Waspada Modus Link Palsu Tampilan BCA mobile

by - November 10, 2022

 

Menyimpan uang di bank merupakan pilihan yang banyak diminati semua orang, karena menyimpang uang di bank tidak sekedar menabung saja. Namun nasabah bisa melakukan banyak hal dengan menyimpan uang di bank, seperti mempermudah membayar berbagai tagihan bulanan, berbelanja online, mengirim uang jarak jauh, dan lain sebagainya.

Tentu saja lebih aman ketimbang menabung di celengan, hehehe. Namun, ada beberapa oknum tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan hal ini untuk merugikan orang lain. Berbagai cara atau modus penipuan mereka lakukan tanpa kenal jerah. Tinggal kita sebagai nasabah harus cerdas menghadapi berbagai tipu daya oknum-oknum tersebut.

Kenali Beragam Tipuan Yang Mengincar Nasabah Bank

Kalian pasti pernah mendengar penipuan dengan menjebak nasabah yang menarik  uang di ATM, dimana seolah-olah ATM kita tertelan di mesin ATM dan mereka pura-pura membantu, atau   telepon yang menawarkan upgrade untuk menjadi nasabah prioritas. Penelepon mengaku sebagai customer bank, dan menjabarkan keunggulan nasabah prioritas. 

Lantas dalam proses upgrade ini, pelaku akan meminta data pribadi mulai dari data diri hingga PIN, OTP, CVV, nama ibu kandung, dan lain sebagainya. Apa yang terjadi? Melalui data-data yang nasabah berikan tersebut, rekening nasabah akan dibobol dengan mudah. Biasanya nasabah tidak menyadari, karena pelaku benar-benar menyakinkan.

Tidak hanya penawaran upgrade nasabah prioritas, nasabah juga bisa kebobolan rekeningnya dengan metode penipuan link palsu atau phishing. Ini kisah nyata yang dialami teman saya, tidak tanggung-tanggung akibat link palsu tersebut, tabungannya senilai hampir lima puluh juta rupiah ludes dibobol penipu. Ini bisa terjadi pada siapa saja, dan nasabah bank mana saja, termasuk BCA loh. Karena itu waspadalah, karena link palsu sangat mirip tampilan BCA mobile.

Waspada Link Palsu yang Mirip Tampilan BCA mobile




Waspada, sebab akhir-akhir ini sangat marak modus penipuan link palsu yang mirip tampilan BCA mobile.  Kalau nasabah tidak hati-hati dan cermat akan sangat mudah terkecoh oleh tampilan yang seolah-olah BCA mobile resmi. Terlebih jika nasabah dalam kondisi lelah, buru-buru, atau sedang tidak fokus, misal sedang dalam perjalanan, baru bangun tidur, kurang sehat.

Tawaran Pembatalan Transaksi

Modus mereka menggunakan link palsu ini, biasanya nasabah akan menerima telepon dari seseorang yang mengaku sebagai petugas Halo BCA, dan  memberitahukan telah terjadi transaksi mencurigakan di rekening nasabah tersebut. Jenis transaksi beragam, bisa saja petugas palsu Halo BCA itu mengatakan ada transaksi penarikan uang sebesar Rp 5 juta, atau ada pembelian alat elektronik sebesar Rp 10 juta, dan lain sebagainya.

Hal ini bisa membuat nasabah spontan panik, karena merasa tidak melakukan transaksi tersebut. Terlebih jika nasabah dalam kondisi tidak fokus, berada di luar rumah. Kondisi inilah yang dimanfaatkan si penelepon untuk menawarkan pembatalan transaksi dan pemblokiran secara online di BCA mobile dengan mengirimkan link palsu BCA mobile lewat SMS. Duh serem banget!

Kenali Link Palsu BCA mobile!

Nah, berikut ini contoh link palsu yang jika di klik tampilannya menyerupai tampilan BCA mobile https://link-block-online/bank-bca/ . Nasabah yang terkecoh akan mengira itu adalah aplikasi resmi dan langsung percaya saat diminta mengisi data-data pribadi perbankan yang seharusnya tidak boleh disebarkan, seperti nomor kartu ATM, Kode OTP, PIN, dan lainnya.

Hal ini bisa saja terjadi, karena diserang rasa panik saat diberitahu soal transaksi yang tidak nasabah lakukan, dan beneran loh teman saya pernah mengalaminya sendiri. Saat itu kondisi teman saya sedang menyetir mobil, tanpa pikir panjang dia mengklik link palsu tersebut, dan mengisi data pribadi yang membuat dalam sekejap tabungannya terkuras habis, huhuhu.

Menurut teman saya, ketika itu dia merasa sangat terkejut, yang terlintas di pikirannya saat itu, bagaimana menyelamatkan uangnya dari proses transaksi yang tidak dia lakukan. Sehingga dia lupa mengecek kembali nomor telepon yang menghubunginya dan mengaku sebagai pihak bank. Tersadar setelah selesai mengisi data diri, dan tidak lama mendapat notif resmi adanya penarikan seluruh dana tabungannya hingga ludes.

Lalu bagaimana agar kita terhindar dari modus penipuan dengan link palsu BCA mobile ini?

Cara Menghindari Modus Penipuan Link Palsu BCA mobile

Untuk menghindari modus penipuan link palsu BCA mobile ini, nasabah bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini :




  1. Jika dihubungi via telepon maupun WA, jangan lupa untuk memperhatikan nomornya. Nomor resmi Halo BCA 1500888, tanpa awalan 021, +62. Jangan menyimpan nomor Halo BCA di kontak smartphone, agar nomor dapat terlihat jelas.
  2. Nomor WhatsApp resmi BCA 08111500998 disertai tanda centang hijau di samping nomor atau nama kontak, bukan di dalam profile picture.
  3. Jika berbeda dari dua nomor resmi di atas, sudah pasti itu PALSU!
  4. Ketika menerima telepon, SMS, atau sarana lain, yang informasinya membuat cemas atau bahagia. Jangan cepat panik atau senang, tapi kendalikan diri dan pahami situasinya. Jika dalam kondisi terburu-buru, dalam perjalanan, sebaiknya jangan merespon dulu sampai berada dalam suasana yang tenang, dan fokus. 
  5. Jika menerima link palsu, jangan terpancing untuk meng-klik, itu berbahaya karena merupakan link phising.
  6. Pastikan akses hanya melalui aplikasi resmi BCA mobile, bukan lewat link apapun!
  7. Wajib diingat, kode OTP (One Time Password) hanya untuk bertransaksi online, bukan kode promo/Pembebasan iuran tahunan/Pembatalan transaksi/Blokir kartu kredit/Kenaikan limit lain/Alasan lainnya.
  8. Ingat, jagalah kerahasiaan data pribadi seperti no Kartu, PIN, CVV/CVC, OTP, dan lain-lain. Jangan sampai diberikan kepada siapa pun melalui sarana apapun, baik itu media sosial, telepon, WhatsApp, dll.

Lagi pula nih, kalau memang kalian merasa cemas terjadi sesuatu, sementara kondisi kalian tidak berada dekat cabang bank BCA. Sekali lagi jangan mengambil tindakan apapun di saat kondisi kalian tidak fokus, karena oknum penipu memang menyerang korban melalui tekanan psikologis.

Yuk, sebarkan info ini agar kita semua terhindar dari penipuan link palsu BCA mobile yang sangat merugikan nasabah.  Cek info lengkapnya di sini.

You May Also Like

31 komentar

  1. Alhamdulillah aku tuh orangnya yang pernah bsia percaya dengan broadcasting dari bank, karena zaman now banyak banget kan penipuan cyber gitu.sering banget dapet email dari BCA atau bank lain soal penggantian link palsu begini. tapi aku abaikan aja. ngeri lah bisa digondol isi tabungan kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama, Teh. Aku biasa dari pada kepo atau iseng klik, langsung aku blokir atau delete. Ngeri deh sama hal beginian

      Delete
  2. terimakasih atas informasi dan warningnya., ;p

    ReplyDelete
  3. Sepertinya sekarang yang lagi viral kejahatan link Bank BCA ya. Ngeri banget.. Mau nggak mau kita harus selalu waspada. Jangan asal klik link yang datang dari nomor yang tidak kita kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena nyerang saat orang ga konsen gitu deh, jadi bablas dan ketipu. Banyak banget yang kena dalam kondisi gak fokus

      Delete
  4. Turut berduka cita untuk temannya mbak. Sedih banget. Memang kalau lagi kalut, sepertinya manusia bisa mengiyakan apa saja.
    Saya kalau ada sms atau telpon dari nomor seperti nomor biasa, dan ngaku dari perbankan, auto skip. Semoga kita semua terhindar dari penipuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku ikut shock banget. Karena uang pendidikan ya, sungguh jahat deh yang tega nguras sampai nol. Kenapa ya bisa sampai hati makan uang haram

      Delete
  5. aku pernah ya mba, nanya tentang kantor cabang BCA di twitter eh ada yang balas dengan ngasih info dan link tapi bukan dari BCA langsung

    ReplyDelete
  6. Kejahatan perbankan kian marak. Kalau yang bersangkutan ngeh masih beruntung. Yang kasihan ketika orang tersebut terkena semacam hipnotis. Nah, ngeri sekali ini. Mesti lebih waspada kalau ada yang telepon atau WA atau email dengan memberikan link bank atau tanya2 info pribadi ya. TFS Eni :)

    ReplyDelete
  7. duh duh, penipuan sekarang ragamnya makin macem-macem ya, mak. Aku gak pakai app mobile BCA sih, tapi dengan info gini, jadi makin mawas. Makasih yaa, mak.

    ReplyDelete
  8. Aku nasabah BCA dan alhamdulillah belum dan jangan pernah kena kaya gitu. Tabungan gak seberapa ini. Sebisa mungkin memang gak asal klik link yang masuk. Jangan panik dan hubungi cs resmi

    ReplyDelete
  9. Ya ampun lagi marak ya mbak link palsu yang tampilannya mirip banget dg bca mobile. Hiks penipu sekarang memang canggih banget. Kita jadi harus lebih melek kasus2 kayak gini

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu loh kalau ada link palsu tampilan BCA mobile. Karena yang sering masuk ke aku tuh WA / telephone penipuan yang memang tidak pernah aku gubris. Thanks ya infonya

    ReplyDelete
  11. Aku penggunaa BCA Mobil. Terima kasih mba langsung terbantu dengan adanya modus link palsu yang teryata tampilannya BCA Mobile yang asli :(. Smoga dijauhkan dari segala kejahatan seperti ini

    ReplyDelete
  12. Iya kini marak ya modus link palsu tampilan BCA Mobile. Belum pernah dapat sih aku, cuma ada teman pernah share di kena tipu. Dan bener dong ludes tabungannya. Hiks.
    Sosialisasi seperti ini penting agar masyarakt luas tahu dan mewaspadai nanti

    ReplyDelete
  13. ih iya ya sekarang tuh ramai dengan adanya modus dari beberapa bank. Aku dapat nih yang BCA dan aku cuekin, langsung aku block nomer orangnya. Sudah 2x kayaknya aku dapat whats app tersebut deh.

    ReplyDelete
  14. Wah ini kemarin juga ramai diobrolin di Twitter Bu Eni. Aku pribadi gak akan pernah angkat telepon dari nomor yang gak dikenal gitu, soalnya udah parno dulu hampir kena penipuan juga. APalagi kalau ngaku2 dari bank, duh khawatir aja gtu.
    Kalau dapat WA2 atau SMS2 pun sebaiknya gak usah digubris dihapus aja. Kalau masih belum percaya bisa call CS resemi BCA buat konfirmasi.

    ReplyDelete
  15. sempet baca juga di berita kasus kaya gini banyak kejadian apalagi BCA kan nasabahnya banyak banget pantes aja jadi inceran para penipu ya. ada aja ya sekarang ide tipu2 kita harus waspada dan hati2 banget

    ReplyDelete
  16. wah mesti hati-hati banget ya mom, soalnya kita yang kadang mendapatkan pesat atau link ini tangan gatel terus klik dan akhirnya bisa gawat deh.

    ReplyDelete
  17. Penipu jaman sekarang melek teknologi dan bisa mencari celah seseorang lengah. That's why harus waspada jika menerima telepon dari nomor tak dikenal sekalipun ngaku dari bank terkenal sekalipun. Turut prihatin dengan kisah temannya mba. Bisa jadi pembelajaran kita semua agar selalu fokus dan waspada..

    ReplyDelete
  18. Ngeri ya. Kalo buru-buru, ini gak bisa dibedakan dari tampilan BCA mobile yang asli. Pastinya nanti bisa kejebak dan tertipu. Semoga deh temen-temen banyak yang baca tulisan ini, biar gak ada lagi yang tertipu. Di masa susah begini, duit berapa pun berguna banget :(

    ReplyDelete
  19. Ngeri ya. Kalo buru-buru, ini gak bisa dibedakan dari tampilan BCA mobile yang asli. Pastinya nanti bisa kejebak dan tertipu. Semoga deh temen-temen banyak yang baca tulisan ini, biar gak ada lagi yang tertipu. Di masa susah begini, duit berapa pun berguna banget :(

    ReplyDelete
  20. wah para penipu ini selalu punya cara ya buat menjebak calon korbannya. kemarin nasabah bank BRI sekarang nasabah bank BCA yang jadi target penipuannya. sebagai nasabah kita memang harus semakin hati-hati nih dengan penipuan semacam ini

    ReplyDelete
  21. penipu tuh memang memanfaatkan emosi kita sih ya, jadi strateginya ya untuk bikin korban panik dulu, baru deh kalau panik, biasanya memang tanpa pikir panjang akan ikutin instruksi apapun. Huhuhu, semoga kita terhindar dari penipuan semacam ini yaa

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah ketemu orang baik2 semoga selalu demikian di setiap tempat yg kami datangi. Semoga kita semua terhindar dr penipuan ya mak

    ReplyDelete
  23. Serem banget yaa maling skrg dah pakai teknologi. Kita memang harus aware ama yg begini nih. Biar ga ikutan kejeblos masuk perangkap meraka. Mana nasabah BCA lumayan banyak kan.

    ReplyDelete
  24. Wah, sebagai pengguna BCA mobile banking, aku harus waspada dengan modus penipuan link palsu seperti ini
    Makasih sudah sharing ya mbak

    ReplyDelete
  25. Aku nyaris kena
    Untungnya saya sadar waktu itu
    Seperti dihipnotis tapi untung ada anakku nangis banter jadinya fokusku kepecah. Setelah cek lagi eh bener dong salah akunnya

    ReplyDelete
  26. wah serem banget ya, semakin banyak cara untuk menipu :( beware guys

    ReplyDelete
  27. Astaghfirullaah kok serem serem banget sih yaaa
    modus link palsu tampilan BCA Mobile ini sedang marak, dan aku juga sekarang ekstra hati hati menggunakannya

    ReplyDelete
  28. Makin ke sini modus penipuan makin canggih ngikut perkembangan zaman. Udah banyak yang ketangkap tapi pelakunya kayak gak abis2

    ReplyDelete