Manfaat Sejak Dini Belajar Coding untuk Anak

by - December 06, 2022

 



Akhir-akhir ini banyak banget ya, berseliweran iklan belajar koding, kelas koding anak, maupun kelas koding online. Jujur, awalnya saya masih maju-mundur karena semakin beragam, semakin bingung memilih yang terbaik, hehehe. Betul begitu nggak sih? Apalagi iklan via online itu tidak bisa komunikasi dengan detail.

Sempat juga sih, saya ngobrol sama teman-teman yang memiliki anak seumuran anak saya, Pendar ( 8 tahun). Karena rata-rata anak sekarang sudah familiar dengan bermain games, jadi koding ini bukan hal yang asing lagi. Tapi ternyata banyak juga orangtua yang belum memahami koding, bahkan takut mengikutkan anaknya belajar koding karena mereka tidak paham. Takutnya ketika anak bertanya, mereka tidak bisa menjelaskan.

Tidak jarang orangtua yang melihat atau bermain games saja ada yang bingung, bagaimana kalau ikut kelas koding. Meski anak mereka yang belajar koding, sebagai orangtua takut jika tidak bisa mendampingi. Bener juga sih, apalagi saya termasuk orangtua yang tidak gemar bermain games. Pernah mencoba memahami game yang dimainkan anak saya, ujung-ujungnya saya pusing, hehehe.


Walnut Coding di Edu Fair Kiddofest 2022, Pluit Village Mall




Hingga suatu hari saya dan suami mampir ke Pluit Village Mall, mall yang lokasinya tidak jauh dari rumah mertua saya. Awalnya hanya ingin mampir untuk jalan-jalan saja, setelah lama tidak berkunjung ke sana, tapi ternyata sedang ada Edu Fair Kiddofest 2022. Saya lihat banyak booth-booth  untuk kelas belajar anak, dari kelas musik, bahasa inggris, public speaking, sampai kelas koding, Walnut Coding.



Wah, kebetulan banget ada booth koding, dan bisa bertanya banyak hal di sana. Diantara antrian para Ibu yang sibuk tanya-tanya tentang koding, saya pun akhirnya dapat giliran untuk tanya langsung. Tidak hanya bertanya, tapi juga diajak langsung mengenal Walnut Coding, dan kelas coding online yang diadakan.

Mengenal Walnut Coding


Saya pengen tahu dong mengenai Walnut Coding, karena dengan menjamurnya kelas koding saat ini, jangan sampai salah pilih. Ternyata Walnut Coding didirikan pada tahun 2017, dan menjadi sekolah koding online terkemuka berbasis aplikasi loh. Bayangkan, sudah lebih dari 3,2 juta pengguna dan lebih dari 4.000 karyawan.


Manfaat Belajar Coding




Jadi bukan sekedar ikut-ikutan yang lagi trend ya, Walnut Coding sudah berdiri sekitar lima tahun lalu. Saya juga diberi pemahaman akan manfaat belajar coding untuk anak, tidak sekedar bisa main games. Tapi manfaat belajar coding untuk mengasah computational thinking anak atau mengasah metode anak menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer.

Jadi dengan bantuan komputer, computational thinking memungkinkan seseorang untuk mengambil masalah yang paling kompleks, memahaminya, dan menciptakan solusi. Mengingat saat ini era digital, semua serba komputerisasi, makanya belajar koding menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi untuk anak atau generasi muda. 

Selain itu, belajar koding juga untuk meningkatkan keterampilan  matematika, kreativitas, berpikir logis, skill analisis, berpikir kreatif. Seperti yang dikatakan Steve Jobs, "A computer is a bicycle for your mind"


Mengapa Belajar Koding Sejak Dini?


Jadi belajar koding sejak dini sangat disarankan, mengingat koding merupakan bahasa terpenting di abad ke-21 sebagai komponen dalam pembuatan software komputer, website, aplikasi, dan video game. Karena anak-anak dunianya bermain, maka belajar terbaik untuk memahami bahasa  abad ke- 21 ini tentu saja dengan belajar koding.

Sebab belajar koding dilakukan dengan praktis langsung sambil main games, jadi anak merasa senang, tidak seperti merasa sedang melakukan pembelajaran yang sulit dan membosankan. Karena menggabungkan konsep video game, saat ini siapa anak-anak yang tidak suka game, kan? Dari pada mereka hanya bermain games di gadget, kenapa tidak kita ikutkan kelas koding.


Pengalaman Ikut Trial Class di Walnut Coding




Akhirnya dari tanya-tanya dan diskusi tentang koding ini, saya pun tertarik untuk mendaftarkan Pendar ikut trial class di Walnut Coding. Jadi ikut kelas koding online gratis selama tiga hari, tema koding MINECRAFT. Pendar langsung antusias banget, secara dia suka main game Minecraft. Ada rasa penasaran kalau sampai bisa membuat gamenya.

Mengapa Saya Memutuskan Pendar Ikut Kelas Koding di Walnut Koding?




Apalagi dijelaskan untuk kelas koding ini tidak masalah jika orangtua tidak memahami koding, karena anak akan didampingi dan dibimbing oleh pengajar online yang handal dan berpengalaman, secara privat. Jadi anak benar-benar relaks, dan nyaman mengikutinya. Saya pun hanya mendampingi sesekali karena sambil mengasuh adiknya Pendar, kalau ada kesulitan dan Pendar bingung cara bertanya, baru saya bantu bertanya pada pengajarnya.

Pengajarnya sangat  sigap, apa pun kesulitan anak segera ditanggapi. Cara diskusi dengan pengajarnya juga mudah sekali, tinggal klik fitur live chat di aplikasi, bisa dengan cara mengetik atau voice note, bisa menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Semua pertanyaan akan dijawab detail, sehingga tidak ada kesulitan meski anak mengikuti kelas koding online. Pokoknya semua step-stepnya sangat mudah diikuti, anak jadi belajar sambil bermain loh. 




Pendar meski baru mengikuti trial class selama tiga hari sudah bisa membuat game Minecraft sederhana, memahami perintah-perintah di aplikasi meski menggunakan bahasa Inggris semua, berhitung cepat saat harus mengikuti step-step dalam menjalankan gamesnya. Jadi secara tidak langsung anak dilatih belajar bahasa Inggris dan matematika.

Oya, selama Pendar mengikuti trial class 3 hari, setiap harinya menjalani misi yang berbeda, yakni hari pertama Take Cake Mission, hari kedua Wonder Dessert Adventure, dan hari ketiga Lori VS Isaac. Kata Pendar, sangat seru karena setiap akan maju ke langkah berikutnya ada misi yang harus dia selesaikan dengan membuat kodingnya. Alhamdulillah, hari ketiga Pendar dapat Certificate Trial Class.




Nah, ini kelebihan belajar koding di Walnut Coding: 

  1. Belajar sambil bermain dengan konsep video games Minecraft. Dimana konsep video game dengan instruksi belajar dalam bentuk animasi, didesain untuk memotivasi dan mendorong kemauan belajar anak. Anak Anda akan belajar lebih menyenangkan sambil bermain.
  2. Melatih Bahasa Inggris anak, karena semua kelas diajarkan dalam Bahasa Inggris. 
  3. Ada pengajar online yang stand by untuk menjawab setiap pertanyaan siswa yang mengalami kesulitan.
  4. Pelajaran berbasis aplikasi yang bisa diakses dimanapun dan kapan pun selama ada koneksi internet dan laptop. 
  5. Ada laporan hasil belajar siswa yang detail dari setiap kelas dan masukan dari pengajar yang dapat membantu orangtua memantau perkembangan belajar anak, tahu  apa yang anak  pelajari di setiap kelasnya. Anak juga akan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan setiap kelas. 
  6. 3 hari kelas trial GRATIS dengan jadwal sesuai yang disepakati bersama.
  7. Biaya cukup terjangkau mengingat impact yang didapat anak dari kelas Walnut ini sangat besar.



Makanya saya senang  bisa mendaftarkan Pendar trial class di Walnut Coding. Kalian juga bisa loh mendaftarkan anak-anak kalian di trial class di Walnut Coding sebelum lanjut untuk mendaftarkan anak di kelas Walnut. Kelas Walnut ini didesain oleh para ahli dari institusi dan perusahaan teknologi papan atas dunia loh, dan telah diverifikasi oleh badan khusus, seperti Education Alliance Finland.

Kelas di Walnut Coding ada 5 Paket:

Junior Game Designer, Membuat efek 3D dan Fisika, Membuat animasi dan jalan cerita.

Game Designer, Kurikulum Kelas Junior Game Designer, Membuat game dengan karakter tunggal, Membuat game interaktif dengan beberapa karakter, Kamp Roblox.

App Creator,  Kurikulum Kelas Game Designer, Belajar mendesain Avatar, Animasi 3D, Mindmap & Blueprint dan Diagram Proses, Desain User Experience, Program Junior CEO, Camp Minecraft.

Advanced Programmer, Kurikulum Kelas App Creator, Control LED dan Screen, Desain Program dengan Sensor, Desain Roda Kemudi, Desain Kecerdasan Robot, Mobile Games, Mobile Social Platform, Membuat Rekomendasi Musik, Blog Pribadi.

Computer Scientist, Kurikulum Kelas Advanced Programmer, Simulasi Space Physics, Pemograman dengan Peta Satelit, Mission to Mars, Blockchain&NFT, Desain Machine Learning, Chatbot, Identifikasi Wajah, Cybersecurity, Metaverse

Tertarik untuk daftar trial class di Walnut Coding atau daftar kelasnya langsung? Cusss, jangan ragu-ragu ya, atau kunjungi websitenya https://www.walnutcoding.com/id untuk lebih tahu secara detail Walnut Coding. 

You May Also Like

39 komentar

  1. Masya Allah, sekarang anak² enggak hanya senang main games, tapi bisa bikin games juga, ya. Itu membuat animasi dan jalan cerita pasti anak² senang banget. Kepoin kelasnya ah di Walnut Coding. πŸ’ƒπŸ»

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan aja, Mak, tiga hari gratis, lumayan banget. Visualnya juga apik banget, minecraft kesukaan anak-anak. Bakal jadi pengalaman yang luarbiasa

      Delete
  2. Masya Allah, sekarang anak² enggak hanya senang main games, tapi bisa bikin games juga, ya. Itu membuat animasi dan jalan cerita pasti anak² senang banget. Kepoin kelasnya ah di Walnut Coding. πŸ’ƒπŸ»

    ReplyDelete
  3. Uy, menarik nih, anak-anak diajarin coding sejak dini. Apalagi ada kelas gratis 3 hari, bikin penasaran deh, mb En.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja mb, itu ada linknya tinggal daftar gratis, anak-anak suka sih karena visualnya itu bagus banget

      Delete
  4. seru banget ya anak-anak belajar coding, semakin cerdas dan mencoba hal baru, apalagi kalau coding juga bisa bikin games. Seru ya kelasnya gratis pula. Keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba., bisa buat Aie nih. Gratis 3 hari, seru. Atau bisa coba Mas Fatih

      Delete
  5. seru banget, sekarang anak-anak makin cpat tumbuhnya ya, kudu membarengi majunya teknologi juga nih, mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul banget, Mba, ini era digital kita harus bisa manfaatkan sebaiknya buat kemajuan anak

      Delete
  6. Wah trialnya 3 hari mayan puas nih. Hehe..ada pilihan pula mau jadi game designer, comp scientist, atau lainnnya. Yang paling bikin mupeng gurunya cepat tanggap ya mbak

    ReplyDelete
  7. Kalau anaknya suka ngegame kaya minecraft, cocok banget buat belajar di Walnut Coding. Aku ya ampun, belum mampu. Lumayan juga buat ikut trial class-nya

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen juga deh daftarin Fatih kelas coding di Walnut. Seru banget kayaknya. Kebetulan Fatih jg suka main game minecraft walaupun mainnya masih ngasal haha. Cuma sayangnya dia belum lancar bacanya hehe. Kalau sudah lancar baca pengen sih daftarin kelas coding ke sini

    ReplyDelete
  9. wahh sekarang makin canggih yaa, coding udah bisa dipelajari sejak masih anak-anak, padahal jaman dulu coding baru dipelajari di bangku kuliah

    ReplyDelete
  10. anak-anak zaman sekarang udah bisa belajar coding ya, dulu saya belajar coding pas kuliah, dan itu juga masih mumet, jadi penasaran seperti apa belajar codingnya untuk anak-anak

    ReplyDelete
  11. Wah, kalau anak2 banyak yang berminat dan mengikuti workshop coding seperti ini, keren yach. Coding Walnut ini membuat anak2 makin kreatif dan berpikir lebih cepat, disiplin dan segala imajinasi yang tertuang dalam kode tertentu. Boleh juga nih untuk memanfaatkan liburan sekolah.

    ReplyDelete
  12. sekarang koding menjadi salah satu kegiatan favorit anak-anak ya mbak. apalagi dunia coding kan juga semakin terbuka luas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Kalau kata anak-anak, kaya main game online. Makanya mereka pada jago dan belajar coding gak pakai drama

      Delete
  13. Anak bungsuku tertarik sekali sama coding ini. Bisa nih coba Trial Class di Walnut Coding..Ga hanya belajar coding games Minecraft kesukaan dia, bisa berlatih bahasa Inggris pun dapat manfaat lainnya

    ReplyDelete
  14. Dulu terkesan main koding tuh membingungkan ya mba. Teryata main koding buat anak juga sangat menyenangkan. Apalagi dilakukan sambil bermain. Dan dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, koding emang oke banget untuk masa depan anak

    ReplyDelete
  15. Mumpung bentar lagi liburan sekolah
    Mayan nih klo anak2 dikasi kegiatan koding.
    Makasi idenya mbaaa

    ReplyDelete
  16. bener, banyak banget iklan coding tuk anak. Saya pun penasaran, pengen ngikutkan si bocah, tapi masih milih-milih, masih butuh ulasan, dan rekomendasian.

    ReplyDelete
  17. Ku dulu suka ngegems mbaa tapi pas udah nikah haha udah nggak pernah lagiiii..anak2 suka narik2 suruh ikut main roblox dll. Tapi sesekali ajaa. Nah belajar coding sekarang mah jadi pilihan ya. Kalau dulu hanya main aja, sekarang bisa belajar coding😍

    ReplyDelete
  18. Aku waktu itu ngikutin si kakak kelas trial coding, eh malah adiknya yang pengen ikutan kelas coding hehe.. Ini alhamdulillah daftar lagi buat si adik selama 3 hari trial kelas. Semoga biayanya terjangkau nih, dan bisa ngikutin adiknya buat kursus coding Amin yra.

    ReplyDelete
  19. keren banget ya sekarang anak-anak udah belajar coding. meanwhile aku dulu pas kuliah baru belajarnya, ahaha. tapi memang lebih baik udah diajarin dari kecil gini sih ya, supaya mereka gak hanya jadi "penikmat" game, tapi juga "pencipta" game nya suatu saat kelak. :D

    ReplyDelete
  20. akupun mikir gitu mbak, daripada tiap hari hanya main game lebih baik belajar membuat game sendiri. Lebih produktif, kan.
    tapi anakku belum mau kalau les privat gini, grogi kali yaa langsung 1-on-1 dengan pengajar padahal kan enak bisa lebih fokus.

    ReplyDelete
  21. Aku percaya kalau coding tuh merupakan salah satu skill penting untuk anak dengan catatan sejalan dengan minat bakat anak. Dan trial tatap muka seperi ini pasti seru.

    ReplyDelete
  22. Sulungku juga lagi senang belajar coding Mbak, setelah beberapa waktu lalu ikut free trial juga dari salah satu platform, sayangnya hanya sejam, dia masih pengen lanjut, pas cek harganya wohooo lumayan banget jadilah nanti aja dulu :D
    coding ini bermanfaat banget ya buat anak, bisa melatih mereka untuk menyelesaikan masalah dan berpikir secara kritis. Senang juga doong kalau bisa buat game sendiri :)

    ReplyDelete
  23. Iya mbak, sekarang tuh banyak banget iklan kelas koding buat anak-anak. Di walnut coding bisa ikut trial class dulu ya, mau cobain ah daftarin buat anak-anak

    ReplyDelete
  24. kelas coding ini melatih daya nalar dan logika anak dalam berpikir ya mba, juga membantu anak menyelesaikan suatu masalah

    ReplyDelete
  25. Mumpung liburan sekolah ya, Mbak. Boleh dicoba kelad trial-nya laah.

    ReplyDelete
  26. Sejak kecil belajar coding, jadi nantinya bakal lebih pintar dan siap misalkan ingin memilih pendidikan di bidang teknologi informatika

    ReplyDelete
  27. anak-anak malah suka lebih cepat nangkepnya ya kalau belajar sesuatu termasuk belajar coding. Kursus koding buat anak bisa di Walnut coding punya banyak pilihan kelas yan sesuai dengan kebutuhan anak

    ReplyDelete
  28. Koding adalah salah satu keterampilan yang diperlukan untuk saat ini ya mbak
    Anak yang belajar koding bisa tumbuh menjadi anak yang kreatif dan memiliki kemampuan berpikir kritis

    ReplyDelete
  29. Walnut Coding ini bedanya karakter dan desainnya udah 3D ya mbak jd kyk lbh menarik gtu buat anak2. Paket2nya juga lengkap dan menyesuaikan minat dan perkembangan si anak dalam belajar koding ya.
    Manfaat belajar koding sejak dini emang bagus buat anak krn bisa melatih logikanya.

    ReplyDelete
  30. MasyaAllah pembelajaran anak jaman sekarang tantangan banget ya Bun. Dengan coding ini aku ngeliatnya keren dan ngiri belum pernah belajar begini. Seru dapat sertifikat juga, selamat Pendar.

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah, dengan adanya Walnut Coding bisa jadi alternatif ( mengurangi) porsi main games, secara belajar di Walnut Coding ini memberikan atmosfer yang fun, belajar tapi berasa main games, jadi anak-anak bisa lebih enjoy dan tambah ilmunya (skill).

    ReplyDelete
  32. Memang coding bisa anak lebih kreatif dan kecerdasan matematiknya jalan ya. Ini kemarin Adek Fi juga coba belajar coding. Alhamdulillah bisa ngikutin tuh. Malah senang.

    ReplyDelete
  33. Belajar coding buat anak-anak menyenangkan ya, apalagi ditambah dengan guru yang menyenangkan dan interaktif, anak anak jadi cepat memahami belajar codingnya yaa.

    ReplyDelete
  34. Saya sendiri kurang paham amat ttg coding. Tapi anak2 sekarang pada jago ya. Ditambah lagi banyak2 kursus2 bagus. Setidaknya bagus kok untuk menambah skill anak. Biar banyak nanti modal untuk cari cuan setelah dewasa.

    ReplyDelete