Bahaya Anyang-Anyangan Bagi Wanita ~ Duniaeni

Friday

Bahaya Anyang-Anyangan Bagi Wanita


Apa Itu Anyang-Anyangan?

Pernah menderita anyang-anyangan?
Tahu arti anyang-anyangan?

Anyang-anyangan adalah air seni yang dikeluarkan saat buang air kecil sangat sedikit dan disertai rasa sakit atau panas, dengan ritme buang air kecil yang sering.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan Benar, bukan dengan mitos-mitos yang pernah saya ikuti dulu (sangking putus asanya terserang anyang-anyangan), seperti jempol kaki diikat karet gelang (sampai merah loh), diurut karena dikira turun kandung kemihnya. Peristiwa diurut ini pernah saya alami dengan gaya aneh loh.

Waktu itu pas silaturahmi ke Yogyakarta, ibu saya yang merasa prihatin anaknya selalu diserang anyang-anyangan cerita ke famili. Kebetulan sepupu pasca melahirkan putrinya dan sedang dalam masa perawatan dukun urut spesial wanita pasca melahirkan. Adat di sana wanita pasca melahirkan mendapat perawatan pijat, jamu-jamuan selama 40 hari.

Konon dukun urut spesial ini bisa mengobati area kewanitaan, termasuk wanita yang terkena anyang-anyangan yang katanya kandung kemihnya turun. Maka saya pun diurut dengan ritual pinggang bagian bawah diikat stagen (semacam selendang spesial untuk membebet perut hingga bagian bawah bokong wanita), lalu saya diminta posisi berbaring dan dukun urut itu menarik selendangnya dengan kencang...wuhaaaaa! Kalau ingat gokil banget deh. Usia saya saat diurut itu belum ada dua puluh tahun, wkwkwkkw.

Sempat timbul pertanyaan, mengapa saya yang masih gadis bisa turun kandung kemihnnnya? Lah, mana saya tahu. Pokoknya kalau kurang asupan air dan melakukan kegiatan berat, anyang-anyangan muncul tidak diundang. Di mana saja bisa anyang-anyangan, di sekolah, di rumah, di jalan saat berpergian sampai dewasa anyang-anyangan tetap tidak mau pergi. Ritmenya sering, bukan sekedar kadang-kadang atau waktu tertentu.

Puncaknya bisa terjadi juga saat kemudian saya bekerja, di kantor lagi sibuk-sibuknya terbirit-birit ke toilet, ke pantry buat minum air putih sebanyak-banyaknya, sampai bos saya tahu dan memberi obat gosok hangat untuk dioleskan ke pinggang dan perut. Malu juga kalau inget, sekantor mengetahui penyakit saya itu anyang-anyangan, ihiks.

Alhamdullilah, setelah menikah anyang-anyangan pergi. dan tidak sampai menyebabkan apa-apa. Karena ternyata anyang-anyangan jika diabaikan bisa berbahaya sekali. Bahkan saya pernah membaca anyang-anyangan bisa menyebabkan keguguran, karena penderita tidak menjaga kebersihan organ intimnya dengan baik.

Ngilu membayangkanya, teringat bagaimana saya dulu pun sering menggunakan toilet umum saat melakukan perjalanan. Kadang hanya membasuh dengan tisu tanpa air berhari-hari. Menggunakan underwear bolak-balik karena dalam perjalanan tidak sempat mencuci hingga kering. Namun jangan ditiru, tidak semua keberuntungan bisa terjadi, yakni tidak apa-apa membiarkan anyang-anyangan dan tidak menjaga kebersihan orga intim. Ingat, anyang-anyangan 90% terjadi karena bakteri E.coli yang nyasar ke kandung kemih.


Lalu Apa Bahayanya Anyang-Anyangan?

Jika masih mengganggap anyang-anyangan penyakit biasa yang tidak perlu ditangani dengan serius, maka sebaiknya mengetahui bahaya dari penyakit anyang-anyangan jika dibiarkan berlarut:

Infeksi kandung kemih yang bisa menyebabkan rasa sakit saat buat air kecil secara berkepanjangan, keputihan parah yang sangat mengganggu, dan bila terjadi pada ibu hamil sangat berbahaya. Bakteri yang menyebar akibat infeksi kandung kemih ini akan membuat mulut rahim terbuka dan menyebabkan janin keguguran. Seram banget kan?

Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan Mudah Dan Aman

Cegah Anyang-Ayangan Dengan Uricran

Setelah mengetahui bahaya anyang-anyangan bagi wanita, maka sebaiknya menjaga agar tidak mengalami anyang-anyangan berlarut;
  • Menjaga kebersihan organ intim agar bakteri E.coli tidak mengunjungi area kandung kemih
  • Mengkonsumsi air putih cukup
  • Tidak menahan buang air kecil terlalu lama
  • Jika sudah mengalami anyang-anyangan bisa dengan  mengkonsumsi jus buah cranberry, buah yang memiliki kandungan yang mencegah bakteri E.coli bertahan di kandung kemih.

Cari buahnya di mana?'



Gampang kok, sekarang sudah ada Uricran yang memiliki kandungan cranberry, seingga menjadi solusi alami untuk anyang-anyangan. Uricran powder dikonsumsi dengan air putih dingin mirip cara menyajikan sirup, langsung glek , rasanya juga seenak sirup loh. Gak percaya? coba aja deh


3 komentar:

  1. Pernah ngerasain satu kali kena sakit anyang anyangan. gak mau lagi untungnya ada uricran ya mbak hehehe

    ReplyDelete
  2. Saya pernah ngerasain anyang-anyangan mbak, awalnya sih saya nggak tahu kalau yang saya derita itu anyang-anyangan, saya biarkan aja, tapi lama kelamaan nggak nyaman banget rasanya. BAru tahu kalau dibiarkan anyang-anyangan bisa bahaya

    ReplyDelete
  3. jangan sampaaai anyang-anyangan yaa mbaaa..bahaya banget

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan Ia akan belajar menemukan cinta dalam ke hidupannya Kata mutiara y...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.