Mengenal Peran CEO Lebih Dekat

by - December 12, 2022

 


Untuk yang suka menonton drama Korea (Drakor), dan membaca novel-novel kekinian, pasti tidak asing dengan tokoh yang menyandang gelar CEO. Bahkan dampak dari fenemona ini, banyak gadis yang mendambakan laki-laki yang memiliki karir CEO, apalagi dalam drakor atau novel digambarkan CEO tidak hanya kaya, tapi juga tampan dan cool.




Kalau pernah nonton Bussiness Proposal yang tayang 2022 dengan pemain si tampan Ahn Hyo-Seop yang  berperan sebagai CEO GoFood, digambarkan memiliki karakter dingin, workaholic, disiplin. Pasti para wanita yang menonton akan terobsesi, buktinya setelah drama Korea banyak menggambarkan tokohnya sebagai CEO, banyak lahir novel di Indonesia yang tokohnya CEO juga.

Saya sebagai penulis novel, termasuk yang  mempelajari fenomena ini. Terutama di novel-novel online atau yang tayang di aplikasi kepenulisan, seperti novel best seller my Husband My CEO karya Frumeyza C yang diterbitkan oleh RDM Publisher, awalnya merupakan novel yang tayang di platform kepenulisan Whattpad. Dalam cerita ini juga tokohnya seorang CEO yang  banyak didambakan wanita, Alexander Edward.

Sayangnya, kebanyakan dalam drama maupun novel, peran CEO kurang dikupas rinci. Bahkan banyak yang ditangkap penonton atau pembaca CEO adalah posisi yang keren, dengan karakter cowok yang menggoda hati. CEO dalam lakon cerita hanya dijadikan sebagai label karir si tokoh saja, padahal dibalik semua itu sungguh berat peran CEO dalam sebuah perusahaan, termasuk perekonomian negeri ini.

Mengenal Peran CEO dalam Perusahaan

Seperti dipahami banyak orang, Chief Executive Officer (CEO) merupakan jabatan tertinggi di jajaran management pada suatu perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Karena CEO memiliki andil besar atas sukses tidaknya sebuah perusahaan, diberikan kepercayaan untuk mengelola perusahaan secara keseluruhan.




Dimana tugas CEO selain membuat keputusan penting, membuat rencana strategis untuk mengembangkan perusahaan melalui management, seorang CEO juga bisa dikatakan sebagai wajah dari perusahaan yang dipimpinnya. Diantara dewan direksi dan para pemegang saham, CEO merupakan titik komunikasi utama.

Sehingga CEO tidak hanya bekerja dalam lingkup perusahaan, tetapi juga membangun citra positif di luar, seperti menghadiri berbagai pertemuan dengan pihak luar. Dari artikel yang saya baca, dalam studi dari Harvard Business School, pekerjaan CEO hampir 72% digunakan untuk rapat. Makanya kalau dalam drakor itu CEO kebanyakan adegannya rapat terus ya, hehehe.

PERAN CEO “Membuat Terang di Tahun Menantang”




Membahas tentang CEO, jadi teringat kondisi 2023 yang diprediksikan akan mengalami resesi ekonomi. Asli, ada kecemasan juga di hati saya tentang prediksi ini. Karena mengingat Indonesia pernah mengalami masa krisis pada tahun 1998. Krisis 2008, 2013, dan 2020. Dimana resesi memang diawali dari krisis, untuk krisis 2020 ini belum terlupakan buat saya

Awal pandemi Covid 19, usaha perbukuan suami down karena toko-toko buku perlahan ditutup, tidak ada pengunjung mall, menyusul mall seperti mati suri. Gudang-gudang buku pun ditutup untuk membatasi terjadinya paparan Covid 19 yang kala itu mematikan, penjualan secara online pun senyap, karena masyarakat banyak kehilangan pekerjaan.

Seperti yang saya alami, pembatalan berbagai job offline, karena situasi tidak memungkinkan untuk berkumpul dalam jumlah kecil maupun besar. Perusahaan mengetatkan budget untuk promo atau iklan. Asli, tahun 2020 seperti bola pecah yang tidak siap kita terima, apalagi untuk memperbaiki agar menjadi bulat dan bisa bergulir dari satu kaki ke kaki lain lagi. Jadi, bisa dibayangkan jika terjadi resesi di tahun 2023?

Berkiblat pada prediksi resesi ini, maka Harian Kompas menyelenggarakan Kompas 100 CEO di Istana Negara Jakarta dengan tema diskusi “Membuat Terang di Tahun Menantang”.  Acara tersebut dihadiri Bapak Airlangga Hartanto-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Bapak Mahfud MD-Mentri Koordinator Bidang Politik, dan Keamanan RI, Ibu Sri Mulyani-Mentri Keuangan RI, serta para CEO dari berbagai industri usaha Tanah Air, diantaranya Presiden Direktur JNE, Bapak M. Feriadi Soeprapto.

Nah, buat kalian yang selama ini familiar sekali dengan ekspedisi JNE, dan menyaksikan atau bergabung dalam acara-acara yang kerap diadakan oleh JNE dengan mengusung tagline bisnisnya: Connecting Happiness, yang  berarti mengatarkan kebahagiaan. Bapak Feriadi inilah sosok di belakang JNE sebagai CEO JNE.

Kembali ke “Membuat Terang di Tahun Menantang”,  dalam acara ini  Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ke depan harus tetap menggelorakan optimisme dan bekerjasama dengan seluruh pihak untuk bersama-sama mendukung dan membangun perekonomian Indonesia.

Indonesia harus optimism karena Indonesia kaya sumber daya alam, memiliki sumber daya manusia yang besar, mempunyai pasar yang  besar, termasuk pasar ASEAN, dan Indonesia terletak di jalur perdagangan yang sibuk. Jika dalam membangun strategi besar bisnis Negara, strategi besar ekonomi Negara, kemungkinan visi yang diinginkan akan tercapai.

Jadi, doakan ya semua visi para CEO dan pelaku bisnis lainnya terwujud untuk menekan angka resesi ekonomi yang akan terjadi di tahun 2023. Harapan saya, resesi tidak terjadi, aamiin. Sehingga keberhasilan para pelaku bisnis tanah air ini membuat perekonomian Indonesia lebih sejahtera lagi. Oya, untuk info detilnya mengenai kegiatan JNE bisa langsung klik di sini https://jnewsonline.com/

You May Also Like

14 komentar

  1. Kalau lihat di drakor, CEO ya tampan menawan. Padahal kerjanya juga banyak ya, mikirin perusahaan dan karyawan. Semoga setelah pertemuan di forum Kompas 100 CEO, kita bisa menghadapi tahun depan dengan lebih optimistis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi beneran itu yang di drakor kerja SEO itu banyak rapat penting yang menentukan kinerja dan masa depan perusahaan dan semuanya

      Delete
  2. Wah, awal baca kukira mau bahas film, hihi.

    Iya betul banget, peran Pimpinan dalam satu perusahaan/organisasi/lembaga berpengaruh dengan kondisi perusahaan yg dipimpinnya, krn menyangkut kebijakan. JNE itu udah familiar banget di telinga masyarakat ya, semoga makin sukses dengan kepemimpinan saat ini ya. Deket rumahku ada JNE juga btw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habisnya bikin inget film sih, Mel, wkwkkw. Asli ya CEO itu identik dengan film Korea karena banyak banget tokohnya jadi CEO. Untuk JNE emang ada di mana-mana, Mel, menggurita

      Delete
  3. Pas banget ni di zaman pemulihan seperti sekarang ini mak. Karena aku liat saatnpandemi CEO2 pada mengalami kerugian yg cukup besar, Alhamdulillah ada acara ini ya jadi penambah semangat dan inspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, dan jangan sampai terulang lagi ya masa seperti itu, aamiin

      Delete
  4. Salut buat Pak Feri Presiden DIrektur JNE yang berhasil masuk dalam Kompas 100 CEO Forum dan menghadiri acara tersebut di Istana Negara :) Beliau menginspirasi kita dan generasi muda yang bercita-cita membangun perusahaan dan menjadi CEO hebat. Sukses terus JNE. Semoga kinerjanya semakin baik, begitu juga program2nya dapat terus membantu meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya UMKM aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, dan memang ya sepanjang ngulang JNE ini banyak kegiatan yang bersosialisasi ke masyarakat baik itu karyawannya, konsumennya, dan lain-lain

      Delete
  5. Kalo usaha suami justru tahun 2021 akhir yang beneran sepi. Awal pandemi sampai awal tahun 2021 justru rame ramenya. Memang prediksi banyak pihak tentang tahun 2023 sempat bikin cemas. Tapi jadi ingat dengan pengalaman menghadapi Krisis tahun-tahun sebelumnya bisa tetap bertahan. Berharap juga dengan visi 100 CEO termasuk Bapak Feriadi, yang bertemu pejabat negara, semoga bisa mewujudkan pertumbuhan ekonomi di tengah resesi dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai terjadi resesi lagi, lelah banget kalau menghadapi ekonomi yang down secara global, imbas kena semua

      Delete
  6. Wah CEO berat ini urusannya
    Menantang bngt utk Indonesia ke depan, peran mereka mmg kepake bgt

    ReplyDelete
  7. setelah corona, resesi selanjutnya yang menjadi ketakutan besar kita bersama ya Mbak.
    semoga tidak terjadi.
    selalu salut dengan Pak Feri sebagai CEO JNE yang selalu memberikan inovasi dan pelayanan terbaik, bukan hanya kepada pelanggan tapi juga seluruh karyawan dan yang terlibat kerja sama.

    ReplyDelete
  8. Wah memang salut banget ya sama Bapak CEO satu ini, beliau banyak berjasa dalam dunia logistik, banyak masyarakat kita menikmati layanannya bahkan sampai ke pelosok nusantara

    ReplyDelete