Yuk, Buat Flash Card Canva Untuk Membantu Anak Belajar

by - June 26, 2022

 


Mempunyai anak balita tentu saja menyenangkan, karena tingkahnya yang lucu bisa menjadi pelipur hati. Semua yang dilakukan, diucapkan, selalu terlihat menggemaskan karena seorang anak memang merupakan Qurrota A’yun atau penyejuk jiwa orangtuanya. Tapi  tentu saja orangtua memiliki PR besar dalam membantu mendidik anak-anaknya sejak dini.

Karena memberikan edukasi pada anak di periode emas, di mana perkembangan otaknya mencapai 80 persen, membuat rangsangan edukasi melalui berbagai kegiatan akan menjadi stimulasi perkembangan otaknya semakin optimal. Tapi jangan karena mempertimbangan usia emas saja, membuat kita  menjejalkan semua aktivitas edukasi pada anak.

Dampak Memberikan Media Edukasi Tidak Tepat Pada Anak Usia Dini

Saat ini begitu banyak media edukasi ditawarkan untuk anak-anak usia dini, sebagai orangtua saya sering tergoda untuk memperkenalkan ke Binar. Tapi ternyata tidak bisa sembarangan memberikan beragam kegiatan atau aktivitas edukasi pada anak seusia Binar ( 3 tahun), harus disesuaikan dengan tahapan usianya.

Meski pada usia tiga tahun masih periode emas yang mampu menyerap banyak hal, bila memberikan aktivitas edukasi yang berlebihan akan membuat anak tertekan dan lelah. Biasanya selain menolak, anak akan uring-uringan, mudah emosi, dan tidak gembira. Sehingga alih-alih ingin anak bertambah cerdas, jusru membuat anak jadi bermasalah.

Saya pernah membaca sebuah buku parenting, untuk anak-anak dengan usia dini memang fitrahnya bermain, maka pembelajaran atau aktivitas edukasi yang dilakukan melalui bermain. Bermain yang dapat menstimulus bicara, daya ingat atau memperkuat ingatan, penguasaan kosa-kata atau memperkaya pembendaharaan kata, dan tentu saja memiliki bonding dengan orangtua.

Manfaat Bermain Flash Card untuk Balita



Salah satu permainan atau aktivitas edukatif yang tepat untuk anak usia dini adalah Flash Card. Sebenarnya flash card ini bisa diajarkan untuk anak mulai usia 6 bulan loh, dengan bantuan orangtua. Bisa dipilih flash card dengan gambar-gambar hewan, buah, sayuran, atau jenis-jenis warna yang digambarkan dengan buah, benda.

Gambar-gambar yang sederhana dan warna-warna yang menarik akan menstimulasi perkembangan otak anak. Orangtua dan anak bisa beraktivitas dengan flash card seperti sedang ngobrol, mendongeng, ciluba, main tebakan, yang dapat dilakukan di dalam rumah, di halaman, di taman, dan lain-lain. Pokoknya dapat menciptakan suasana belajar sambil bermain yang menyenangkan bagi anak.

Beberapa manfaat bermain flashcard untuk Balita

1. Media yang dapat membantu meningkatkan daya ingat anak

2. Memperbanyak kosa-kata dan melatih anak bicara

3. Media edukasi yang menyenangkan karena dapat dilakukan dengan metode bermain, seperti bercerita, tebakan, dan memiliki gambar serta warna yang menarik.

4. Menstimulasi otak anak

5. Melatih kemampuan fokus anak

6. Melatih kemampuan mendengar, bicara, menulis dan membaca pada usia dini.

7. Terdapat bonding antara anak dan orangtua

Membuat Flash Card dengan Canva Pro

Canva Banyak Bisanya

Namun membeli flash card yang banyak di jual di toko buku, mau pun di toko perlengkapan mainan edukatif anak, harganya rata-rata cukup mahal. Terutama jika material dan desainnya menarik. Karena itu melalui artikel ini saya ingin berbagi info, bagaimana caranya membuat flash card sendiri secara gratis dengan desain yang sesuai keinginan kita, atau desain yang  dipilih oleh anak.

Seru banget kan, bikin flash card sendiri bersama anak, sehingga mereka jadi semakin semangat karena desainnya kesukaan mereka. Seperti kemarin saat saya membuat flash card buat Binar, dia yang memilih sendiri desainnya yaitu hewan, buah, dan sayur. Untuk jenis hewan, buah, dan sayurnya juga Binar yang memilih.

Kita bisa membuat flash card di Canva baik gratis maupun yang berbayar. Saran saya lebih baik Canva yang berbayar atau pro karena kualitas gambar dan keragaman gambarnya lebih lengkap. Cara mengaplikasi Canva ini sangat mudah, buat  pemula sekali pun, baik menggunakan laptop atau PC dan smartphone karena sudah tersedia di semua platform: Windows, Web,  iOS, dan Androit.

Jadi misalkan kita tidak bisa menggambar atau membuat desain, tidak perlu cemas, karena yakinlah #Canvabanyakbisanya, hehehe. Setidaknya itu yang saya rasakan saat menggunakannya, seakan apa yang ada dalam kepala saya dan Binar bisa diwujudkan dengan mudah sekali. Karena memang Canva merupakan platform desain terdepan di dunia yang memudahkan siapa saja untuk mendesain.

Membuat Flash di Canva Bisa Kapan Saja

Saat membuat flash card bisa dilakukan kapan saja, jika belum selesai tiba-tiba harus mengejarkan hal lain, jangan khawatir desain yang kita buat akan tersimpan secara otomatis. Begitu juga ketika akan membuat desain di PC maupun laptop, lalu dilanjutkan di smartphone, karena semuanya terkoneksi ke akunmu di cloud, sehingga semua desain yang kita buat akan selalu tersimpan kapanpun kita mengaksesnya.

Seperti kemarin saat mengedit flash card bersama Binar. Sedang asyik-asyiknya menambahkan tulisan di bagian gambarnya, Binar tiba-tiba minta ditemani nonton kartun. Semula saya mengedit di PC, jadi pindah ke smartphone. Begitu pun ketika flash card belum selesai hari itu, saya memutuskannya untuk melanjutkannya besok.

Fitur-Fitur Dalam Canva Pro

Sebenarnya jika kita sudah membuka platform Canva, secara otomatis akan memahami dengan sendirinya, karena memang mudah sangat mudah menjalankan fitur-fiturnya. Berikut ini adalah fitur yang ada di Canva Pro:

Background Remover, menghapus latar belakang foto dengan sangat mudah dalam satu klik. Jadi jika kita ingin memasukkan foto kita di dalam desain Canva, tapi tidak ingin ada background seperti di foto dapat memakai fitur ini.

Magic Resize, Mendesain sekali, lalu ubah ke berbagai ukuran dalam sekali klik.

Brand Kit, atur logo dan font warnamu. Akses semuanya saat mendesain sehingga kita mendesain segalanya sesuai ciri khas brand dengan mudah.

Latar belakang Trasparan, simpan logo, gambar produk, foto, dan sebagainya dalam PNG, dan letakkan desainmu pada berbagai latar belakang dan foto.

Template Premium, ini membuat kita memiliki beragam element dan desain template yang mendukung imajinasi kita, karena itu saya memilih berlangganan Canva Pro. Selain Template Premium, tersedia juga fitur Animasi Premium untuk membuat konten video atau GIF di media sosial dengan sekali klik, dan Font Premium yang memiliki koleksi 3000 font premium eksklusif.

Konten Tak Terbatas, terdapat 100+ juta foto premium ikon,dan ilustrasi yang bisa kita gunakan untuk mempercantik desain tanpa tambahan biaya.

Content Planner, rencanakan, buat desain, jadwalkan, dan tayangakan konten kita ke sosial media langsung dari Canva.

Bagaimana dengan fitur-fitur di atas? Untuk  mudahnya langsung dicoba saja, ketik canva.com bila menggunakan PC atau laptop, dan jagan lupa download Canva bila menggunakan smartphone. Sekarang saya akan mengajak kalian membuat flash card di Canva, yuk mulai!

Langkah-Langkah Membuat Flash Card

Setelah daftar akun di Canva, di beranda atau home, di bagian pencarian ketik template yang akan kita cari, yakni FLASH CARD. Kemudian tentukan tema flash card yang diinginkan, ada yang gratis dan ada yang Canva Pro (memiliki tanda crown di sudut kanan bawah).




Setelah memilih tema flash card, kebetulan Binar memilih tema Farm Animal yang ada di Canva Pro.

canva1.jpg

Kita bisa edit warnanya, fontnya, bahkan gambarnya sesuai dengan keinginan kita. Untuk mengganti gambarnya bisa klik fitur Element, atau Photo yang disediakan Canva, ambil dari koleksi kita dengan klik sendiri dengan klik uploads. Untuk contoh dibawah ini, saya mengedit warna tepi flash card menjadi pink sesuai dengan permintaan Binar.



Selain warna tepi flash card yang semula cokelat, saya ubah menjadi pink. Untuk bagian kata nama hewan yang berbahasa inggris, saya tambahkan bahasa indonesianya : ANGSA. Caranya klik fitur Text di bagian kiri, dan pilih jenis hurup.



Setelah semua flash card diedit atau dipilih, langkah selanjutnya bisa dipilih. Kebetulan saya tidak memiliki printer dan harus diprint ke luar, jadi saya download dulu sebelum diprint menjadi flash card yang siap dimainkan Binar. Namun kalau kita memiliki printer sendiri, langsung saja klik Print Your Design. Mudahkan? Memang #CanvaBanyakBisanya, tidak hanya flash card, desain apa saja bisa kita wujudkan di Canva dengan mudah.





Contoh Flash Card yang sudah didownload

Flash Card setelah diprint, digunting satu persatu, dan siap dimainkan

Yuk, Coba GRATIS 30 HARI Canva Pro

Bahagia banget kan bisa bikin flash card bareng anak, pakai Canva yang memudahkan semuanya. Apalagi jika menggunakan Canva Pro, mau desain apa saja terpampang nyata. Kalian bisa coba Canva Pro versi gratis nih untuk mempelajari dulu kelebihannya. Caranya mudah banget:

  1. Untuk klaim Coba Gratis 30 Hari, kalian harus melalui proses verifikasi, yang menggunakan metode pembayarn melalui Kartu Kredit atau Debit online yang sudah diverifikasi.
  2. Transaksi harus menggunakan web browser
  3. Jika tidak memiliki kartu kredit, kalian bisa menggunakan Bank Jago, BTPN Jenius, atau KoinWorks. Pastikan rekening bank sudah diverifikasi dan memiliki saldo cukup ya. Kemarin saya Coba Gratis 30 Hari Canva Pro menggunakan BPTN Jenius yang hanya ada saldonya Rp30.000 saja.
  4. Bila masa klaim Coba Gratis 30 Hari Canva Pro habis, aka nada notifikasi pemberitahuan. Silakan, kalian bisa berhenti dan hanya menggunakan Canva gratis. Saran saya sebaiknya lanjut ke Canva Pro seperti saya, supaya semakin puas berkreativitas. Harga langganannya hanya Rp 95.000/bulan. Ini bisa patungan berlima, karena dalam satu akun bisa dipakai tim maksimal 5 orang. Seru banget kan? Yuk, Coba Gratis 30 Hari dulu dengan klik di sini 
Untuk lebih tahu banyak tentang Canva, bisa bergabung juga di Facebook Group Canvalove Indonesia







You May Also Like

21 komentar

  1. Alhamdulilah jadi gampang buat bikin falshcard ketimbang beli, cukup mahal ya

    ReplyDelete
  2. memang semenyenangkan itu menggunakan canva, saya pun karena masih pemula jadi masih gunakan yang free, ntar kalo udah sedikit mahir mau juga coba yang canva pro

    ReplyDelete
    Replies
    1. COba pakai canva pro yuk, mba mumpung gratis 30 hari. Itu ada linknya sudah saya kasih

      Delete
  3. Lah iya juga ya kita bisa bikin sendiri pake Canva.. gak kepikiran deh hehe.. karna biasa beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak berkreasi bisa bebas pilih kesukaan anak, tinggal print aja

      Delete
  4. Jadi pengen buat flashcard pakai Canva nie. Aku kok ga kepikiran ya selama ini untuk buat flashcard, padahal tiap hari ngava mulu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang #CanvaBanyakBisanya Mba, jadi bebas berkreasi kita di Canva

      Delete
  5. Canva nih, salah satu solusi untuk orang-orang yang gabisa desain macem aku. Selalu suka kalau tampilan blog atau feed IG dipercantik sama Canva, makin bikin percaya diri hehe

    ReplyDelete
  6. Seru banget ya, bisa buat flash card sendiri dari aplikasi Canva ini
    Anak jadi hepi kalau belajar pakai flash card

    ReplyDelete
  7. eehh iyah belum pernah buat flash card di Canva nih, padahal lebih simple ya Mbak, apalagi dengan pakai Canva Pro elementnya bisa terbuka semua, jadi bisa bebas pilih gambar yang sesuai dengan flash card yang kita inginkan buat anak ya Mbak.
    pasti Binar happy banget nih dibuatin flash card :)

    ReplyDelete
  8. Bagus banget nih ide belajar nya. Kalau saya bisa Canva pasti bikin juga nih

    ReplyDelete
  9. wahh kreatif sekali mba, memanfaatkan Canva untuk membuat media pembelajaran yang baik untuk sang buah hati.

    ReplyDelete
  10. saya juga pengguna Canva mba Eni, tapi baru tahu bisa buat main falsh card gini buat anak anak belajar, bisa saya rekomendasikan ke saudara kalau begini, bisa buat belajar

    ReplyDelete
  11. kerennnn.....mau bikin ah
    pingin bikin untuk keponakan saya yang sering ke rumah dan mengidap autis
    Susah banget berkomunikasi dengan dia
    kayanya flash card keren dengan menggunakan canva pro bakal membantu ya?

    ReplyDelete
  12. Seru banget bikin flashcard sama ibu dan anak

    ReplyDelete
  13. Wah, bisa lebih hemat dong ya kalau bisa bikin sendiri. Jadi pengen bikin juga nih

    ReplyDelete
  14. Senang banget bisa buat mainan edukatif flashcard sebagai media belajar Binar, buatnya gratis lagi di Canva. Bisa jadi contoh nih, makasih infonya ya, Mam

    ReplyDelete
  15. Good Idea mba Eni.. kalo b3gini kaan bisa design flashcard sesuka hati.😊😊

    ReplyDelete
  16. Sama nih permainan paling seru ya buat quality time bareng anak. Baru tau kalau ada di canva, otw bikin jg aahhh hihi

    ReplyDelete
  17. makasih banyak sharingnya Bun, lebih hemat kalau bikin dan cetak sendiri nih

    ReplyDelete
  18. wuah bisa juga ya bikin flash card dari canva, baru tau aku wkwk

    ReplyDelete