Setia Mom

Ruangmom adalah platform yang menyediakan informasi kesehatan fisik, mental, dan finansial untuk wanita. Dengan menghadirkan berbagai informasi dan fitur. Ruangmom bercita-cita membangun ekosistem yang sehat agar perempuan bisa saling membantu untuk berkembang. berkomitmen untuk memberikan informasi yang valid dari sumber yang terpercaya

Peluncuran Ruangmom Expert

Untuk mendukung semua itu kemudian Ruangmom meluncurkan ruang Ruangmom Expert yang. bekerjasama dengan beberapa expert seperti dokter, psikolog dan juga certified financial planner untuk memberikan edukasi sesuai dengan kebutuhan para ibu.

Nah, para expert Ruangmom ini adalah:

Nadia Harsya CFP

dr. Amarylis Febrina Choirin Nisa Fathoni,Sp.OG, IBCLC

dr.Citra Amelinda, Sp.A,IBCLC,M.Kes

Yasmine Edwina M.Psi



Kecuali dr. Nisa Fathoni yang kebetulan terjebak macet, ketiga expert lainnya hadir dalam acara peluncuran Ruangmom Expert. Membuat suasana peluncuran sangat seru, terutama ketika para undangan diberi sesi tanya-jawab semacam curhat. Saya sendiri langsung mengajukan pertanyaan yang mengganjal di hati tentang putra saya, Pendar (7 tahun) yang sangat manja dan mudah tantrum.

Pertanyaan saya lontarkan untuk Yasmine Edwina,M.Psi yang memberi jawaban secara gamblang, bagaimana saya  harus membuka ruang komunikasi dengan Pendar karena anak usia 7 tahun sudah bisa diajak diskusi timbal balik. Tujuannya agar Pendar dapat mengungkapkan keinginannya dan saya bisa memberikannya pilihan terbaik, sehingga tidak tantrum lagi. Sebab tantrum disebabkan anak bingung untuk menyampaikan keinginannya.

Tidak hanya Yasmine yang memberikan jawaban gamblang, dr.Citra Amelinda juga menambahkan dampak anak mudah tantrum bagi kesehatan. Pokoknya saya mendapat tanggapan dan jawaban yang cukup memuaskan dari para expert Ruangmom ini, termasuk mendapat ilmu tentang keuangan dari Nadia Harsya.

Nadia Harsya memberikan tips tentang alokasi dana THR agar pasca lebaran kita tidak kedodoran dalam pengeluaran, karena kebanyakan kita menghabiskan semua dana THR seakan hari hanya untuk saat lebaran saja. Lebaran sering membuat kita begitu konsumtif seperti membeli baju, makanan, mudik, secara berlebihan. Ayo, ngaku deh, hehehe.

Meski dr. Nisa Fathoni tidak bisa hadir di tempat karena terjebak macet, tapi tetap ikut secara online, sehingga menjawab pertanyaan salah satu peserta tentang masalah kehamilannya di usia 34 tahun yang tanpa persiapan mental karena kebobolan. Asli, adem banget paparan dr. Nisa Fathoni, bahwa setiap kehamilan adalah kodratullah. Sehingga direncanakan atau tidak direncanakan, seorang ibu hamil harus mempersiapkan kehamilannya dengan baik agar bayi lahir dengan sehat.

Fitur-Fitur di Ruangmom

Sudah bisa membayangkan kan, asyiknya diskusi dengan para expert Ruangmom. Di Ruangmom tersedia fitur-fitur yang akan memenuhi kebutuhan Ibu:




Fitur Kalender Subur

Siapa yang masih mencatat secara manual waktu datang haid? Sebelum kalian menjawab, saya langsung mengacung, hehe. Karena saya memang masih menggunakan cara manual yang kuno ini, akibatnya sering lupa mencatat, tercecer, dan saya tidak sadar kalau sedang hamil. Ini kejadian waktu hamil Binar, karena lupa dengan jadwal haid. Tahu-tahu tersadar saya sedang hamil  5 minggu, Alhamdullilah bayi sehat walafiat.

Nah, dengan adanya fitur kalender subur di Ruangmom, sangat bermanfaat sekali untuk ibu yang sedang program hamil atau kontrasepsi kalender. Karena bisa tahu kapan masa subur, di mana untuk program kehamilan adalah masa terbaik untuk melakukan pembuahan. Sementara untuk kontrasepsi kalender adalah masa untuk menjaga jarak hubungan suami istri.

Tracking Tumbuh Kembang Janin

Tracking tumbuh kembang janin untuk mengetahui prediksi kelahiran atau HPL (Hari Perkiraan Lahir) sehingga memudahkan ibu untuk mempersiapkan sejak dini segala hal untuk kelahiran si kecil. Cara tracking tumbuh kembang janin pun sangat mudah dengan memasukkan tanggal hari pertama haid terakhir, selanjutnya tinggal pantau aplikasi.

Kalkulator Dana Pendidikan dan Biaya Melahirkan

Sesuai dengan tugas ibu sebagai menteri keuangan di rumah, merencanakan keuangan ini menjadi sangat penting sekali agar keuangan rumah tangga berjalan dengan baik. Di fitur Kalkulator Dana Pendidikan dan Biaya Melahirkan bisa mengatur keuangan lebih mudah, untuk dana pendidikan tinggal memasukkan tanggal lahir si kecil.

Setelah  memasukkan tanggal lahir si kecil, akan mendapat informasi target dana, target menabung, dan lama waktu menabung. Begitu untuk biaya melahirkan, sehingga semua terencana sejak dini.

Banyak Kelas dari Para Expert

Ibu membutuhkan banyak wawasan karena ibu sangat besar dalam segala hal, untuk menunjang itu salah satunya Ruangmom memiliki kegiatan rutin dengan membuka kelas dari para expert. Kita bisa memilih dengan bebas, kelas mana yang mau kita ikutin dan butuhkan. Plus bisa menjadi silaturahmi dengan para ibu lainnya di Ruangmom.

Artikel yang Ditulis atau Direview oleh Para Expert

Era digital ini membuat kita bisa dengan mudah mendapatkan berbagai artikel yang kita butuhkan, tapi sayangnya banyak yang sumbernya tidak akurat, karena ditulis oleh siapa saja. Sementara di aplikasi Ruangmom berbeda, sebab semua artikel ditulis atau diulas oleh para expert. Otomatis isi konten artikel tersebut terpercaya dan bisa dijadikan acuan atau menambah wawasan ibu.

Artikel di Ruangmom cukup lengkap dengan beragam kategori, seperti Pernikahan, Persiapan Kehamilan, Kehamilan, Kids dan Parenting, dan Momfinance. Benar-benar bisa buat upgrade ilmu para ibu deh.

Tukar Point dengan Diskon Patner atau Hadiah

Di Ruangmom ada fitur shopping loh, untuk kita membeli layanan dan produk Ruangmom. Dari sini akan dapat point, nanti point-point yang sudah terkumpul dapat ditukarkan dengan beragam hadiah atau diskon patner yang berkerjasama dengan Ruangmom. Seru kan?

Selain dari shopping, point bisa dikumpulkan dari login setiap hari pada aplikasi, mengisi survey dan program referral dengan mengajak para ibu ikutan download aplikasi Ruangmom. Jadi tidak hanya dapat ilmunya, silaturahmi dengan para ibu lainnya, juga dapat hadiah.

Download Aplikasi Ruangmom, Yuk!

Gimana cara downloadnya? Mudah banget kok download aplikasi Ruangmom. Ada di AppStore maupun Playstore, setelah download bisa langsung lengkapi data diri untuk registrasi. Maka dalam sekejap kita punya sahabat setia untuk curhat, untuk menemukan beragam jawaban seputar keluarga, keuangan, dll, untuk upograde ilmu, dan banyak lagi manfaatnya.

You May Also Like

7 komentar

  1. Jadi lebih mudah ya para Mama untuk dapat info yang lebih bermanfaat tentang dunia parenting, kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, praktis juga semua info ada di satu aplikasi

      Delete
  2. Wah, bagus banget ya ada aplikasi yang membuat wanita jadi melek banyak hal dari kesehatan sampai keuangan. Ada kesempatan buat silaturahmi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul. Bisa shopping juga loh dan banyak promonya. Mana aplikasinya gratis, seneng banget kan, Mam

      Delete
  3. Terima kasih banyak infonya, jadi penasaran sama aplikasinya. Mau banget kalau bisa buat cari info kesehatan, parenting, keuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, didownload, dan bisa juga loh ini buat belanja. Lengkap pokoknya ruangmom tuh

      Delete
  4. Saya juga sudah pakai aplikasi ini mba, bagus banget buat orang tua yg bingung nyiapin dana pendidikan anak, buka ruangmom aja.

    ReplyDelete