Menumbuhkan Inner Strength Anak Melalui Biskuat Academy

by - November 22, 2022

 


Ketika mendengar istilah ‘Inner Strength’, apa yang terlintas dalam pikiran kalian? Apakah istilah tersebut terasa asing atau familiar tapi sulit menjabarkan pemahamannya? Saya pribadi awalnya masuk ke kategori kedua, yakin terasa familiar tapi belum bisa memahaminya, apa maksud dari ‘Inner Strength’. Mengapa penting untuk ditumbuhkan dalam diri anak?

Apa itu ‘Inner Strength’?

Setelah membaca melalui internet, diskusi dengan suami, ngobrol dengan teman-teman tentang‘Inner Strength’. Barulah wawasan saya tentang  ‘Inner Strength’ ini terbuka, saya termangu-mangu. Jujur, ada beberapa penyesalan telat memahami sehingga bisa jadi saya salah satu orangtua yang tidak maksimal dalam menumbuhkan ‘Inner Strength’ dalam diri anak-anak saya. Duh!

Karena itu, mari sebelum membaca lebih jauh, kita cari tahu dulu apa itu ‘Inner Strength’. Jadi ‘Inner Strength’ ini merupakan kekuatan positif yang ada dalam diri setiap orang. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengolah kekuatan positif dalam dirinya, karena apa? Salah satunya karena ‘Inner Strength’ yang tidak disadari sejak dini, tidak diasah dan dilatih dengan baik sehingga tidak tumbuh.

‘Inner Strength’ menurut Seto Mulyadi atau yang akrab dipanggil Kak Seto, seorang Psikolog anak sekaligus Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, bisa berupa karakter, seperti berani, percaya diri, tangguh, baik hati, penuh empati, pemaaf, jujur, dan sifat-sifat positif lainnya.




Nah, apakah sudah menemukan ‘Inner Strength’ pada anak-anak kalian?Apakah ketika anak melihat pengemis di jalan, spontan memberikan sebagian uang  sakunya, atau saat temannya meminta maaf dengan mudah  memaafkan? Atau ketika membawa bekal makanan, memberikan pada temannya yang tidak membawa uang saku? Atau ketika anak menjatuhkan mangkuk dan pecah, mengakui dan meminta maaf?

Jika ternyata anak tidak (belum) memilik karakter-karakter baik tersebut, jangan merasa patah arang, kecewa, dan merasa gagal. Karena bisa jadi kegagalan awal disebabkan wawasan  kita sebagai orangtua tentang ‘Inner Strength’ kurang, lingkungan sekitar lebih banyak memfokuskan anak pada kecerdasan IQ. Anak-anak hebat adalah yang berprestasi akademik, sehingga abai akan pentingnya ‘Inner Strength’ yang butuh untuk ditumbuhkan sejak dini untuk bekal masa depannya kelak.

Memang Apa Manfaat Menumbuhkan‘Inner Strength’ pada anak?

Apakah di hati kalian muncul pertanyaan, memangnya seberapa penting menumbuhkan ‘Inner Strength’ pada anak? Kalau anak pinter di sekolah, berprestasi, nanti juga akan paham sendiri untuk berbuat baik, karena anak tahu mana yang  baik dan mana yang buruk.  Apalagi nanti seiring bertambah usia, semakin dewasa. Mereka pasti paham betul perbuatan yang salah dan perbuatan yang benar.

Keliru! Itu pemikiran yang sangat keliru. Seperti yang saya tulis di atas, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengolah kekuatan positif dalam dirinya. Salah satunya karena ‘Inner Strength’ yang tidak disadari sejak dini, tidak diasah dan dilatih dengan baik sehingga tidak tumbuh. Sehingga banyak orang-orang dewasa yang berpendidikan tinggi, tapi tidak memiliki empati terhadap sesama, tidak menghormati orangtuanya, tidak bisa menahan emosinya.

Karena memang ‘Inner Strength’ yang ditumbuhkan sejak dini pada anak akan memberi manfaat pada pertumbuhan fisik dan psikis yang baik. Anak akan menjadi manusia dewasa yang tangguh, berani, percaya diri, dan penuh empati. Sehingga ketika berhasil dalam karirnya, tidak hanya dirinya yang bahagia, tapi sekeliling. Seperti orangtua, pasangan, anak-anak, dan masyarakat sekitar. Bayangkan jika generasi masa depan Indonesia ‘Inner Strength’ tumbuh dengan baik.

Lantas bagaimana menumbuhkan ‘Inner Strength’ pada anak?

Bagaimana Menumbuhkan ‘Inner Strength’ Pada Anak?

Beberapa artikel yang saya baca mengenai ‘Inner Strength’, inilah yang harus dilakukan para orangtua terhadap anak untuk menumbuhkan ‘Inner Strength’ :




Orangtua menjadi contoh yang baik bagi anak, pernah mendengar bahwa nasehat terbaik untuk anak adalah dengan melakukan kebaikan ketimbang menasehati anak panjang dan lebar tentang kebaikan. Misalnya sebagai orangtua, kita menghormati ibu dan bapak kita, maka anak kelak akan menghormati kita sebagai orangtuanya. Orangtua menjalankan ibadah dengan menyertakan anak, bukan sekedar memerintah anak untuk sholat, baca Al Quran.

Melatih anak untuk mandiri, kadang karena begitu sayangnya, sebagai orangtua membuat anak tumbuh tidak mandiri, seperti membiarkan anak makan disuapi padahal anak sudah bisa makan sendiri, membereskan kamar anak tanpa melibatkannya. Padahal sikap mandiri ini dapat melatih anak berani mengambil keputusan kelak.

Beri Anak Apresiasi,  mengapresiasikan segala potensi anak agar menimbulkan rasa percaya diri dan bahagia dalam diri  anak. Misalnya tetap menunjukkan kebanggaan meski anak tidak  mendapat juara satu ketika mengikuti lomba yang biasa saja.

Jangan menuntut anak untuk sempurna, seperti terlalu keras dengan kesalahan yang dilakukan anak. Perlakuan seperti itu akan membuat anak  kehilangan keberanian dan rasa percaya diri. Biarlah anak sesekali salah sebagai bagian dari proses keberhasilannya. Sebagai orangtua, kita hanya mengarahkannya agar anak mengetahui cara memperbaiki kesalahannya.

Empati, sikap empati ini sangat penting, dan merupakan salah satu ‘Inner Strength’ yang akan berperan dalam kesuksesan anak kelak. Sebab sikap empati dapat menciptkan kondisi yang positif, sebuah perusahaan, bahkan negara yang memiliki pemimpin penuh empati akan memotivasi dan meningkatkan produktivitas bawahan atau masyarakatnya.

Karena itu ketika anak mengeluhkan sesuatu dan merasa paling  benar, beri anak pemahanan dengan memposisikan anak sebagai orang yang dikeluhkan atau disalahkan. Seperti ketika anak marah karena temannya tidak mau diajak bermain, posisikan anak menjadi teman yang tidak mau diajak bermain. Mungkin si teman sedang lelah, sedang tidak nyaman, dan lain sebagianya.

Percayalah, dengan menumbuhkan ‘Inner Strength’ sejak dini baik secara akademik dan non akademik akan menciptakan generasi yang kuat dan tangguh.

Biskuat Academy Sarana Tumbuhkan ‘Inner Strength’ Anak

Waduh, saya terlambat menumbuhkan ‘Inner Strength’ pada anak saya. Anak saya mudah marah jika keinginannya tidak dipenuhi, anak saya tidak mau mengalah dengan adiknya, anak saya ngambek kalau kalah lomba, anak saya sudah usia 10 tahun masih saja makan tidak membereskan peralatan makannya, anak saya sering tidak mau ikut lomba karena malu.

Stop, Bu-Pak! Stop merutuki diri sendiri, stop penyesali masa di belakang, orangtua memang tempatnya untuk selalu belajar dan upgrade ilmu. Apalagi sekarang beragam wadah atau sarana yang bisa menumbuhkan ‘Inner Strength’ anak, sehingga sebagai orangtua kita masih punya banyak kesempatan baik untuk anak. Salah satu sarana itu adalah Biskuat Academy.

Apa itu Biskuat Academy?

Sebelum membahas Biskuat Academy, ada yang tahu atau masih ingat Biskuat dong? Iklannya sejak dulu berseliweran di televisi. Setiap melihat iklannya saya selalu menangkap pesan seperti ini: Semua anak memiliki kekuatan dalam dirinya, hanya perlu ditumbuhkan melalui kepercayaan diri dan keberanian.

Dimana kepercayan diri dan keberanian itu dilambangkan tiger, yang membuat saya mensugesti  anak-anak, kalian mau tidak seberani dan sekuat tiger, hehehe. Apalagi anak-anak juga doyan ngemil Biskuat, harganya pun sangat terjangkau, selain kandungannya bagus. Bukan sekedar camilan biasa.

Nah, Biskuat Academy ini merupakan rangkaian acara tahunan yang dipersembahkan oleh Biskuat untuk semua anak Indonesia. Dimana dalam acara ini anak-anak mendapatkan pembelajaran olahraga, yakni sepak bola. Mengapa olahraga sepak bola dapat menumbuhkan  ‘Inner Strength’ anak?

Mengapa Olahraga Dapat Menumbuhkan ‘Inner Strength’ pada Anak?




Olahraga, salah satunya sepak bola dapat menumbuhkan ‘Inner Strength’ pada anak, karena dalam olahraga tersebut tidak hanya sekedar menumbuhkan kekuatan fisik, tapi juga kekuatan baik dari dalam diri anak. Seperti berinterkasi baik dengan oranglain dan diri sendiri saat berlatih maupun bertanding di lapangan, mengajarkan kerjasama yang menumbuhkan kejujuran, empati.

Juga menumbuhkan rasa mandiri ketika anak harus menyiapkan diri sendiri saat pertandingan, saat menghadapi lawan. Menerima apresiasi yang positif dari pelatih, teman-teman, dan penonton. Tidak kalah penting dalam olahraga sepak bola, anak belajar arti menang dan kalah yang sesungguhnya. Luarbiasa, pantas Biskuat memiliki tujuan menciptakan #GenerasiTiger Indonesia lewat sarana Biskuat Academy.

Cara Gabung atau Daftar di Biskuat Academy 2022

Rangakaian acara Biskuat Academy merupakan Sekolah Bola Online, dan tentu saja GRATIS. Caranya untuk menjadi peserta Sekolah Bola Online ini sangat mudah, berikut ini caranya:


  1. Beli Biskuat kemasan khusus Biskuat Academy ukuran 121,6gr dan 60.8gr 1 bungkus saja atau 2 bungkus ukuran 22.8gr dan 7.6gr. Temukan kode unik yang terdapat di belakang kemasan atau bungkus.
  2. Daftar lewat WhatsApp ke nomor 0812-1222-5919, dan ikuti instruksi yang diberikan oleh Chabot Biskuat, untuk mendapatkan akses LOGIN ke Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022
  3. Setiap peserta mengisi data diri dan mengirimkan kode unik
  4. Orangtu  boleh mendaftarkan lebih dari satu anak dengan nomor telepon yang sama, tapi dengan kode unik (pembelian Biskuat) yang berbeda
  5. Validasi kode unik akan dilakukan 3x24 jam oleh Biskuat
  6. Aksen LOGIN diberikan untuk mengikuti Sekolah Bola Biskuat Academy, bisa dipakai untuk 6 kelas.
  7. Semua kelas dilakukan secara online
  8. Semua peserta yang ikut Biskuat Academy mendapatkan e-certificate


Siapa Saja yang Bisa Jadi Peserta Biskuat Academy 2022?

Anak laki-laki maupun perempuan dapat mengikuti Biskuat Academy, yang terpenting berusia 5 hingga 15 tahun. Anak-anak akan dilatih oleh coach dan pro player yang membuat peserta Sekolah Online Bola Academy ini memiliki banyak pengalaman berharga, dan tentu saja semakin menumbukan ‘Inner Strength’ anak. Jadi tidak ada kata terlambat ya.

Vidio Coach Aji yang akan menjadi support anak-anak peserta Biskuat Academy:


Hadiah

Hadiahnya beragam  loh, jadi tetap semangat ya untuk bisa mendapatkan hadiahnya. Kalau pun belum mendapatkan hadiahnya, tetap semangat karena sudah mendapatkan banyak ilmunya selamat mengikuti Biskuat Academy. Adapun hadiah ada Hadiah Mingguan, TOP 20, TOP 10, dan Hadiah Utama.

Hadiah Mingguan

  • Upload vidio di Instagram saat memeragakan ulang teknik yang sudah diajarkan di kelas Sekolah Bola Biskuat Academy, jangan lupa sertakan saat anak tengah makan Biskuat.
  • Tulis Caption semenarik mungkin tentang kekautan baik dari dalam diri anak.
  • Mention @BiskuatIndonesia dan 3 teman, lalu gunakan hestek #GenerasiTiger #BiskuatAcademy2022.
  • Akan diundi 20 pemenang setiap minggu.

Masing-masing pemenang mingguan akan mendapatkan salah satu hadiah berupa bola Biskuat atau voucer Rp 100.000

Hadiah Top 20

  • Upload vidio terbaik di Instagram, saat memeragakan ulang teknik yang diajarkan di kelas Sekolah Bola Biskuat Academy.
  • Tulis Caption semenarik mungkin tentang kekautan baik dari dalam diri anak.
  • Mention @BiskuatIndonesia dan 3 teman, lalu gunakan hestek #GenerasiTiger #BiskuatAcademy2022.

20 vidio terbaik akan dipilih untuk maju ke Final Biskuat Academy dan akan mendapatkan hampers Biskuat yang berisi kaos jersey, bola, kaso kaki, dan backpack Biskuat, serta sertifikat bertandatangan Kemendikbud dan Kemenpora.

Hadiah Top 10

Dari 20 finalis akan dipilih 10 terbaik yang akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar RP 5.000.000

Hadiah Utama

Dari 10 terbaik akan dipilih peserta terbaik yang akan mendapatkan tur stadion Internasional bersama satu pendamping

Luar biasa sekali kan hadiah-hadiahnya, siapa yang memiliki mimpi bisa tur stadion Internatiol, atau ingin mendapatkan uang tunai Rp 5.000.000 yang bisa kalian jadikan tabungan, atau mungkin membeli sesuatu yang special untuk orangtua atau memberi sedekah pada teman-teman yang membutuhkan sebagai bentuk rasa empati?

Yuk, segera daftar dengan cara yang sudah dishare di atas, dan catat ya tanggal!

Jadwal Sekolah Bola Online Biskuat Academy

Minggu, 25 September 2022

Minggu, 9 Oktober 2022

Minggu, 23 November 2022

Minggu, 18 Desember 2022

Minggu, 15 Januari 2023

Namun jadwal kelas ini bisa berubah-ubah ya, untuk lebih jelasnya bisa langsung memantau wesite Biskuat Academy, dan jangan tunda-tunda untuk mendaftarkan anak-anak kalian.

Insallah, saya akan mendaftarkan Pendar (8 tahun), di mana usia ini Pendar sedang mengalami perkembangan emosional dan sosial. Membutuhkan penerimaan diri dari teman-temannya, dan belajar bekerjasama serta mulai muncul sikap berbaginya dengan teman. Sehingga Pendar butuh dibangun rasa percaya dirinya, pujian atau penghargaan yang positif. Sarana Biskuat Academy jadi pilihan yang tepat.

 




 Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB X Biskuat Academy

You May Also Like

7 komentar

  1. katanya mengizinkan anak untuk melakukan kesalahan bisa menguatkan inner strength mereka

    ReplyDelete
  2. Wah bisa aku rekomendasikan ke keponakanku yang memang suka banget sama sepak bola. Mudah-mudahan bisa ikutan biskuat academy ya

    ReplyDelete
  3. Bagus banget tulisannya Mbak. Mungkin anakku juga punya inner strength yg ga aku sadari dan harus aku latih. Btw seru sekali program dari Biskuat ini. Mau daftarin anakku juga deh.

    ReplyDelete
  4. Programnya biskuat ini ok dan komplit bgt yaa, cocok nih buat anak cowok yg suka olahraga

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau inner strength pd anak seperti apa dan jd tertarik mengikut sertakan zaidan ke biskuat academy

    ReplyDelete
  6. Keponakanku masuk nih bund usianya, kutawarin biskuat academy ini coba
    Makasih ulasannya ya Bun.

    ReplyDelete
  7. Biskuat itu favorit anak anakku loh. Aku blm ada anak laki, tp info academynya aku kasih tau ponakan nih, siapa tahu berminat

    ReplyDelete