Atasi Kulit Sensitif dan Kering Pada Anak dengan Atopiclair

by - November 23, 2023

 

Mengatasi kulit sensitif


Kulit anak-anak saya ketika baru lahir memang tergolong sensitif jika terpapar keringat atau suhu yang panas, maupun terkena benda asing seperti diapers atau bahan pakaian yang tidak menyerap keringat, dan paparan zat tertentu. Akan timbul ruam merah atau beruntusan kemerahan yang terasa gatal sehingga membuat anak rewel. 

Area yang mudah terpapar di sekitar kening, punggung, leher, dan bokong. Biasanya seiring dengan pertumbuhan usia, kulit mereka akan normal kembali. Normal dalam arti tidak sensitif seperti saat usia mereka masih di bawah 2 tahun, tapi ternyata berbeda dengan Binar, putri bungsu saya yang kini berusia 5 tahun.

Apakah Anakku Terkena Dermatitis Atopik?

Ketika baru lahir kulit Binar terkelupas lebih banyak dari kakak-kakaknya, seperti proses ganti kulit. Proses ini kata dokter cukup normal, hanya perlu diberikan pelembab lebih sering. Tidak hanya itu, ketika memakai diapers yang tidak cocok, Binar juga mengalami ruam kemerahan. Begitu juga ketika mengenakan pakaian yang bahannya tidak menyerap keringat, langsung kulitnya kemerahan dan gatal.


Dermatitis Atopik


Apalagi ketika suhu udara terasa panas, dan dia berada di ruangan yang sirkulasi udaranya tidak baik. Tidak hanya kulit di bagian tubuh, tapi kening, hidung, bahkan sampai kepala terasa gatal! Huhuhu, lihatnya kasian sekali. Sementara jika suhu udara tidak panas, sirkulasi ruangan baik, pakaian yang dikenakan nyaman, maka kulitnya tidak mengalami gangguan kemerahan, beruntusan, maupun gatal-gatal. Kulitnya kembali mulus tanpa bekas.

Saya pikir seiring usia seperti kakak-kakaknya masalah kulit Binar akan hilang, ternyata tidak. Saat usianya memasuki 5 tahun bulan Oktober tahun ini, di mana cuaca panas akibat adanya anomali iklim El Nino membuat kulit Binar jadi sedikit lebih parah dari biasanya, yang membuatnya rewel di malam dan siang hari.

Kalau biasanya ruam merah dan beruntusnya tipis dan hanya menyerang bagian punggung, tapi tidak menyeluruh, dan bagian kening saja. Maka dampak cuaca yang ekstrim ruam dan beruntusnya jadi agak tebal atau muncul, dan menyerang nyaris seluruh area punggungnya sampai bagian kepala. Terlihat dari gerakannya yang menggaruk kepala dengan intens.

Saya jadi cemas dong! Saya khawatir kalau Binar terkena dermatitis atopik, mengingat ibu saya memiliki keluhan gatal-gatal di kulit yang menyerupai eksim, yakni gatal-gatal kemerahan yang kering dan bersisik, serta kambuhan jika terkena pemicunya. Misalnya dalam kondisi stress, tubuh berkeringat secara berlebihan. 

Alhamdulillah, ternyata kulit Binar hanya sensitif bukan dermatitis atopik. Kadang, sebagai orangtua kita sedikit salah pengertian tentang kulit sensitif dan dermatitis atopik, karena penderita dermatitis atopik sudah pasti memiliki kulit yang sensitif, kan. Hanya dermatitis atopik

memiliki keluhan yang lebih berat dari hanya kulit sensitif, seperti ruam yang menjadi benjolan hingga terkelupas, dan gatal. Jika digaruk bisa menimbulkan luka yang bisa menjadi koreng, dan ini kambuhan biasanya.

Atopiclair Redakan Keluhan Kulit Sensitif dan Kering

Namun jangan khawatir, Atopiclair bisa meredakan keluhan yang dialami oleh kulit sensitif dan kering, juga dermatitis atopik. Kalian sudah tahu Atopiclair?

Atopiclair ada dua jenis, yaitu cream dan lotion. Atopiclair cream digunakan untuk perawatan saat terjadi kekambuhan dermatitis atopik atau kulit sensitif yang sedang reaksi, seperti muncul ruam merah merah atau bruntusan di kulit. Tekstur Atopiclair cream lebih pekat dibanding Atopiclair lotion, sehingga hanya digunakan di area yang terpapar.




Sementara Atopiclair lotion digunakan saat remisi atau mulai meredanya keluhan di kulit, serta melembapkan kulit sensitif, kering, maupun yang menderita dermatitis atopik. Hal ini agar mencegah dan mengurangi kekambuhan. Tekstur Atopiclair lotion lebih cair dari Atopiclair cream, dan dapat digunakan dibagian kulit secara meluas.

Keunggulan Atopiclair adalah:

  1. Mengurangi gatal dengan cepat kurang dari 3 menit
  2. Mengembalikan kesehatan skin barrier dan menghidrasi kulit hingga 72 jam
  3. Meredakan rasa gatal dan burning  pada kulit dengan kandungan Glycyrrhetinic Acid
  4. Efektif menghidrasi kulit dengan kandungan Hyaluronic Acid dan Shea Butter
  5. Mengandung hypoallergenic formula, bebas paraben dan pewangi
  6. Profil Tolerabilitas yang baik, cocok untuk bayi usia 1 bulan ke atas, anak-anak dan dewasa, dan untuk pemakaian jangka panjang.

Pengalaman Binar Memakai Atopiclair


Atopiclair


Seperti yang saya ceritakan di atas, putri bungsu saya, Binar (5 tahun) ternyata memiliki kulit sensitif yang rentan mengeluarkan reaksi berlebih saat  terpapar hal yang bisa memicu, seperti memakai pakaian dari wol, rayon, ditambah cuaca yang panas. Timbul bercak merah dan bruntus di area kening, hidung, dan punggungnya.

Sudah beberapa waktu ini tidurnya sangat terganggu, terbangun di malam hari dan minta digaruk di area punggung, atau kadang Binar sibuk menggaruk sendiri di kening dan kepalanya. Saya pun jadi ikutan terganggu tidurnya, karena Binar rewel, terbangun-bangun. Begitu juga ketika siang, dan beberapa lotion yang disinyalir bisa mengatasi gatal karena kulit sensitif tidak memberi dampak yang memuaskan. Benar-benar bandel si monster gatal ini!

Nah, ketika memakai Atopiclair, yang saya oleskan di area yang meradang pada pagi hari setelah dia mandi, siang hari, dan malam hari. Binar bisa tidur nyenyak, dia tidak lagi mengeluh gatal, dan juga tidak sibuk menggaruk seperti biasanya. Monster gatal berhasil dijinakkan oleh Atopiclair!

“Rasanya adem dan nyaman di kulit, Bu,” katanya saat saya tanya, bagaimana rasanya setelah area yang terasa gatal dioleskan Atopiclair cream. Dan, setelah pemakaian berjalan tiga hari,

beruntusannya yang berwarna merah sudah tidak merah lagi. Kulitnya yang kering dampak dari ruam dan beruntusan menjadi lebih lembab.

Langsung saya stock Atopiclair cream dan lotion di rumah, karena selain Binar yang memiliki kulit sensitif, ada ibu saya yang menderita dermatitis atopic. Karena Atopiclair bisa digunakan mulai usia bayi, anak, dan dewasa. So, kalian yang memiliki keluhan kulit sensitif, kering, ataupun dermatitis atopic tidak perlu khawatir lagi terganggu si monster gatal. Oya, untuk pembelian Atopiclair bisa langsung di Menarini Official Store di Shopee ya!

 



You May Also Like

19 komentar

  1. Bener banget tuh kulit anak2 kadang sensitif, kasian kalo dah ruam2 memerah.
    Noted banget ni Atopclair, apalagi ada dua jenis cream dan lotion sesuai dgn penggunaannya masing2, membut kulit jadi kembali normal.
    Aku mau nyobain ah buat anakku yg lagi merah2 kulitnya.

    ReplyDelete
  2. Atopiclair aman untuk bayi juga ya mba, wah bisa segala usia. Aku suka dengan produk kayak gini jadi mudah diingat. Kulit anak2 sensitif apalagi bayi. Pernah mengalami juga ketika pada bayi, lotion maupun cream gitu bisa membantu banget untuk menenangkan kulitnya, kasihan kalau jadi nggak bisa tidur karena gatal ya mba. Sehat2 ya dek Binar..

    ReplyDelete
  3. Cream & lotion Atopiclair ini memang dikhususkan buat bayi, anak dan siapapun yang berkulit sensitif dan kering ya. Yang merah2 dan gatal jadi teratasi nih menjadi adem kulitnya. Kalau digaruk2 kan semakin ruam nantinya. Jadi pengen coba nih buat aku sendiri di sekitar dagu dan mulut sangat sensitif, semoga cocok ya. TFS mamah Bubi :)

    ReplyDelete
  4. Memiliki anak dengan kulit sensitif membuat kita harus lebih selektif memilih produk perawatan kulit ya mbak
    Untung ada Atopiclair ini, pas buat anak dengan kulit sensitif

    ReplyDelete
  5. Rashya juga waktu bayi pakai atopiclair... Pas cuaca engga enak beberapa bulan kemarin dan bikin kulitnya bruntusan, kok saya enggak inget ya buat nyetok ini lagi...

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah sudah nemu Atopiclair, jadi Binar nggak khawatir lagi bakal bruntusan kalau cuaca sedang panas. Kayaknya harus stock juga nih di rumah, apalagi masih punya anak kecil

    ReplyDelete
  7. Masalah kulit pada anak tuh emang sering banget terjadi. Soalnya kulit mereka kan masih sensitif. Catet deh Atopiclair ini buat nanti di rumah. Biar Bocah gak drama karena gatal badannya

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, jadi lebih mudah perawatan kulit dermatitis karena menggunakan Atopiclair Cream and lotion. Kerjanya cepet dan aman untuk kulit bayi dan anak.

    ReplyDelete
  9. Bagus banget nggak kalau bisa meredakan gatal cepat dan bahkan hanya 3 menit saja. Aku kayaknya aku rekomendasikan buat keponakan aku buat gunakan, mba

    ReplyDelete
  10. Kulit anakku ini lagi kering, apalagi dia juga kulitnya sensitif jadi aja udah rewel deh kulitnya pas panas kemarin. Aku pun juga menggunakan cream untuk mengatasi kulitnya yang kering dan sensitif.

    ReplyDelete
  11. Saya pengen beli Atopiclair cream juga nih. Bukan buat anak saya tapi buat saya yg kulitnya sensitif banget kalau cuaca gerah. Pasti bruntusan bercak merah gitu.

    ReplyDelete
  12. Anak sulung saya berkulit sensitif dan saat kecil sering banget bruntusan, ruam, kemerahan, kering..pokoknya bikin bingung mau pakai produk apa. Saat itu dokter juga menyarankan pemakaian Atopiclair ini

    ReplyDelete
  13. Mau coba ini juga
    Soalnya pas panas banget kemarin kulit bayi saya bener bener bikin sedih
    Kering dan banyak muncul merah-merah
    Siapa tahu atopiclair ini berfungsi baik

    ReplyDelete
  14. Aku alhamdulillah cocok pakai Atopiclair. Kulit yang gatal, sepertinya efek alergi, bisa jadi mulus halus dan gatalnya hilang. Anak-anak pakai juga nih buat melembabkan kulit karena mereka sering main bola di luar.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah, sekarang sudah ada obat utk mengatasi gatal alergi. Aku baru tau ada salep atopiclair. Selama ini aku pakai bedak ular alias bedak prickly heat. Masalahnya adalah kalo pakai bedak, agak lama sembuhnya.

    ReplyDelete
  16. Keponakan pernah nih pas abis kena campak singapur, kulitnya kelit merah2 ngelupas gitu. Kasihan lihatnya. Entah pakai lotion apa, perlahan ya pulih lagi. Memang lotion untuk kulit sensitif itu perlu banget sih, karena cuaca yg gak menentu ini.

    ReplyDelete
  17. Aku baru tau ada lotion bayi atopiclair huhu... mungkin karna lagi ga punya bayi jadinya kudet deh... thanks infonya kak eni.. noted ah sapa tau tar butuh one day hihi...

    ReplyDelete
  18. Sampai sekarang kami masih pakai atopiclair. Bisa jadi pelembab dan mengatasi gatal di kulit.

    Lumayan juga waktu itu sempat promo bundle di Shopee.

    ReplyDelete
  19. Makasih rekomendasinya bun, aku butuh ini nih buat sedia Gendis. Karena sering banget ngalamin kulit kering dan gatal

    ReplyDelete