Thursday, January 28, 2016

Bila usia 1 tahun Imunisasi Dasar Terlewat


imun


Hai, Moms.. saya nulis lagi nih soal Imunisasi karena keluhan seorang ibu tentang keterlambatan imunisasi putranya  di FB saya:

Anakku malah belum DPT 2&3, Polio 3,4, Plus Campak... Sekarang sudah 1 tahun usianya. Trauma gara-gara DPT1 deman + rewel, jadi maju mundur mau imunisasi

Waduh, saya langsung berjanji buat menanyakan ke dokter  Kristoforus spPD dan menuliskan di blog biar para Moms, yang mungkin punya keluhan sama ikut membaca juga.  Syukur-syukur memberi manfaat.
Pasti banyak kan, Moms, para orangtua yang cemas atau kawatir anaknya diimunisasi jadi demam dan rewel meski gak semua imunisasi membuat demam, seperti campak, polio, ini tidak menimbulkan demam. Bahkan kemarin habis dicampak, Pendar (Pendar imunisasi Campak telat loh, harusnya 9 bulan, eh ini 14 bulan..Waaaah, ehmmm baca kisahnya di SINI) langsung ceria. Paling nangis saat disuntik,dan sedikit bengkak dibekas suntikannya , saya kompres dengan air es. Pulang dari imunisasi main seperti biasa dengan kakak-kakaknya.


Terus gimana dong, jawaban dokter Kristoforus atas pertanyaan ibu tersebut, disimak ya hehehehe. Saya juga menyimak kok, meski anak-anak sudah diimunisasi dasar semua.

Bu, efek samping vaksin memang beda-beda, tapi semua hampir mirip-mirip:
  • Pegal atau bengkak di tempat penyuntikan <1 b="">
  • Demam bisa 1-5%. Pada DPT ada yang lebih sering demam (buatan lokal) sampai 20%. Makanya dibilang "DPT yang pakai demam". Tapi belum pasti juga kok, Bu. Dan itu tidak berbahaya. Hanya mengganggu Mamanya karena jadi rewel.
Cara mengatasinya? Gampang. Berikan paracetamol saja. Tempra, sanmol, dll. Hilang juga kok. Dibiarin juga hilang sendiri dalam 1-2 hari. Yang impor kemungkinan demamnya kecil (1-5%), jadi dikatakan DPT yang gak demam (pakai komponen acellular pertussis, jadi namanya DPaT), kalau jadwal DPT telat, lanjut saja MMR ya, Bu.

Nah, kan untuk anak yang telat mendapat DPT 2&3, polio, 3, 4 plus Campak dan sudah usia setahun..langsung saja..wussss. dalam arti tidak perlu meragu hingga usia anak kian bertambah tanpa imunisasi.

Benar sekali belum tentu demam, karena anak-anak saya alhamdullilah tidak mengalami demam tinggi meski memakai yang lokal. Hanya demam ringan. Tapi, memang sebaiknya begitu habis di imunisasi yang pakai demam, anak langsung dikasih penurun panas ya, Moms.  Jangan nunggu sampai anak demam, baru dikasih... jelas ini membuat anak rewel. Banyak nih, teman-teman saya yang curhat anaknya baru dikasih penurun panas pasca vaksin, setelah demam...waduh.

Tapi masa sih, cuma rewel-rewel semalam atau dua malam saja gak kuat, kan biasa ya anak-anak pasti ada masa rewel. Oya, Alhamdullilah anak-anak saya pakai yang lokal, demam ringan hanya semalam, Moms. Saya tetap kasih ASI, madu penurun panas buat anak yang usia di atas setahun, yang masih dibawah usia setahun saya pakai penurun panas baby.

Jadi...
Ayo, yang belum imunisasi bisa segera membawa si kecil untuk imunisasi. Buat para Moms yang penasaran mau kepoin Dr,Kristoforus spPD, silakan ke twitter'nya @dr_kristo.

Sikecil sehat,Ibu senang ^_^

 
Sumber gambar di SINI


2 comments:

  1. alhamdulillah anak saya ndak telat imunisasi...hehe

    ReplyDelete
  2. @Kng Zeer-El-Watsiy:alahamdullilah ya Kang, salam buat keluarga

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.