Aplikasi KiriminAja Membantu Usaha UMKM

by - November 13, 2023

 


Pelaku UMKM semakin marak dan butuh didukung karena terbukti UMKM menjadi pilar ekonomi ketika dampak Covid 19 banyak perusahaan besar tumbang, ternyata UMKM masih mampu berdiri dengan cukup stabil. Karena itu berbagai kemudahan untuk kemajuan UMKM selalu diupayakan, pemerintah maupun pihak swasta.

Beberapa upaya agar UMK terus maju, seperti maraknya marketplace yang  bisa menjadi wadah atau pasar para UMKM memasarkan produknya hingga meluas, program-program simpan pinjam sebagai modal agar UMKM berkembang, pelatihan digital agar UMKM melek teknologi internet, hingga beragam ekspedisi yang memudahkan pelaku UMKM mengirim barangnya sampai ke tangan pembeli dengan memuaskan.

Apalagi sekarang hadir KiriminAja yang semakin memudahkan UMKM melayani pembeli dalam pengiriman barang tanpa harus melalui marketplace, karena banyak masyarakat yang melakukan pembelian tapi tidak memiliki akun  di marketplace, atau tidak paham belanja dengan menggunakan marketplace, serta tidak memilik rekening bank atau e-wallet.

Meski sudah era digital, masih cukup banyak masyarakat yang memang tidak paham belanja di marketplace atau memutuskan untuk tidak memiliki rekening bank maupun e-wallet. Biasanya ini masyarakat yang tinggal jauh dari perkotaan, tapi memiliki budget dan minat beli yang cukup bagus.

Saya pribadi sering mengalami saat memasarkan buku-buku yang saya jual, salah satunya ketika melakukan penjualan melalui facebook, WhatsApp, dan website. Banyak pembeli yang tidak memiliki rekening bank karena suatu hal, dan mereka berharap bisa melakukan pembayaran dengan sistem COD. UMKM pun harus jeli dalam menangani hal seperti ini. Maka hadirnya KiriminAja menjadi solusi yang baik bagi penjual dan pembeli dimana pun berada.

Mengenal Aplikasi KiriminAja

KiriminAja merupakan aplikasi dari PT Selalu Siap Solusi yang menyediakan beragam kurir yang bisa sistem COD dan NO COD ke seluruh Indonesia yang dilengkapi dengan fitur monitoring chasflow lengkap. Meski harus mengirim paket ke ekspedisi yang berbeda-beda tidak perlu memakan waktu dan tenaga, karena ada fitur pick up gratis, dan untuk seller online, terdapat diskon ongkos pengiriman tanpa syarat.

Membuat saya sebagai pelaku UMKM jadi lebih hemat, tidak perlu wara-wiri ke ekspedisi karena tidak semua ekspedisi memberikan pelayanan pick up. Tanpa perlu ribet cek ongkir ke beberapa ekspedisi yang diminta pembeli, dan hitung total biaya ongkirnya. Asli, pekerjaan adminitrasi satu ini selain memakan waktu, butuh ketelitian loh. Saya pernah mengalami kerugian karena salah hitung paket dan total ongkir. Mana lumayan, karena pengiriman ke daerah.

KiriminAja memiliki beberapa jenis pengiriman, yaitu:

  • Express
  • Instan
  • Cargo

Untuk pelaku UMKM seperti saya aplikasi KiriminAja sangat bermanfaat, tinggal download di ponsel androit, dan daftar. Aplikasi ini juga tidak berat untuk ponsel androit, dan pendaftarannya pun mudah sekali. Hanya dengan menggunakan email dan nomor ponsel, lalu untuk mengaktifkan fitur COD harus verifikasi akun dengan KTP dan melampirkan rekening. Rekening ini digunakan untuk pencairan saldo COD.

Bagaimana Menggunakan Aplikasi KiriminAja?

Selain pendaftaran yang mudah, kinerjanya juga memudahkan pengiriman beragam produk jualan, untuk menggunakan aplikasi KiriminAja juga sama mudahnya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dijadikan gambaran ketika ingin menggunakan aplikasi KiriminAja. Sebenarnya sih, paling mudah langsung dipraktekkan, hehehe.

Setelah download dan daftar di aplikasi KiriminAja, melalui ponsel semua pengiriman barang-barang jualan beres, tinggal duduk santai di rumah:

  1. Buka aplikasi KiriminAja, pilih ikon “Kirimin”. Klik tanda “+” untuk membuat kiriman paket.
  2. Tertera penambahan alamat pengiriman dari kantor atau tempat usahamu. Lengkapi data alamat tersebut.
  3. Setelah itu, masukkan data Penerima Paket, Informasi Barang, Tipe Pengiriman ( COD/NON COD), dan opsi penjemputan (pick up atau drop off). Jika pembeli memilih COD, akan muncul jumlah nilai barang berserta ongkir yang harus dibayar pembeli saat paket sampai. Dana akan sampai ke akunmu setelah 5 menit pembeli menerima paket, dan kita bisa melakukan penarikan uang ke akun secara real time.
  4. Pilih jenis ekspedisi pengiriman sesuai yang diminta pembeli/buyer. Bisa juga cek ekspedisi yang sedang promo untuk diinfokan ke pembeli. Setelah memilih ekspedisi, klik “Proses Paket”
  5. Pilih metode pembayaran ongkir yang sesui dengan preferensimu, dan lakukan pembayaran.
  6. Pilih pick up, pilih jadwal pick up, lalu pilih paket dijemput kurir.

Kelebihan KiriminAja

KiriminAja
Setelah mengenal aplikasi KiriminAja dalam membantu pengiriman, jadi tahu deh kelebihan KiriminAja, berikut ini kelebihannya yang bisa jadi pertimbangan untuk memakai aplikasi KiriminAja:

  1. Aplikasinya ringan di androit dan mudah cara daftarnya.
  2. Dilengkapi dengan fitur yang memudahkan cara mengaplikasikannya, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja pelaku UMKM.
  3. Lebih hemat waktu dan materi dalam proses pengiriman paket karena terdapat layanan pick up gratis.
  4. Melayani berbagai jenis barang mulai barang elektronik, fashion, makanan kering, dan lainnya.
  5. Didukung oleh berbagai macam platform seperti Mobile Apps, Dashboard & API. Sehingga memudahkan pengguna melacak paket (live tracking), management order, reporting admin dan lainnya.
  6. Memiliki sistem supporting tiket untuk mempermudah melakukan pelacakan komplain dan problem yang dialami user dapat diselesaikan dengan baik.
  7. Jangkauannya sangat luas

Dan, tidak perlu khawatir soal status paket karena penjual dan pembeli bisa melacak paket lewat link dan KiriminAja  menjamin paket aman sampai tujuan. Satu lagi info menariknya, ada program #AjakTeman yang bikin dapat penghasilan tambahan dari KiriminAja. Segitu menariknya kan, jadi tunggu apa lagi nih buat kalian pelaku UMKM, cuss kepoin websitenya KiriminAja deh.

 

 

You May Also Like

8 komentar

  1. Aplikasi KiriminAja ini pastinya bermanfaat banget buat para pengusaha atau bisnis pemula termasuk para UMKM ya Mba, karena banyak manfaatnya, membuat pengiriman jadi lancar, apalagi mudah sekali digunakan dan pendaftarannya juga cukup easy

    ReplyDelete
  2. Membantu banget ini Kirimin Aja buat para pelaku UMKM, di saat yg di sebelah-sebelah udah mulai sembrono kirimnya.

    ReplyDelete
  3. Aplikasi KirimAja sangat membantu ya buat UMKM yang mau ngirim paket produknya. Harus nyobain juga deh biar penjualan jadi lancar.

    ReplyDelete
  4. KiriminAja sangat membantu para pengusaha UMKM yaa, jadi pembeli dan penjual gak bingung lagi paketnya sudah sampe mana

    ReplyDelete
  5. Makin mudah ya dengan pelayanan jasa pengiriman kiriminaja, umkm jadi terbantu untuk memperlancar jual.beli secara online yaa

    ReplyDelete
  6. Wah mantap. Saya belum pernah pake Kirimin Aja ini. Nanti kalau pas ada pilihan belanja, saya mau nyobain ah. Mudah-mudahan ke kampung ini juga udah bisa.

    ReplyDelete
  7. Aku belum cek KiriminAja udah ada di daerahku atau belum. Yang baru tuh biasanya masih jarang kan. Kalau ada, pasti sangat bantu UMKM kita

    ReplyDelete
  8. Skrg nakin banyak yaa jasa ekpedisi. Jadi kita bisa banyak pilihan mau pakai yang mana. Dan harganya juga kompetitif

    ReplyDelete