>

Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

By dunia eni - August 24, 2018



Sumber pic: web gratis

Banyak ibu hamil yang memiliki keluhan sembelit atau sulit BAB, diantaranya disebabkan karena hormon progesteron pada ibu hamil. Hormon ini untuk merelaksasi otot-otot halus pada tubuh, sehingga usus pun ikut  bergerak lebih lambat. Sebenarnya hal ini agar nutrisi yang diasup ibu hamil dapat menyerap lebih banyak, namun efek sampingnya proses pencernaan pun ikut lambat dan terjadilah sembelit.

Selain hormon progesteron penyebab sembelit pada ibu hamil karena  mengasup penambah darah atau zat besi. Kandungannya dapat menyebabkan BAB keras, tapi zat besi sangat penting untuk ibu hamil karena kekurangan zat besi bisa  menyebabkanhal-hal buruk pada ibu dan janinnya. Untuk lengkapnya bisa baca:


Saya sendiri saat hamil yang sebelumnya, terutama saat anak pertama mengalami sembelit  yang memicu wasir kambuh. Rasanya? Jangan ditanya, sakit saat mengejan dalam kondisi hamil  itu sangat tidak nyaman. Terlebih jika memang memiliki wasir seperti saya, rasanya aduhai sekali. Sampai bercucuran air mata kalau sampai sembelit ini terjadi.



Alhamdullilah, hamil berikutnya sembelit bisa saya atasi dengan mengatur pola makan dan mengasup jus buatan sendiri. Dokter memang menyarankan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ibu sedang hamil agar tidak terjadi sembelit, diantaranya:



1. Banyak mengkonsumsi sayur, buah atau makanan yang tinggi serat
2. Banyak minum air putih hingga 12-13 gelas sehari, jadi lebih banyak dari biasanya ya.
3. Tubuh banyak bergerak atau usahakan olahraga ringan sesuai dengan kondisi ibu hamil, kalau saya biasanya hanya jalan kaki keliling kompleks atau berenang. Tapi jangan sampai kecapekan, karena pernah berenang kelamaan menyebabkan kontraksi palsu yang membuat tidak nyaman sekali.

Nah, selain anjuran dokter di atas, saya mengatasi atau mencegah sembelit dengan mengasup jus buatan sendiri, yakni:

Jus Mangga

1 buah mangga yang sudah dicuci bersih dan dikupas
Tambahkan air putih secukupnya
Blender hingga halus
Ibu hamil bisa menambahkan jus dengan 1 sendok madu atau 3 butir kurma

Jus Sirsak

Setengah buah sirsak ukuran sedang cuci dan buang kulit serta bijinya
Tambahkan air putih
1 sendok madu
Blender hingga halus

Dua resep jus ini andalan saya mencegah sembelit, namun jika ternyata sudah  terjadi sembelit jangan panik dengan mencari obat pencahar sembarangan. Ingat, janin dalam tubuh ibu hamil tidak bisa sembarangan. Mengasup segala sesuatu harus sepengetahuan dan saran dari dokter atau bidan.

Saya pernah mengalami sembelit yang langsung wussss keluar begitu meminum jus ini, bahkan Insaallah tidak memakan waktu lama. Resepnya:

Jus Anti Sembelit

1 buah sirsak ukuran sedang sedang cuci dan buang kulit serta bijinya
Tambahkan air putih secukupnya (untuk ukuran dua gelas)
Rebus hingga mendidih jus tersebut, angkat
Bagi dua gelas untuk diminum pagi dan sore
Satu gelas masih hangat-hangat tambahkan 1 sendok madu
Minum hingga habis

Jus ini juga bisa diasup saat pasca persalinan, karena paska persalinan biasa ibu hamil mengalami sembelit karena beban psikis. Sakit akibat jahitan juga benturan saat melahirkan spontan atau normal, menyebabkan ibu takut BAB. Jadi menahannya dan kerja otot anus juga belum sempurna.

Jus anti sembelit bisa membantu memperlancar BAB, saya sendiri pernah mencobanya saat paska melahirkan mengalami sembelit sampai sakit sekali dan takut untuk mengejan. Moga artikel ini bermanfaat bagi ibu hamil dan pasca melahirkan, aamiin.




  • Share:

You Might Also Like

24 komentar

  1. Sembelit memamg tidak nyaman ya mbak apalagi pas hamil
    Wah barubtau juz sirsak bisa mengatasi sembelit saat hamil.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. wah iya, aku juga ngalamin sembelit Mba.... rasanya, tolonggg. sampai berjam-jam di toilet hiks

    ReplyDelete
  4. Sama, saya pas hamil juga mengalami sembelit. Tp sy banyak makan buah berserat di trimester awal. Smp di trimester akhir sy kurangi. Katanya kandungan gula bikin berat janin tambah cantik cepet banyak.

    ReplyDelete
  5. Jus mangga campur kurma kayaknya boleh dicoba tuh, nggak perlu menunggu sembelit.

    ReplyDelete
  6. Baca postingan ini jd pengen minum jus mangga. Kebetulan kmrn beli mangga hehe

    ReplyDelete
  7. Kalau aku sekarang yang penting makan pepaya setiap hari, alhamdulillah banget bisa membantu biar ga sembelit

    ReplyDelete
  8. Aku pun waktu hamil anak pertam suka sembelit Mba. Tapi biasany jus beli aja gak bikin, hehehe. Tipsnya boleh ugha nih, makasi bumil. Buat jaga jaga kalo sembelit pas nanti hamil lagi

    ReplyDelete
  9. Dulu waktu hamil aku sering bikin smooties jus buah dan sayur supaya enak aku mix dengan skm or madu. Alhamdulilah jarang sembelit. Ditambah minum susu almond. Ehmmm enak dan bergizi

    ReplyDelete
  10. Saya agak pemilih kalau makan buah. Tetapi, kalau sayur suka banget. Nah kalau mangga dan sirsak termasuk yang saya suka. Trus lihat resep jus ini. Boleh juga lah saya coba bikin. Apalagi cuaca lagi berasa terik banget akhir-akhir ini. Segar kayaknya kalau minum jus

    ReplyDelete
  11. Semangat Bumil..iya idem mba, aku waktu hamil ke tiga anak-anakku sama suka sembelit. Memang perbanyak buah. Dulu aku agak sulit konsumsi buah karena mual banget.

    ReplyDelete
  12. Sepertinya sembelit sudah enggak terpisahkan jadi salah satu masalah saat kehamilan ya Mbak..
    Ternyata jus dicampur kurma atau madu bisa membantu. Alahmdulilah kalau gitu. Kan, pas hamil enggak bisa minum obat sembarangan. Resep herbal/tradisional begini tentu dibutuhkan :)

    ReplyDelete
  13. jus sirsak buat busui juga bisa kan ya bumil hehe enyak emang jus sirsak... manis asem, segarr :-)

    ReplyDelete
  14. Kesukaan daku semua itu jus sirsak dan jus mangga, cuma kadang minum jusnya, tapi kebanyakan enggak nya 😂

    ReplyDelete
  15. Perbanyak konsumsi buah dan sayur memang harus dilakukan bagi ibu hamil maupun tidak. Apalagi buat bumil ya. Mba aku baru tahu ada jus anti sembelit. Ntar aku coba ah biar pencernaan aku pun lancar

    ReplyDelete
  16. Paska persalinan bener banget sering kena sembelit, ga cuma karena asupan, tetapi juga takut karena jahitan masih nyut nyutan, rasa rasanya jus mangga atau sirsak memang pas banget biar BAB jadi lancar lagi :)

    ReplyDelete
  17. Sembelit tidak hanya bikin memderita pada ibu hamil tapi juga pada kita semua. Buah buahan salah satu cara mengatasi sembelit tanpa minum vegeta. Mumpunh lagi musim buah mangga juga

    ReplyDelete
  18. Iya saya sembelit justru pasca melahirkan. Kalau pas hamil mah baik2 aja. Soalnya takut ngeden xixixi.. sampe dipakein microlac.

    ReplyDelete
  19. Wah aku baru tau nih kalo ternyata suplemen zat besi bikin BAB jadi keras.

    ReplyDelete
  20. Sembelit bikin perut begah dan gak nyaman banget. Makasi resep jusnya ya, Mbak. Saya baru tahu lho sirsak juga bisa ngatasin sembelit

    ReplyDelete
  21. Sembelit itu asliiiii gak enak, mba. Aku pernah tuh ngerasin.

    ReplyDelete
  22. Note nih mbak kalau saya hamil ntar. BTW, apakah sembelit dialami semua ibu yg sedang hamil ya mbak?

    ReplyDelete
  23. Resep nya mantap ini mama Eni, boleh ya di save dan di praktekan. Seperti nya Azzam akan suka ini.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah sewaktu hamil dulu saya gak pernah ngalami sembelit..Resep mbk Eni cocok banget nih, untuk yg ga hamil pun juga bisa ya..

    ReplyDelete