Saturday, February 27, 2016

Serunya Ngopi Bareng Nova: Ilmunya Dapat, Hadiahnya Dapat!

NGOPINOVA
Redaksi NOVA - sumber foto sebelum diedit di SINI

Berawal dari status Annisa Steviani mengundang secara special 10 blogger untuk datang ke acara  Ngobrol Inspiratif Bareng NOVA, dimana Annisa juga sebagai salah satu pembicara di acara tersebut. Cuma 10 blogger loh, ya rebutan dong. Kebetulan banget status itu melintas di beranda facebook saya, dan hanya kurang satu blogger...langsung deh saya komen: IKUT!

Kenapa buru-buru komen IKUT? Acara yang tertera di banner promonya itu keren  banget: Cerdas Menjadi Ibu & Blogger Berbayar, Why Not?
Ini jelas tema yang saya butuhkan, selain baru merambah dunia blogger secara fokus, saya juga seorang ibu dan berharap (tentunya) dengan ngeblog ini setidaknya bisa menghasilkan sesuatu, seperti materi, kenapa gak, iya kan?

Lalu acara berikutnya: Maksimalkan Blog Kamu dengan Foto yang Cantik. Nah, ini dia, saya diam-diam hobby fotografi, juga seneng banget kalau berkunjung ke blog temen atau orang kalau isi blognya itu selain konten yang menarik dihibur dengan foto-foto yang ciamik banget.  Bisa kebayang kan, konten bagus dipadu foto-foto yang menarik?

Makanya Alhamdullilah  banget masuk dalam undangan 10 blogger yang beruntung, apalagi lokasi acaranya di wilayah yang familiar buat saya, cukup dari rumah naik ojek online yang sudah meruyak dimana-mana. Maklum ibu-ibu, mempertimbangkan lokasi itu perlu hehehe.

Oya, acara ini diadakan untuk merayakan Ulang Tahun NOVA yang ke 28 tahun. Aiiih, usia 28 tahun itu saat saya hamil anak pertama, usia sedang cantik-cantiknya, muda tapi dewasa, ceria dan semangat. Karena itu terlihat benar suasana di BirdCage Parc Restoran penuh wanita cantik dengan nuansa floral ceria sesuai dress code: Touch of Floral. Berasa ada di taman bunga aneka warna deh,
NGOPINOVA
Touch of Floral

Acara dibuka pukul 14.00 lebih, para undangan  yang terdiri dari Blogger dan Vlogger disuguhkan segelas es teh manis dan sepotong cake cokelat bertopping kacang keju, pembukaan yang manis. 

Kemudian MC yang sangat familiar menyambut para undangan, menghadirkan sambutan pertama dari Pimpinan Redaksi NOVA, Ibu Iis R.Soelaeman, juga sambutan dari Ibu Uttiek M Panji Astuti sebagai Redaktur Pelaksana NOVA, disusul nyanyi selamat ulang tahun bersama semua kru tabloid NOVA dan para undangan dengan kue ulang tahun yang cantik.

sumber pic di SINI

NOVA... happy birthday to 28, hopefully more towards adults together readers. Tetap menjadi Sahabat Wanita Inspirasi Keluarga.

Acara pun bergulir menghadirkan para pembicara yang ditunggu-tunggu para undangan, yaitu: Blogger aktif Annisa Steviani.

NGOPINOVA
Annisa Steviani- sumber pic di SINI

Yang perlu dicatat dalam ngeblog kalau kita ini seorang ibu, Annisa sendiri selain ibu juga wanita pekerja, adalah:
  • Mengatur waktu dengan fokus menulis: Cari kesempatan untuk menulis, misalnya ketika anak tidur atau ketika kita terbangun di tengah malam dan dijeda waktu longgar saat kerja bagi ibu bekerja. Mis: Jam kerja dimulai pukul 9 pagi, tapi kita bisa datang pukul 7 pagi. Maka ada waktu 2 jam untuk menulis/ngeblog.
  •  Memiliki bank ide, ketika kita memiliki ide-ide namun waktu menulis sedang tidak ada karena sibuk mengurus rumah tangga atau anak, atau mungkin pekerjaan bagi ibu bekerja, tuangkan ide dalam notes khusus yang akan dikembangkan setelah waktu bersahabat dengan kita. Jangan mengabaikan begitu saja ide yang muncul, sebab tidak jarang ide bagus hanya datang sekali pada moment tertentu, sayangkan kalau tidak diambil atau dicatat dulu.

Apa saja sih yang blogger lakukan agar blog kita dilirik untuk mendapat Job:
  • Tentukan tema blog’mu, misalnya: tentang kecantikan, fashion, parenting, dll atau blog nano-nano alias lifestyle blogger. Yang perlu dicatat meski masuk kategori lifestyle blogger, tetap ada satu tema yang mempengaruhi blogmu Misalnya nih blog saya: www.duniaeni.com termasuk blog lifestyle tapi saya tetap memilki satu tema yang menonjol, yaitu: Parenting. Bahasa kerennya sih, blog kita tetap harus punya branding.
  • Gali keunikan kita: Intinya jangan meniru-niru blog oranglain, belajar boleh tapi jangan meniru sehingga tidak memiliki ciri khas sendiri atau keunikan sendiri.
  • Rajin share apa yang kita tulis di blog ke sosmed, sekarang ada sistem yang berbayar sehingga artikel kita tershare secara otomatis, tapi kalau tidak mau yang berbayar bisa juga dengan share ke IG (Instalgram) langsung klik link ke Facebook danTwitter, secara otomatis link artikel kita akan muncul di tiga sosmed tersebut. Asyikkan ^_^
  • Selain yang diatas agar blog kita terbaca klien dan mendapat job, maksimalkan SEO (untuk ini ada belajar khususnya ya, pelan-pelan pasti bisa) , BW atau backlink ( mengunjungi blog sesama blogger dan meninggalkan komentar).

Gampang kan, tapi kalau masih bingung soal SEO, jangan cemas yang terpenting konten artikel yang bagus dan bermanfaat, secara otomatis pengunjung atau pembaca blog akan datang sendiri, juga jangan lupa untuk rajin share artikel ya.

Trus dari mana aja sih penghasilan blogger itu sampai ada jargon Blogger Berbayar? Ini nih salah satu sumber penghasilan blogger:
  •  Placement Artikel
  • Lomba Blog
  • Paid Review

Tertarik ga?
Harus tertarik, Annisa sendiri mengakui penghasilannya ngeblog lebih besar dari gajinya ngantor, wuiiiiih. So Selain blog kita akan terdeteksi langsung oleh klien yang mau kasih job, gabunglah dengan komunitas blogger. Banyak banget manfaatnya selain akan mendapat job secara otomatis kalau kita rajin dan aktif ngeblog, juga dapat ilmu ngeblogger banyak banget loh, jalinan silaturahmi dengan para blogger. Tapi jangan lupa, untuk menjadi blogger yang berkepribadian positif.

Tips Blogger:
  • Jangan semata-mata ngeblog untuk materi saja, tapi juga jangan jadikan blogging sebagai sampingan
  • Aktif di komunitas
  • Jalin hubungan baik dengan klien

Nah, seru banget kan,  materi di atas apalagi kemudian dilanjut materi dari  Romi Palar, Redaktur Foto NOVA. Ada tiga jenis foto yang akan dibahas:

NGOPINOVA
Romi Palar- sumber pic di SINI
Food dan Produck
  •  Komposisi: Menghasilkan foto yang artistik
  •  Angle:  Jangan terpaku satu angel
  • Pencahayaan: Cahaya natural, no flash ( smartphone) karena flash otomatis ini merusak gambar atau warna asli object.
  • Gumish& properti membuat foto lebih menarik

Fashion& Beauty
  • Komposisi dan angle (angle model), warna
  •  Model sejajar dengan fotografer
  • Pencahayaan /Lighting, dalam talkshow ini saya dapat ilmu baru nih. Pencahayaan natural dari matahari golden hour itu sekitar pukul 9 pagi. Coba deh foto dalam jam-jam itu di luar, tentu jika tidak mendung ya.
  • Lokasi harus sesuai tema

Travel Photograpy
  • Tahu lokasi dengan detil, sehingga bisa mendapat object foto yang diinginkan tanpa buang waktu. Bisa tahu dari googling ataupun tanya-tanya ke seseorang yang pernah kesana.
  • Peralatan yang tepat, kalau mengandalkan smartphone, wajib hukumnya bawa powerbank. Jangan pas lagi seru-serunya mati gaya cuma gara-gara ponsel low parah.
  • Foto sebanyak mungkin sehingga bisa jadi pilihan.

NGOPINOVA
Pratek Fotograpi Food - sumber pic di SINI
Wuhaaa, banyak kan ilmu yang di dapat. Buat fotografi ini langsung ada prakteknya di depan undangan atau audiens, yaitu memfoto makanan atau food secara teknis, otomatis deh maju semua ke depan buat tahu lebih dekat. 

Oya, di acara talkshow selalu ada sesi tanya-jawab peserta dan pembicara, juga diselingi acara live tweet competition dari NOVA dengan hastag #NGOPINOVA #28Novaversary dan live IG competition dari sponsor: Softex Daun Sirih.
NGOPINOVA
Keseruan Para Undangan Ngopi Bareng NOVA #NGOPINOVA

NGOPINOVA
Lomba Blog Special Peserta Ngopi Bareng NOVA #NGOPINOVA
Seru banget, setiap undangan atau audiens saling berusaha memenangkan kompetisi. Alhamdullilah saya memenangkan live tweet competition Softex Daun Sirih, hadianya voucer makan di resto senilai Rp.100.000.-, ada juga pemenang yang mendapatkan uang chas senilai Rp.300.000.-, dan beberapa hadiah dari NOVA berupa Tas Travel Lipat dengan disain corak yang cantik plus hadiah tambahan pouch NOVA.
NGOPINOVA
Para Pemenang Life Twitter & Life IG- sumber pic sebelum diedit di SINI
Gak cuma hadiah-hadiah bagi pemenang life twitter maupun life IG twitter, undangan juga mendapat kesempatan berharga gabung menjadi member klub NOVA secara gratis, kalau di luar even ini sih berbayar Rp.50.000,- untuk keanggotaan 2 tahun, belum termasuk top up. Banyak banget keuntungan gabung dengan klub NOVA, selain berbagai diskon jika bertransaksi menggunakan valuecard’nya, juga ikut dalam berbagai kegiatan NOVA.

Itu aja hadiahnya?

Masih ada lagi get exclusive merchandise dari NOVA dan sponsor, khusus even ini bisa langganan NOVA selama 3 bulan cuma bayar Rp.96.000.- dibonusin Tas Travel Lipat NOVA dan hadiah tambahan pouch NOVA loh. Belum goodiebag bagi seluruh undangan... ckckckck, Ngopi Bareng NOVA dalam rangka Ulang Tahun NOVA ke 28  bener-bener bagi-bagi hadiah buat wanita.  Jadi  Ilmunya Dapat, Hadiahnya Dapat!

Dan, ketika acara usai dengan bagi-bagi hadiah, hari semakin sore-langit di luar sudah gelap, acara ditutup dengan makan bersama. Kami para undangan disuguhkan makan besar dengan lauk yang menggoda lidah dari BirdCage Parc restoran. Saya suka sekali daging ayam berbumbu khas dengan taburan kacang capri, tekstur dagingnya itu empuk banget juga puding cokelat dingin yang lumer di dalam ketika dikunyah. 

NGOPINOVA
Sayonara NOVA


Saat perjalanan pulang masih teringat ucapan Pimpinan Redaksi NOVA, Ibu Iis R.Soelaeman, bahwa ke depan NOVA ingin bisa menjalin hubungan dengan para blogger, secara saling share artikel yang ditulis blogger sehingga pembaca NOVA juga membaca artikelnya di blog blogger tersebut. Sebuah ide yang cermelang, saya pun berharap dapat hadir di acara-acara NOVA berikutnya.

Tulisan ini diikutkan dalam Blog Competition Ngopi Bareng NOVA #NGOPINOVA #28Novaversary




19 comments:

  1. Acaranya seru Mbak. Terutama food photography ... pengen belajar banyak.

    ReplyDelete
  2. Omah Bukumurah: Makasih sudah diijinin hadir ke acara-acara keren, Yah ^_^

    ReplyDelete
  3. Levina Mandalagiri: Iya, mba Levina, nulis di blog tuh penting banget menyuguhkan foto-foto yang bagus, supaya pembaca bertahan untuk menghabiskan artikel yang kita tulis

    ReplyDelete
  4. momogrosir:sarat ilmu , sarat hadiah ^_^

    ReplyDelete
  5. Asiiik ya... dapet ilmu,bertemu teman-teman dan yang pasti banyak hadiahnya ya..
    Semoga semakin banyak acara-acara yang mengundang para blogger ya...

    ReplyDelete
  6. foto yg blm pinter ngambil. smangat ngeblog

    ReplyDelete
  7. Nurul Fitri Fatkhani:Aamiin, acara-acara yang saling membuat blogger dan penyelenggara acaranya sama-sama mendapat asupan bagus ^_^

    ReplyDelete
  8. Jiah Al Jafara:semangat harus tetap dijaga ya mba ^_^

    ReplyDelete
  9. Terima kasih sharingnya Mbak. Tadinya pengen ikutan acara ini krn baca pengumumannya di Nova edisi minggu lalu. Sayang harinya pas hari kerja, gk ada yg jaga anak2 jd gk bisa ikutan. Seru kyknya acaranya. :D

    ReplyDelete
  10. Aprillia Ekasari: sama-sama, Mba April..semoga next bisa ikutan acara NOVA lagi ya ^_^
    kalau masuk klub NOVA kan banyak kegiatannya mba

    ReplyDelete
  11. Serunyaaaa ikut kegiatan ini, mbaaa. Bisa dapat banyak ilmu dan beraneka hadiah serta ketemuan ama teman-teman termasuk mba Eni :). Mbaa, desain blognya cantik :)

    ReplyDelete
  12. Rach Alida Bahaweres:makasih sudah mampir, mba ^_^

    ReplyDelete
  13. asyiiiknya mbak ...kapan ya Nova ngadain acara top BGT seperti ini di Sidoarjo eeh minimal di Surabaya lah hihihi

    ReplyDelete
  14. Dwi Aprily - The Ordinary Woman:Coba aja gabung di Club NOVA, mba
    seru, siapa tahu pas ada acara di Surabaya bisa gabung
    biasanya sponsor acara NOVA keren-keren

    ReplyDelete
  15. Banyak banget ilmu yang didapat ya terutama soal dunia blogging. Seru juga karena ada kue ulangtahun NOVA, dimakan rame-rame.

    ReplyDelete
  16. @Suci: Bener bangeet, Mba Suci ^_^

    ReplyDelete
  17. Waaah senang ya bisa hadir dalam ultah NOVA, jadi mupeng hihihiii

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.