Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

By dunia eni - June 23, 2018


Saat hamil Pendar semester pertama saya mengasup Kurma





Hampir semua tahu kalau kurma itu buah yang sangat banyak manfaatnya, selain juga merupakan buah yang disunahkan bagi umat Islam untuk memakannya. Diantara semua manfaatnya yang segudang, buah kurma termasuk buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, mengapa?

Saya ingat betul, ketika anak saya nomor tiga meninggal dunia karena berbagai bawaan sejak dalam kandungan, selain juga lahir belum bulannya. Saya sedih sekali, merasa bersalah selama hamil tidak menjaganya dengan baik, tidak mengasup nutrisi dengan semestinya. Setelah dua tahun kepergiannya saya hamil anak ke empat yakni Pendar.

Bahagia dan ketakutan campur menjadi satu, saat hamil saya banyak membaca dan mencari recomendasi nutrisi yang baik, doa yang baik-baik, pokoknya pola makan dan pola hidup yang baik agar anak ke empat lahir sehat-sempurna. Sampai kemudian saya membaca sebuah status di media sosial dari seorang bidan senior.

Dalam status tersebut bidan senior ini sharing bahwa buah kurma diasup sejak awal kehamilan dapat menyempurnakan kesehatan janin, jika janin tersebut disinyalir tidak sehat  bahkan bisa luruh dengan sendirinya. Saat itu tanpa mencari lebih lanjut kebenarannya secara ilmiah, saya langsung meminta suami mencari kurma segar. Kebetulan tahap nyidam atau semester pertama yang cocok di lidah saya hanya kurma segar.

Selama tiga bulan asupan yang banyak masuk hanya kurma, karena yang lain masih mual. Kurma menjadi camilan dan makanan utama. Alhamdullilah, Pendar lahir dengan sehat dan sempurna. Namun, sebenarnya apa sih manfaat kurma bagi bumil?


Manfaat kurma bagi bumil



Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. ( Maryam : 25)
Ayat di atas dalam surah Maryam mengisahkan sebagian kisah Maryam yang dalam kondisi kepayahan hendak melahirkan seorang diri mendapat pertolongan dari Allah SWT, yaitu rejeki buah-buah kurma. Tentu dalam buah kurma terkandung khasiat atau manfaat yang besar bagi ibu hamil.

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil, diantaranya adalah:




  1. Mencegah sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil.
  2. Memproduksi asam amino yang bermanfaat untuk pertumbuhan janin dalam kandungan
  3. Kurma ternyata banyak mengandung asam folat sehingga menghindari bayi lahir cacat dan juga bermanfaat untuk melindungi otak dan syaraf tulang  belakang bayi.
  4. Mencegah anemia, sangat bagus dikonsumsi sebagai camilan bagi ibu hamil yang menderita anemia
  5. Kandungan zat besinya dan kalsium pada kurma dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.
  6. Bagus diasup oleh ibu hamil yang menderita diabetes.
  7. Sebuah penelitian membuktikan ibu hamil yang rutin mengkonsumsi kurma fase pembukaan saat melahirkan akan lebih cepat.
  8. Selaput ketuban tidak mudah pecah.
  9. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi kurma kemungkinan besar mengalami persalinan normal.
  10. Konsumsi kurma saat akan  melahirkan akan menambah tenaga pada saat proses persalinan
  11. Kurma mengandung zat seperti hormon potuchin yang bermanfaat mengecilkan pembuluh darah pada rahim, sehingga ketika dikonsumsi paska melahirkan akan membantu memulihkan kondisi rahim pada persalinan normal.



Masyaallah, ini hanya sebagian yang saya ketahui dari manfaat buah kurma bagi ibu hamil. Oya, pengalaman saat kontraksi hendak melahirkan Pendar, saya mengasup sarikurma. Alhamdullilah, bisa melahirkan normal dengan sangat mudah, mengalami kontrasi tidak lama dan hanya 3x mengejan. Waktu itu usia saya menginjak 37 tahun.

Kini hamil anak ke lima saya coba rajin mengasup buah kurma juga, berharap dan berusaha agar melahirkan bayi yang sehat, normal, dan mudah. Begitu juga dengan ibu-ibu yang sedang mengandung saat ini, semoga diberi kemudahan oleh Allah SWT, aamiin.





  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. Saya waktu hamil coba makan tapi malah eneg rasanya, mungkin bawaan hormon ya mba. Kalau hari biasa suka-suka aja. Semoga sehat selalu bumil. Super banget mba udah hampir lima :D

    ReplyDelete
  2. Aku yang awalnnya nggak begitu doyan kurma jadi langsung doyan kurma loh mba. ENak banget buat cemilan euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurma sukari sekarang jadi pilihan kurma favoritku mba. soalnya enaak euy

      Delete
  3. Wah khasiatnya banyak banget, kebetulan saya juga hamil. Masalah paling sering sembelit, sepertinya perlu sering mengonsumsi kurma.

    ReplyDelete
  4. Aamiin, semoga bisa lancar dan sehat sampai melahirkan ya.

    ReplyDelete
  5. Aku pas hamil aldebaran ngemil kurma terus sampe pas mau lahiran, alhamdulillah tenaga lancar dan kuat waktu lahiran aldebaran.

    ReplyDelete
  6. Aku waktu hamil dulu jarang makan kurma.. Padahal bagus banget buat kandungan juga ya mba.. Kurma di rumah cuma ada pas Ramadhan aja.. :D Baca ini jadi pingin lebih rajin nyemil kurma.. :D Sehat2 selalu ya bumil..

    ReplyDelete
  7. Kurma banyak banget manfaatnya ya Mba.. Alhamdulillah saya dan keluarga suka makan kurma walaupun makan kurma saat bulan Ramadhan saja huhu memang harus sering konsumsi kurma nih.. sehat selalu ya bumil

    ReplyDelete
  8. Banyak banget ya manfaatnya, gak salah pilih deh kurma jadi cemilan bumil. Selama hamil, aku lebih sering sari sari kurma daripada buah kurma langsung mak..

    ReplyDelete
  9. Dirumahku masih ada kurma nih blm dimakan2 karena ga ada yg doyan. Mau kucemilin ah mulai besok hehe...

    ReplyDelete