Sunday, July 3, 2016

Mengenali Gejala dan Masalah Kesehatan Pada Bayi



Mengenali Bayi Baru Lahir
Setiap orang tua tentu sangat bahagia menunggu saat-saat kelahiran seorang bayi setelah dikandung 9 bulan lebih, terlebih jika kehadirannya adalah untuk yang pertama kali, berbagai bayangan yang indah-indah terangkai saat menunggu kelahirannya.

Namun dibalik kebahagian dan impian-impan indah itu ada berbagai kecemasan saat sang bayi mulai hadir diantara kita, mulai dari bagaimana merawat buah hati kita yang masih rentan terhadap penyakit yang sangat ringan sekalipun, hingga mengenali gejala-gelaja membingungkan yang ada pada bayi kita karena buah hati kita belum mampu bicara untuk mengatakan rasa sakitnya.

Padahal banyak gejala sakit dan masalah bayi yang perlu dibawa ke dokter segera, secepatnya, ada juga yang tak perlu ke dokter cukup kita rawat sendiri, atau bahkan kita buat pencegahannya. Tidak perlu kita cemasi berlebihan.

Dari pengalaman, nasehat orangtua, cerita teman, buku dan artikel saya coba membaginya kepada anda.
Maka coba lihat ketika bayi baru lahir, amati seluruh tubuhnya yang retan:


  • Kepala
Apabila melihat kepala bayi kita tampak lebih besar, atau tidak bagus jangan cemas atau kecewa, pada umumnya, bentuk kepala bayi yang baru dilahirkan tidak bagus, karena tekanan saat lahir dan usaha tengkorak melindungi otak.
Bayi yang memiliki rambut lebat maupun tidak, setelah beberapa hari terlahir biasanya akan ditumbuhi kotoran hitam diatas ubun-ubunnya (orang menyebutnya ketombe) yang kadang sangat tebal dan terlihat menjijikkan, ini tidak hilang dengan mengeramasinya dengan shampoo baby sekalipun.

Tips yang saya lakukan:
Melumuri/mengolesi bagian yang berketombe dengan baby oil berapa saat, lalu gosok secara lembut dengan jari telunjuk, keramasi dan sisir dengan sisir baby, kotoran akan luruh  dan hilang berangsur-angsur apabila kita melakukannya dengan telaten.
  • Mata
Warna merah pada mata bayi yang baru lahir, biasanya disebabkan oleh kuatnya tekanan disaat kelahiran, yang akan memudar dalam beberapa hari kemudian. Ada pula bayi yang matanya seperti juling ke arah kelopak, ini biasanya akan normal kembali namun bila masih demikian pada usia 3 bulan periksakan ke dokter.
  • Kulit

Cukup jarang bayi yang lahir dengan kulit sempurna. Bercak merah, kuning atau putih, bahkan sedikit keriput karena kurang asupan makanan  dan terlalu lama didalam kandungan adalah wajar dan akan menjadi mulus setelah mencapai usia satu bulan, kecuali tanda (orang awam biasanya menyebutnya ‘toh’) tidak akan lenyap sampai dewasa.

Namun ada juga yang terlahir mulus seperti bayi saya namun baru timbul bercak atau terkelupas setelah usia dua minggu (masyarakat tradisional menyebutnya: ‘keluar sawannya’). Ada tips untuk mempercepat kulitnya kembali normal:
Oleskan minyak kelapa asli yang dibuat dari buah kelapa sebelum dimandikan dalam 2 minggu sawan bayi saya hilang dan tidak sampai keseluruh tubuhnya.
  • Pusar
Bayi yang baru lahir tali pusarnya masih tersisa berapa inci sehingga terlihat sangat retan dan kadang kita takut untuk menyentuhnya. Padahal harus dibersihkan untuk menjaga terjadinya infeksi atau terdapat kuman karena tidak bersih.
Selain boleh dimandikan tali pusar  sebaiknya dianginkan agar senantiasa kering dan punya
kontak dengan udara

Basuh dengan alkohol 70% menggunakan perban/kassa steril (bayi menangis bukan karena
sakit tapi kaget oleh dinginnya alkohol 
5-14 hari akan puput (tanggal) sendiri , biasanya akan sedikit berdarah.

Oya, perlu diperhatikan, jaga bayi anda dari orang dewasa maupun anak-anak yang menderita
flu, karena bayi saya usia 1 hari sudah kena flu akibat seorang teman yang menjenguk sedang
menderita flu.

Padahal menurut dokter, bayi seusia itu belum dapat diberiobat sehingga pengobatan saya lakukan melalui asi, dimana saya mengkonsumsi vitamin C dan makanan sehat lainnya. Beruntung hanya 3 hari sembuh, namun bisa dibayangkan bayi sekecil itu sudah kena flu. Jadi sebaikanya jaga bayi anda dengan hati-hati.

Untuk imunisasi mau pun periksa/konsulttasi kesehatan sebaiknya dengan dokter yang sama sehingga kita tidak riuh dalam pemasukan informsi tentang kesehatan si kecil.




3 comments:

  1. Ya ampuuun itu lucuuu bgt babynya *salahfokus

    Iya, anak2ku jg pake lactacyd, anak yg aktif kayak krucilku rentang berkeringat, lactacyd ampuh membantu mengatasi biang keringat pd si kecil

    ReplyDelete
  2. Shine:Maaak..ngapa komen lactacyd komen di sini
    wkwkwwk..ga nyambung dah

    ReplyDelete
  3. Baca ini, jadi ingat kenangan saat ngurusin anak-anak sendiri, rempong sendiri dengan berbagai masalah kesehatannya :)
    Sekarang mah enak ya, tulisan-tulisan seperti ini membantu banget buat ibu-ibu yang punya anak bayi.
    Nice sharing :)

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.