>

Tips Bijak Kredit Tanpa Agunan

By dunia eni - March 15, 2019



Manfaat  Kredit Untuk Modal Usaha


Pernah mendengar kredit tanpa agunan? Nah, Belum lama ini saya terlibat diskusi dengan salah seorang praktisi bisnis yang menjalankan bisnis di bidang kuliner. Sebut saja namanya Damar, dalam sharing bisnis ini selain menceritakan keberhasilannya dalam bisnis kuliner yang dimulai sejak tahun 2016 hingga kini memiliki 3 cabang yakni di Jakarta, Bogor, dan Tangerang.

Damar menyampaikan bahwa saat ini adalah saat yang paling tepat untuk memulai suatu usaha atau bisnis, karena begitu banyak kemudahan bagi pemula. Salah satu kemudahan tersebut dengan meruyaknya kredit tanpa agunan. Kredit tanpa agunan merupakan salah satu Financial Technologi (fintech) yang bisa memberikan alternatif atau solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan modal usaha atau bisnis.

Apa yang dikatakan Damar sangat benar, karena saya pun masih ingat sekitar tahun 2009 saat akan memulai usaha penerbitan buku dan membutuhkan dana. Maka solusi untuk mendapatkan dana usaha saat itu adalah mengajukan dana pinjaman, tapi selain banyak sekali persyaratannya harus ada agunan. Itu pun belum tentu disetujui, bisa saja meski memiliki agunan seperti sepeda motor atau mobil, kredit yang  kita ajukan ternyata tidak disetujui karena berbagai pertimbangan lainnya.

Dana atau kredit yang saya ajukan untuk usaha saat itu pun mengalami kegagalan, maka dengan modal sangat minim saya dan suami memulai usaha yang akhirrnya berhenti di tengah jalan. Hal ini efek dari kekurangan modal usaha. Memang untuk memulai usaha baru tidak mudah, terutama bagi pemula yang modalnya minim sekali. Alih-alih bukannya maju, tetapi habis untuk berbagai hal. Karena awal-awal membangun bisnis tidak langsung mendapatkan keuntungan.

Masih memiliki agunan pun kadang sulit mendapat modal usaha, bagaimana dengan peminat bisnis yang tidak memiliki agunan sama sekali? Sementara cukup banyak orang-orang yang ingin membuka usaha tapi tidak memiliki agunan. Tentu saja dengan adanya kredit tanpa agunan akan lebih membantu, terutama bagi yang ingin membuka usaha namun tidak memiliki modal berupa dana maupun agunan lainnya.


Kemudahan Kredit Tanpa Agunan


Seperti yang dikatakan Damar kemajuan era digital atau ekonomi digital membuat segalanya jauh lebih mudah, terutama di bidang bisnis. Sekarang pun kredit tanpa agunan bukan hal asing lagi, siapapun bisa mengajukan kredit tanpa agunan yang diklaim merupakan solusi mudah bagi yang ingin membuka peluang usaha atau bisnis. Memangnya apa saja kemudahan kredit tanpa agunan?

Kemudahan kredit tanpa agunan :
1. Pinjaman dibuka secara online sehingga tidak memakan waktu dan praktis
2. Tidak mensyaratkan BI checking dan kepemilikan kartu kredit untuk pengajuan pinjaman
3. Proses pencairan dana lebih cepat dan bunga yang diberikan cukup ringan
4. Tidak perlu memiliki jaminan atau agunan sehingga memungkinkan siapa saja memiliki modal usaha dengan mudah
5. Tidak perlu kawatir ditagih dengan cara tidak baik karena perusahaan fintech sudah banyak yang terdaftar di OJK , dimana OJK memiliki peraturan etika dalam menagih ke nasabah.

Dengan kemudahan seperti di atas maka kredit tanpa agunan dapat dijadikan salah satu pilihan untuk mendapatkan modal usaha. Namun yang perlu diingat baik-baik jangan karena begitu mudah mendapatkan kredit,  lalu kredit tanpa agunan membuat terlena dan disalah gunakan dananya untuk  modal gaya hidup. Biasa sesuatu yang mudah didapatkan membuat seseorang lupa akan tujuan semula, sehingga alih-alih mencari modal untuk bisnis atau usaha malah terjerumus dalam lilitan utang, jangan sampai.

Tips Bijak Kredit Tanpa Agunan

Selain jangan sampai terjerumus lilitan hutang karena menyalahgunakan kredit tanpa agunan, kita harus bijak dalam memutuskan untuk mengambil kredit tanpa agunan ini. Beberapa tips kebijakan dalam kredit tanpa agunan di bawah ini mungkin bisa membantu agar langkah yang diambil tidak salah dan benar-benar mewujudkan impian memiliki usaha atau bisnis yang bisa berkembang.

Tips bijak kredit tanpa agunan :
1. Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit tanpa agunan, tentukan apa tujuan Anda atas pinjaman tersebut. Jangan sampai menggunakan kredit sebagai penunjang gaya hidup semata.
2. Sesuaikan besarmya pinjaman dengan hasil atau penghasilan Anda, setidaknya jangan meminjam dana yang melampui batas kemampuan Anda membayarnya kelak.
3. Karena banyak sekali pinjaman atau kredit online tanpa agunan, maka hal utama yang Anda perhatikan saat akan menentukan dimana akan melakukan kredit atau pinjaman adalah harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun memiliki legalitas yang jelas untuk mengurangi resiko kerugian dikemudian hari.
4. Pelajari suku bunga kredit tanpa agunan (KTA) agar mendapat  pinjaman yang maksimal

Bagaimana apakah sudah memutuskan untuk memulai bisnis apa? Tapi sebenarnya kredit tanpa agunan ini termasuk kredit konsumtif sehingga tidak hanya untuk modal usaha atau  bisnis, tapi bisa untuk renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya pernikahan sampai biaya pengobatan. Juga yang lebih menyenangkan lagi bisa untuk KPR, dan lain-lain. Jadi selain tergantung kebutuhan KTA tergantung kebijakan Anda, sehingga mengambil keputusan yang tepat dan tidak salah. Jika berminat untuk lebih tahu tentang kredit tanpa agunan bisa langsung klik  https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan
Semoga tips ini bermanfaat!


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar