Tekan Emisi Karbon, Danone SN Indonesia Meresmikan Boiler Biomass Industri Berbahan Sekam Padi Pertama di Jawa Tengah

by - June 20, 2022

 


Cuaca akhir-akhir ini terasa sekali perubahannya, tidak lagi mengenal musim, tapi bisa tiba-tiba hujan deras disertai petir, dan bisa tiba-tiba sangat terik. Kemarin waktu hujan beberapa hari saya sampai kedinginan di dalam rumah, air kran jadi sedingin air di lemari es. Tapi siang tadi saat saya keluar naik motor dan cuaca cerah, matahari bersinar terik sekali. Sampai saya mengeluh karena tidak tahan terpapar sinar matahari di sepanjang jalan.

Dampak Emisi Karbon Bagi Kehidupan

Cuaca benar-benar tidak bersahabat, semua ini dampak dari perubahan iklim. Kalau dulu hanya kita angan-angankan saja, jadi bahan diskusi perkembangan bumi di masa yang akan datang, dan sekarang menjadi kenyataan. Dampak perubahan iklim terasa sekali, terjadi akibat emisi karbon menyelubungi bumi, panas matahari pun terperangkap, menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim.

Kebayang tidak, jika semua emisi efek dari rumah kaca, pembakaran batu bara, minyak, gas, untuk menghasilkan energi listrik dan panas, pertambangan dan proses industri yang melepaskan gas, terus-menerus terjadi. Sementara hutan-hutan yang berfungsi untuk melindungi atmosfer dari emisi dihancurkan, ditebang dan dibakar.

Sungguh, tidak hanya dibayangkan lagi, karena perubahan iklim dampak dari emisi benar-benar nyata kita alami saat ini:

  • Musim kemarau yang berkepanjangan
  • Curah hujan tinggi
  • Peningkatan volume air akibat mencair es di kutub
  • Berkurang sumber air bersih
  • Terjadi bencana alam angin putting beliung

komitmen Danone SN Indonesia memitigasi perubahan iklim dengan mengurangi jejak karbon




Sudah menjadi kewajiban kita semua menjaga bumi ini dari perubahan iklim untuk mengurangi dampak perubahan iklim, dari mulai menghemat listrik di rumah, tidak menggunakan air berlebihan, mengurangi menggunakan kendaraan pribadi, jaga pola makan untuk mengurangi jejak karbon makan kita.

Selain masyarakat, perusahaan-perusahaan juga seharusnya bersinergi mengurangi dampak perubahan iklim, seperti yang dilakukan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia sebagai komitmennya memitigasi perubahan iklim dengan mengurangi jejak karbonnya melalui penyediaan produk bernutrisi untuk ibu, anak dan keluarga yang diproduksi secara ramah lingkungan.

 Danone SN Indonesia Meresmikan Pembangunan Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama di Jawa Tengah




Pada tanggal 15 Juni, bersama kawan-kawan blogger melalui zoom, saya menyaksikan peresmian Pembangunan Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama di Jawa Tengah, di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan,  yang merupakan bagian dari Danone SN Indonesia.

Jadi Danone SN Indonesia bekerjasama dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS) membangun dan mengoperasionalkan Boiler Biomassa yang merupakan teknologi ramah lingkungan karena menggunakan bahan baku sekam padi. Sekam padi yang merupakan limbah pertanian ini didapatkan dari berbagai wilayah di Provinsi Jawa Tengah, termasuk dari lahan pertanian di sekitar fasilitas Boiler Biomassa, yang merupakan salah satu penyumbang produksi padi terbesar secara nasional.

Boiler Biomassa ini dapat menurunkan emisi karbon sebesar 8.300 Ton CO2 atau setara dengan emisi karbon yang diserap melalui penanaman 120.000 pohon, sehingga dapat mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari proses produksi di Pabrik Prambanan hingga 32%. Danone mengusung Visi One Planet One Health, percaya bahwa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling berkaitan, serta mengatasi dampak perubahan iklim adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sehat.

Vera Galuh Sugijanto  selaku Vice President General Secretary Danone Indonesia mengatakan, kerjasama dengan BECIS dalam penyedia layanan energi terbarukan di Asia, Danone SN Indonesia membangun fasilitas Boiler Biomassa yang akan menggunakan sekam padi sebanyak 10.500 Ton/Tahun dan mampu menghasilkan energi hingga 6 Ton Steam per jam, sehingga menjadikannya Boiler Biomassa industri berbahan bakar sekam padi yang pertama di Jawa Tengah.




Tentu saja terobosan ini disambut dengan suka cita oleh Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Selama ini sekam padi kurang dimaksimalkan penggunaannya, padahal sekam padi memiliki banyak potensi untuk lingkungan, salah satunya dapat bermanfaat sebagai bahan bakar Boiler Biomassa. Abu sekam yang dihasilkan dari produksi Boiler Biomassa ini juga bisa dimanfaatkan lebih jauh lagi oleh petani sebagai pupuk pertanian organik. Ini merupakan salah satu upaya yang baik untuk praktek yang berkelanjutan dan juga menimplementasikan konsep Circular Economy.

Sumarno berharap inisiatif ini turut mengembangkan produk pertanian serta menginspirasi badan usaha lainnya di Indonesia. Saya setuju sekali dengan harapan ini, karena memang jika semakin banyak perusahaan-perusahaan yang perduli dengan perubahan iklim dan bersama-sama menanggulangi dengan menekan angka emisi, bumi dapat diselamatkan.

#DanoneIndonesia sendiri berharap dengan dibangunnya Boiler Biomass ini, tujuan perusahaan sebagai penyedia produk bernutrisi, dan turut memitigasi perubahan iklim dengan penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050 dapat tercapai. Aamiin, semoga harapan ini terwujud, tentu saja kita sebagai masyarakat juga bersinergi dalam menjaga bumi ini.

 

You May Also Like

7 komentar

  1. Hebat ya Danone indonesia, mulai menggunakan energi terbarukan sekam padi. gak kepikiran loh saya sendiri dengan energi terbarukan ini. semoga bisa ditiru oleh industri lain ya, termasuk idustri rumahan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,Mba, melestarikan alam dan juga para petani, memanfaatkan limbah padi

      Delete
  2. keren ya Danone SN Indonesia?
    Mantap menggunakan energi terbarukan dan menjadi pionir
    semoga ditiru perusahaan2 lain ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin,harapanku juga menjadi pionir bagi perusahaan lain, agar bumi ini terjaga

      Delete
  3. Sekam padi bisa jadi naik pangkat bermanfaat lebih dan mengurasi emisi di bumi, semoga banyak perusahaan yang berbuat sama seperti danone

    ReplyDelete
  4. Ternyata emisi yang ditimbulkan dari produksi perusahaan-perusahaan sangat besar ya dampaknya bagi bumi, Alhamdullilah Danone menyadari itu,dan inovasi dengan sekam padi

    ReplyDelete
  5. Baru tahu kalau sekam padi bisa menjadi bahan bakar skala besar seperti di perusahaan sebesar danone. Pasti membutuhkan banyak sekam padi, dan bisa membuat petani mendapat imbas rejeki juga, bumi pun sehat

    ReplyDelete