Masak Praktis dan Hemat Waktu Ala Polytron

by - November 02, 2022




Mau tanya dong, ada yang mengalami seperti saya, tidak suka masak karena prosesnya yang makan waktu lama dan harus membereskan bekas alat masak yang segambreng-gambreng? Ada wajan, panci, sutil, dandang atau kukusan, presto, dan lain-lain. Belum lagi memotong bahan-bahannya dari mulai bumbu, sayur mayur, daging. Huwaaa, rasanya ingin menjerit, kan?

Belum lagi tugas rumah tangga lainnya menunggu, dari mulai cucian, beberes rumah, sampai mengasuh anak. Terutama ibu yang punya anak batita seperti saya, di mana Binar (4 tahun) sedang aktif-aktifnya, sering melakukan hal yan g tidak terduga dan haru segera dihandle. Pernah dia menumpahkan air di lantai, dan saya yang sedang sibuk menumis sayur, langsung lari membersihkan lantai. Hasilnya? Tumisan saya overcook, dan jelas jadi tidak sedap disantap.

Makanya ketika hadir peralatan masak yang praktis dan hemat waktu, rasanya menjadi solusi keluhan saya selama ini. Asli loh, karena proses memasak yang ribet, memakan waktu lama, membuat saya jadi ibu yang malas masak. Bahkan dulu awal nikah, kayak menjadi beban berat gitu kegiatan memasak, sampai sekarang juga sih, hehehe.


Smart Multi Cooker Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe dari Polytron Wujudkan Mimpi Ibu




Tanggal 29 Oktober kemarin, saya dan Komunitas Emak Blogger mendapat undangan untuk menghadiri acara Live Cooking Demo di Farmers Market Botani Square Bogor yang diadakan oleh Polytron berkolaborasi dengan Blibli.com. Dalam acara ini dipandu oleh Chef Steby Rafael membuat acara berjalan seru dan sangat menyenangkan.

Terutama karena dalam Live Cooking Demo tersebut menggunakan produk Polytron, yaitu  Tiara Pot Pro, dan Rice Cooker Donabe, produk yang menjadi solusi bagi ibu-ibu seperti saya, dan tentu juga semua ibu ya. Karena  jujur saja, pekerjaan memasak ini membutuhkan banyak waktu dan tenaga seperti yang saya tulis di atas kan? Walaupun buat yang hobby masak.

Sebab pernah seorang teman yang punya hobby masak bilang, kalau hal yang paling tidak dia sukai dalam proses memasak adalah bagian beberes dan cuci peralatan memasak. Apalagi yang pakai noda lengket-lengket, lemak. Duh, butuh effort banget deh. Sudah capek masaknya, harus beberes dan cuci-cuci pula.


Tiara Pot Pro Memasak Berbagai Makanan Dalam Satu Alat




Awal menyaksikan Live Cooking Demo yang dibawakan oleh Chef Steby, saya langsung fokus ke Tiara Pot Pro yang ternyata dilengkapi dengan 12 fungsi mode untuk memasak. Bayangkan 12 fungsi mode, di mana kita bisa masak apa saja buat  seminggu lebih dengan berganti-ganti kriteria menu tanpa harus memakai peralatan lainnya. Amazing nggak sih?

Melihat fungsi mode yang beragam pada Tiara Pot Pro yang kokoh ini, paling membuat saya ternganga ingin memilikinya sih, karena ada mode presto. Karena sejak dulu pengen banget punya presto, biar bisa masakin daging yang empuk buat ibu, bapak, dan anak-anak. Biar bisa bikin jengkol yang empuk dan pulen, hehehe. Tapi saya takut sama presto karena banyak kabar miring kena ledakannya, hiiiih!

Sementara mode fungsi presto pada Tiara Pot Pro dari Polytron selain suaranya lembut, penutupnya aman banget, cara bukanya simpel, nggak ekstrim kayak presto yang pakai adegan letupan kalau kita salah buka itu loh. Tiara Pot Pro tinggal pencet kayak masak nasi biasa, atur waktu, dan akan mati dengan sendirinya.

12 Fungsi Mode Tiara Pot Pro Yang Jadi Keunggulannya




Seperti saya ceritakan di atas kalau Tiara Pot Pro ini memiliki 12 fungsi mode, yang salah satunya saya suka banget, yaitu bisa buat presto yang aman banget. Fungsi mode lainnya tidak kalah keren, yang pasti membantu banget ibu-ibu dalam dunia masak-memasak. Apalagi ibu tipe seperti saya ini, hehehe.

Jadi hanya dengan menekan satu tombol, bisa memasak dengan satu pot yang disesuaikan fungsi modenya, yakin sup, daging rebus, presto, bean/chilli, slow cook, tumis, nasi, biji-bijian, bubur, kukus, yogurt, dan manual/sous vide.




Coba bayangkan, saya kalau masak untuk satu hari dengan menu sayur, lauk, camilan. Saya membutuhkan panci untuk membuat sup, wajan untuk menggoreng ikan atau tempe atau tahu, dan panci untuk membuat camilan bubur kacang hijau atau dandang untuk mengukus kue-kue. PR saya setelah memasak adalah mencuci dua panci atau satu panci dan dandang pengukus, belum wajan dan sutilnya. Sementara jika menggunakan Tiara Pot Pro cukup hanya Tiara Pot Pro saja.

Saya juga masih bisa menyapu, bisa nyalain mesin cuci, bisa jagain Binar, bisa sambil wara-wiri dapur ruang kerja buat cek kerjaan di media sosial, karena Tiara Pot Pro bisa ditinggal-tinggal dan akan mati sendiri begitu matang tanpa takut over cook atau gosong.

Keunggulan Tiara Pot Pro Secara Keseluruhan

Setelah tahu fungsi dari Tiara Pro yang keren banget, saya ulas semua keunggulan Tiara Pot Pro di sini ya:

12 in Fuction Cook, seperti kita ketahui di atas Tiara Pot Pro dilengkapi fungsi mode untuk memasak berbagai macam masakan, mulai dari Presure Cooker hingga Slow Cooker, Cukup tekan satu tombol bisa memasak mode sup, daging rebus, presto, bean/chili, tumis, nasi, biji-bijian, bubur, kukus, yogurt dan manual/sous vade.

Smart Steam Realease, Tiara Pot Pro merupakan panci yang memiliki fitur Smart Steam Release yang membuat keluar uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi, dan dapat melepas uang dengan cepat sesudah selesai masak.

Faster Family Meal, Panci multi fungsi Tiara Pot Pro membuat proses memasak 70% lebih panjang dibanding metode memasak tradisional, sehingga menghemat waktu dan lebih praktis.

Clear & Simple Control, Smart Multi Cooker dari Tiara Pot Pro dilengkapi dengan fitur Smart Program, sehinga proses memasak menajdi lebih mudah, cukup tekan satu tombol dapat mengetahui kapan masakan siap.

Design, penampilan Tiara Pot Pro sangat kokoh karena terbuat dari bahan metal yang aman dan mudah dibersihkan. Dilengkapi dengan layar display dan  lampu LED sehingga proses dan waktu memasak dapay diketahui sesuai yang tampil di layar.

Tiara Pot Pro yang memiliki kapasitas 6 liter, dan daya listrik 900 watt dibandrol harga Rp 1.599.000, tapi kemarin saat saya mengikuti Live Cooking Demo di Farmers Market Botani Quare sedang ada promo besar, jadi hanya Rp.949.000 saja.

Oya, saya hampir lupa! Tiara Pot Pro ini bisa jadi Air Fyer loh, itu tuh menggoreng tanpa minyak yang lagi hits banget saat harga minyak goreng meroket, dan juga buat menjaga kesehatan. Tapi harus ditambahkan Flexible Air Fryer yang dibandrol harga Rp 799.000, dengan harga saat promo jadi Rp 449.000. Masih terjangkau ya, kalau harga promo beli Tiara Pot Pro dan Flexible Air Fryer.

So, kalau kalian ingin memiliki Tiara Pot Pro,bisa melalui website resmi polytron.co.id atau melalui Official Store Polytron di ecommerce kesayangan. 

Rice Cooker Donabe Bikin Masak Nasi, Menghangatkan, dan Mengukus Jadi Praktis




Mau lebih hemat waktu lagi, selain Tiara Pot Pro, bisa tambah Rice Cooker Donabe, hehehe. Jadi kalau kondisi mendesak, seperti tiba-tiba mertua datang harus menyiapkan menu atau ada acara makan-makan di rumah. Bisa masak lauk dan sayur di Tiara Pot Pro, sementara masak nasi, mengukus camilan bisa di Rice Cooker Donabe.

Karena Rice Cooker Donabe ini keunggulannya juga luar biasa. Tidak perlu cemas saat lupa cabut colokan nasi akan kering atau kuning. Nah, biar tidak penasaran, saya ulas keunggulannya ya:

Donaheat 3D, Rice Cooker Donabe dengan teknologi terbaik DONAHEAT 3D, pemanasan lebih merata dari 3 arah. Memasak nasi sepulen nasi Jepang dengan penanak nasi Donabe. Teknologi Donaheat 3D memaksimalkan kualitas makanan. Nasi tetap hangat, tidak berkerak, dan enak dikonsumsi hingga 48 jam.

Magic Com Kapasitas Besar, Rice Cooker (Magic com terbaik) Donabe memiliki kapasitas 2 liter untuk memasak nasi. Sehingga dapat memasak nasi lebih banyak untuk sekeluarga.

Ceramic Coating, Material ceramic coating yang memiliki lapisan lebih tebal dari panci biasa. Panci ini juga sudah pasti food grade sehingga aman untuk keluarga dan awet dalam penggunaan sehari-hari. Pada alumunium cover yang terdapat di permukaan panci Donabe, elemen ini dapat dilepas dan dipasang kembali sehingga mudah dalam penggunaan dan pembersihannya.

3-in-1 Cooking, Rice Cooker Donabe lebih praktis karena dapat memasak, memanaskan dan mngukus, yang bisa dilakukan dengan 1 alat. Dengan Donabe semua bisa dilakukan, urusan dapur jadi lebih praktis.

Rice Cooker Donabe, memiliki pengaturan suhu yang modern yang dibutuhkan saat ini, dengan fitur Defrost System, yaitu Thermostat yang mampu mendeteksi mode memasak, menanak dan memanaskan. Pada saat memasak, nasi yang dihasilkan oleh rice cooker Donabe dapat matang lebih merata, lembut dan pulen.

Kapasitasnya  2 liter, dengan harga Rp 699.000, dan saat promo jadi Rp 479.000, cukup terjangkau juga kan? Nah, kalian bisa memiliki Rice Cooker Donabe ini melalui website resmi polytron.co.id atau melalui Official Store Polytron di ecommerce kesayangan. 


Resep Lezat dan Praktis ala Chef Steby di Live Cooking Demo




Nah, sekarang saya mau bagi-bagi resep masakan Chef Steby dalam acara Live Cooking Demo yang saya hadiri ini, siap-siap dicatat dan dipraktekkan ya. Namun jangan lupa, beli dulu Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe biar langsung eksekusi, hehehe.


PULLED CHICKEN BURGER




2          ptg       burger bun

2          ptg       dada ayam

1          sdt       bubuk jinten

2          sdt       bubuk paprika

5          sdm     puree tomat

1          sdt       cuka apel

1          sdt       gula merah bubuk

1          sdt       bawang putih bubuk

Garam, gula dan lada hitam secukupnya

½         ptg       kol ungu

1          btg       wortel

1          sdm     gula pasir

3          sdm     cuka apel

1          sdm     yogurt

1          sdm     mayonaise

1          siung    bawang putih cincang

 

Cara:

  1. Belah burger bun menjadi 2 bagian, sisihkan
  2. Nyalakan tiara pot pada mode presto, masukan chicken breast beserta bumbu. Tambahkan air secukupnya, presto selama 15 menit.
  3. Setelah 15 menit matikan tiara pot dan keluarkan udara yang ada didalam tiara pot dengan memutar katup udara.
  4. Lalu atur rasa dan suwir dada ayam dengan menggunakan garpu, sisihkan
  5. Untuk coleslaw,iris halus kol ungu beserta dengan wortel, tambahkan gula, garam, dan cuka apel
  6. Campur mayonaise,yoghurt dan bawang putih cincang lalu tambahkan coleslaw yang sudah ditiriskan
  7. Susun suwiran dada ayam di atas burger bun yang sudah dibelah menjadi dua, lalu topping dengan coleslaw


STEAMED ROLLED CABBAGE




1          buah    sawi putih(besar)

Bahan isi:

200      gr         daging ayam giling

100      gr         udang kupas(cincang)

¼         buah    bawang bombay(cincang)

3          siung    bawang putih(cincang)

2          sdm     kecap asin

1          sdm     minyak wijen

½         btg       daun bawang(iris)

Garam dan lada hitam secukupnya

Bahan Saus:

6          sdm     gochujang

3          sdm     madu

3          sdt       minyak wijen

1          sdt       biji wijen

350      ml        air

Garam lada secukupnya

Bahan pelengkap:

1          btg       daun bawang kecil

½         sdt       biji wijen

 

Cara:

  1. Campur semua bahan saus dalam donabe lalu panaskan
  2. Lepaskan lembaran sawi putih  dari bonggolnya lalu buang bagian kol yang tebal. Kukus berbarengan dengan saus dengan menggunakan donabe.
  3. Selagi mengukus sawi putih , campur semua bahan isi pada satu wadah atur rasa.
  4. Keluarkan sawi putih  yang sudah dikukus,ambil 1 lembar kol, letakan bahan isi pada bagian tengah, lalu gulung.
  5. Masukan gulungan sawi putih  dalam donabe lalu kukus besama dengan saus selama 15 menit
  6. Sajikan rolled cabbage dengan saus yang sudah dimasak dengan menggunakan donabe beserta bahan pelengkap

 

 

 

 


You May Also Like

10 komentar

  1. ahhh keren banget ya mba fitur dari kedua produk Polytron tersebut, jadi pengen punya kedua2nya....hehe

    ReplyDelete
  2. Woohoo.. Smart Multi Cooker Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe dari Polytron memang nggak akan gagal wujudkan mimpi kita yah, Mak En.Asyiik, ada resepnya juga nih bisa langsung dicoba, hehe..

    ReplyDelete
  3. mupeng nih dengan Tiara Pot nya mba Eni, masak jadi praktis ya dan maskaan matang sempurna

    ReplyDelete
  4. Seneng banget bisa ikutan cooking class bareng chef steby, beneran praktis ya masak pakai peralatan polytron ini, jadi pengen punya Tiarapot dan ricecookernya donabe, masak bakalan menyenangkan

    ReplyDelete
  5. Duh aku mau juga punya dua produk ini.. kayanya bakal semangat masak sih ini. Masakan rumit jadi terlihat mudah pakai alat ini.

    ReplyDelete
  6. Mode Tiara Pot Pro lengkap banget. Udah enggak perlu beli presto lagi ihhh. Sesuatu bangett. Hihihi

    ReplyDelete
  7. cantik banget nih designnya :) jadi semangat masak pastinya ya kalau ada ini di rumah hihi

    ReplyDelete
  8. Keren deh produk Polytron kalau udah punya bakal makin semangat masak nih dan tentukan happy masak buat keluarga

    ReplyDelete
  9. Pengen punya Tiarapot Pro biar bisa masak kayak Chef Steby.

    ReplyDelete
  10. Enak ya punya tiara pot sama donabe, jadi bisa tambah waktu buat istirahat, soalnya masak kalau manual kan capek beud

    ReplyDelete