Makna Merayakan Hari Ulang Tahun

by - December 01, 2022

 


Merayakan hari ulang tahun atau HUT itu beragam ya, bukan hanya hari ulang tahun kelahiran saja, tapi juga hari ulang tahun pernikahan, hari ulang tahun persahabatan, hari ulang tahun terbentuknya sebuah komunitas, hari ulang tahun berdirinya sebuah perusahaan, dan lain sebagainya. Semua memiliki hari lahir atau hari jadi, yang banyak orang menjadikan itu sebagai hari istimewa atau spesial.




Makna Merayakan Hari Jadi 

Namun tidak jarang yang menganggapnya biasa saja, bahkan melupakannya karena berbagai alasan. Padahal merayakan hari ulang tahun itu memiliki makna yang sangat besar, bukan sekedar merayakan dalam bentuk pesta dengan menghamburkan uang, atau suasana yang ramai indentik dengan hura-hura. Perayaan hari ulang tahun ada sisi postifnya yang harus dipahami, sehingga maknanya bisa didapat.

Misalnya dengan merayakan ulang tahun pernikahan menurut Amrican Psychological Associaton membuat hubungan pasangan suami istri menjadi lebih sehat. Karena mengingat dan merayakannya membuat sama-sama teringat hari penting saat pertama kali melakukan janji perikahan atau akad nikah, perasaan-perasaan bahagia yang mungkin terkikis waktu, keadaan, kondisi, akan muncul kembali.

Sebab perjalanan pernikahan bukan suatu yang mudah, pasang surut, semua itu membutuhkan moment yang dapat menghidupkan kembali kebahagiaan-kebahagiaan, diantaranya dengan saling mengingat hari jadi pernikahan dan merayakannya. Bisa merayakan dalam bentuk makan bersama yang berbeda dari hari biasanya, baik di rumah maupun di luar. Saling memberi hadiah kecil, atau menyusuri jalan-jalan yang dulu pernah dilalui berdua.

Mungkin bisa juga berbagi kebaikan dengan membahagiakan oranglain, seperti memberikan sesuatu kepada yang membutuhkan, mengunjungi panti jompo, dan lain sebagainya.  Insaaallah, lebih bermanfaat dan akan banyak doa-doa kebaikan yang kita terima. Tidak hanya dalam perayaan ulang tahun pernikahaan bisa berbagi kebaikan, dalam perayaan ulang tahun kelahiran atau terbentuknya perusahaan seperti yang dilakukan JNE ini juga baik loh. Inspiratif buat ditiru.

Merayakan HUT ke 32 Tahun, JNE Mengajak Bangkit Bersama

JNE yang didirikan pada tanggal  26 November 1990, oleh Alm. H. Soeprapto Soeparno, sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional, bulan ini merayakan ulang tahunnya yang ke 32 tahun. Kalau manusia, ini merupakan usia yang sudah dewasa dan gemilang. Saya sendiri baru menyadari kalau ternyata JNE sudah ada sejak saya berusia ABG ya, sampai saya kini memiliki anak ABG, hehehe.

 



Dalam merayakan ulang tahunnya Ke-32  ini JNE yang memiliki tagline “Connecting Happiness”, untuk memberikan manfaat seluas-luasnya bagi bangsa dan negara. Tidak merayakan dalam bentuk pesta hura-hura, tapi seperti yang saya tulis di atas, merayakan dalam bentuk berbagi kebahagiaan untuk oranglain, tentu saja hal ini memberi makna yang dalam.

JNE mengusung tema ”Bangkit Bersama” yang memiliki makna Progress, Pertumbuhan, Pergerakan dan Perjalanan. Dalam memaknai dan merayakan perjalanan lebih dari 3 dekade yang melalui proses perjalanan untuk terus bergerak dari kelompok kecil dan kini telah berkembang menjadi lebih 50.000 orang Ksatria dan Srikandi (Karyawan). Perkembangan yang luar biasa.

50.000 karyawan ini terdiri dari berbagai suku serta bahasa, serta didukung lebih dari 8.000 jaringan yang terus bertumbuh dan memberikan manfaat terbaik demi terciptanya Indonesia Bangkit bersama. Bangkit bersama UMKM, Pelanggan,  dan Mitra. Sehingga siap menghadapi tantangan dan Bangkit Bersama dalam perjalanan untuk mengantarkan kebahagiaan. 

“Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, selama 3 dekade lebih JNE menjadi bagian dari ekosistem dunia usaha dan berperan penting dalam perekonomian nasional, semoga dengan bertambahnya usia yang ke 32, JNE dapat mewujudkan Visi sebagai Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global. Tema HUT JNE Bangkit Bersama memiliki makna untuk menggelorakan dan menebarkan energi positif dan optimisme untuk Indonesia, serta mengajak masyarakat, pelanggan, mitra dan stakeholder untuk terus maju dan adaptif dalam berkarya, berinovasi dalam beragam program kolaborasi agar memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” kata M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE.

Apa Saja Acara HUT ke 32 Tahun JNE?



Acara perayaan menyambut HUT JNE diantaranya shopping bareng yatim dan dhuafa dari 20 yayasan yatim piatu di Jabodetabek, dan dilakukan juga di cabang JNE. Hal ini sesuai dengan filosofi Berbagi, Memberi, dan Menyantuni. Ada juga kegiatan lomba foto, lomba video, khataman pembacaan Al-Qur’an, acara tasyakuran dan potong tumpeng, ziarah ke makam pendiri JNE Alm. H. Soeprapto Soeparno.

Tidak ketinggalan untuk kalian yang sudah bergabung di JNE Loyalty Card (JLC), ada kejutan juga, yaitu:

  • Periode 21 - 30 November 2022 dapat menukarkan sebanyak 32 poin menjadi e - voucher ongkir Rp. 32.000
  • Promo diskon ongkos kirim sebesar 32% pada 26 - 27 November 2022 untuk kiriman service Regular ke seluruh tujuan di Indonesia.

Tidak ketinggalan ada beragam kuis dan giveaway untuk seluruh masyarakat yang dapat diikuti di sosial media JNE, seperti Games Si Joni, giveaway produk lokal bersama UMKM unggulan. Kalian langsung saja meluncur ke instagram JNE di @jne_id untuk mengetahui kuis dan giveawaynya, atau kalau ingin mengetahui berbagai kegiatan JNE lainnya bisa https://jnewsonline.com/ 

JNE juga berkolaborasi dengan Tab Space asal Bandung, yaitu studio komunitas seniman disabilitas untuk mendesain merchandise khusus HUT JNE ke 32 tahun. Kolaborasi tersebut merupakan bentuk kepedulian JNE dalam memberikan dukungan agar seniman disabilitas memiliki ruang berkarya dan Bangkit Bersama untuk menunjukkan kemampuan karya-karya terbaik mereka sehingga dapat dikenal di masyarakat. 

Nah, untuk acara puncak HUT JNE ke-32 dilaksanakan secara hybrid di Taman Yatim Piatu Tunanetra (Yatuna) Soeprapto Soeparno, Jalan Pusdiklat Depnaker, Jakarta Timur, pada Minggu 27 November 2022 pukul 09.00 WIB – selesai. Acara dibuka dengan do’a bersama yang di pimpin oleh Syekh Muhammad Jaber dengan dihadiri Manajemen JNE, mitra serta karyawan, dengan tetap mematuhi pelaksanaan protokol kesehatan.

Dalam acara ini dibagi-bagikan  doorprize dan grandprize sebagai apresiasi kepada karyawan, berupa puluhan sepeda motor dan hadiah utama berupa 2 unit rumah untuk karyawan yang beruntung, serta ribuan hadiah menarik lainnya, dan juga dilakukan pemilihan karyawan terbaik dari pusat dan cabang. Puncak gelaran acara menampilkan bintang tamu Kangen Band yang terkenal dengan lagu Pujaan Hati, Terbang Bersamaku, Cinta Yang Sempurna dan lainnya. 

Banyak banget ya, makna yang didapat dari merayakan ulang tahun, apalagi ketika bisa menebarkan kebahagiaan kepada semua orang.

You May Also Like

26 komentar

  1. Keren banget sih hari jadi JNE ke-32 bagi-bagi hadiah yang super banyak, jadi ingat zaman aku berbisnis dan banyak menggunakan jasa JNE

    ReplyDelete
  2. Sudah selama itu ya JNE, dah 32 tahun saja. Semoga semakin banyak cabangnya, dan semakin sukses ke depannya. Insya Allah berkah, apalagi sering melakukan kegiatan yang bermanfaat dan menebar bahagia ke banyak orang. Termasuk karyawannya dan anak-anak di tempatnya merayakan ulang tahunnya yang 32 itu. Panti Yatim Piatu Tunanetra.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ngerayain annersary, tau tau pas tanggal lewat keinget terus ketawa bareng-bareng ahaha.. Keren banget ini JNE ulang tahun yang ke 32. Sukses selalu untuk JNE

    ReplyDelete
  4. ya mbak, JNE ini udah lama, nggak terasa ikut tumbuh bersamanya ya. Syahdu kali acara ulang tahun JNE ini dengan ngajak anak-anak yatik shopping bareng.

    ReplyDelete
  5. Makin sukses, berkah. Berlimpaaahhhh utk JNE

    Korporasi yg sangat Inspiring

    Semangatnya utk connecting happiness bnr2 diwujudkan ya

    ReplyDelete
  6. wah, udah lamma juga yaa ternyata JNE. mantab deh ya, ulang tahun bisa berbagi kebahagiaan untuk banyak pihak, keren kereen

    ReplyDelete
  7. Salut JNE merayakan ulang tahun tanpa hura-hura tapi memaknai dengan tetap berbagi, memberi dan menyantuni. Selalu membuat orang bahagia nih JNE

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah, JNE ternyata sudah 32 tahun melayani jasa ekspedisi. Salut dengan cara JNE mensyukuri ulang tahunnya, dengan kegiatan sosial dan serangkaian acara yang berbobot, jauh dari ucara hura-hura (party). Semoga JNE semakin sukses dan menebarkan banyak kebaikan bagi negeri ini

    ReplyDelete
  9. keren ya JNE, rangkaian ulang tahun ke 32 diisi dengan hal baik yang membantu sesama terutama untuk UMKM

    ReplyDelete
  10. Wawww ga berasaa ya JNE sudah 32 Tahun ada Dan membantu kerempongan kita dalam Hal kirim mengirim barang. Semoga making jaya JNE

    ReplyDelete
  11. Paling takjub sama perusahaan yang perhatian sama karyawannya, berbagi dan menyantuni.
    Begitulah memang seharusnya ya.
    Memberi manfaat.

    Barokallah, JNE!

    ReplyDelete
  12. Makna merayakan hari ulang tahun ini lebih banyak yang digunakan untuk bersyukur dan berbagai kebahagiaan dengan sesama ya mbak
    Sebagaimana yang dilakukan oleh JNE ini

    ReplyDelete
  13. Saya dan keluarga tidak merayakan ulang tahun. Bukan anti, tapi karena kurang mampu saja. Tapi kalau merayakan ulang tahun dengan berbagi kebaikan, berbagi manfaat dan program naik seperti yang dilakukan JNE wah pastinya saya setuju juga.

    ReplyDelete
  14. 32 tahun JNE semoga makin menginspirasi dan tambah berkah ya. Aku jarang ngerayain ultah. Tapi kalau ada, ya seneng aja sih

    ReplyDelete
  15. 32 tahun JNE semoga makin menginspirasi dan tambah berkah ya. Aku jarang ngerayain ultah. Tapi kalau ada, ya seneng aja sih

    ReplyDelete
  16. Sejak dulu JNE tak pernah lupa berbagi setiap hari ulang tahunnya ya mba. Nggak perlu yang meriah, justru dengan berbagi kebahagiaan dengan karyawan, anak yatim dan kaum dhuafa. Nah pelanggannya pun juga kebagian dengan promo ongkir dan program promo lainnya

    ReplyDelete
  17. Rasanya dari tahun ke tahun, waktu berjalan dengan cepat ya..
    Dan semoga Allah memberikan kebaikan di setiap usia. JNE menjadi contoh untuk kita semua untuk merayakan ulang tahun dengan menebarkan lebih banyak keberkahan untuk lingkungan.

    Barakallahu fiikum.

    ReplyDelete
  18. aku selalu angkat topi nih untuk korporat sebesar JNE yang peduli banget dengan karyawannya dan juga pengembangan masyarakat sekitar. Harusnya semua perusahaan diIndonesia bisa nih kayak JNE

    ReplyDelete
  19. Wah pas aku baru 1 tahun ternyata JNE lahir ya mak. Di usianya yg sekarang banyak banget kiprahnya untuk pengembangan SDM apalagi karyawannya. Maju terus JNE

    ReplyDelete
  20. JNE sudah 32 tahun melayani masyarakat Indonesia dalam bidang jasa logistik. Bisa se sukses ini tentu bukan hal mudah. Dengan kebersamaan sebagaimana motonya di hari ulang tahun ke 32 ini, bangkit bersama, menandakan JNE tak ingin hanya sukses sendiri.

    ReplyDelete
  21. Hihihi aku sejak dewasa gak terlalu merayakan wkwk. Paling cuma berdoa bersama, bersyukur dikasi usia panjang. Bahkan kadang tu rasanya gak pengen nambah 1 usia, maunya stay 25 yo wkwkwk.

    Waahh JNE ultah ke-32 tahun yaaa. Lama juga perjalanan bisnis JNE hingga sebesar sekarang yaa. Moga makin sukses dengan semangat connecting happiness-nyaaa.

    ReplyDelete
  22. Udah 32 tahun aja nih JNE. Saya dulu pernah jualan online, terbantu sekali dengan ekspedisi JNE ini. Sakitnya lagi banyak program CSR JNE yang membantu masyarakat, semoga ke depannya JNE Makin sukses ya

    ReplyDelete
  23. kalau JNE setiap hari jadi alhamdulillah makin bersinar, berbagi kebahagiaan buat customer, pegawai, juga masyarakat sekitar. Begini yang membuat usaha makin berkah dan JNE jadi top of mind urusan kirim paket.

    ReplyDelete
  24. Wuahhh JNE udah 32 tahun aja nih. Beda tipis banget sama usia saya. Gak nyangka yaa, JNE makin tumbuh besar seperti sekarang. Kokoh dan makin tangguh (emang semen..) meski dihadapkan pada berbagai ujian. Bangga deh jadi salah satu member JLC.

    ReplyDelete
  25. Waaah ternyata JNE udah 32 tahun. Lama banget ya ternyata. Pertama kali pakai JNE kayaknya tahun 2000 terima surat .Selamat Ulang tahun JNE. Sukses terus yaa

    ReplyDelete
  26. JNE adalah satu satu jasa pengiriman yang helpful banget dan selalu mengedepankan inovasi di setiap program-program kerjanya. Semoga pelayanannya juga jadi makin baik lagi :))

    ReplyDelete