Liburan Bersama Si Kecil Tanpa Drama Ruam Popok

by - December 18, 2022

 

Makuku


Bayi Rewel, Perjalanan Liburan Jadi Kacau

Membahas tentang bayi rewel di perjalanan liburan, jadi teringat saat anak pertama masih bayi. Waktu itu, karena perjalanan lama, kondisi tidak leluasa, kami naik kereta, saya lalai untuk mengganti diapersnya. Biasanya di rumah setiap jam tertentu diganti, tapi dalam perjalanan waktu itu diganti setelah popoknya menimbulkan bau tak sedap, dan terasa berat. Dampaknya?

Area bokong bayi saya kemerahan, ada beruntus kecil-kecil menyerupai biang keringat, tapi bukan biang keringat, itu adalah ruam popok karena terlambat mengganti diapersnya. Sampai konsultasi ke dokter anak karena dampak ruam itu benar-benar mengganggu liburan kami, jadi budget yang semula buat liburan jadi over untuk biaya di luar dugaan.

Peradangan pada area bokong bayi atau disebut juga ruam popok itu disebabkan kondisi diapers yang lembab, karena kurangnya sirkulasi udara, selama berjam-jam kulit bayi terpapar urine. Maka kulit jadi meradang, ruam popok bisa berupa kulit kemerahan, beruntus, rasanya gatal dan perih sehingga bayi tidak nyaman, menjadi rewel, sulit tidur. Hal ini terjadi dalam perjalanan liburan, hasilnya benar-benar membuat perjalanan jadi kacau, kan.

Penyebab Ruam Popok

Selain karena terlambat pengganti diapers sehingga kulit terpapar urin atau feses cukup lama, lalu berinteraksi dengan diapers, bisa menyebabkan ruam popok.Ternyata ada penyebab lain, seperti disebabkan anak mengalami alergi bahan diapers, diapers terlalu kencang atau ketat sehingga terjadi pergesekan di kulit, iritasi, dan sirkulasi udara semakin berkurang. Kulit sensitif juga riskan banget ruam popok, tidak boleh sembarangan gonta-ganti merek diapers.

Kalau sudah terjadi ruam, cukup sulit menanganinya loh, karena area yang terkena ruam itu riskan lembab, riskan terpapar urin atau feses. Bayi saya waktu itu butuh waktu untuk benar-benar menyembuhkan ruamnya, padahal saat terjadi ruam popok langsung ditangani. Sementara ada anak teman saya yang mengalami ruam parah sampai kulitnya luka, dan harus dirawat dengan intens karena salah dalam menanganin saat terjadi ruam.

Karena itu lebih baik mencegah sebelum terjadi ruam popok. Diantaranya jangan lupa mengganti diapers sebelum penuh dan menimbukan bau, jaga kebersihan area popok, kenali kulit Si Kecil dan konsultasi dokter jika ternyata sangat sensitif, pilih diapers yang tepat. Apalagi melakukan perjalanan jarak jauh, diapersnya benar-benar harus memenuhi standart keamanan, dan kenyamanan bayi, seperti MAKUKU SAP Diapers Slim nih. Yang lagi ramai dipilih para ibu untuk Si Kecil.

Saya saja tahu MAKUKU SAP Diapers Slim, karena produk diapers satu ini lagi ramai dibahas sampai oleh artis terkenal di social media, hehehe. Nikita Willy, Jessica Iskandar, mempercayakan MAKUKU SAP Diapers Slim untuk bayi mereka, jadi makin penasaran kan buat tahu banyak tentang produk MAKUKU satu ini.

Mengapa Memilih MAKUKU SAP Diapers Slim untuk Bayi?

MAKUKU Popok Pertama di Indonesia yang Menggunakan Inti Struktur SAP (Super Absorbent Polymer)



Coba ya, sejak dulu saya sudah mengenal MAKUKU diapers. Namun MAKUKU baru hadir tahun 2020, sebagai perusahaan yang berorientasi dalam penyediaan kebutuhan ibu dan anak berkualitas. MAKUKU popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super sehingga anti gumpal). Popok MAKUKU juga sudah teruji paling tipis diantara popok lain di Indonesia.

Selain itu MAKUKU memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok. MAKUKU juga sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok loh. Apalagi MAKUKU SAP Diapers Slim, yang merupakan upgrade dari produk sebelumnya, tentu saja secara keunggulan lebih upgrade. Jadi semakin penasaran kan, secanggih apa MAKUKU SAP Diapers Slim sehingga bayi tidak mengalami ancaman ruam popok.

Pas banget momen liburan tahun ini pasti banyak keluarga yang memiliki bayi merasa khawatir bayi rewel di perjalanan, karena popoknya cepat penuh atau lalai mengganti popok jadi ruam popok. Sebab seperti yang dikatakan dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak,

"Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

Ngalamin kan, popok yang belum waktunya diganti, tahu-tahu sudah penuh banget dan menimbulkan bau tidak sedap? Kadang, kita mengikuti saran penggunaan untuk menggantinya sekian jam, meski kenyataannya sudah penuh. Akibatnya sudah pasti ruam popok. Maka  MAKUKU SAP Diapers Slim, Insaallah bisa jadi solusi bayi nyaman dalam perjalanan liburan. Tentu ibunya juga nyaman ketika bayi tidak rewel dan dapat tidur nyenyak.

Apa itu SAP( Super Absorbent Polymer)?




Buat ibu-ibu yang penasaran banget MAKUKU SAP Diapers Slim menggunakan inti struktur SAP. Apa sih SAP itu?  SAP adalah polymer hidrophilik yang memiliki kemampuan dapat menyerap cairan lebih maksimal, sehingga  anti menggumpal, penyerapannya lebih merata, lebih tipis dan ringan, tidak osmosis.

Pernah mencoba atau lihat kan, diapers yang belum waktunya diganti sudah penuh tidak merata, menggumpal di bagian tertentu, dan terasa berat banget sampai kasian anak yang memakainya. Nah, itu bisa terjadi pada diapers yang memakai  SAP campuran pulp, sebab pulp hasil dari pemisahan serat yang terdapat pada serat kayu yang biasanya digunakan untuk kertas.

Sehingga begitu terkena urine gampang menggumpal, penyerapan tidak merata, tebal dan berat, ada osmosis balik. Membuat anak mudah terpapar ruam popok, tidak nyaman. Pasti tidak nyaman ya, kalau popok berat, lembab. Duh, kalau ingat dulu anak saya ruam popok karena jenis popok yang menggunakan inti struktur SAP dan pulp, jadi menyesal deh.

Keunggulan MAKUKU SAP Diapers Slim




Selain mengandung penyerapan lebih maksimal, daya serap hingga 500 ML, yang dapat mengunci cairan dengan baik, permukaan menjadi lebih kering. MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki keunggulan yang bisa menjadi rekomedasi para ibu dalam memberikan diapers ke bayi agar terrhindar dari ruam popok, dan menjadikannya pilihan sebagai popok bayi yang tepat untuk dibawa saat liburan tahun ini.

  1. Desain permukaan Makuku SAP Diapers Slim mengurangi kontak langsung dengan kulit
  2. Sirkulasi udara Makuku SAP Diapers Slim lebih baik sehingga nyaman dipakai
  3. Indikator Urin sebagai Sebagai pengingat untuk mengganti popok yang sudah penuh
  4. Khusus untuk size New Born berbentuk “U” Shape, untuk melindungi tali pusar bayi agar tidak menempel di permukaan diapers
  5. Anti Bocor samping
  6. Penyerapan cepat, mempersingkat kontak urine dengan pantat si kecil
  7. Tipis 1.6mm, Ringan,  Senang seharian, karena bayi akan lebih nyaman menggunakan popok yang tipis, tidak akan menghambat gerakan dan aktivitas bayi selama dalam perjalanan liburan.
  8. Head-Press Side khusus untuk tipe celana, membuat bayi lebih nyaman, karena mengurangi iritasi atau gesekan di area pinggang, lebih elastis, dan mudah saat dirobek.
  9. Khusus tipe celana (Tape pembuang), sehingga praktis saat diperjalanan ganti popok

Konsultasi Dokter Gratis dari MAKUKU

10 Rumah Sakit Berikan Konsultasi Ibu dan Anak Secara Gratis

Oya, buat ibu yang sudah terlanjur Si Kecil mengalami ruam popok atau khawatir Si Kecil mengalami ruam popok, coba konsultasi dokter gratis dari MAKUKU, yuk! Sebelum berangkat liburan, ada baiknya persiapkan juga kondisi Si Kecil dalam keadaan baik-baik, termasuk tidak mengalami ruam popok sehingga perjalanan liburan berjalan lancar.

Karena semakin banyaknya hoak yang dijadikan sebagai sampel merupakan berita mengenai kesehatan, maka MAKUKU sebagai brand yang berkomitmen untuk mendukung kesehatan bayi, berupaya untuk memberikan edukasi yang sampai kepada Ibu di Indonesia tepat dan diakui oleh para ahli. Edukasi yang tepat ini diperoleh dengan membangun kerjasama bersama 10 rumah sakit di Indonesia loh.

Program ini bertujuan mengedukasi Ibu mengenai masalah ruam popok bayi dan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. Selain itu, MAKUKU juga akan membagikan popok gratis kepada Ibu yang datang untuk melakukan konsultasi. Bisa sekalian coba dulu, sebelum membeli. Yakin deh, pasti langsung jatuh cinta sama produk MAKUKU diapers.

Nah, program konsutasi ibu dan anak secara gratis ini, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis di 10 kota yang telah dipilih yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022. Silakan dicatat, berikut ini 10 rumah sakitnya, siapa tahu ada yang dekat kota kalian.

10 rumah sakit yang turut serta dalam program kolaborasi ini yaitu:

RS St. Carolus di Jakarta

RSIA Bina Medika di Tangerang

RS Lira Medika di Karawang

RS Hermina Pasteur di Bandung

RS Hermina Pandanaran di Semarang

RSIA Putri di Surabaya

RS Mitra Medika Premiere di Medan

RSIA Azzahra di Palembang

RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung

RSIA Ananda di Makassar

Jangan sia-siakan kesempatan ini ya, dan jangan sampai mengalami Si Kecil terpapar ruam popok. Kalau ternyata terkena ruam popok bisa segera diatasi dengan tanya dokter gratis, dan beralih ke diapers yang lebih baik untuk mencegah terjadinya ruam popok, seperti MAKUKU SAP Diapers Slim.

Beli MAKUKU SAP Diapers Slim di mana?

Untuk membeli seluruh varian MAKUKU SAP Diapers Slim bisa di e-commerce kesayangan, yakni di MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia. Tersedia dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL). Jangan sampai kehabisan stock di saat liburan bersama Si Kecil ya, #TakutRuamDiapersUseMAKUKU #RuamPopokExpert

Untuk info lebih lengkap tentang semua produk MAKUKU bisa langsung ke website MAKUKU https://makuku.co.id atau social medianya:

Instagram @makuku.indonesia.official

Tiktok @makukuindonesia.official

So, selamat berlibur bersama Si Kecil!

 

You May Also Like

17 komentar

  1. wah aku baru tahu kalau MAKUKU bekerja sama dengan RS untuk konsultasi seputar ruam popok. Dapat sample produk MAKUKU juga lagi, waaah enak banget!
    memang yaa kualitas popok berperan penting supaya mencegah ruam. Asal jangan lupa rutin setiap sekian jam ganti popok supaya anak bisa beraktivitas dengan nyaman.

    ReplyDelete
  2. kalau mengajak bayi traveling itu memang harus diperhatikan terus keperluannya, ya, mbak termasuk popok ini. apalagi misalnya perjalanan jauh pakai mobil. harus rajin banget ngecek popoknya sudah penuh apa belum biar bayi nggak kena ruam popok

    ReplyDelete
  3. ayomakan ini sudah mencakup seluruh wilayah atau masih di wilayah tertentu ya, mbak? dia jadi semacam direktori tempat makan gitu ya jadinya jadi kalau lapar nggak bingung mau makan apa

    ReplyDelete
  4. wah praktis nih bisa dibawa kemana-mana dan sizenya juga banyak ya :D

    ReplyDelete
  5. Kita aja yang udah bukibuk kalau mengalami ruam karena pembalut, rasanya nggak nyaman banget. Apalagi bayi yang ruam popok. Mana mereka belum bisa menjelaskan apa yang mereka rasa. Btw itu Makuku keren banget ya ada diapers slimnya.

    ReplyDelete
  6. Makuku ini beneran deh enak banget dipakai. Pas Aqsa masih pakai popok, kucoba pakai ini emang beda banget. Walaupun penuh, popok nggak basah, pantat tetap kering, nggak gembal-gembal-gembol, dan yang pasti tetap higienis.

    ReplyDelete
  7. Kadang kalau anak pipisnya banyak nggak sampai 3-4 jam pun sudah penuh dan harus diganti. Kalau kelamaan bisa memicu ruam popok. Indikator urin di popok MAKUKU ini jelas berguna banget ya mbak agar kita bisa cek kapan harus ganti popok.

    ReplyDelete
  8. Anak enggak rewel pakai MAKUKU bahkan saya yang "rewel" gantiin kalo sudah berubah warna indikatornya 😅
    Daya serapnya benar benar tinggi...

    ReplyDelete
  9. Ingin travelling bahagia malah berujung sedih kalau memilih popoknya tidak tepat ya, Bubi..
    Sebaiknya menggunakan popok yang sudah pasti bagus dari segi kualitasnya seperti MAKUKU karena memiliki inovasi SAP yang menyerap cairan pipis dengan cepat sehingga kulit anak tetap kering dan tidak lembap.

    ReplyDelete
  10. Anak2 pastinya aktif bngt y mba eni saat diajak traveling makanya butuh popok yang nyaman juga anti bocor supaya anak bisa bebas aktif bergerak

    ReplyDelete
  11. Makuku ini produk baru ya? Ruam popok masalah buat bayi dan batita, anak jdi rewel karena sakit pedih mamanya puyeng

    ReplyDelete
  12. Yang bikin suasana jadi panik pas liat anak tetiba rewel ya kan,apalagi kalau tau penyebabnya karena ruam popok.
    Mesti cepat' ganti ke produk MAKUKU ya.

    ReplyDelete
  13. Ruam popok memang sering dialami bayi, tapi ya sebisa mungkin kita mencegahnya. Pemilihan popok jadi salah satu cara. Akun sendiri udah pakai MAKUKU dan emang oke sih

    ReplyDelete
  14. Jangan sampai deh si kecil kena ruam popok, gak cuma anaknya yang gelisah kita juga jadi gak tenang ya Bubi, makanya perlu banget menggunakan popok yang cocok untuk si kecil seperti Makuku ini

    ReplyDelete
  15. Kalo sudah ketemu pospak yang cocok, dan ruam sudah teratasi tu hati emak pun berasa tenaang gitu ya. Mau ngajak anak jalan-jalan pun nyaman.

    ReplyDelete
  16. anakku juga pakai makuku ini dong, dan alhamdulillah udah gak ada lagi drama popok bocor dan ruam popok karena popoknya super kering

    ReplyDelete
  17. Andaikata makuku ada di era anak2 ade masih kecil. Mgkn bakalan langsung beli makuku deh sbg diapersnya

    ReplyDelete