Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

by - June 29, 2022

 

Meski hampir 4 tahun berlalu, masih teringat begitu nyata saat saya hamil Binar. Saat itu usia saya memasuki kepala empat alias 40 tahun. Meski secara fisik dan psikis saya sehat-sehat saja, tidak ada keluhan yang  berarti tapi mengingat usia sudah tidak muda lagi. Di mana secara medis dokter kandungan pun tidak menyarankan hamil di usia 40an, hati saya berdebar.

Hamil di Usia Empat Puluh Tahun

Saat saya hamil Binar

Berdebar antara bahagia diberi kepercayaan hamil lagi, dan berdebar karena cemas. Akankah saya hamil kali ini baik-baik saja? Maka ketika pada awal kehamilan, saya langsung konsultasi ke dokter kandungan langganan, diskusi dan juga browsing berbagai artikel kehamilan di usia rawan. Beragam pendapat secara medis membuat perasaan ini campur aduk.

Menurut artikel yang saya baca, kehamilan di usia 40 tahun dapat terjadi berbagai kemungkinan, seperti kemungkinan terjadinya tekanan darah tinggi, preeklamsia, sampai kelahiran premature dan resiko melahirkan anak dengan cacat. Pokoknya kompleks sekali resiko kehamilan di usia 40 tahun.

Namun cerita pengalaman beberapa teman yang melahirkan di usia kepala empat lebih dengan kelahiran sehat, hingga ibu dan anak kondisinya baik-baik saja. Serta dukungan dokter kandungan, membuat saya yakin menjalani kehamilan waktu itu. Bahkan merasa bahagia bisa mengandung anak ke lima di usia jelang 40 tahun.

Jadi memang tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat, karena kualitas hidup manusia ditentukan sejak awal janin bertumbuh di dalam kandungan seorang ibu, yaitu di masa 1000 hari pertama kehidupan (HPK). Untuk itu penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan nutrisi demi mendukung kesehatan ibu dan perkembangan buah hati dalam kandungan. Berbekal pengertian ini saya pun bertekad menjalani kehamilan dengan sehat.

Tumbuh Kembang Si Kecil Berawal Dari Bunda Yang Sehat

Ibu Hamil Harus Sehat Secara Psikis

Memang support untuk ibu hamil itu sangat penting sekali, kondisi sebagian ibu hamil sulit mengendalikan emosi. Keluarga, sahabat, lingkungan memberi pengaruh yang besar dalam psikis ibu hamil, dan ini saya alami betul. Makanya saya selalu menjaga ucapan ketika seorang ibu mengabarkan kehamilannya, meski mungkin usia ibu hamil itu tidak muda lagi, atau anaknya masih kecil-kecil sudah hamil lagi, maupun ibu tersebut sudah memiliki anak banyak dan hamil lagi.

Karena ucapan-ucapan tersebut bisa menjadi beban psikis ibu hamil, terbawa hingga ke janinnya. Ketimbang ucapan-ucapan berdampak negatif, sebaiknya beri support dengan ucapan-ucapan yang memberi semangat ke ibu hamil agar perasaannya lebih tenang dan nyaman. Sehingga ibu hamil dapat menjalani proses kehamilan sampai persalinan dengan lancar dan sehat

Ibu Hamil Harus Sehat Secara Fisik

Sementara selain dukungan moril seperti ini, dokter kandungan juga menyarankan ibu hamil harus sehat secara fisik agar dapat melahirkan bayi yang sehat, dan kuat menjalani persalinan secara normal. Karena meski usia kepala empat, dokter mempersilakan saya menjalani persalinan secara normal selama tidak ada komplikasi, dan secara fisik mendukung.

Tentu saja saya jadi semangat dan percaya diri dapat menjalani kehamilan dengan sehat, mampu melakukan persalinan normal, dan  bayi yang saya lahirkan kelak sehat walfiat. Beberapa catatan penting yang saya jadikan panduan saat hamil sehat di usia 40 tahun adalah:

  • Menerima kehamilan dengan ikhlas, berpikir positif, dan menyerahkan semuanya pada Allah SWT
  • Meminta support moril dari suami, keluarga, dan juga teman-teman dekat
  • Melakukan pemeriksaan kehamilan rutin ke dokter kandungan yang penuh support
  • Menerapkan hidup sehat dari mulai pola makan, olahraga untuk ibu hamil, istirahat cukup
  • Mengasup suplemen yang terbaik untuk ibu hamil dan janinnya, seperti Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Kandungan Lengkap Blackmores Pregnancy atau Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold



Kenapa memilih suplemen Blackmores Pregnancy atau Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold? Karena sejujurnya saya sudah mengasup suplemen ini sejak kehamilan sebelumnya, berawal dari rekomendasi teman yang memakai dari perencanaan kehamilan, masa kehamilan, hingga menyusui.

Sementara dokter kandungan juga merekomendasikan kalau Blackmores Pregnancy atau Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold bagus, kandungan nutrisinya untuk ibu hamil sangat lengkap. Beberapa di antaranya mengandungi asam folat, minyak ikan, zat besi, kalsium, serta vitamin & mineral lainnya. Minyak ikan yang terkandung di dalam suplemen ini juga merupakan sumber DHA yang sangat baik untuk perkembangan otak & kognitif Si Kecil mulai hamil hingga menyusui.

Hal ini senada dengan ungkapan Tiffany Pratiwi Suwandi selaku Senior Brand Manager Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, “Blackmores senantiasa melakukan lebih bagi konsumen, salah satunya dengan berkomitmen memberikan yang terbaik bagi Ibu dan Si Kecil, karena kami percaya percaya tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, salah satu produk unggulan dari Blackmores, memiliki kandungan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk bantu penuhi kebutuhan mikronutrien Ibu dan Si Kecil di masa kehamilan dan menyusui. Beberapa di antaranya seperti asam folat, minyak ikan, zat besi, kalsium, serta vitamin & mineral lainnya. Minyak ikan yang terkandung di dalam suplemen ini juga merupakan sumber DHA ang sangat baik untuk perkembangan otak & kognitif Si Kecil mulai dari hamil hingga menyusui.”

Selain juga, DHA dapat mendukung perkembangan mata janin dan otak janin untuk merangsang kecerdasan sampai setelah lahir. DHA dinilai mampu memberikan hasil yang positif selama masa kehamilan seperti mencegah kelahiran prematur, menurunkan resiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), hingga perkembangan jangka panjang anak, seperti yang dikatakan dr. Boy Abidin, Sp.OG selaku Dokter Spesialis Kandungan:

“Di masa kehamilan dibutuhkan asupan mikronutrien yang lengkap untuk mendukung perkembangan janin dan kesehatan Ibu di masa kehamilan. DHA merupakan salah satu mikronutrien yang penting karena defisiensi DHA selama kehamilan dapat menimbulkan beberapa resiko. Biasanya sering dihubungkan dengan kelahiran prematur, resiko preeklampsia, dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang belum teredukasi untuk memenuhi asupan nutrisi mikronutriennya termasuk DHA. Padahal salah satu cara mudah untuk mendapatkan asupan DHA bisa melalui minyak ikan sebagai sumber utamanya.”

Sebenarnya DHA bisa diperoleh dari makan ikan, tapi wanita hamil untuk memenuhi kebutuhan akan DHA harus mengkonsumsi ikan sebanyak 225– 350 gram ikan per minggu atau 300mg DHA setiap harinya. Sudah pasti ini sangat sulit terpenuhi ya, mengingat tidak semua ibu hamil bisa mengkonsumsi ikan sebanyak itu. Jadi hadirnya Blackmores Pregnancy atau Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold sangat membantu ibu hamil dan menyusui.

Blackmores Bersama FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi Berkolaborasi Dalam Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda.



Melihat pentingnya nutrisi bagi ibu hamil mulai 1000 hari pertama kehidupan (HPK), dan masih banyak kasus bayi lahir BBLR di Kota Solo. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2020 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), setidaknya terdapat 17,59% kasus bayi lahir BBLR di Kota Solo. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan mikronutrien seperti termasuk zat besi, asam folat, kalsium, vitamin B12, dan zink, termasuk minyak ikan.

Maka Blackmores menggandeng FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi untuk berkolaborasi menghadirkan Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda. Program ini ditujukan guna mendukung ibu hamil khususnya di Kota Solo dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan Si Kecil.

Kerjasama ini diwujudkan melalui suplementasi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2.000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Kota Solo. Dan, program ini sudah berjalan sejak bulan April lalu, dan akan berlangsung hingga bulan September mendatang. Semoga dengan adanya Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda ini akan melahirkan anak-anak bangsa yang sehat dan pintar. So, Blackmores Always Does More!

Untuk informasi tentang produk Blackmores lainnya bisa langsung follow akun instagramnya Instagram @blackmoresid, atau bergabung menjadi bagian dari Fans Facebook Blackmores Indonesia di facebook.com/BlackmoresID/

Review seperti Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


Oya, sebelum menutup artikel ini, saya mau cerita sedikit pegalaman saya konsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ketika hamil dan menyusui Binar. Sebaiknya konsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini memang dari akan merencanakan kehamilan ya, tapi saya pribadi minum waktu mengetahui hamil dan kemudian sampai menyusui si kecil. Satu botol berisi 60 kapsul lunak yang bisa dikonsumsi untuk satu bulan.

Dibandrol harga Rp 270.000, Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold cukup terjangkau ya, mengingat kandungan nutrisinya dan bisa dikonsumsi untuk 1 bulan. Jadi sehari  ibu hamil atau ibu menyusui cukup konsumsi 2 kapsul lunak Blackmores Pregnancy & Breastfeeding, diminum setelah makan. Meski ukuran kapsulnya besar, tapi mudah menelannya. Aromannya juga enak, tidak membuat mual.


Binar tumbuh dengan sehat dan pintar

Alhamdullilah, Binar lahir tepat bulan dengan berat 3,5 kg dan panjang 49 cm. Kondisinya sehat fisik dan psikis, dan saya menyusuinya sampai usia 2 tahun. Kini Binar hampir berusia 4 tahun, dan sedang senang-senang bereksplorasi. Yuk, para ibu hamil dan menyusui, semangat memperjuangkan kesehatan kalian dan si kecil!


 

 

 

You May Also Like

20 komentar

  1. Kehamilan di usia rawan harus diperhatikan betul ya asupannya, psikisnya, biar bayi lahir dengan selamat dan sehat, begitu juga ibunya

    ReplyDelete
  2. Iya, kadang komentar negatif dari sesama wanita membuat ibu hamil down dan pengaruh ke bayinya. Kehamilan usia 40 tahun harus sangat hati-hati ya, asupan nutrisi sangat penting

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah bisa sehat sehat hamil Dan melahirkan di usia 40 tahun ya mbak. Binar jugabtumbuh dengan sangat baik, dukungan blackmore untuk ibu hamil Dan menyusui luar biasa dampaknya ya.

    ReplyDelete
  4. Wah boleh ni buat rekomendasi untuk mengasumsi blackmores

    ReplyDelete
  5. Dulu aku juga pakai produk ini saat sedang hamil, 2x kali hamil malahan ... heheheh soalle bener2 membantu banget salah satunya ga bikin mual pas lahi munimnya

    ReplyDelete
  6. mba say, doakan aku cepet dikasih momongan biar bisa pakai produk ini yaaahhh,

    ReplyDelete
  7. Hamil di usia cantik tuh butuh perhatian ekstra ya mak. Biar ibu dan calon bayinya bisa sehat dan selamat, asupan nutrisi yg baik juga perlu dijaga

    ReplyDelete
  8. sekarang makin banyak vitamin buat bumil ya mba, jaman aku hamil dl susah hahahaa senangnya, jadi makin banyak bumil sehat-sehat ya

    ReplyDelete
  9. Asupan nutrisi saat hamil harus benar-benar diperhatikan ya, karena menyangkut perkembangan janin. Apalagi hamil di usia rawan, butuh ekstra perhatian agar keduanya sehat.

    ReplyDelete
  10. MasyaAllah jadi berkaca betul memang kalau sedang hamil penting untuk sehat secara psikis karena bakal berpengaruh ke janin. Makasih Mba udah diingetin untuk selalu bahagia, jadi pengen coba produk Blackmoresnya kebetulan saya bentar lagi mau melahirkan, mohon doa kelancarannya ya Mbak ^_^ Sehat-sehat Binar dan Bunda

    ReplyDelete
  11. Hamil di usia 40 emang rasanya seperti surprize ya mbak, tapi emang selama wanita itu siklus haidnya masih rutin maka kemungkinan untuk hamil masih bisa. Dan benar bahwa ibu hamil itu harus sehat jasmani dan psikis, supaya bayi yang dikandungnya kelak lahir dengan normal.

    ReplyDelete
  12. memang hamil di usia 40 an tuh menantang ya bu Eni krn fisik perempuan gak sama kek pas usia 20an dulu. Tapi kmrn bu Eni hebat lhooo, gak terlalu banyak keluhan juga yaa.
    Blackmores emang terkenal bagus buat bumil dan busui ya, bisa dapat tambahan nutrisi dari suplemen ini

    ReplyDelete
  13. program yang oke banget ya mba Eni.. aku juga selalu menjaga kesehatan selama hamil dengan suplemen yang tepat dan lengkap

    ReplyDelete
  14. akupun pas hamil xen jg konsumsi blackmores mbaa, wah samaan kita yaa.. bener sih nih keliatan bgt kalau aku pas rajin konsumsi asam folat dsb pas hamil tuh anaknya jg kerasa bedanya.

    ReplyDelete
  15. Saya juga konsumsi Blackmores tapi yang vit D Mbak.
    Kalau yang untuk ibu hamil ya memang harus jaga banget asupan nutrisi ya. Terutama kalau yang sudah di atas 35 tahun.

    ReplyDelete
  16. Hamil usia 40 memang rada was-was tapi kalau sudah dikasih gimana lagi ya Mbak. Yang penting selalu bahagia dan hati tenang supaya sehat psikis dan fisik ya sambil konsumsi suplemen biar ibu dan debay nya sehat

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah semua lancar ya mba meskipun hamil di usia 40an. Binar juga tumbuh sehat dan pinter bangeeett... ikut senang bacanya. Semoga menginspirasi para bunda untuk memulai hal-hal penting dalam menjaga kesehatan semenjak si kecil ada di dalam kandungan.

    ReplyDelete
  18. Walaupun usia 40th adalah usia rawan hamil, tapi dengan menjaga semaksimal.mungkin kondisi kesehatan ibu dan bayi dlm kandungan, InshaAllah akan sehat. Plus ada blackmores, jadi kekhawatiran bisa diminimalisir

    ReplyDelete
  19. Masya Allah Mba Eni, itu yang pas kehamilan Binar ya Mba, Masya Allah Alhamdulillah semua sehat2, dan Allah kasih hadiah terbaik di usia kepala 4, putri kecil yang insya Allah berbinar prestasinya

    ReplyDelete
  20. save dulu aaah bisa jadi vitamin nanti pas hamil, bisa juga dijadiin kado ke temen yang lagi hamil atau baru lahiran sih ini yaaa hihihi

    ReplyDelete