>

6 Tips Agar Anak Rajin Gosok Gigi

By dunia eni - August 27, 2018


Apakah mengalami kesulitan meminta anak menggosok gigi? Ada saja alasannya, yang lupa, yang sakit gigi, yang ini-itu. Percaya gak, kalau itu semua adalah kesalahan kita sejak awal?

Ini saya alami loh, anak kedua saya, Pijar (9 tahun) termasuk anak yang agak sulit gosok gigi, alasannya selalu LUPA. Begitu keluar kamar mandi saya tanya, "Mas sudah gosok gigi?", maka dia akan nyengir dan bilang, LUPA. Ini sering sekali terjadi, kecuali saat masuk kamar mandi saya sudah mengingatkannya untuk gosok gigi. Itu pun sesekali dia langgar, fiuuh.

Pendar

Terbalik dengan Pendar yang rajin betul gosok gigi, setiap mandi dan mau tidur, bahkan bangun tidur dia minta gosok gigi. Padahal usianya baru 3.9 tahun, tetapi kesadarannya untuk gosok gigi mengalahkan kakaknya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Kesalahan Sejak Awal Dalam Rutinitas Menggosok Gigi

Sebenarnya saya mengajarkan anak-anak saya gosok gigi sejak dini yakni sejak bayi, dimulai dari menggosok gusinya dengan kain basah. Saat batita biasa saya menggosok gigi si kecil sambil bernyanyi dan mencontohkan gerakan gosok gigi, tujuannya agar gosok gigi menjadi rutinitas yang happy.

Tapi pada Pijar ada bagian yang terlewatkan, ketika dia beranjak batita saya mengandung alm Gibran, fokus pada kehamilan, pada psikis saya, pada proses penyapihan Pijar. Pijar saya sapih saat usia 3.1 tahun, begitu tahu saya hamil. Lalu lanjut pada proses mengasuh bayi yang baru saya lahirkan dalam kondisi spesial. Proses ini membuat ada jeda waktu kebersamaan saya dan Pijar yang putus.

Pijar banyak diasuh oleh Ayahnya yang tentu saja tidak sedisiplin ibunya, Pijar mengenal permen dan tidak rutin gosok gigi. Giginya mulai bermasalah sejak balita karena timbul  lubang dan jadi sakit, dia jadi takut gosok gigi. Apalagi gosok gigi sudah tidak jadi bagian dari rutinitas lagi. Jadilah semua ini berbekas higga sekarang.

Saat Pendar lahir saya tidak mau dong mengalami kesalahan yang sama, maka fokus Pendar saya handle soal rutinitas gosok gigi ini. Alhamdullilah, dia menyukainya dan senang dengan gosok gigi. Bahkan jarang mau kalau saya yang gosokin, jadi kadang belum paripurna. Tapi buat saya tidak apa-apa, yang penting gosok gigi sudah menjadi kebiasaan yang dia sukai dulu.

6 Tips Agar Anak Rajin Gosok Gigi

Buat si kecil yang masih malas gosok gigi atau buat ibu yang baru akan memiliki si kecil, saya sharing ya bagaimana tips agar anak rajin gosok gigi. Bagaimana pun tidak semua anak sama, tinggal bagaimana kita sebagai orangtua pantang menyerah dan berkreatifitas ya, hehehe. Pokoknya tetap semangat, bu.

Terpenting adalah jangan sampai kita terlambat sehingga tahu-tahu gigi anak sudah rusak di usia batita, ihiks. Atau ketika anak beranjak besar jadi malas gosok gigi, perawatan gigi itu mahal benar. Saya mengalami ketika  merawat gigi Pijar yang tidak cukup sekali dua kali, bolak-balik dokter gigi sampai kantong lelah, wkwkkw.

Berikut 6 tips agar anak rajin gosok gigi:

1. Gosok gigi anak sejak dia bayi dengan menggosok gusinya menggunakan kain bersih/washlap lembut yang diberi air hangat.

2. Sesuaikan jenis sikat gigi sesuai usia anak secara bertahap.

3. Ketika anak sudah bisa memegang sikat gigi, biarkan dia bereksplorasi dengan menggosok gigi sendiri, berikan odol yang aman sesuai usianya. Boleh sambil bernyanyi, misalnya lagu 'Bangun Tidur Kuterus Mandi'

4. Gosok gigi bersama yakni ibu juga ikutan gosok gigi ketika anak gosok gigi, arahkan cara menggosok gigi dengan benar.

5. Beri pengetahuan anak tentang kebersihan gigi, sakit gigi melalui dongeng atau buku cerita.

6. Ibu harus konsisten dengan rutinitas atau jadwal anak menggosok gigi.

Semoga si kecil jadi rajin gosok gigi ya...



  • Share:

You Might Also Like

20 komentar

  1. Saya nyesel banget nggak mulai gosok gigi anak dari bayi, karena mikirnya giginya belum banyak. Sekalinya uda setahunan, ampun susah banget diajarin sikat gigi :'(

    Tapi makasih tipsnya mba, akan saya coba praktekkn.

    ReplyDelete
  2. Asik senyumnya hehe...
    Anakku rajin sikat gigi tapi akhirnya kena sakit gigi juga. Hiks... Mungkin kurang bener kali ya cara gosok nya...
    Tips nya okeh buat yang lagi ngajarin anak sikat gigipemula..
    Kalo anakku suruh sikat gigi beli alatnya pun kudu yg ada hadiahnya hehehe

    ReplyDelete
  3. Tenyata sejak belum tumbuh gigi pun harus dibersihkan dengan kain kasa basah ya? wah ilmu baru lagi nih buat aku, makasih tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  4. Nah no. 6 ini yang kadang saya juga lalai sih. Bilangin mah ya bilangin, tapi namanya anak kadang kalau gak bener-bener diliatin yah gak jalan. Jadi memanh kita sebagai orang tua harus mau sedikit repot juga yaa...

    ReplyDelete
  5. Iyes. Kalo tidak rajin gosok gigi. Gigi bisa hancur. Apalagi anak anak senang dengan makanan manis. Susu manis. Nasi juga sudah mengandung gula. Biasakan sehari 2 kali. Kadang Fayza sehari 3 kali. Karena makan diemut giginya jadi hancur.

    ReplyDelete
  6. wkwkwk... penting ini. Untungnya sekarang anakku uda rajin menggosok gigi sendiri. Dulu sempat kerepotan juga belajarinnya.

    ReplyDelete
  7. Ajak gosok gigi bareng sekeluarga kayanya seru ya mba. Biar ortu memberi contoh juga. Soalnya penting bgt gosok gigi dari kecil, biar gak gigis. Hehe

    ReplyDelete
  8. Waktu mandiin ponakan, alhamdulillah udah dibiasakan, jadinya tanpa diminta dianya langsung bilang "Aunty, sikat gigi,"

    ReplyDelete
  9. Dulu waktu si baby baru tumgi aku ga kepikiran buat sikatin giginya tapi sebulan setelahnya dapat ilmu baru cara menggosok gigi bayi, alhamdulillah

    ReplyDelete
  10. Menggosok gigi penting banget mbak buat anak-anak,apalagi kalau si anak suka banget makan yg manis2. Nah, kalau saudara saya, suka beliin pasta gigi yg ada rasanya gitu agar anaknya mau rajin gosok gigi tapi ya tetap diawasi juga khawatir kl pasta giginya malah dimakan

    ReplyDelete
  11. huaaa sedih banget ini mbak susah banget ngajarin naufal teratur gosok gigi apalagi kalau nangis jerit-jerit, pasti disuruh udahan sama uti sama kungnya :(

    ReplyDelete
  12. Anak saya erysha allhamdulillah udah terbiasa untuk gosok gigi walau terkadang ada dramanya juga hahha

    ReplyDelete
  13. Tipsnya bisa banget aku contek nih. Juga tantangan terbesar biar kenih bersih.

    ReplyDelete
  14. Mba Eni, sepakat banget kalau memang sebaiknya mengenalkan menggosok gigi kepada anak. Aku dlu juga gitu ke AYyas. Termasuk saat bersihkan gigi anak pakai kain saat maish bayi. Orangtua juga harus berikan contoh yang tepat ya mba

    ReplyDelete
  15. Iya sejak kecil baiknya diajari dan diberi kesadaran soal gosok gigi. DUlu zaman Maxy aku gk terlalu aware krn mikirin makan dan pertumbuhannya, jd kapanpun dia makan, kdng keskip sikat gigi.
    Kalau Dema lbh oke giginya tp krn anemia gigi depannya jd sempet rapuh dan patah. ALhamdulilah skrng oke2 semua :D

    ReplyDelete
  16. bener banget mba eni, kalo gak dibiasin dari kecil udah gede lumayan ngajarinnya susah. kalo gosok gigi bareng biasanya anak lebih semangat ya menggosok giginya apalagi sikat gigi dipilih sesuai karakter yang dia suka, makin rajin deh tuh.

    ReplyDelete
  17. Mba himana caranya biar anak ga telen air pas kumur-kumur? Aku lagi ngajarin anakku usia 2 thn nih hehe

    ReplyDelete
  18. Hmm Sagara harus digosok juga nih giginya. Aku belum terapin ke dia. Kalau abangnya sih udh bisa gosok gigi sendiri

    ReplyDelete
  19. Anakku yang bungsu masih suka lupa begitu kalo disuruh sikat gigi, apalagi kalo pas malam sebelum tidur. Alasannya udah cape dan ngantuk hehe

    ReplyDelete
  20. wah bermanfaat banget ini untuk saya, karena anak saya itu susah banget disuruh sikat gigi, malah klo ditinggal cuma diem aja di toilet trus ga gosok gigi.

    ReplyDelete