>

Stimulasi&nutrisi agar si kecil tumbuh dengan tanggap yang cepat

By dunia eni - April 17, 2018



Sebagai orangtua kita sering merasa sangat bangga ketika kecerdasan anak dilihat dari prestasi secara akademik, cerdas secara intelektual. Sebagai contoh, bisa kita dapati begitu banyak orangtua pamer di medsos (mungkin termasuk saya) ketika anak meraih juara lomba A-lomba B, meraih rangking teratas.

Atau betapa seringnya kita sebagai orangtua memberi apreasi, pujian, ketika anak pulang sekolah dengan membawa nilai yang baik dan memuaskan. Bahkan sampai ke psikolog untuk tes psikolog kecerdasan anak agar tahu sejauh mana intelektualnya.

Apakah anak-anak kita cukup tumbuh sebagai anak yang cerdas secara intelektual untuk bekal masa depannya?
  

Undangan ke launching Bebelac


Semula saya memiliki pemikiran yang kurang lebih demikian, cukup lega ketika anak sudah berprestasi di sekolah secara intelektual, namun ketika mendapat undangan launching Bebelac tanggal 11 April 2018, dengan menghadirkan narasumber:




dr. Nur Aisyah Widjaja, SpA(K)
Roslina Verauli, Mpsi - Psikolog Anak
Gisella Anastasia&Gempita Nora Marten - Ibu&Anak Selebriti

Hati dan pikiran saya, juga mungkin semua undangan yang hadir seperti dibuka wawasannya tentang anak tidak cukup menjadi pintar saja, tetapi pentingnya anak tumbuh dengang tanggap yang lengkap sebagai bekal masa depannya nanti. Tanggap yang lengkap adalah:



1.      Cepat tanggap
2.      Punya rasa perduli
3.      Tanggap bersosialiasi

Semua ini tentu saja berawal dari  bagaimana kita sebagai orangtua mengasuh mereka di rumah. Lalu sudah benarkah pola asuh kita selama ini untuk tumbuh kembang anak?

Peran orangtua dalam menumbuhkan anak tanggap yang lengkap



Roslina Verauli, Mpsi - Psikolog Anak membuka sharing bersama para hadiri dengan sangat familiar seperti biasanya. Saya sudah beberapa kali bertemu wanita dengan senyum renyah ini, dan selalu merasa bahagia mendengar suara dan melihat senyumnya, seakan memberi power yang membuat saya merasa 'bisa menjadi orangtua yang baik'.

Vera membenarkan bahwa nutrisi untuk anak-anak perlu banget, tapi stimulasi agar tanggap yang lengkap juga perlu: "Anak tanggap adalah anak yang segera merespon, bukan sekedar cerdas secara intelektual atau konignif. Ada kecerdasan yang namanya kecerdasan sosial, tanggap secara sosial biar mampu bekerjasama, mampu mengerti aturan main, tahu mana yang benar dan salah pada oranglain. Sayangnya tanggap sosial tidak berkembang jika tidak memiliki kecerdasan emosional. Apa itu cerdas emosional?"

Vera menyebutkan tentang kecerdasan emosional adalah seorang anak yang mempunyai  kepekaan dan keperdulian dengan orang lain. Untuk itu perlunya distimulasi agar ke tiga hal ini: Tanggap: cepat tanggap intelektual, tanggap emosional, perduli, dan tanggap sosial, mampu berteman, dapat tumbuh dengan lengkap dalam diri anak. Sebagai contoh kecerdasan emosional anak memiliki rasa empati, misalnya mengambilkan buku teman yang jatuh.

"Disini diperlukan stimulasi agar bisa memenuhi tanggap lengkap, stimulasi dari rumah. Biar tanggap lengkap , bagaimana pengasuhan para Moms di rumah?" Vera melontarkan pertanyaan ke para undangan yang dilanjutkan dengan parenting game. Vera membagikan kertas ke para peserta yang hadir, ada dua warna yang berbeda: Merah dan Biru:

Merah dan Biru: (kertas-kertas ini adalah  perlambang pengasuhan Anda di rumah terhadap si kecil) .Vera kemudian memberikan kalimat-kalimat negatif dan positif yang pernah diucapkan orangtua kepada si kecil, jika kita pernah mengucapkannya maka kita tulis di kertas tersebut. Ini hal hal-hal yang pernah saya ucapkan ke anak-anak saya:

Merah (melambangkan evil atau hal yang negatif):

1.      Ih kamu cengeng banget
2.      Galak/pemarah
3.      Salah
4.      Kok gitu sih
5.      Note: Jumlah kata negatif yang banyak di atas 6, bertanda tidak baik

Biru (melambangkan angel atau hal yang positif)

·         I love you
·         You are ok
·         Kamu tanggungjawab
·         Ada ibu di sini
·         Kamu baik
·         Pinter
·         Good job
·         Kamu bisa
·         Wow, kamu kerjakan sendiri
·         Note: Baik jika jumlah kata-kata positif ini di atas 7

Dan, tahukah apa makna kata-kata negatif dan positif yang kita ucapakan kepada si kecil atau anak-anak kita?


"Setiap kita memberikan kata-kata yang baik dan positif, kita tengah memasukkan sebuah kristal bening yang indah ke dalam skema berpikir  putra putri  kita di rumah, kristal yang menghiasi rumah tangga di dalam dirinya sendiri menjadi sangat indah, sehingga penghayatan anak akan dirinya sebagai rumahnya adalah begitu positif dan indah." Kata Vera.

"Sang anak merasa bahwa dirinya adalah individu yang punya kristal (strengths) yang banyak, anak yang punya strengths , dia akan membangun diri yang positif. Hanya anak positif yang mampu punya emosi yang positif. Bahkan saat emosinya negatif, seperti saat dia sedih, dia akan berusaha membangun rasa positif dalam dirinya. untuk menjadi netral atau tidak sedih kembali. Hanya anak yang punya rasa positif yang merasa kompeten, hanya anak yang punya rasa positif yang mampu mengembangkan rasa perduli atau impati yang secara optimal kepada oranglain. Inilah akar buat cerdas sosial."

"Semenatara isi di dalam kertas merah seperti kita tengah memasukkan sampah ke ruang berpikir anak, ke skema berpikir anak tentang diri sendiri sehingga penghayatan dalam dirinya ke arah negatif, seperti cengeng, takut, nakal, dan kata-kata negatif lainnya."

Mendengar apa yang diucapkan oleh Roslina Verauli, Mpsi, saya langsung terdiam. Dalam diam ini mencoba mengingat berapa kristal yang sudah saya masukkan ke dalam skema pikiran anak-anak saya, berapa banyak sampah yang pernah saya masukkan juga ke skema pikiran-pikiran mereka?

Rasanya mengharu-biru, rasanya akan saya ulang lagi, akan saya buang sebanyak-banyaknya sampah yang pernah tanpa sadar sudah saya masukkan ke skema pikiran anak-anak. Akan saya ganti dengan banyak kristal yang masuk ke skema pikiran mereka agar mereka tumbuh menjadi pribadi dengan tanggap yang lengkap. Sehingga seperti yang dikatakan Vera, anak-anak yang memiliki pribadi dengan tanggap yang lengkap akan:

Mudah bagi mereka untuk melakukan tiga hal:
1.      Anak  mampu menolong orang lain tanpa pamrih
2.      Anak mengerti mana yang benar mana yang salah
3.      Anak mengerti mana aturan main

Ayo, Moms, mulai menabung kristal-kristal yang indah ke dalam skema berpikir anak, dan buang jauh-jauh sampah yang akan merusak skema berpikir anak positif. Selain stimulasi ini, jangan  lupa perhatikan juga nutrisinya.

Peran Nutrisi Untuk Pertumbuhan Anak




Vera membenarkan bahwa nutrisi untuk anak-anak perlu banget, hal ini didukung oleh sharing dr. Nur Aisyah Widjaja, SpA(K) – Konsultan Nutrisi dan Penyakit. "Anak yang kekurangan nutrisi akan mengalami stunting, kebutuhan nutrisi ini harus dicapai saat usia 0-2 tahun. Karena panjang badan anak pada usia itu sedang maksimal. Usia anak 0-1 tahun bisa naik 25cm, kalau dua tahun hanya 12.5 cm, setelahnya semakin kecil. Makanya sayang jika tidak dioptimalkan di usia 0-2 tahun itu. Itulah pentingnya 1000 hari pertama kehamilan hingga kelahiran sampai usia 2 tahun."

Peran nutrisi sendiri adalah untuk pertumbuhan dan perkembangan anak di usia emas atau golden age. Salah satu nutrisi yang baik dengan memberikan anak susu yang sesuai usianya dan cocok dengan pencernaannya, karena pencernaan yang bagus mempengaruhi perkembangan otak. Duh, saya baru tahu loh kalau pencernaan ini mempengaruhi  perkembangan otak. Lalu seperti apa ciri-ciri pencernaan yang baik?

"Pencernaan yang bagus adalah yang memiliki kuman-kuman yang baik," kata dokter Aisyah.

Dalam launching Bebelac terbaru ini, tentu saja ada yang baru, yakni untuk membantu memenuhi nutrisi yang mendukung si kecil untuk tumbuh hebat dengan tanggap yang lengkap, Bebelac baru kini mengandung Minyak Ikan dan Omega 6 yang lebih tinggi dibandingkan formula Bebelac sebelumnya.

Tahukan kan manfaat minyak ikan dan omega 6? Salah satunya membantu memori anak, nutrisi otak. Selain mengandung  Minyak Ikan dan Omega 6 yang lebih tinggi, Bebelac baru juga mengandung FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, serta 13 vitamin dan 9 mineral.

Jadi terbuka ya, wawasan kita sebagai orangtua. Ciri-ciri anak cerdas tidak hanya yang pintar matematika, pintar bahasa Inggris, pintar secara intelektual seperti dibahas di atas, karena ada 9 kecerdasan anak yang perlu kita ketahui dan kembangkan. Salah satu dari 9 kecerdasan anak itu Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Moral, yang semua ini ada dalam Tanggap yang Lengkap. Untuk info lebih lanjut mengenai Tanggap yang Lengkap bisa langsung ke https://bebeclub.co.id/article/moms-pedia/tanggap-yang-lengkap-sebagai-ciri-anak-hebat/


  • Share:

You Might Also Like

32 komentar

  1. Dan memang anak-anak sebisa mungkin dididik dalam lingkunan yang positive ya mba

    ReplyDelete
  2. Penting banget unntuk memberikan stimulasi kepada anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan jangan lupa tentunya memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada anak ya mba :)

      Delete
  3. Alhamdulillah aku sama suami rajin banget melatih stimulasi anak mbak. Walau mungkin belum sebaik para ibu di luar sana, tapi inshaAllah terbaik untuk Rayyan

    ReplyDelete
  4. Nice sharing mbk.. Khususnya bt yg belm berkeluarga. Hehe


    Bebelac kaya akan nutrisi yg dibutuhkan bgt buat anak2 utk masa pertumbhhan yg baik.

    ReplyDelete
  5. nutrisi untuk anak sangatlah penting ya mba.. nice sharring mba. tqu

    ReplyDelete
  6. Menstimulasi agar cepat tanggap dan cekatan perlu banget yah buat anak. Makanya perlu didukung sama makanan yang bergizi

    ReplyDelete
  7. Bebelac ini brand susu utk anak saya yang ke-dua.Dia suka banget.masa emas ini mmg harus dioptimalkan ya kak

    ReplyDelete
  8. Wah mantaps ini... Sempet memakai ini jg dulu. :)

    ReplyDelete
  9. Semakin lengkap kecerdasan anak semakin anak tumbuh cerdas ga lupa konsumsi makanan sehat tambah bagus lagi

    ReplyDelete
  10. Emang sebagai ortu kita jangan cuma konsen ke kecerdasan akademik tapi jg ke kecerdasan emosi ya mbak, jadi supaya tanggap anak jd lengkap :D

    ReplyDelete
  11. Naksir Ama pie nyaba kok bisa samaan kuning yaaa

    ReplyDelete
  12. Keren inovasi Bebelac ini. Sebab masih banyak ortu yang belum paham dengan kecerdasan anak. Kecerdasan otak masih menjadi prioritas. Pdhl, semuanya perlu . Ya IQ, ya EQ. Semoga banyak anak yang mendapatkan manfaat dari Bebelac ini.

    ReplyDelete
  13. Stimulasi positif membantu otak untuk memberikan output positif juga ya mbak..gak cuma untuk si kecil tapi juga untuk lingkungannya juga. Makasih sharingnya ya.

    ReplyDelete
  14. Anak2 tumbuh dan berkembang sesuai dengan benntukan lingkungannya ya

    ReplyDelete
  15. Sharing yang informatif sekali. Terima kasih banyak mba. Semoga aku bisa memasukkan banyak kristal untuk anak anakku kelak. Doakan.

    ReplyDelete
  16. Nah yang kadang terlupakan ortu ya kecerdasan inter/intrapersonal anak juga moral. Basic ini

    ReplyDelete
  17. Duh, klo lagi juengkel bgt,sampah keluar lancar :(

    ReplyDelete
  18. Nutrisi dan Stimulasi, dua hal yang harus bersinergi supaya pertumbuhan anak optimal..

    ReplyDelete
  19. Orangtua memang harus banget yaaa menstimulasi anak2nya agar bisa bagus perkembangan dan pertumbuhannya.

    ReplyDelete
  20. Bebelac baru nutrisinya banyak banget ya, ini anak2ku juga minum dan suka banget sama rasa susunya :D

    ReplyDelete
  21. Nutrisi yang tepat jadi basic pertumbuhan anak ya mba

    ReplyDelete
  22. mengena banget nih soal kertas merah dan biru, bikin saya belajar untuk lebih banyak memberikan kristal tanpa memberikan sampah untuk membentuk konsep diri positif pada anak. makasih yaa

    ReplyDelete
  23. Ilmu baru dari mak eni tentang nutrisi dan stimulasi. Aku jadi makin terpacu buat berikan itu sama Sagara.

    ReplyDelete
  24. Kalau dpt ilmu parenting gini, rasanya kok kecolongan lagi. Ada aja yg lost 1 2 hal. Tapi waktu g bs diulang. Salah satunya ya berusahaelatih ke depannya deh.

    ReplyDelete
  25. pencernaan tetap perlu kuman ya, tapi kumannya baik..nah ini mungkin yang bisa bikin sakit perut yta, kuman baiknya kalah..

    ReplyDelete
  26. Ini dia golden age penting banget diperhatikan oleh orangtua. Jangan sampai terlewatkan masa2 rmas ini. Kecerdasan anak harus juga ada kecerdasan emosional supaya seimbang pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mentalnya.

    ReplyDelete
  27. Pendar kapan kita main lagi yuk, jadi bisa lihat langsung cepat tanggapnya pendar nih yang gemes

    ReplyDelete
  28. Setiap ibu pasti ingin anaknya tumbuh optimal ya, aku pun spt itu. Mknya aku sll berusaha memberikan asupan nutrisi yg tepat dan sesuai dengan kebutuhan spy anakku tumbuh sehat berkualitas

    ReplyDelete
  29. Kalimat negatif tanpa sadar sering terucap ya ka huhu tapi memang tidak ada orangtua yang sempurna, yg bisa dilakukan adalah memberi keteladanan, nutrisi yang baik serta stimulasi yg terua menerus

    ReplyDelete
  30. Menohok banget mbak Eni, aku pun kayanya termasuk yang sering mengucapkan kalimat negatif ke anak-anak tanpa sadar. Hiks, padahal mereka butuh kalimat positif untuk tumbuh kembangnya ya. Kapan-kapan kita play date yuk mbak sama anak-anak ^.^

    ReplyDelete