Our Story

Ceremony

Family

Manfaat Madu

by - October 22, 2016


"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam)  buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl : 69)

Dari Ayat di atas, tertera: Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.


Madu Menghilangkan Radang Tenggorokan

Saya termasuk yang mempercayai madu sejak dulu, dalam arti sejak saya masih anak-anak. Terbiasa orangtua memberikan madu ketika kami batuk ataupun sariawan. Ingat, dulu sewaktu remaja sering mengindap radang tenggorokan sampai susah bicara dan menelan. Obat antibiotik lewat , tetap saja radang tenggorokan kerap datang, terutama jika kondisi cuaca panas. Kemungkinan saat itu saya banyak jajan es di luar, namanya juga anak sekolah.

Suatu ketika teman Bapak dari Kalimantan main, dia memberikan madu hitam yang katanya asli dari madu lebah di hutan. Madu kehitaman itu masih bercampur dengan remah-remah sarang lebah, tetapi tanpa ragu langsung saya ‘glek’ dan...hueeek! Tiba-tiba secara spontan keluar lendir beku berbentuk seperti akar kelapa dari tenggorokan saya. Warnanya kehijauan.

Entah itu apa. Pokoknya setelah ledir beku itu keluar, tenggorokan terasa ringan sekali. Menelan tidak sakit, rasa pusing juga hilang. Setelah 3 hari meminumnya, radang tenggorokan benar-benar pergi dan sejak itu penyakit yang sering menyerang saya hilang. Kalau lah batuk pilek, biasa saja. Tidak sampai membuat tenggorokan sakit, susah menelan, suara hilang dan badan sakit semua.

Madu Mengobati Jerawat Yang Meradang

Ketika beranjak remaja yang pada umumnya tumbuh jerawat, saya diberi resep oleh Ibu, yaitu: Madu dicampur dengan air jeruk nipis dan dioleskan ke wajah yang berjerawat setiap malam hari selama 30 menit, kemudian dibasuh dengan air dingin.  Bukan saja jerawat meradang jadi kempis, tetapi kulit wajah jadi kenyal dan halus.

Madu obat jerawat meradang:
  • Jeruk nipis potong menjadi dua, peras sebelah saja
  • Madu murni 1 sendok makan
  • Aduk air perasan jeruk nipis dan madu hingga menyatu
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan
  • Biarkan 30 menit lalu basuh dengan air dingin
Semakin percaya sama madu hingga saya menikah dan hamil, madu adalah salah satu asupan yang wajib. Saat  hamil biasa saya mengasup madu 1 sendok makan pada pagi hari dan satu sendok makan pada  malam hari , efeknya? Badan jadi segar, janin sehat, tidak mudah terkena batuk-pilek. Bahkan pernah sakit kepala, saya minum satu sendok madu dan tertidur. Begitu bangun sakit kepala reda tanpa harus meminum obat dokter. Luarbiasa ya, manfaat madu.

Madu Untuk Kesehatan Anak-Anak

Sekarang setelah memiliki anak, madu juga masuk dalam urutan pertama ada di rumah sebagai asupan harian. Biasa kalau anak-anak batuk pilek, pertolongan pertama tentu saja madu. Termasuk saat demam, jika masih bisa diatasi dengan madu saya akan memberikannya. Alhamdullilah, anak-anak doyan, mungkin karena terbiasa ya.


Karena madu berlimpah khasiat, saya lihat banyak yang menjual suplemen anak berbahan madu untuk aneka macam kesehatan. Pengen dong, apalagi saya memang pecinta madu ya. Saya ingin mencoba aneka suplemen madu yang sudah dikombinasikan dengan rempah-rempah lainnya. Soalnya Lintang dan Pijar sedikit susah makan setelah gede, melihat ada madu yang diramu untuk meningkatkan nafsu makan, jadi nafsu untuk saya beli.

Tetapi tidak semudah itu, madu yang sudah dicampur rempah-rempah dan sejenisnya membuat rasanya berubah. Kata anak saya, baunya tidak enak, rasanya aneh. Aduh, gimana ini?  Terbersit dalam pikiran, kalau saja ada madu suplemen yang sudah diracik dengan rempah-rempah sehat lainnya tetap memiliki rasa dan bau yang enak. Namun sebagai catatan, suplemen ini hanya untuk anak usia 1-12 tahun. Kenapa di bawah 1 tahun tidak boleh mengasup madu, kan madu khasiatnya bagus?

Yups, Madu memang khasiatnya bagus sekali, tetapi madu mengandung spora yang mana anak berusia di  bawah 1 tahun dikawatirkan pencernaannya belum siap, bisa menyebabkan diare, dan hal lainnya. Memang tidak spontan efeknya pada sebagian anak, tetapi jika ada yang spontan mengalami efek yang dikawatirkan, kasian si kecil. Lebih baik bersabar ya, Bun, menunggu hingga buah hati kita usia 1 tahun.


You May Also Like

9 komentar

  1. Selalu suka sama tips dan pengalamannya Mbak Eni tentang konsumsi obat herbal. Btw, sampai bisa gitu ya Mbak kalau konsumsi madu Kalimantan?
    Wah, kena madu Grow n Health, Pendar makin lahap dong makannya. Udah nggak hobi ngeusilin kulkas lagi kah Mbak? :D

    ReplyDelete
  2. Coba ah, biar wajah kenyal dan halus :D

    ReplyDelete
  3. Banyak banget manfaat madu tuh yaa, aku lebih suka pakai madu buat maskeran wajah sebelum tidur :))

    ReplyDelete
  4. Cari madu alami memang susah ya. Biasanya udah dicampur ini itu, khasiatnya berkurang

    ReplyDelete
  5. madu.. favorite banget jadi herbal keluarga

    ReplyDelete
  6. Saya teringat dulu pernah batuk ga sembuh-sembuh, terus ada nyaranin madu, alhamdulillah cocok, eee... pada saat yang sama saya merasa stamina lebih fit.

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum kak, aku suka banget sama tulisan kakak,
    Follback blog aku juga ya kak. citraayuv.blogspot.co.id
    Thank you :)

    ReplyDelete
  8. Madu ini emaknya jga suka minumiiin hahahah XD

    ReplyDelete
  9. Baru tau madu baik untuk radang Mba, pas mau kena radang nih aku kayaknya. Pas juga ada madu kalimantan di rumah. Nanti langsung kuminum deh

    ReplyDelete